TrikMerawat Extraordinary Man!

Cara Merawat Ayam Bangkok Siap Adu Dari Kecil

4 min read

cara merawat ayam bangkok siap adu

Ayam jantan atau yang lebih dikenal dengan ayam jago memang kerap kali dijadikan sebagai ayam aduan karena lebih kuat. Dari semua spesies ayam jago, ayam jago Bangkoklah yang dinilai memiliki kualitas di atas rata-rata.

Hal inilah yang membuat ayam Bangkok banyak dijadikan ayam aduan bahkan memiliki banyak pengemar. Namun, sudah tahukan anda cara merawat ayam Bangkok aduan sedari kecil? Yuk, simak ulasan berikut.

Cara Merawat Ayam Bangkok Siap Adu Dari Kecil Hingga Jadi Petarung


1. Memilih Anak Ayam Bangkok Yang Bagus

Anak ayam Bangkok yang bagus bisa dilihat dari postur tubuh yang dimiliki oleh ayam tersebut. Pemilihan bibit yang bagus sangat penting karena menjadi penentu untuk ke depannya.

Anda bisa memilih ayam Bangkok yang memiliki ciri-ciri badan ramping yang tegak dan tinggi, memiliki leher lebih panjang daripada ayam lainnya. Tidak hanya itu ayam bangkok yang bagus juga memiliki tulang alis menonjol dan tulang kaki berbentuk bulat.

Ciri lainnya yang bisa anda lihat dari besarnya tulang dibagian dada yang tebal serta memanjang, untuk tulang badan memiliki tekstur yang rapat dan keras apalagi di bagian penghubung tubuh dan ekor.

Ciri-ciri ini bisa diperhatikan dengan seksama karena memang terlihat dari fisik yang dimiliki. Dengan memilih anak ayam yang berkualitas bagus tentunya akan menghasilkan ayam Bangkok dewasa yang jago adu.

2. Pemilihan Kandang Yang Sesuai

Cara merawat ayam bangkok setelah mendapatkan bibit adalah pemilihan kandang yang sesuai dengan umur ayam. Anda sebaiknya memisahkan anak ayam dengan ayam induknya karena memerlukan perawatan yang berbeda.

Bibit yang baru saja menetas sebaiknya ditempatkan pada kandang yang bersuhu hangat dan dilengkapi lampu. Hal ini karena anak ayam sangat rentan dan belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga bisa saja mati.

Baca juga : Cara Merawat Ayam Bangkok

Setelah anak ayam sudah berumur 2 bulan maka ayam sudah bisa dipindahkan ke kandang yang lebih besar. Kandang harus memiliki ventilasi yang bagus serta rajin untuk dibersihkan setiap hari.

Selain untuk kebersihan juga agar tidak menyebabkan penyebaran penyakit. Pada usia ini ayam juga sudah bisa mandi tanah agar tulang pada ayam tumbuh dengan baik dan ayam cepat beradaptasi dengan lingkungannya.

3. Memperhatikan Pakan Ayam

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh ayam juga menjadi salah satu cara merawat ayam Bangkok siap adu yang harus sangat diperhatikan.

Tidak hanya sebagai sumber energi, makanan pada ayam Bangkok juga bisa menambah performa hingga mempengaruhi tingkah laku ayam aduan saat bertarung. Dalam memelihara ayam Bangkok, menakar makanan yang dikonsumsi menjadi sangat penting.

Info! Salah satu jenis ayam bangkok adalah Ayam bangkok Hitam Jergem. Ayam ini memiliki stamina dan daya tahan terhadap berbagai macam pukulan. Kelebihan ini merupakan hal yang paling menonjol dari ayam ini meskipun jarang melesatkan pukulan namun ayam ini sangat tahan terhadap pukulan lawan.

Takaran makanan untuk ayam Bangkok, harus disesuaikan dengan berat badan ayam Bangkok yang anda miliki. Ayam Bangkok dengan rata-rata berat badan antara 3kg hingga 4 kg takaran makan yang diberikan sebesar 200 hingga 300 gram pakan.

Jumlah tersebut diberikan dalam setiap kali memberikan makan dalam satu hari. Selain berat badan ukuran ayam kecil dan ayam dewasa memiliki porsi yang berbeda.

Untuk ayam dewasa yang akan dijadikan aduan, anda bisa menambahkan jagung utuh untuk tambahan makanan karena berguna untuk membuat paruh ayam menjadi lebih kuat.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Broiler

Sementara untuk anak ayam yang baru lahir makanan yang sesuai yaitu campuran bekatul dan pur dengan ukuran 4:1. Usia ayam 3 bulan diberi makan voer 592, sementara usia diatas 3 bulan anda bisa mengunakan voer 594 yang bisa dicampur nasi putih dengan tambahan susu.

Tidak hanya memberikan makanan, dalam cara merawat ayam Bangkok juga dibutuhkan pemberian vitamin sejak usia ayam 1 bulan. Vitamin dan suplemen biasanya sangat efektif jika diberikan pada malam hari.

Pada malam hari kondisi ayam sedang tenang sehingga, vitamin dan suplemen mudah untuk dicerna oleh ayam. Hal ini membuat vitamin dan suplemen merasuk secara sempurna ke tubuh ayam Bangkok.

4. Rajin Memandikan Ayam Bangkok

Cara Merawat ayam bangkok siap adu Untuk mendapatkan penampilan yang menarik sangat penting untuk memandikan ayam Bangkok secara rutin. Memandikan ayam harus dilakukan setiap hari agar performa ayam aduan tetap terjaga.

Waktu terbaik memandikan ayam Bangkok aduan adalah pada pukul 08.00 pagi asalkan tidak sedang hujan. Anda bisa mengunakan air bersih yang berasal dari sumur tanpa mengunakan sabun dan tidak mengunakan air hangat agar jaringan bulu ayam tidak rusak.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Bekisar

Langkah pertama memandikan ayam Bangkok adalah membasuh kepalanya mengunakan busa yang telah dibasahi. Kemudian anda bisa membasuh secara perlahan dari leher hingga bagian bawah mengunakan handuk kering.

Anda juga harus membersihkan area kloaka hingga benar-benar bersih. Bagian sayap hingga kaki dibersihkan mengunakan handuk kering. Sementara bagian punggung tidak boleh terlalu sering dibersihkan agar bulu tidak kusut.

5. Menjemur Ayam Bangkok Dengan Benar

Selain memandikan ayam, cara merawat ayam bangkok siap adu adalah menjemur dengan benar juga harus dilakukan dalam cara merawat ayam Bangkok siap adu. Penjemuran dilakukan setelah mandi dengan memasukkan ayam ke dalam kurungan dan dilakukan dibawah sinar matahari langsung.

Sebaiknya anda memberi alas pada bagian bawah agar ayam tidak berguling dan menjadi kotor. Waktu penjermuran terbaik sekitar pukul 08.00 hingga pukul 10.00.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam BK

Penjemuran berguna untuk membantu pertumbuhan bulu dan tulang pada ayam Bangkok. Tidak hanya itu proses ini juga membuat ayam lebih bugar dan sehat.

Anda harus memperhatikan penjemuran sudah sesuai dengan kondisi ayam atau tidak, penjemuran bisa dihentikan jika kondisi ayam tidak memungkinkan. Biasanya berlaku untuk ayam yang lebih muda, penjemuran sebaiknya dihentikan dan berlanjut esok hari.

6. Memberikan Pelatihan Ayam Bangkok Aduan

Memberi latihan pada ayam Bangkok aduan bisa berupa latihan fisik hingga sparing. Latihan fisik dilakukan untuk membentuk otot serta melatih nafas pada ayam.

Latihan fisik bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, anda bisa memberi latihan melompat, kilter dan juga renang. Memberikan pelatihan juga harus disesuaikan dengan kesanggupan ayam dalam melakukannya. Hentikan ketika ayam sudah lelah karena akan merusak ayam.

Baca juga : Cara Merawat Anak Ayam

Sparing atau abar merupakan latihan yang sangat dibutuhkan dalam cara merawat ayam Bangkok siap adu agar menjadi juara. Sparing dilakukan dengan ayam lain agar mental dan teknik ayam terbentuk.

Untuk ayam muda yang baru pertama sesi sparing sebaiknya dilakukan 5 hingga 10 menit. Kemudian ayam muda harus beristirahat kira-kira 2 minggu agar kondisinya kembali prima.

Salah Satu Ayam Bangkok yang ditakuti adalah Ayam Bangkok Kinantan Putih karena memiliki keunikan yaitu Membuat Trauma Mental Lawan, Tidak Mudah Di Pukul, Sering Membuat Keributan Di Arena dan Kharisma Yang Kuat

Pada abar yang selanjutnya durasinya bisa ditambahkan dan bisa dilakukan lebih sering. Pastikan anda memilih lawan yang sesuai dengan kondisi ayam yang anda miliki.

Latihan ini bisa dilakukan hingga ayam siap untuk mengikuti kejuaraan. Anda juga tidak diperbolehkan memaksakan kesanggupan ayam karena bisa membuat ayam stress dan keinginan anda menjadikan jawara tidak tercapai.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Petelur

Merawat dan melatih ayam Bangkok aduan memang tidak mudah karena membutuhkan proses yang panjang. Sehingga tidak jarang orang membeli yang sudah siap adu daripada merawat dari kecil.

Jika anda ingin mengikuti cara merawat ayam bangkok siap adu sedari kecil maka dibutuhkan kesabaran ekstra serta perawatan yang sesuai. Beberapa kesalahan dalam perawatan bisa membuat ayam muda tidak tumbuh dengan baik.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *