TrikMerawat Extraordinary Man!

Sudah Tahu Cara Merawat Laptop dengan Mudah ?

4 min read

cara merawat laptop

Laptop di era digital saat ini menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat, khususnya untuk membantu banyak perkerjaan seperti tugas kantor, sekolah, kuliah, bahkan untuk media hiburan. Hal ini membuat laptop menjadi salah satu perangkat yang dimiliki hampir seluruh masyarakat.

Akan tetapi, pengguna laptop sering tidak menyadari hal sepele yang bisa merusak laptop. Untuk itu, ketahui cara merawat laptop secara sederhana agar tetap awet.

10 Tips Cara Merawat Laptop

1. Perhatikan Suhu Laptop

Semua perangkat yang berhubungan dengan listrik pasti  mengalami kenaikan suhu. Jika laptop dipakai dalam waktu yang cukup lama, sudah pasti suhu laptop akan melonjak naik. Secanggih apapun laptop yang dimiliki, semua perangkat memerlukan waktu istirahat.

Pakailah laptop dalam jangka waktu normal, namun apabila keadaan memaksa untuk menggunakan laptop secara berlebih maka gunakan coolingpad atau kipas pendingin agar suhu laptop tetap stabil.

2. Hindari Penggunaan diatas Kasur

Kebiasaan menggunakan laptop diatas kasur sering dilakukan banyak orang. Padahal cara merawat laptop yang benar adalah menggunakan tempat yang datar dan memberikan ruang untuk sirkulasi udara.

Pemakaian laptop diatas kasur bisa mengakibatkan overheat atau kelebihan suhu pada hardware, sehingga bisa mempercepat umur laptop anda.

Ketika pemilik perangkat menggunakan laptop di atas kasur, panas yang dikeluarkan oleh laptop sulit untuk keluar.

Meskipun setiap laptop memiliki ventilasi atau lubang sebagai tempat sirkulasi udara, namun ketika digunakan diatas kasur udara panas tidak bisa keluar karena tertutupnya ventilasi ini.

3. Hindari Memindahkan Laptop Ketika Menyala

Tanpa disadari, kita terbiasa memindahkan laptop ketika kondisi masih menyala. Ini dilakukan ketika hendak memperlihatkan sesuatu pada seseorang, atau berpindah posisi untuk mencari sumber listrik.

Kendati demikan perlu diketahui bahwa kegiatan ini bisa berdampak pada kerusakan pada laptop.

Tahukah Kamu? Salah Satu Laptop Termahal adalah Laptop Tulip E-Go Diamond yaitu seharga 4,6 Miliyar Rupiah. Wow!

Laptop yang menyala sudah pasti harddisknya juga dalam keadaan berputar. Ketika kita mengangkat laptop dan mengakibatkan banyaknya gerakan pada perangkat, piringan pada harddisk juga berubah kemiringannya.

Baca Juga : Cara Merawat Mesin Fotocopy

Hal ini lah yang mengakibatkan goresan pada piringan harddisk, sehingga laptop akan mengalami bad sector atau penurunan speed read/write secara signifikan.

4. Charge Sebelum Habis

Tanpa disadari, kebiasaan menggunakan daya baterai sampai benar-benar habis atau mencapai 0% bisa berakibat fatal pada laptop. Hal ini karena laptop yang mati ketika melakukan pekerjaan membuat komponen dalam baterai cepat rusak.

Tentu faktor utama menggunakan laptop adalah kemudahan perangkat yang bisa dibawa kemana saja. Ketika baterai sudah tidak bisa digunakan, hal tersebut akan mempersulit bagi pengguna laptop.

Agar tidak mengubah fungsi laptop menjadi PC, penggunaan baterai juga menjadi salah satu cara merawat laptop yang perlu diperhatikan.

Hindari mengabaikan peringatan kehabisan baterai pada laptop, segera isi daya ketika presentase sudah mencapai 20% agar baterai lebih awet.

Tentu keawetan baterai tidak hanya menambah umur laptop, namun juga memberi keuntungan kepada kita sebagai pengguna.

5. Jauhkah dari Sinar Matahari

Semua perangkat elektronik sebenarnya tidak disarankan berada di bawah terik matahari, tidak terkecuali laptop. Alasannya tentu saja agar tidak merusak hardware laptop, suhu panas yang dihasilkan oleh laptop tentu memerlukan pendingin untuk menstabilkannya.

Namun dengan berada di bawar terik matahari, suhu panas bukannya turun namun semakin naik. Hal ini lah yang bisa memperburuk kondisi komponen laptop.

6. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Sama seperti kegiatan pada umumnya, apabila anda ingin perangkat tetap terawat hal utama yang dilakukan adalah menghindarkan perangkat tersebut dari tumpukan debu.

Begitu pula dengan cara merawat laptop, membersihkan perangkat dari debu merupakan langkah yang bisa melindungi umur laptop.

Bersihkan bagian luar dan dalam laptop, pada bagian luarnya bisa mempersihkan debu yang menempel di sela tombol keyboard menggunakan tisu basah.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai HP Non removable

Namun ketika membersihkan dengan tisu basah, perlu perhatikan agar air tidak masuk ke dalam mesin laptop.

Berbeda pada bagian dalam perangkat, bersihkan hardware menggunakan tisu biasa. Usahakan tidak terlalu menekan ketika membersihkan, atau lebih amannya bisa menggunakan kuas.

7. Tunggu Laptop Mati Sebelum Menutup LCD

Alasan tidak diperbolehkannya menutup layar setelah dimatikan adalah, untuk menghindari layar terkena suhu panas yang menguap dari hardware laptop.

Ketika laptop baru saja dimatikan, panas yang dihasilkan oleh mesin perangkat masih ada untuk beberapa detik atau bahkan menit. Panas ini lah yang ditakutkan akan membakar layar laptop secara kecil dan perlahan.

Seletah dimatikan, tunggu beberapa menit atau bisa mengeceknya dengan menyentuh bagian samping laptop atau keyboard sebelum ditutup.

Tahukah Kamu? Penemuan laptop atau komputer portabel oleh Adam Osborne pertama kali bermula dari ide seseorang bernama Alan Kay

Salah satu cara merawat laptop satu ini tentu menjadi pengecualian bagi anda yang bekerja dalam ruangan ber AC.

Kondisi suhu ruangan yang dingin membuat suhu laptop tidak terlalu panas. Dalam ruangan ber AC, bisa menutup layar dalam waktu 1 menit setelah dimatikan.

8. Tidak Meletakkan Benda Berat di Atas Laptop

Ketika laptop dalam keadan tertutup, sebagian orang terbiasa untuk menaruh barang diatas laptop seperti buku, handphone, kertas, dan lain sebagainya.

Hal ini adalah sebuah kebiasan buruk yang bisa merusak laptop terutama layarnya, apalagi jika benda yang diletakkan memiliki beban yang sangat berat.

Ketika laptop ditekan oleh benda berat, ini bisa berakibat fatal pada kondisi LCD. Karena itu letakan laptop diatas benda-benda tersebut.

Jangan pernah menjadikan laptop yang sedang tertutup menjadi tempat menaruh barang, bisa jadi LCD pecah karena beban yang diberikan oleh benda berat, atau layar terlihat goresan goresan hitam yang mengganggu tampilan layar.

9. Hindari Pemakaian Laptop Tanpa Baterai

Beberapa masyarakat berpendapat bahwa dengan melepas baterai bisa membuat umur baterai menjadi lebih lama. Memang tindakan tersebut bisa membuat baterai lebih awet, namun tidak dianjurkan untuk menggunakan laptop tanpa baterai.

Walaupun laptop terpasang kabel listrik, resiko yang ditimbulkan bisa cukup berbahaya baik untuk perangkat laptop maupun penggunanya.

Menggunakan laptop tanpa baterai ini sangat riskan, karena takutnya jika listrik mati bisa mengakibatkan konsleting.

Tidak ada yang tahu kapan listrik akan mati atau mengalami penurunan voltase, jika laptop mati mendadak berulang kali bisa merusak komponen dari perangkat itu sendiri.

10. Download dan Browsing Secara Aman

Cara merawat laptop tidak hanya dari luar, namun juga perlu perlindungan dari dalam. Hal yang dinamakan virus sudah pasti mengganggu, tergantung pada tingkat berbahayanya malware tersebut.

Penyebaran virus yang paling umum tentu saja berasal dari internet, situs akan melakukan transfer malware ke dalam perangkat atau laptop pengunjungnya secara kasat mata.

Untuk itu ketika berselancar di dinternet pastikan antivirus selalu menyala dan dapat digunakan. Antivirus akan memperingatkan pengguna ketika situs yang diakses tersebut berbahaya.

Kalaupun pengguna tetap ingin mengunjungi situs tersebut, antivirus akan mencegah pengunduhan malware. Selain pencegahan dengan menghindari situs mencurigakan, perlu juga di berikan pintu penghalang bagi virus untuk masuk dengan menginstall antivirus.

Memiliki perangkat yang membantu pekerjaan maupun tugas, sudah selayaknya laptop mendapatkan perawatan yang bagus.

Perawatan laptop sebenarnya tidak terlalu sulit, pengguna hanya perlu memperhatikan suhu laptop dan menjauhkannya dari berbagai faktor kerusakan.

Barang elektronik merupakan barang yang rentan rusak, oleh karena itu membutuhkan perlakuan khusus dalam perawatannya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

2 Replies to “Sudah Tahu Cara Merawat Laptop dengan Mudah ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *