Cara Merawat Benda

Pedoman Praktis Cara Merawat Mesin Cuci untuk Usaha

cara merawat mesin cuci
Written by Josua Rifandy

Memiliki usaha laundry terbilang menjanjikan sebagai sumber pemasukan utama. JIka dilihat secara modal, usaha laundry sebenarnya juga tidak terlalu membutuhkan modal yang tinggi. Hanya saja, hal yang memang penting untuk dilakukan adalah menyiapkan mesin cuci sebagai kunci dari usaha ini. Selain itu, mesin cuci juga perlu untuk dirawat secara berkala agar performanya bisa tetap terjaga. Lalu, bagaimana cara merawat mesin cuci yang benar untuk usaha laundry?

Cara Merawat Mesin Cuci untuk Usaha Laundry


Berikut ini adalah beberapa cara merawat mesin cuci yang bisa dilakukan dengan mudah agar mesin cuci untuk kebutuhan usaha laundry tetap bisa terjaga performanya dengan baik. 

1. Simpan Mesin Cuci di Tempat yang Tepat 

Cara merawat mesin cuci yang pertama adalah dengan meletakkannya di tempat yang tepat. Penyebab rusaknya mesin cuci selain diakibatkan karena penggunaan yang kurang tepat juga disebabkan oleh tempat meletakkan mesin cuci. Tempat yang salah bisa memperburuk kualitas mesin dan lebih arahnya dapat merusak mesin cuci dengan cepat. Lalu, dimana tempat meletakkan mesin cuci yang tepat?

Pastikan tidak menempatkan mesin cuci di tempat yang memiliki kelembaban tinggi karena bisa menyebabkan cepat rusak. Selain itu, tempat tertutup, sedikit cahaya dan kurang udara juga harus dihindari karena tidak baik untuk mesin cuci dn berpengaruh pada suhu mesin cuci. Tips ini bisa dilakukan untuk mesin cuci dua tabung atau satu tabung.

2. Selalu Lakukan 2 Kalimat “Jangan” Dibawah Ini 

cara merawat mesin cuci
(Sumber: Newwomanindia.com)

Cara merawat mesin cuci yang kedua bisa dilakukan dengan selalu melakukan 2 kalimat berikut ini:

  1. Jangan masukkan pakaian dengan jumlah terlalu banyak.
  2. Jangan menyimpan pakaian di dalam mesin cuci terlalu lama.

Memasukkan pakaian kotor terlalu banyak ke dalam mesin cuci dapat berakibat fatal dan membuat mesin cuci tidak awet atau tahan lama. Kinerja mesin akan berkurang dan menjadi tidak maksimal. Jumlah pakaian yang terlalu banyak pun dapat mengakibatkan mesin kurang maksimal dalam membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian, sehingga tidak dapat mencuci dengan baik. 

Baca Juga : Panduan Dasar Cara Menggunakan Mesin Cuci

Selalu perhatikan kemampuan maksimal mesin cuci dan tidak mencuci secara berlebihan! Menyimpan pakaian yang masih basah atau sudah kering dalam waktu lama justru menimbulkan bau yang kurang sedap. Tentu saja baunya akan menyebar dari mesin cuci ke pakaian yang ada di dalam mesin tersebut, malah menjadi pekerjaan tambahan karena harus mencuci ulang pakaian-pakaiannya.

3. Melakukan Pengaturan Mesin Cuci Sesuai dengan Jenis Pakaian 

Cara merawat mesin cuci yang satu ini mungkin sering diabaikan oleh banyak orang. Kebiasaan tidak mengatur mesin cuci sesuai jenis pakaian selalu dianggap hal yang sepele. Padahal ini bisa merusak mesin cuci dalam jangka panjang. 

Perlu diingat bahwa hampir semua mesin cuci memiliki pengaturan untuk jenis pakaian yang berbeda-beda. Jika hendak mencuci pakaian berbahan kasar tentu berbeda pengaturan dengan mencuci pakaian yang berbahan katun. Sehingga, sangat diperlukan melakukan pengaturan yang tepat untuk setiap jenis pakaian yang hendak dicuci. Langkah cerdas ini dapat menjaga kualitas pakaian dengan baik, selain itu juga dapat menjaga dan merawat mesin cuci agar tahan lama dan awet.

4. Rajin Membersihkan Komponen Mesin Cuci 

cara merawat mesin cuci
(Sumber: Pewangilaundry.co.id)

Mesin cuci memiliki bagian-bagian vital dengan fungsi yang berbeda-beda. Bagian-bagian tersebut yaitu motor pengering, motor pencuci, timer pengering dan pencuci, selang sambungan air, kapasitor mesin cuci, gearbox mesin cuci, fan belt, wadah deterjen/pelembut, serta penyaring air (filter). 

Terdapat bagian yang harus dibersihkan karena fungsinya yang berkaitan dengan proses pencucian. Beberapa diantaranya adalah tabung dan filter mesin cuci. Tabung merupakan bagian yang digunakan untuk meletakkan pakaian kotor yang hendak dicuci, sedangkan filter digunakan untuk menyaring kotoran atau debu dalam air yang digunakan untuk mencuci. 

Kedua komponen ini merupakan bagian paling banyak berinteraksi dengan kotoran pada proses pencucian sehingga sangat perlu dibersihkan secara rutin agar menjaga kualitas mesin cuci. Caranya mudah, isi mesin cuci dengan air secukupnya dan atur mesin cuci pada mode cleaning. Untuk hasil terbaik, lakukan setiap dua minggu sekali untuk membersihkan tabung dan filter. Kotoran dari pakaian, lumut, noda mengendap serta kerak akan hilang jika ini dilakukan.

Baca Juga : Cara Merawat AC Split Agar Awet Dingin

Selain dua komponen di atas, bagian yang perlu dibersihkan juga wadah detergen dan pelembut pada mesin cuci. Caranya dengan membersihkan menggunakan air hangat agar efektif mengangkat sisa detergen dan pelembut yang tersumbat pada wadah ini dan dapat berfungsi dengan baik. Cara merawat mesin cuci yang satu ini harus dilakukan secara rutin agar setiap komponen mesin cuci bisa terjaga dengan baik dan juga awet. 

5. Ingat KTC untuk Melindungi Bagian Vital Mesin Cuci

Cara merawat mesin cuci yang terakhir adalah selalu mempraktekkan KTC (Kering, Timer dan Cabut). Pastikan bagian-bagian vital mesin cuci selalu kering, Jangan matikan paksa Timer mesin cuci, dan Cabut colokan jika sudah selesai digunakan. 

Bagian vital mesin cuci diantaranya adalah panel-panel kendali dan modul PCB. Bagian ini wajib dihindarkan dari interaksi dengan air, detergen, atau busa saat mencuci. Pastikan bagian vital ini selalu Kering dan bersih dari air atau detergen. Karena jika bagian vital ini basah dapat mengakibatkan mesin konslet dan rusak.

Tiap mesin cuci biasanya dilengkapi dengan pengaturan waktu otomatis saat melakukan proses pencucian untuk mematikan kerja mesin. Jangan matikan Timer yang masih bekerja secara paksa sesuka hati. Tunggu saja dan biarkan mesin bekerja sesuai waktu yang telah diatur. Jika tidak maka dipastikan sistemnya akan mudah rusak.

Terakhir, cabutlah colokan mesin cuci setelah selesai digunakan. Ketika ada pemadaman listrik, voltase pada alat elektronik sering berubah menjadi tidak stabil. Untuk menghindari kemungkinan paling buruk maka sebaiknya mencabut colokan jika telah selesai digunakan.

Penyebab Mesin Cuci Mudah Rusak


cara merawat mesin cuci
(Sumber: Cwservicesinc.com)

Setelah memahami bagaimana cara merawat mesin cuci yang benar, berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan kerusakan pada mesin cuci:

1. Tidak Pernah Membersihkan Filter atau Saringan Air Mesin Cuci 

Penyebab selanjutnya adalah tidak pernah membersihkan filter atau saringan air. Komponen filter berfungsi untuk menyaring kotoran dan noda sisa proses pencucian. Karena fungsinya inilah membuat komponen ini banyak berinteraksi dengan kotoran-kotoran pada proses pencucian. Apabila tidak rajin dibersihkan, maka dapat menimbulkan kerusakan.

2. Tidak Membersihkan Kotak Deterjen 

Lupa membersihkan kotak deterjen juga bisa menjadi penyebab rusaknya mesin cuci. Di dalam mesin cuci, ada kotak deterjen atau pelembut pakaian yang digunakan untuk meletakkan deterjen dan pelembut yang akan digunakan dalam proses pencucian. Apabila wadah ini tidak pernah dibersihkan secara teratur, maka bisa tersumbat dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Karena, sisa-sisa detergen dan pelembut yang masih menempel pada mesin. 

Baca Juga : 7 Tips Cara Merawat Mesin Fotocopy Agar Tetap Awet

3. Mengisi Tabung Mesin Cuci Terlalu Penuh 

Kebiasaan yang lain yang dapat memicu kerusakan adalah mengisi tabung mesin cuci terlalu penuh. Hal ini dapat menyebabkan mesin cuci bekerja lebih berat melebihi kemampuannya. Kebiasaan ini dapat merusak mesin jangka panjang dan pakaian tidak dapat dibersihkan secara benar dan maksimal. 

Demikian panduan praktis cara merawat mesin cuci beserta penyebab rusaknya mesin cuci yang sering diabaikan. Pastikan mesin cuci dirawat dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, maka umur mesin cuci bisa panjang dan dapat digunakan dalam jangka panjang untuk kebutuhan usaha laundry yang dimiliki. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment