Cara Merawat Benda

Cara Merawat Teflon Maxim tidak Mudah Tergores, Tahan Lama

Cara Merawat Teflon Maxim tidak Mudah Tergores, Tahan Lama Trikmerawat.com
Nur Atinal
Written by Nur Atinal

Siapa sih yang gak tahu dengan teflon maxim? Buat Anda para ibu-ibu atau sebagai kaum hawa pastinya sudah tidak asing lagi dengan alat masak yang satu ini. Teflon menjadi pilihan yang mudah untuk memasak karena memiliki lapisan anti lengket sehingga tidak perlu menambahkan banyak minyak.

Namun sayangnya, lapisan tersebut rentan terkena goresan. Hal inilah yang membuat kita perlu ekstra hati-hati dalam menggunakannya dan mengetahui bagaimana cara merawat teflon maxim agar tidak mudah tergores dan tahan lama.

Sekilas tentang Teflon

Teflon pertama kali dibuat oleh Roy Plunkett. Produk ini merupakan nama dagang yang didaftarkan oleh anak perusahaan DuPont sebagai senyawa polimer politetrafluoroetilen (PTFE Compound Summary). Lapisan ini memiliki sifat mudah rusak apabila tergores.

Sehingga bila Anda tidak tahu cara merawat teflon maxim dengan benar, maka fungsi anti lengketnya bisa mengelupas. Bukan manfaat sehat yang Anda dapatkan justru membahayakan kesehatan Anda. Sebab lapisan yang terkelupas ini bisa masuk ke dalam masakan dan termakan oleh Anda. Ngeri kan?

Cara Menggunakan Teflon Baru agar Awet

Dikutip dari laman The Spruce, ada tiga cara menggunakan teflon baru agar pemakaiannya lebih awet.

1. Mengoleskan Minyak Sayur

Dengan mengoleskan minyak sayur ke permukaan teflon membuat alat masak ini menjadi terlindung. Yang perlu Anda hindari adalah penggunaan nonstick cooking spray, karena cairan ini mengandung lecithin yang membuat permukaan teflon malah menjadi lengket.

2. Jangan Memanaskan Teflon dalam Keadaan Kosong

Pernah ga sih sebelum mulai memasak, Anda memanaskan peralatan masak terlebih dahulu dalam keadaan kosong seperti wajan tanpa diberi minyak? Jangan sekali-kali melakukan ini untuk teflon Anda ya.

Karena alat masak anti lengket ini terbuat dari alumunium yang sifatnya cepat panas. Jadi, jika Anda ingin memanaskan teflon, maka lap dulu perlahan permukaannya agar tidak basah atau mengandung air, lalu oleskan sedikit minyak terlebih dahulu.

Nah, dengan begitu Anda bisa mulai memanaskan alat masak tersebut dimulai dengan api kecil atau sedang selama beberapa detik sebelum memasukkan bahan makanan lainnya. Kemudian Anda juga perlu mengatur api agar tetap kecil atau sedang. Karena api besar justru akan merusak permukaan teflon. Selain itu, lapisan anti lengketnya berpotensi melepaskan uap beracun ke udara.

3. Jangan Menggunakan Spatula Besi

Baik cara merawat teflon maxim yang baru maupun yang sudah lama, sebaiknya jangan gunakan spatula berbahan logam. Karena spatula ini tidak tepat dan bisa menggores permukaan anti lengket dengan mudah, sehingga membuat permukaan teflon cepat rusak. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan spatula nilon, plastik, karet, silikon, atau pun kayu.

Cara Merawat Teflon Maxim tidak Mudah Tergores, Tahan Lama Trikmerawat.com
(Sumber: Img2.mashed.com)

Baca Juga: Tutorial Cara Merawat Kulkas agar Suhu Dingin Terjaga

Cara Merawat Teflon Maxim agar Tidak Mudah Tergores dan Awet

Nah, sekarang saatnya kita bahas apa saja sih cara merawat teflon maxim agar tidak mudah tergores dan awet? Daripada ga sabar, mending simak langsung saja ulasan berikut ini:

1. Gunakan Api Kecil hingga Sedang

Cara merawat teflon maxim yang pertama adalah dengan menggunakan api kecil hingga sedang saat memasak. Karena jika Anda mengatur suhu api tinggi di atas 250 derajat celcius dapat mengurangi fungsi lapisan anti lengketnya, yang kemudian membuat senyawa kimia yang ada di teflon menguap menjadi racun.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Asam

Makanan yang mengandung asam akan membuat lapisan anti lengket terkelupas. Bahan makanan yang mengandung asam ini contohnya lemon, jeruk nipis, dan tomat. Jadi, jika Anda ingin memasak makanan yang mengandung zat asam, maka gunakanlah wajan atau panci selain yang berbahan teflon.

Baca Juga: Sudah Tahu Cara Merawat Tanaman Jeruk Lemon ? Yuk Cek Disini

3. Tidak Menggunakan Spatula Berbahan Metal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, spatula berbahan metal atau logam hanya akan merusak lapisan teflon dan mengurangi fungsinya dengan baik. Bahkan jika lapisan teflon maxim yang Anda miliki tergores bisa menimbulkan uap yang mengandung zat beracun.

4. Jangan Gunakan Teflon sebagai Wadah Makanan

Sifatnya yang fleksibel, kuat, dan self lubricating membuat teflon cocok digunakan sebagai pelapis anti masak saja, namun tidak untuk menyajikan makanan.

Hindari menaruh masakan yang sudah matang di dalam teflon. Hal ini untuk menghindari zat kimia berbahaya yang menempel pada makanan jika kondisi teflon Anda mengalami goresan.

5. Bersihkan Teflon dengan Spons yang Lembut dan Menggunakan Pasta Baking Soda

Mencuci teflon menggunakan spons yang lembut dan pasta baking soda yang sudah dilarutkan di air bisa mencegah kerusakan pada lapisan anti lengketnya. Gosok-gosok secara perlahan, bersihkan, lalu keringkan menggunakan kain yang halus agar noda yang mengerak maupun air tidak menempel pada wajan maupun panci teflon.

Cara Merawat Teflon Maxim tidak Mudah Tergores, Tahan Lama Trikmerawat.com
(Sumber: Tasteofhome.com)

Setelah digunakan untuk memasak, diamkan teflon sebentar hingga dingin dan berubah menjadi suhu ruangan. Jika Anda langsung menyiramkan air dan mengenai lapisan anti lengketnya, maka bisa membuat lapisan teflon rusak atau mengelupas. Cara merawat teflon maxim ini bisa Anda lakukan dengan mudah bukan?

6. Simpan dengan Cara Menggantungnya

Cara merawat teflon maxim yang keenam adalah menyimpannya dengan cara digantung. Hal ini merupakan cara terbaik untuk menghindari goresan. Karena biasanya teflon yang disimpan dengan cara ditumpuk-tumpuk dengan peralatan lain justru akan membuat lapisan anti lengketnya mudah tergores atau rusak. Cara lain juga bisa dengan membuatnya telungkup agar tidak bersentuhan dengan peralatan dapur apa pun.

Cara Merawat Teflon Maxim tidak Mudah Tergores, Tahan Lama Trikmerawat.com
(Sumber: S2.bukalapak.com)

7. Jangan Mengorek Sisa Masakan yang Menempel

Sisa masakan yang menempel ini biasanya akibat dari api yang terlalu besar saat memasak. Nah, jika sudah terlanjur melekat, maka hindari untuk mengeroknya terlalu keras. Lalu gunakan teknik mencuci dengan benar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Namun jika Anda masih ingin lanjut memasak, cukup bersihkan dengan minyak sayur, dan lap dengan kain bersih secara perlahan.

Demikian 7 cara merawat teflon maxim dengan baik dan benar agar pemakaiannya bisa tahan lama dan tidak cepat tergores. Cara ini tentu bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Syaratnya harus telaten dan jangan tergesa-gesa membersihkan alat dapur yang satu ini. Karena jika alat ini terlanjur tergores bisa memicu zat kimia beracun yang ikut serta ke dalam makanan Anda.

Jadi, jika teflon Anda sudah memiliki banyak goresan pada lapisan anti lengketnya, maka segera lembiru (lempar, dan ganti yang baru). Serpihan anti lengket yang mengelupas ini berisiko tercampur dan masuk ke dalam makanan yang sedang Anda masak.

Sehingga makanan menjadi tidak sehat dan memicu gangguan kesehatan yang membahayakan tubuh Anda. Selain itu, goresan pada lapisan anti lengket ini juga membuat alat tersebut kehilangan fungsi anti lengketnya.

Baca Juga: Pedoman Praktis Cara Merawat Mesin Cuci untuk Usaha

Yang terakhir yang perlu Anda ingat, selalu baca terlebih dahulu ketentuan dan petunjuk penggunaan untuk pemakaian teflon yang Anda miliki, karena masing-masing merek tentu memiliki ketentuan dan cara pakai yang berbeda-beda.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Nur Atinal

Nur Atinal

A full time digital marketer. A freelance blogger, copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Comment