Tanaman Hias Cara Merawat Tanaman

Panduan Cara Budidaya Calathea untuk Pemula Paling Lengkap

budidaya calathea
Written by Josua Rifandy

Salah satu tanaman hias yang sedang banyak diminati saat ini adalah calathea. Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan betapa cantiknya tanaman ini. Kecantikan calathea terletak pada corak daunnya. Sehingga tidak heran apabila banyak pecinta tanaman hias yang melakukan budidaya calathea sendiri di rumah.  Calathea akan sangat cocok untuk penghias ruangan rumah yang kita huni. Bahkan calathea dipercaya merupakan tanaman yang dapat memberikan kebaikan bagi penghuni rumah karena saat malam tiba calathea akan menggulung daunnya seperti sedang berdoa, disebut juga prayer plant. 

Budidaya calathea yang mudah pun menjadi salah satu nilai tambah dari tanaman ini. Terutama bagi pecinta tanaman hias pemula yang ingin mencoba budidaya calathea sendiri sebagai ladang bisnis. Selain dengan cara budidaya calathea sendiri, calathea juga bisa dibeli di toko tanaman. Harga tanaman calathea bervariasi tergantung pada ukuran dan jenisnya. Setidaknya ada 7 jenis tanaman calathea yang populer di Indonesia. 

Diantaranya Makoyana, Merak, Black Lipstik, Ornata, Levonero, Lancifolia, dan Picturata Argentea. Perkiraan harga calathea ukuran kecil mulai dari Rp14.000 hingga Rp55.000, yang sudah pasti sangat menguntungkan bagi yang ingin budidaya calathea sendiri sebagai ladang bisnis. 

Panduan Budidaya Calathea Bagi Pemula


Di saat memutuskan akan melakukan budidaya calathea, sebaiknya pembudidaya harus mengetahui beberapa hal tentang tanaman calathea. Seperti karakteristik, cara pemilihan bibit yang benar, suhu yang tepat, peralatan dan lain sebagainya. 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya budidaya kalatea itu sangat mudah karena tanaman tersebut memang sangat mudah untuk dikembangbiakkan. Sehingga persiapan budidaya kalatea tidak serumit budidaya tanaman lainnya. Membutuhkan media tanam yang cukup mudah dicari dan perawatannya pun tidak sulit.

Baca Juga : Keuntungan dan Cara Budidaya Bunga Pukul Empat dengan Sukses

1. Menyiapkan Bibit Calathea

budidaya calathea
(Sumber: Houseplantcentral.com)

Bibit calathea adalah hal pertama yang harus disiapkan dalam proses budidayanya. Sebaiknya pada hari yang sama, bibit harus segera ditanam di pot. Pada pot penanaman, persiapkan media tanamnya. Tenang saja, media tanam calathea sangat mudah dicari. Yakni tanah, pupuk kandang dan sekam padi. Ketiga media tersebut dicampur dengan perbandingan 2:2:1, lalu dimasukkan ke dalam pot. 

Pastikan tanah yang digunakan sebagai media tanamnya sudah bersih dari batu-batu kerikil. Sebelum bibit ditanam, sebaiknya siram terlebih dahulu media tanamnya, mengingat tanaman calathea sangat menyukai tanah yang subur dan lembab. Jangan lupa juga membuat lubang drainase di bagian dasar pot supaya air tidak menggenang di dalam tanah dan membuat akar jadi rusak.

Bibit calathea didapatkan dari rumpun tanaman. Di mana rumpun bibit dipisah dengan rumpun induk. Pemilihan rumpun tidak boleh sembarangan, tapi harus dengan memilih yang sehat, serta bebas dari serangan hama maupun penyakit. Untuk melakukan budidaya calathea, rumpun bibit harus dipisah dari rumpun induk dengan hati-hati lalu disimpan sementara di ruangan yang gelap dan lembab. Bibit calathea bisa didapat dari mengambil langsung dari rumpun induk, atau dengan cara beli. Apabila budidaya calathea dilakukan untuk skala besar, bisnis contohnya, bibit sebaiknya beli karena sudah pasti membutuhkan jumlah yang banyak. Harga bibit calathea cukup terjangkau, tergantung dari jenis yang akan dibudidaya. 

Cara menanam bibit untuk budidaya calathea yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan membuat lubang tanamnya sedalam 5 hingga 10 cm. Jangan lupa pastikan ukuran potnya juga besar. 
  2. Kemudian bibit dimasukkan ke dalam lubang tanah, lalu jangan lupa untuk memadatkan media tanam di sekitar bibit supaya bibitnya tidak mudah roboh karena akarnya masih belum cukup kuat untuk menahan batang rumpun berdiri tegak.
  3. Setelah calathea sudah ditanam di dalam pot, tempatkan pot di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Karena di habitat aslinya sendiri tanaman calathea ini hidup di pedalaman hutan yang lembab dan jarang terkena sinar matahari secara langsung. Jadi daripada ditempatkan di luar ruangan seperti halaman yang juga mudah terkena hujan, sebaiknya tanaman calathea ditempatkan di dalam ruangan atau tempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari. Semisal ditempatkan di teras rumah, atau di dalam rumah.
Pembelian Bibit Calathea :

Anda dapat membeli bibit Calathea di toko bunga terdekat dengan lokasi anda. Namun jika disekitar rumah anda tidak ada toko bunga yang menjual Bibit Calathea, anda dapat membelinya secara online di marketplace terpercaya, seperti Tokopedia. Berikut saya berikan link rekomendasi pembelian bibit Calathea di Tokopedia:

  • Bibit Calathea Black Lipstik (Beli Disini)
  • BIBIT CALATHEA MARANTA PINK STRIPE (Beli Disini)
  • Bibit Calathea Orbifolia (Beli Disini)
  • Bibit Calathea (Beli Disini)
  • Bibit Calathea Hijau (Beli Disini)

2. Memberikan Perawatan Calathea 

budidaya calathea
(Sumber: Apartementherapy.com)

Setelah bibit calathea ditanam dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah dengan memberikan perawatan. Pada dasarnya, sangat mudah sekali perawatan calathea. Pembudidaya cukup menyiraminya saja secara berkala. Pastikan tanahnya tidak sampai kering. Namun hindari memberikan air yang berlebih saat penyiraman, terlebih sampai airnya tergenang di permukaan tanah. Mengingat calathea adalah tanaman yang menyukai kondisi lembab, akan sangat mudah terjadi pembusukan akar jika penyiramannya terlalu berlebih. 

Air di dalam media tanamnya juga tidak akan mengalami penguapan karena tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sehingga penyiraman ideal dilakukan saat tanahnya sudah mulai mengering. Sebaiknya cek dengan menggunakan moisture meter untuk mengetahui apakah air di dalam tanah masih banyak atau sudah sedikit. 

Baca Juga : Ini yang Perlu Anda Ketahui dalam Budidaya Bunga Alamanda

3. Pupuk, Penyiangan dan Membasmi Hama 

budidaya calathea
(Sumber: Youtube.com)

Langkah lain yang harus diperhatikan adalah pemberian pupuk, penyiangan, dan juga hama. Supaya tanaman tetap tumbuh subur, berikan pupuk setiap sebulan sekali. Termasuk melakukan penyiangan agar unsur hara tanah tidak dicuri oleh tanaman gulma. Dengan begitu, calathea bisa tumbuh secara maksimal tanpa adanya gangguan hama. 

3 langkah tersebut adalah kunci dalam budidaya tanaman calathea untuk pemula. Pada dasarnya, kunci dari merawat tanaman ini adalah dengan selalu memperhatikan kondisi tanahnya saja dan memberikan perawatan yang rutin. Sehingga modal melakukan budidaya calathea tidak terlalu besar dan cocok dilakoni oleh siapapun. 

Jenis Calathea untuk Dibudidaya


Harga calathea yang siap jual bervariasi tergantung dari ukuran dan jenisnya. Salah satu yang paling indah tapi cukup mahal adalah Black Lipstik. Corak daunnya seindah namanya, yakni warna hitam dengan garis merah muda. Harganya memang terbilang mahal, karena calathea jenis ini masih cukup jarang ditemui di toko-toko tanaman hias. Biasanya kalaupun ada, dijualnya dengan harga mulai Rp50.000 hingga ratusan ribu. 

Jenis calathea dengan harga mahal berikutnya adalah Calathea ctenanthe setosa grey star. Tanaman calathea jenis yang satu ini dibilang merupakan tanaman langka yang meski begitu sangat mudah untuk dirawat. Biasanya dijual dengan harga mulai Rp100.000, tergantung dari ukurannya juga. 

Calathea yang dijual dengan harga mahal lainnya antara lain lutea variegata, calathea majestica, maranta leuconeura, pisang kalatea, dan calathea rotundifolia. Jenis tanaman calathea yang disebutkan di atas sangat cocok untuk budidaya calathea dengan tujuan mendulang keuntungan yang cukup besar dari modal yang sedikit. 

Baca Juga : Tips dan Trik Sukses Budidaya Bunga Desember Anti Ribet

Tapi bagi yang ingin budidaya untuk tujuan keindahan, bisa dengan memilih jenis seperti Calathea maranta leuconeura var kerchoviana yang memiliki corak kehitaman, atau calathea white fusion alias tisu putih yang memiliki corak warna putih di daunnya seperti warna tisu, atau corak seperti leopard pada calathea leopardina, maupun calathea multicolor.  Apapun jenisnya, semua tanaman calathea sama-sama mudah untuk dirawat. Cukup diberi air setiap tanahnya mulai kering, ditempatkan di area teduh atau dalam ruangan, dan diberi pupuk secara berkala. 

Itulah informasi seputar budidaya calathea dan juga jenis calathea yang bisa dibudidayakan secara umum. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba untuk membudidayakan tanaman ini ya! 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment