Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Ketahui 12 Jenis Bahan Pembersih Alami Perabotan Rumah

3 min read

Pembersih Alami Perabotan Rumah

Home sweet home, rumahku istanaku, adalah kalimat yang mengungkapkan betapa pentingnya arti rumah bagi penghuninya. Rumah yang bersih, tenang, nyaman dan menyenangkan akan membuat penghuninya merasa bahagia.

Hanya saja kadang kita kebingungan karena beberapa barang di dalam rumah sudah terlihat kotor dan kusam. Mungkin saatnya menggunakan pembersih alami perabotan rumah.

Tanpa kita sadari sebenarnya banyak benda-benda di sekitar kita yang sering kita pakai ternyata bisa menjadi salah satu alternatif pembersih yang bagus untuk membersihkan perabotan yang ada di rumah.

Pikiran yang dipengaruhi oleh persepsi karena seringnya melihat tayangan iklan di televisi justru membuat kita tidak terpikirkan hal yang sederhana tapi bermanfaat.

Baca Juga : Bahaya Jikat tidak Buang Air Besar

Bayangkan berapa jenis sabun pembersih yang harus kamu beli untuk bisa mengatasi masalah pada semua perabotan tersebut? Yang jelas banyak dan mahal.

Nah, dengan pembersih alami perabotan rumah kamu bisa menghemat uang untuk keperluan lain, dan perabot rumah bisa dibersihkan dengan hasil yang memuaskan.

Inilah beberapa jenis barang yang sebenarnya bisa digunakan sebagai pembersih perabotan di rumahmu termasuk baju kesayanganmu.

12 Jenis Pembersih Perabotan Rumah dari Bahan Alami


Cairan Penyegar Mulut atau Mouthwash

Kalau setiap selesai menggosok gigi kamu melanjutkannya dengan berkumur menggunakan mouthwash itu artinya kamu sudah punya satu jenis pembersih alami untuk perabotan rumah.

Cairan penyegar mulut yang gunanya untuk membunuh bakteri dan membersihkan plak gigi tersebut ternyata bisa berfungsi sebagai pembersih kerak yang terdapat pada perabotan seperti mesin cuci, wastafel dan lainnya.

Pasta Gigi

Rumah yang didalamnya ada anak kecil pastinya menyenangkan karena suasana akan lebih ramai. Tapi kadang anak-anak bermain dengan meninggalkan kotoran pada rumah yang sulit untuk dibersihkan.

Sebagai contoh mencoret-coret tembok dengan crayon atau spidol. Kalau sudah begitu kamu pasti pusing bagaimana cara untuk menghilangkan noda tersebut.

Baca Juga : Manfaat Pasta Gigi yang Tidak Anda Ketahui

Gunakan saja pasta gigi sebagai pembersih alami perabotan rumah dalam hal ini dinding rumah kamu. Bahkan pasta gigi bisa juga digunakan untuk membersihkan keyboard piano dan juga whiteboard. Oleskan saja di atas permukaannya lalu lap pelan-pelan.

Krim Cukur

Pusing dengan noda yang menempel di atas karpet? Bersihkan saja dengan menggunakan krim cukur. Kandungan zat aktif dalam krim cukur memiliki kemampuan yang baik untuk membersihkan minyak dan bagus untuk menghilangkan noda dari bahan tertentu seperti kulit sintetis. Cobalah pakai krim cukur untuk membersihkan karpet dan lihat hasilnya.

Lemon

Lemon memang sudah lama dikenal sebagai bahan yang memiliki efek mengkilaukan. Lemon juga merupakan pembersih alami perabotan rumah yang bagus untuk membersihkan noda pada pakaian, cangkir dan juga plastik. Bukan itu saja ternyata lemon juga berperan sebagai desinfektan yang akan membunuh kuman dan bakteri.

Buah berwarna kuning ini juga sangat bagus untuk membersihkan perabotan dapur seperti panci dan kompor. Jika dicampurkan dengan garam maka lemon akan mampu membuat wajan kembali berkilau.

Tahukah Kamu Lemon sangat efektif untuk menghilangkan karat

Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang kaya manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit ternyata juga memiliki fungsi sebagai pembersih alami perabotan rumah. Minyak zaitun bisa digunakan untuk membersihkan rambut yang terkena permen karet.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun

Selain itu minyak zaitun yang fungsinya melembutkan dan menjaga kulit agar bersinar akan mengembalikan kilau perabotan rumah yang terbuat dari logam seperti stainless dan juga furniture dari kayu.

Minuman Bersoda

Terlalu sering mengkonsumsi minuman ringan yang mengandung soda bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh tapi minuman soda bagus digunakan sebagai pembersih.

Sebagai pembersih alami perabotan rumah, minuman soda bisa digunakan untuk membersihkan toilet terutama pada bagian logamnya. Jadi kalau sedang ingin minum soda konsumsilah sedikit saja sisanya gunakan untuk membersihkan toilet.

Es Batu

Sedang santai di rumah tiba-tiba melihat bagian tertentu yang ada di dalam rumah dalam kondisi kotor pasti mengganggu pikiran. Tidak perlu galau pergi saja ke dapur, buka kulkas dan ambil es batu secukupnya.

Bukan untuk membuat minuman tapi untuk membersihkan perabotan yang kotor. Es batu selain akan menjadi solusi membersihkan rumah tanpa rasa cemas juga berfungsi sebagai penghilang bau yang tidak sedap pada perabotan.

Garam

Garam yang dicampurkan dengan air perasan lemon bisa mengembalikan kilau perabotan dari logam khususnya tembaga. Faktanya bukan hanya itu saja manfaat dari garam sebagai pembersih alami perabotan rumah.

Garam bisa berfungsi untuk membersihkan masih banyak lagi barang dan perabotan. Di dalam garam terkandung zat yang bisa membunuh kuman dan menghilangkan jamur. Itulah alasannya kenapa garam merupakan pembersih yang bagus.

Alumunium Foil

Simpan alumunium foil yang biasa digunakan sebagai pembungkus coklat atau permen dan gunakan sewaktu-waktu sebagai pembersih perabotan.

Kertas alumunium tersebut bisa kamu pakai untuk membersihkan alat pemanggang, mengembalikan kilau perabotan perak dan perhiasan kamu. Gunakan alumunium foil dan gula untuk menggosok bagian yang kusam atau terkena noda.

Bedak Bayi

Pasti belum banyak yang tahu bahwa bedak bayi bisa menjadi pembersih alami perabotan rumah. Bedak bayi bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda minyak yang menempel pada baju atau perabotan seperti taplak dan seprei. Mudah dan murah kan.

Minyak Esensial

Kalau kamu termasuk orang yang sangat berhati-hati dalam penggunaan bahan-bahan kimia, minyak esensial bisa menjadi solusi yang tepat.

Mayoritas pembersih yang ada di pasaran memang menggunakan senyawa kimia sebagai bahan aktifnya dimana terkadang bisa menimbulkan iritasi bagi orang yang sensitif. Minyak esensial adalah alternatif pengganti bahan kimia sebagai pembersih.

Baca Juga : Cara Merawat Meja Kursi Kayu

Selain bebas dari kandungan zat kimia dan aman untuk digunakan, minyak esensial juga akan meninggalkan keharuman yang menenangkan. Sebagai alat pembersih alami perabotan rumah kamu bisa gunakan minyak esensial untuk bekas stiker yang menempel pada mobil atau sejenisnya. Bekas stiker yang lengket bisa teratasi dengan sempurna.

Tips Tambahan! Kamu dapat membersihkan pecahan gelas dengan Roti lo!

Gula Pasir

Selain garam kamu juga bisa menggunakan gula pasir untuk membersihkan benda-benda yang ada di rumah. Gula pasir memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengurangi dan membersihkan noda yang membandel. Kamu tidak percaya? Gula pasir ternyata mengandung enzim yang bisa memecah klorofil yang menyebabkan noda di baju kamu.

Bagaimana cara untuk menggunakan gula sebagai bahan pembersih alami perabotan rumah? Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan setengah cangkir gula pasir dan campurkan dengan air hangat.

Aduk hingga terbentuk tekstur yang mirip dengan pasta. Setelah pasta gula siap kamu bisa menggunakannya sebagai pembersih dengan mengoleskannya pada permukaan yang terkena noda.

Selanjutnya jika semua permukaan benda yang terkena noda sudah diolesi dengan rata, diamkan dan tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu bilaslah dengan cara mencuci baju atau benda lainnya seperti biasa. Tanpa harus keluar uang ekstra masalah noda sudah bisa diatasi dengan hasil yang maksimal.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

One Reply to “Ketahui 12 Jenis Bahan Pembersih Alami Perabotan Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *