Cara Merawat Benda

Teknik Aman Cara Merawat Printer Agar Berumur Panjang

cara merawat printer
Written by Josua Rifandy

Printer merupakan salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku bisnis. Saat ini, bukan hanya lingkungan perkantoran saja yang membutuhkan printer, alat ini juga digunakan untuk cetak foto, cetak kaos, dan usaha pencetakan lainnya. Oleh karena itulah memahami bagaimana cara merawat printer menjadi hal yang harus dikuasai para pemilik dan pengguna printer.

Menyerahkan pada tukang service memang jalan keluar paling tepat printer bermasalah. Namun, jika sering diperbaiki tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk pemeliharaan juga lumayan besar. Lebih baik berhemat, caranya dengan melakukan perawatan secara rutin.

Cara Merawat Printer Agar Tidak Mudah Rusak


Cara merawat printer tidaklah sulit, pengguna hanya membutuhkan modal rajin dan telaten. Supaya printer tidak mudah rusak ikuti perawatan printer berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan Printer

Cara merawat printer yang pertama adalah menjaga kebersihannya. Printer yang bebas dari kotoran akan lebih tahan lama, dan tidak mudah macet. Oleh karena itu pengguna disarankan untuk selalu menjaga kebersihan. Jangan tunggu hingga debu terlalu tebal, sebaiknya bersihkan setiap kali selesai digunakan.

Setelah dibersihkan, tutup printer menggunakan kain. Bagian untuk meletakkan kertas rentan dimasuki debu. Untuk itu, bagian ini juga harus ditutup menggunakan kain. Kotoran yang menumpuk di bagian ini dapat masuk pada printer head. Selain membuat printer head cepat rusak, kondisi ini sangat mempengaruhi kualitas cetakan.

Apabila tidak memungkinkan membersihkan printer setiap hari. Usahakan lakukan pembersihan satu minggu sekali. Frekuensi bisa disesuaikan dengan seberapa sering printer digunakan. Asalkan printer harus dalam kondisi tertutup saat tidak digunakan.

2. Sering Melakukan “Clean Head”

cara merawat printer
(Sumber: Wikihow.com)

Printer head tidak dapat menyerap tinta dengan baik merupakan salah satu kendala yang paling sering ditemui. Hal ini tentu hasil cetakan pada kertas tidak maksimal. Kondisi ini bisa jadi disebabkan karena pengguna jarang melakukan clean head.

Baca Juga : 7 Tips Cara Merawat Mesin Fotocopy Agar Tetap Awet

Itulah alasan pentingnya melakukan clean head secara rutin, supaya tidak ada penyumbatan dan tinta dapat diserap dengan baik. Cara merawat printer head berbeda-beda setiap jenis printer. Biasanya langkah-langkah pembersihan tertera dalam buku panduan yang disertakan saat pembelian printer. 

Secara umum, clean had dilakukan setiap sekali dalam seminggu. Hindari melakukan clean head terlalu sering karena dapat mengakibatkan tempat tinta kebanjiran. Hal ini disebabkan oleh tempat tinta yang tidak dapat menampung tinta.

3. Sebaiknya Gunakan Printer Secara Berkala

Cara merawat printer yang selanjutnya adalah perihal waktu penggunaannya. Printer yang jarang digunakan justru lebih cepat rusak. Mengapa bisa demikian? Ketika printer jarang digunakan tinta akan lebih cepat kering. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja print head. Selain itu, print head juga mudah berkarat jika jarang digunakan. Kondisi print head yang berkarat lebih sulit diperbaiki.

Sementara itu, printer yang sering digunakan mendorong mesin bekerja semakin optimal. Tentu saja dengan syarat penggunaan sewajarnya tidak terlalu berlebihan. Itulah sebabnya printer harus digunakan maksimal setiap hari, atau setidaknya satu minggu sekali.

4. Hindari Mencetak Terlalu Banyak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, printer tidak boleh digunakan secara berlebihan. Maksudnya, jangan menggunakan printer untuk mencetak dalam jumlah yang terlalu banyak. Tidak baik memaksa printer untuk bekerja ekstra karena membuat umur mesinnya lebih pendek.

Terutama pada printer head, bagian ini memiliki batas waktu bekerja. Memaksa mencetak dalam jumlah banyak dapat menyebabkan printer head kelelahan. Inilah salah satu faktor yang membuat kinerja printer menurun. 

Misalnya, jika ingin mencetak 200 lembar sebaiknya lakukan secara bertahap. Jangan mencetak terus menerus, caranya cetak 25 lembar terlebih dahulu. Lalu, istirahatkan printer selama beberapa menit. Lanjut lagi 25 lembar, lalu istirahat. Begitu seterusnya. Ini bisa menjadi salah satu cara merawat printer yang efektif menekan resiko kerusakannya. 

5. Menggunakan Tinta Printer yang Tepat

cara merawat printer
(Sumber: Digitaltrends.com)

Jangan pernah mencoba menggunakan tinta yang tidak orisinil atau tinta yang tidak bermerk. Penggunaan tinta sangat berpengaruh terhadap hasil cetakan. Selain itu, hindari kebiasaan mengganti merk tinta. Supaya printer tetap awet gunakan satu merk tinta dari awal sampai akhir.

Setiap merk tinta memiliki tingkatan warna yang berbeda, mencampur tinta dari dua merek yang berbeda mengakibatkan campuran warnanya tidak solid. Campuran tinta kurang tepat juga mempengaruhi kinerja katrid.

Baca Juga : Cara Merawat AC Split Agar Awet Dingin

Awalnya, katrid sudah terbiasa membaca tinta merk A, secara tiba-tiba menerima radar dari tinta merk B. Kondisi ini akan membuat katrid bingung, sehingga mempengaruhi hasil warna pada cetakan yang tidak maksimal.

6. Mengisi Tinta Sebelum Habis

Memeriksa kondisi tinta pada kartrid juga sangat penting. Jangan sampai telat mengisi ulang tinta printer. Apabila menggunakan printer dalam kondisi tinta habis, printer tidak dapat bekerja atau error. Keterlambatan mengisi kartrid juga dapat membuat kinerjanya tidak normal. 

Pemeriksaan ini seringkali disepelekan, padahal dampaknya membahayakan pada kinerja mesin yang lain. Jika sering terjadi, katrid tidak akan bekerja sesuai fungsinya. Itu artinya pengguna harus mengganti kartrid yang baru.

7. Mengecek Kinerja Katrid

Cara ini juga tidak boleh dilewatkan karena membantu kinerja katrid tetap optimal. Buatlah beberapa lingkaran menggunakan shapes pada Ms. Word, tandai lingkaran dengan warna kuning, hijau, hitam, dan merah. Lalu, cetak gambar tersebut dengan resolusi warna paling tinggi.

Pengecekan ini dapat dilakukan setiap dua minggu sekali. Hal ini untuk mengetahui, cartridge masih bisa mencetak warna dengan sempurna atau tidak. Apabila cetakan warnanya masih jelas, artinya kartrid masih dapat bekerja dengan optimal.

8. Mengganti Selang Infus

cara merawat printer
(Sumber: Blog.ecoburotic.com)

Cara merawat printer juga bisa dilakukan dengan mengganti selang infus. Selang infus pada printer memiliki masa penggunaan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya jenis tinta yang digunakan. Selang infus sendiri memiliki fungsi mengalirkan tinta dari tabung infus menuju katrid. Selang infus yang dapat mengalirkan tinta dengan lancar belum tentu kinerjanya baik.

Selang infus tetap dapat mengalirkan tinta meskipun kinerjanya sudah menurun. Selang yang tidak pernah diganti lama kelamaan akan mengeras, kondisi ini menyebabkan gerak selang tidak teratur. Kemungkinan terburuknya selang dapat tersangkut saat proses mencetak.

Jangka waktu mengganti selang infus tergantung pada jenis tintanya. Semakin kental tinta yang digunakan, semakin cepat frekuensi penggantian selang infus. Jika menggunakan tinta kental, disarankan untuk mengganti selang infus setiap enam bulan sekali. Sedangkan untuk penggunaan tinta cair, ganti selang infus setiap satu tahun sekali.

9. Matikan Apabila Tidak Digunakan

Apabila memiliki rencana untuk tidak menggunakan printer, sebaiknya printer dimatikan. Sama seperti mesin pada umumnya, printer juga perlu beristirahat setelah bekerja dalam waktu lama. Adanya masa recovery, mesin printer dapat bertahan lebih lama.

Baca Juga : Panduan Dasar Cara Menggunakan Mesin Cuci

Mematikan printer juga harus dilakukan dengan benar. Tekan tombol on/off sampai semua lampu pada printer tidak menyala. Tunggu sampai sekitar 3 detik, lalu cabut semua kabel yang menempel pada saluran listrik. Jangan lupa kabel USB yang terhubung dengan komputer.

Cara merawat printer di atas sangat efektif untuk menjaga mesin tetap awet. Apabila ada kerusakan yang fatal, segera bawa mesin pada tukang service printer. Jangan pernah mencoba memperbaiki printer rusak jika tidak tahu tekniknya. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment