Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Ayam Pamagon

3 min read

ayam pamagon

Ayam pamagon merupakan jenis ayam petarung yang tangguh dan dihasilkan untuk mengakhiri dominasi ayam koygon. Disebut pamagon karena ayam ini merupakan hasil perkawinan antara ayam pama dengan ayam magon.

Ayam ini juga disebut ayam 3D atau tiga darah karena berasal dari darah tunggal ayam pama dan 2 darah magon. Hal ini karena di dalam darah ayam magon terdapat darah birma dan saigon.

Ayam ras petarung semakin lama memang semakin banyak dan berkembang pesat dengan munculnya beberapa ayam baru seperti jenis pamagon.

Ayam hasil perkawinan silang ini cukup mudah dihasilkan oleh peternak, lalu dirawat dengan baik dan dilatih agar menjadi lebih tangguh.

Sejarah dan Seluk Beluk Ayam Pamagon


Secara singkat, ayam jenis baru diciptakan dari perkawinan dua atau lebih ayam yang berbeda untuk menghasilkan ayam yang lebih kuat. Hal ini juga berlaku bagi ayam jenis pamagon yang diciptakan dengan tujuan agar bisa lebih kuat dari ayam koygon.

Nah, sebelum itu ada banyak revolusi jenis ayam sebelum akhirnya berujung pada ayam jenis pamagon.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Bangkok

Pada mulanya, para pecinta atau kolektor ayam dihebohkan dengan kedatangan ayam bangkok dari Thailand yang. Selanjutnya muncul ayam birma yang dikatakan sebagai pesaing ayam bangkok karena memiliki kekuatan yang lebih tangguh dari ayam bangkok.

Sebelum ayam pamagon, ada ayam pakhoy yang dihasilkan untuk mengalahkan kekuatan dan ketangguhan dari spesies ayam birma yang terkenal kuat.

Setelah itu, mulai terjadi perkawinan silang antara dua jenis ayam yang berbeda untuk menghasilkan ayam jenis baru yang lebih kuat. Perkawinan silang pertama yaitu dari spesies ayam birma dan menghasilkan ayam magon yang bisa dibilang lebih kuat dari ayam pakhoy.

Perkawinan silang yang kedua yaitu dari spesies ayam pakhoy yang disilangkan dan menghasilkan ayam koygon untuk mengalahkan ayam magon

Nah, barulah selanjutnya ayam magon disilangkan untuk menghasilkan ayam baru jenis pamagon yang lebih kuat dan tangguh dari ayam koygon.

Salah satu jenis ayam yang menjadi induk persilangan ayam pamagon yaitu ayam pama. Ayam pama ini juga ada beragam jenisnya, antara lain:

Beberapa Jenis Ayam Pama yang Perlu Diketahui


Ayam Pama Jenis Gostan

Sama seperti ayam pama lainnya, ayam pama jenis gostan ini juga lebih besar daripada ayam pama asli. Bulunya lebih lebat serta ukuran kakinya kecil dan berwarna cerah.

Ayam Pama Jenis Rambong

Ayam pama yang satu ini memiliki bobot tubuh sekitar 2,3 hingga 3 kg dengan ciri khas bulu yang lebar. Sedangkan warnanya cenderung mengkilap, kakinya kecil, bulat dan kering.

Ayam Pama Jenis Mathai

Ayam pama jenis mathai ini ukurannya lebih besar dari ayam pama asli dan mencapai bobot 3 hingga 4 kg. Bulunya lebih dominan dengan warna gelap dan sedikit lebih kusam.

Ayam Pama Jenis Saigon

Ayam pama yang satu ini memiliki tubuh yang besar sekitar 3 hingga 4 kg dan memiliki pukulan yang keras. Sedangkan bentuk kakinya berukuran kecil, bulat dan berwarna gelap.

Ayam Pama Jenis Brasil

Ciri khas dari ayam pama jenis brasil yaitu ukuran tubuhnya yang lebih besar dari ayam pama lainnya. Bobot tubuhnya mencapai 3-4 kg dengan bulu yang cukup lebat, sedangkan kakinya kecil, bulat, kering dan terang.

Nah, dari berbagai macam jenis ayam tersebut, perlu dilakukan perawatan khusus seperti berikut ini:

Perawatan Khusus Ayam Pamagon


Latihan Pukulan Secara Rutin

Ayam pamagon biasanya di koleksi untuk menjadi ayam petarung yang tangguh dan kuat melawan jenis ayam lainnya. Namun, ayam yang kuat dan tangguh seperti jenis pamagon tidak akan berkembang jika tidak dilatih dengan baik.

Baca Juga : Mengenal Ciri-Ciri Ayam Peru yang Berkualitas

Meski Anda memelihara ayam jenis pamagon hanya untuk koleksi, kekuatan ototnya perlu dilatih agar tidak lesu. Selain itu, latihan ini juga membuat stamina ayam menjadi lebih baik.

Tambahkan Jamu Penambah Bobot Pukulan

Bila diperlukan, Anda juga bisa menambahkan jamu atau obat khusus untuk menambah bobot pukulan. Jamu ini juga dibutuhkan untuk menjaga stamina ayam agar tetap sehat dan kuat serta memiliki otot yang tangguh.

Jamu ini dimaksudkan untuk menambah lemak pada tubuh ayam dan menjadikan pukulannya lebih kuat. Jamu untuk kekuatan ayam biasanya banyak dijual di pasaran dan dari bahan alami.

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Pamagon

Di antara banyak jenis ayam, ayam jenis pamagon memang sedang banyak diperbincangkan dan banyak yang menginginkannya.

Hal ini karena ayam jenis pamagon ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan ayam lain, antara lain:

  • Ayam jenis pamagon memiliki ciri khas pada pukulannya yang keras, cenderung dalam dan juga menimbulkan efek
  • Kehebatan ayam jenis pamagon terlihat saat mereka sedang memukul ayam lainnya di bagian wajah, badan maupun memukul dengan menyilang
  • Ayam ini memang terkenal cukup tangguh karena struktur tulang yang dimilikinya bulat dan sangat padat berisi
  • Ayam pamagon terkenal tangguh dan tidak mudah menyerah, terlihat dari kebiasaannya yang pandai mencari kepala ayam lain dan memukulnya
  • Saat bertemu dengan ayam jenis lainnya, ayam jenis pamagon bisa mengelabui mereka dengan berlari memutar untuk mengecoh
  • Ayam jenis pamagon memang ayam jagoan yang tidak mudah dikalahkan, ayam ini tidak mudah dipukul ayam lain dan pandai menghindar
  • Jika ayam jenis pamagon ini sudah tidak kompromi dengan ayam lainnya, mereka bisa mematuk bagian punggung lalu mulai memukul
  • Taji pada ayam jenis pamagon juga berbeda dan lebih berbahaya
  • Saat ayam pamagon diganggu atau dipukul oleh ayam lainnya, ayam ini tidak akan mudah menyerah karena memiliki ketahanan yang baik
  • Meski hanya seekor ayam, jenis pamagon ini bisa dibilang sebagai ayam yang cerdas daripada lainnya, pandai menghindar, bertahan dan memukul

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Bekisar

Namun, meski cukup tangguh dan memiliki ketahanan yang cukup kuat, ayam jenis pamagon ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Saat diganggu oleh ayam lainnya, ayam jenis pamagon ini memang pandai melawan dan memukul, namun kecepatan pukulannya tidak terlalu bagus
  • Ayam jenis pamagon memang tangguh serta memiliki tulang kuat dan padat, namun kesempatan memukul biasanya lebih dulu diambil ayam lainnya
  • Meski sering digunakan sebagai ayam petarung, ayam pamagon ini tidak terlalu agresif sehingga beberapa orang hanya menjadikannya sebagai ayam hias
  • Selain tidak agresif, ayam jenis pagamon juga tidak memiliki gaya mengunci ayam lainnya atau lock, meski bisa memukul dengan kuat
  • Saat diganggu atau berselisih dengan ayam lainnya, ayam jenis pamagon ini cenderung mudah dikuasai oleh ayam lawan dan tidak fokus

Nah, itulah beberapa informasi seputar dunia ayam dan jenis ayam pamagon yang kini banyak dicari pecinta ayam. Jenis ayam ini memang diciptakan dari hasil perkawinan dari ayam yang berbeda untuk menghasilkan ayam yang lebih berkualitas.

Ayam pamagon ini diciptakan agar lebih tangguh dan kuat daripada ayam koygon. Namun, setiap jenis ayam pasti memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *