TrikMerawat Extraordinary Man!

Cara Merawat AC Split Agar Awet Dingin

4 min read

Cara Merawat AC

AC atau Air Conditioning sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat zaman sekarang. Pemasangan AC alias pendingin ruangan bukan hanya dilakukan oleh perkantoran saja melainkan juga di perumahan.

Hanya saja kebanyakan dari pengguna masih belum mengetahui bagaimana cara merawat AC yang benar. Perawatan yang benar dan tepat tentunya akan membuat fungsinya terjaga.

Banyak diantara pengguna AC mengeluhkan kalau pendingin ruangannya kurang sejuk atau malah baru sebentar sudah rusak. Penyebabnya bisa jadi karena ketidaktahuan dalam merawat AC tersebut.

Agar AC bisa tetap sejuk dan dingin serta berumur panjang, perlakukan dengan cara yang benar. Misalnya seperti lakukan pembersihan secara rutin dan berkala.

Agar pendingin ruangan di rumah ataupun di kantor Anda bisa awet dingin dan tahan lama ketahui rahasianya. Cek bagaimana cara merawat AC dengan benar agar awet hingga puluhan tahun seperti berikut ini.

Cara Merawat Pendingin Ruangan atau AC


Rajin Membersihkan Filter

Pada mesin pendingin ruangan atau AC terdapat komponen yang disebut dengan filter. Jika udara yang keluar dari AC sudah terasa tidak dingin kemungkinan besar penyebabnya adalah saringan atau filter yang kotor oleh debu dan lainnya.

Anda tidak perlu mengundang tukang servis kalau hanya untuk membersihkan filter karena bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Baca Juga : Cara Merawat Air Cooler

Produsen sudah merancang filter agar mudah dibongkar padang untuk memudahkan orang membersihkannya. Menjaga kebersihan filter termasuk dalam tahapan cara merawat AC yang cukup penting karena kotoran akan menghalangi udara yang keluar.

Cukup lepaskan filter kemudian cuci dengan sabun menggunakan sikat. Lakukan setidaknya 2 bulan sekali.

Pemeliharaan Rutin

Selain harus rajin membersihkan filter pada AC, Anda juga harus membuat jadwal pemeliharaan secara rutin. Jika untuk membersihkan filter bisa dilakukan sendiri maka untuk maintenance atau perawatan sebaiknya gunakan jasa servis AC.

Baca Juga : Bahan Alami Pembersih Perabotan Rumah

Karena pemeliharaan ini termasuk pembersihan bagian dalam dan juga luar dari AC agar hasilnya optimal.

Anda bisa membuat agenda perawatan AC oleh tukang servis setidaknya dalam 3 bulan sekali. Selain untuk merawat fungsinya, perawatan AC juga bertujuan agar kondisinya bisa selalu dipantau.

Sehingga kalau ada sesuatu yang bermasalah bisa segera dilakukan antisipasi. Cara merawat AC seperti ini akan membuatnya berumur panjang hingga bertahun-tahun.

Atur Mode AC Anda Pada Cool, Bukan Auto Dry. Karena Cool membuat ruangan menjadi dingin sedangkan Auto Dry untuk mengatur kelembapan

Memasang Termometer

Sebaiknya Anda juga memasang termometer dalam ruangan dimana AC terpasang. Apa hubungan termometer dengan AC tersebut? Mungkin akan terdengar aneh bagi Anda yang belum memahami fungsinya. Guna dari termometer yang dipasang tersebut adalah sebagai alat pemantau suhu dalam ruangan.

Dengan begitu akan bisa terdeteksi apakah AC bekerja dengan normal atau tidak. Jika suhu yang terpantau lewat termometer tidak sesuai dengan tertulis pada remote AC maka kemungkinan besar pendingin udara sedang bermasalah.

Apalagi jika ruangan tidak besar dan orang didalamnya juga hanya sedikit tapi udara terasa panas. Waktunya Anda mengecek suhu lewat termometer.

Cek Tekanan Pada Freon

Pengecekan freon juga menjadi hal yang cukup penting dalam cara merawat AC di rumah Anda. Freon adalah kunci yang menentukan udara akan dingin atau tidak.

Lakukan pengecekan pada tekanan freon setidaknya 6 bulan sekali agar Anda bisa mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak.

Freon yang bocor selain bisa membuat udara yang keluar tidak dingin juga bisa menyebabkan AC mati sendiri. Kalau Anda tidak tahu bagaimana cara mengecek tekanan pada freon sebaiknya minta tolong kepada yang lebih paham. Atau akan lebih baik jika Anda mengundang tukang servis AC untuk melakukannya.

Baca Juga : Cara Merawat Mesin Fotocopy

Nah, setelah Anda mengetahui bagaimana cara merawat AC yang benar setidaknya Anda bisa memperpanjang umur penggunaannya. Selain masalah perawatan, kebanyakan orang juga merasa penggunaan AC membuat listrik menjadi boros. Akibatnya pajak bulanan yang harus dibayarkan juga lebih mahal.

Jangan kuatir dan jangan takut untuk menggunakan AC hanya karena kuatir listrik menjadi boros. Ikuti tips berikut ini agar listrik tetap irit meskipun Anda memasang AC di rumah.

Tips Menggunakan AC Tanpa Boros Listrik


Gunakan PK yang Rendah

Saat Anda membeli AC pasti akan ditanya membutuhkan yang PK berapa. PK atau PaardeKracht merupakan satuan ukuran daya AC. Meskipun tidak secara langsung berhubungan dengan cara merawat AC namun Anda harus tahu tentang hal ini.

PK yang besar dibutuhkan oleh ruangan yang luas dan sebaliknya. Jika ruangan yang akan dipasangi AC tidak terlalu luas sebaiknya pilih yang PK-nya rendah saja.

Pada umumnya untuk ruangan standar dalam rumah digunakan AC dengan PK antara ½ hingga 1PK. Tetapi untuk lebih jelasnya Anda bisa meminta ahlinya untuk memperhitungkan berapa PK AC yang sesuai dengan ruangan.

Hindari Suhu Kurang dari 24°C

Mengapa perawatan AC harus dilakukan secara berkala? Salah satu alasannya adalah agar udara yang keluar dari AC bisa tetap dingin sesuai dengan suhu yang ditentukan.

Jika Anda tidak melakukan perawatan AC secara rutin kemungkinan besar udara yang keluar akan terasa panas. Itu akan membuat Anda menyetelnya dengan suhu yang lebih dingin lagi.

Baca Juga : Cara Merawat Meja dan Kursi Kayu

Padahal bukan karena suhunya yang kurang dingin melainkan karena kelalaian dalam cara merawat AC secara rutin. Penyetelan suhu kurang dari 24°C akan rawan bagi listrik di rumah Anda.

Suhu yang terlalu rendah akan banyak memakan daya listrik dan membuat tagihan bulanan menjadi melonjak.

Tips! Jika Kamu Menggunakan AC Lebih dari 8 Jam, Setel Suhu di Atas 22 C. Hal tersebut agar AC anda tidak cepat rusak

Pilih AC Hemat Energi

Sekarang ini sudah banyak produsen AC yang melakukan antisipasi pada keluhan konsumen termasuk dalam hal konsumsi listrik. Saat membeli AC pastikan tipenya dilengkapi dengan fitur low wattage. AC dengan tipe ini akan memangkas konsumsi daya listrik hingga 20% – 30%.

Pemilihan dan penggunaan pendingin ruangan yang hemat energi ditambah dengan cara merawat AC yang benar akan membuat listrik tidak boros.

Ingatlah bahwa AC yang kotor karena tidak dirawat dengan baik akan secara tidak langsung juga membuat listrik menjadi boros.

Pasang Timer

Pada alat pendingin ruangan atau AC dilengkapi dengan pengatur waktu alias timer. Agar penggunaan AC tidak menghabiskan listrik yang banyak biasakan untuk menyetel timernya. Terutama jika AC tersebut Anda pasang di dalam ruang tidur atau kamar.

Sebaiknya setel timer agar AC mati saat Anda sudah tertidur nyenyak. Membiarkan AC tetap menyala saat tidur selain kurang bagus untuk kesehatan juga hanya akan membuang energi listrik.

Lakukan Perawatan AC Secara Rutin

Secara tidak langsung tanpa melakukan cara merawat AC yang benar Anda akan membuat listrik menjadi boros. Mengapa itu bisa terjadi karena AC yang kotor akan membuat kompresor bekerja dengan lebih keras.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop

Hal tersebut akan memakan energi listrik yang lebih banyak akibatnya menjadi boros. Jadi sebenarnya cara mudah untuk melakukan penghematan listrik adalah selalu lakukan perawatan rutin pada AC.

Setidaknya lakukan pembersihan dan perawatan pada seluruh komponen AC setiap 3 bulan sekali. Ini akan membuat AC tetap sejuk dan panjang umur.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *