Cara Merawat Benda

Cara Merawat Mesin Scanner agar Awet dan Hasil Tetap Bagus

Cara Merawat Mesin Scanner agar Awet dan Hasil Tetap Bagus Trikmerawat.com
Nur Atinal
Written by Nur Atinal

Apakah Anda punya mesin scanner di rumah? Kira-kira sudah berapa lama umurnya? Apakah mesin scanner Anda masih bekerja dengan sangat bagus? Nah, pertanyaan-pertanyaan ini tidak lepas dari bagaimana kita memperhatikan cara merawat mesin scanner dengan baik dan benar. Sehingga tetap awet dan menghasilkan dokumen atau gambar yang masih bagus seperti waktu masih baru beli.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, mesin scanner merupakan alat yang biasa digunakan untuk memindahkan lembaran dokumen ataupun gambar ke dalam bentuk file. Fungsi scanner ini hampir sama dengan mesin copy.

Cara Merawat Mesin Scanner agar Awet dan Hasil Tetap Bagus Trikmerawat.com
(Sumber: Metrorepro.co.uk)

Namun, pada mesin copy menghasilkan dokumen dalam bentuk lembaran kertas. Sementara pada mesin scan berupa soft file yang perlu ditinjau terlebih dahulu hasilnya pada layar monitor komputer maupun laptop Anda.

Baca Juga: Sudah Tahu Cara Merawat Laptop dengan Mudah ?

Bagian-bagian Mesin Scanner

Secara umum, jenis mesin cetak ini terdiri dari lima bagian utama yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Bagian-bagian mesin ini antara lain:

  • Kaca atau alas kaca. Termasuk bagian yang digunakan untuk wadah dari gambar atau dokumen yang akan dibaca.
  • Sumber cahaya. Bagian ini berupa lampu dengan intensitas cahaya yang cukup tinggi yang akan diarahkan ke gambar.
  • Sensor sinar pantulan. Sensor sinar pantulan yang umum digunakan untuk mesin scan adalah sensor CCD (charge-coupled devices). Bagian ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar yang diarahkan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner hingga cahaya mengarah sampai ke CCD.
  • Motor stepper dan pita bergerigi. Karena kinerjanya membaca data secara baris per baris. Bagian ini sangat dibutuhkan untuk menggerakkan lampu dan CCD.
  • Bagian penutup. Berfungsi untuk menghindari sinar dari luar yang masuk. Sehingga data yang dibaca oleh sensor sinar pantulan benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Lensa Kamera agar Awet dan tidak Jamuran

Cara Merawat Mesin Scanner agar Selalu Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Jika Anda ingin mesin scan lebih tahan lama, maka harus dibarengi dengan cara merawat mesin scanner dengan baik sehingga menghasilkan gambar maupun dokumen yang maksimal, jernih, dan tidak terjadi penyimpangan hasil scan. Yuk simak tips dan trik mengenai cara merawat mesin scanner dengan mudah berikut ini:

1. Pastikan Mesin Scan dalam Keadaan Mati Saat Dibersihkan

Cara merawat mesin scanner yang pertama adalah pastikan mesin scan dalam keadaan mati (off) sebelum Anda membersihkannya. Jangan lupa juga untuk melepaskan kabel dan USB-nya ya.

2. Jaga Kebersihan Scanner dari Debu dan Kotoran

Debu yang menempel pada body scanner bisa masuk hingga ke dalam bagian yang bergerak (moving part). Lama kelamaan debu ini bisa menumpuk dan bisa menghambat kerja mesin scan. Hal ini pada akhirnya bisa merusak bagian yang bergerak tersebut. Oleh karenanya, bersihkan debu dan kotoran secara rutin agar mesin dapat selalu bekerja dengan baik.

3. Gunakan Lap Tertentu Sesuai dengan Fungsinya

  • Lap Berbahan Microfiber

Apakah harus menggunakan lap microfiber untuk membersihkan mesin scan? Tentu tidak, namun lap berbahan microfiber ini memiliki susunan material yang halus, mudah menyerap air, dan mudah mengusap debu yang menempel pada mesin tersebut. Selain itu, dengan menggunakan lap yang halus membuat mesin scanner yang Anda miliki terhindar dari goresan.

Apalagi pada bagian kaca, Anda perlu ekstra hati-hati saat membersihkannya. Usahakan mengelap dengan satu arah, misalnya dengan arah menyamping kiri-kanan atau atas-bawah saja. Jadi, sebaiknya gunakan lap yang tidak mengandung serat sehingga debu dan kotoran yang masuk dan menumpuk pada sela-sela bagian dalam mesin bisa dijangkau dan bersih maksimal.

  • Lap Lembab

Ingat, jangan gunakan lap basah ya, tapi lap yang lembab. Lap yang lembab bisa Anda gunakan untuk membersihkan karet penarik (roller). Namun sebelum dipasang kembali, pastikan roller sudah dalam kondisi kering setelah Anda bersihkan ya. Cara merawat mesin scanner dengan membersihkan bagian roller ini dapat Anda lakukan minimal seminggu sekali.

  • Lap Kering

Lap kering ini bisa digunakan untuk membersihkan bagian mata scan. Disarankan menggunakan lap jenis microfiber sehingga semua debu dan kotoran terangkat. Jangan lupa juga untuk mengelap dengan cara satu arah agar tidak menimbulkan goresan.

4. Pastikan Dokumen Bersih dari Debu dan Kotoran

Hindari dokumen atau gambar dari debu dan kotoran yang menempel. Seperti serbuk fotocopy, serbuk printer laser, lem, hingga tinta printer yang belum kering. Hal ini untuk menjaga permukaan kaca tetap bersih sehingga menghasilkan file gambar atau dokumen yang jernih dan jelas.

Baca Juga: 7 Tips Cara Merawat Mesin Fotocopy Agar Tetap Awet

Cara Merawat Mesin Scanner agar Awet dan Hasil Tetap Bagus Trikmerawat.com
(Sumber: Static.fotokonijnenberg.nl)

5. Hindari Benda Tajam yang Menempel pada Dokumen

Lepas semua benda tajam yang menempel pada dokumen sebelum Anda scan. Benda tajam ini bisa berupa paperclip, lakban, dan staples. Cara ini harus Anda perhatikan agar kaca scanner tetap mulus, tidak tergores, dan menghasilkan file yang bagus.

6. Berikan Pelumas pada Bagian Gir

Bagian gir pada mesin harus diberi pelumas dalam jangka waktu minimal 3 bulan sekali jika sering melakukan scanning. Namun jika tidak, Anda cukup memberikan pelumas tiap 6 bulan sekali.

Sebaiknya pemberian pelumas ini tidak dilakukan sendiri jika Anda belum profesional. Karena pekerjaan ini membutuhkan pembukaan penutup dan body scanner, yang mana pembukaan body scanner oleh Anda sendiri membuat garansi produk hangus.

7. Segera Matikan Jika Sudah tidak Digunakan

Untuk mencegah berbagai masalah yang muncul pada mesin scan, yang harus Anda lakukan adalah segera matikan mesin jika sudah digunakan. Selain itu, cara merawat mesin scanner ini juga membuat Anda lebih menghemat pemakaian listrik.

8. Jangan Memaksa Menutup Mesin Saat Men-scan Bahan yang Tebal

Jika Anda ingin men-scan dokumen atau gambar yang berbahan tebal seperti majalah, maka sebaiknya jangan memaksa untuk menutup penutup mesin. Sebab akan membuat engsel penutup scan menjadi kendur dan bisa rusak.

Cara Merawat Mesin Scanner agar Awet dan Hasil Tetap Bagus Trikmerawat.com
(Sumber: I1.wp.com)

9. Gunakan Cairan Pembersih Peralatan Elektronik

Jika Anda kurang puas membersihkan mesin scanner hanya dengan menggunakan lap saja, Anda bisa gunakan cairan pembersih khusus untuk peralatan elektronik. Anda bisa menemukan cairan ini di pasaran atau di online shop. Karena dengan bantuan cairan pembersih membuat hasil scanning lebih maksimal dan debu hilang secara menyeluruh.

10. Gunakan Rubber Hand Blower

Rubber hand blower ini berguna untuk mengeringkan permukaan mesin. Alat ini bisa Anda gunakan setelah selesai membersihkan kaca atau lensa mesin scan.

Cara Merawat Mesin Scanner agar Awet dan Hasil Tetap Bagus Trikmerawat.com
(Sumber: I.pinimg.com)

Demikian cara merawat mesin scanner agar selalu awet dan menghasilkan dokumen atau gambar yang bagus. Scanner menjadi peralatan wajib yang harus ada di perkantoran sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pengarsipan. Atau pun di rumah, bagi Anda yang sibuk dengan urusan dokumentasi untuk mendukung pekerjaan Anda.

Oleh karenanya, cara merawat mesin scanner ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab dengan rutin membersihkannya, maka performa kinerja mesin tetap dalam kondisi yang maksimal.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Nur Atinal

Nur Atinal

A full time digital marketer. A freelance blogger, copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Comment