Cara Merawat Hewan

Langkah-langkah Cara Merawat Iguana Bagi Pemula Lengkap

cara merawat iguana
Written by Josua Rifandy

Iguana merupakan jenis hewan reptil yang berasal dari benua Amerika. Binatang ini, dapat ditemukan di alam liar maupun dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Cara merawat iguana sendiri sebenarnya terbilang cukup mudah, sehingga banyak masyarakat yang mulai memelihara hewan ini di rumahnya. Tertarik untuk memelihara iguana? Yuk, kenalan dulu dengan reptil unik yang satu ini!

Mengenal Ciri-Ciri Iguana, Si Kadal Berukuran Besar

cara merawat iguana
(Sumber: Oecsbusinessfocus.com)

Ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh iguana diantaranya yaitu terlihat seperti kadal besar. Warnanya dapat berubah sesuai dengan bentuk respons alami visual, contohnya warna kuning, jingga, merah muda, hijau, serta biru.

Namun, pada umumnya warna tubuh iguana adalah hijau. Selain itu, kerutan kulit yang terdapat di bagian bawah rahang dan kaki, dapat dijadikan untuk mengetahui jenis kelamin dari iguana tersebut.

Ukuran iguana yang masih bayi adalah 25-30 cm, sedangkan iguana yang sudah dewasa memiliki panjang mencapai 1,8 meter. Bahkan, ada yang bisa melampaui hingga 2 meter.

Sementara itu, usia yang dimiliki hewan ini berkisar antara 15-20 tahun. Iguana dewasa juga memiliki warna tubuh yang terbilang cukup unik, karena cenderung berubah menjadi warna coklat atau orange yang terlihat dari garis pada bagian ekor.

Inilah Cara Merawat Iguana Bagi Pemula

Iguana dapat dilatih menjadi hewan yang jinak. Walaupun memiliki bentuk fisik yang cukup menakutkan bagi sebagian orang. Hewan ini mudah patuh dan tidak membahayakan nyawa pemiliknya.

Hanya saja, untuk menjinakkan kadal besar ini, dibutuhkan kesabaran dan pelatihan secara terus-menerus. Lama-kelamaan, hewan akan terbiasa dan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan orang baru di sekitarnya.

Baca Juga : 10 Fakta Unik Musang Rase yang Wajib Kamu Ketahui

Merawat iguana bisa dibilang gampang-gampang susah. Tentu saja, hewan ini tidak boleh dirawat secara sembarangan. Untuk itu, sangat penting untuk tau bagaimana langkah-langkah untuk merawat reptil yang satu ini. Yuk, pelajari cara merawat iguana berikut ini:

1. Beri Makan Secara Rutin dan Teratur

Makanan yang tepat dan teratur merupakan salah satu faktor utama perkembangan tubuh hewan iguana. Sama halnya seperti manusia, yaitu membutuhkan makan tiga kali dalam sehari. Pagi, siang, dan sore hari. Iguana pun membutuhkan asupan makanan sebanyak tiga kali sehari dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Sebaiknya, jenis makanan yang diberikan juga beragam, supaya iguana tidak mudah merasa bosan.  Sebagai contoh, campuran pakan iguana terdiri dari biji-bijian sebanyak 45%, sayur-sayuran seperti sawi hijau sebanyak 40%, dan buah-buahan sebanyak 10%.

Perlu diketahui, komposisi dasar yang harus ada di dalam makanan iguana diantaranya yaitu kacang hijau, sayuran, pisang, serta penambahan protein hewani dalam kadar 5%. Sementara itu, makanan yang hanya diperbolehkan diberikan satu kali saja dalam kurun waktu 24 jam adalah bayam, brokoli, dan seledri.

Lalu, untuk makanan yang dilarang diberikan kepada iguana, contohnya seperti cacing, susu, sisa sayuran, serta telur. Karena, hewan iguana ini termasuk ke dalam kategori hewan herbivora (pemakan tumbuhan) bukan hewan omnivora (pemakan segala).

Sehingga, jangan memberikan makanan yang terlalu beragam di luar kandungan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh hewan ini.

Jika dipaksakan dengan memberi pakan di luar kebutuhan nutrisinya, maka akan berdampak pada proses pencernaan makanan. Jika hal ini terjadi, pertumbuhan iguana pun akan terganggu.

2. Pastikan Ada Persediaan Air Bersih di Kandang

cara merawat iguana
(Sumber: Petlifetoday.com)

Persediaan air bersih di dalam kandang iguana sangatlah dibutuhkan. Hal ini mengingat bahwa iguana bisa saja merasa kehausan setelah menyantap makanan yang diberikan. Tidak hanya setelah makan, terkadang hewan juga minum setelah bergerak.

Selain itu, minuman yang diberikan ke hewan peliharaan, sebaiknya bukan air mentah. Karena, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan hewan itu sendiri.

Baca Juga : Cara Merawat Sapi Cepat Gemuk dalam Waktu Singkat

Air minum yang diberikan ke dalam kandang iguana sebaiknya air matang yang dimasukkan ke dalam mangkuk cukup besar. Dikarenakan, saat iguana mengkonsumsi air, seringkali terlihat iguana memasukkan kepalanya ke dalam air.

Setelah memberikan air ke dalam kandang, maka jangan lantas dibiarkan begitu saja. Ganti secara berkala air minum yang terdapat di dalam kandang. Dengan begitu, air yang akan dikonsumsi oleh hewan terhindar dari adanya kontaminasi lingkungan yang dapat mengakibatkan air minum iguana tercemar. Jangan berlebihan dalam memberikan air minum, berikan secukupnya supaya tidak banyak air yang terbuang sia-sia.

3. Rutin Membersihkan Kandang Iguana

Kebersihan kandang atau tempat tinggal iguana juga menjadi kunci sukses tumbuh kembang iguana yang sehat. Kondisi kandang disesuaikan dengan habitat (tempat asal) aslinya, yakni daerah tropis. Negara Indonesia sudah termasuk ke dalam negara yang memiliki iklim tropis. Sehingga, sangat mudah untuk mempersiapkan kandang yang ideal bagi iguana.

Pastikan kandang diletakkan di tempat yang memperoleh pencahayaan yang baik. Terutama terkena sinar matahari langsung. Karena, sinar UV yang ada di matahari sangat bagus dalam menjaga pertumbuhan tulang, kulit, serta pencernaan makanan hewan. 

Kebersihan di dalam kandang juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit terhadap iguana. Penyakit yang bisa menjangkit iguana jika tidak mendapatkan kondisi kandang yang bersih adalah jamur. Jika hal tersebut dibiarkan, dapat berujung pada terjadinya kematian.

Iguana mudah sekali diserang oleh penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, bekas kotoran, serta sisa-sisa makanan yang diberikan kepada hewan tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan kandang iguana.

4. Penting Untuk Mengatur Temperatur atau Suhu Lingkungan Iguana

cara merawat iguana
(Sumber: Reptilevalley.com)

Iguana terbiasa dengan kondisi lingkungan yang hangat. Suhu yang sangat cocok untuk habitat iguana adalah 26 oC hingga 29 oC. Sedangkan suhu yang baik untuk berjemur yaitu 32 oC sampai 35 oC. Untuk memberikan kondisi temperatur yang sesuai, sebaiknya pada bagian luar kandang ditempelkan termometer ruangan. Sehingga, lebih mudah untuk mengkondisikan kandang agar suhunya tetap terjaga.

Untuk bagian alas kandang, biasanya menggunakan koran, karpet, ataupun serbuk kayu untuk memberikan kenyamanan terhadap iguana. Suhu kelembaban yang disukai oleh hewan ini adalah berkisar pada persentase 65%-75%. Caranya adalah dengan disemprot sebanyak dua kali sehari atau menggunakan mesin khusus.

5. Perhatikan Kondisi Kesehatan Iguana

Kesehatan iguana dapat diperhatikan dengan cara mengamati hewan dalam jarak yang dekat. Cara merawat iguana memang semudah yang telah dijelaskan. Luka ataupun sakit yang terlihat secara fisik dapat diberikan penanganan yang tepat dengan mengoleskan obat yang sesuai dengan anjuran dokter hewan.

Akan tetapi, jika terdapat gejala lain yang sulit dilihat melalui penampilan luar iguana, maka segera periksakan ke dokter hewan terdekat.

Memelihara iguana dapat dikatakan mudah, bisa juga tergolong ke dalam kategori sulit. Hewan reptil ini terbiasa dengan lingkungan yang hangat dan lembab. Oleh sebab itu, penting bagi pemelihara untuk selalu memastikan kondisi kandang yang nyaman bagi iguana. Jika tidak, hewan dapat mengalami stress dan berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuhnya.

Baca Juga : Cara Merawat Hewan Peliharaan Agar Gemuk dan Sehat

Bibit iguana yang unggul, akan menghasilkan anak iguana yang sama unggulnya dengan pemeliharaan yang baik. Jadi, jika memiliki iguana yang tidak kunjung tumbuh besar, amati terlebih dahulu bibit dari iguana yang dimiliki.

Perlu diingat, kotoran hewan iguana jika dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama, maka akan berakibat tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, setiap kali terlihat hewan telah mengeluarkan kotoran, segera bersihkan. Jangan sampai menunggu menumpuk begitu saja di dalam kandang ya!

Demikianlah informasi mengenai langkah-langkah dan cara merawat iguana. Semoga bermanfaat, terutama bagi Anda yang berminat memelihara iguana. Pastikan untuk merawatnya dengan cara-cara di atas ya! Dengan begitu, maka iguana bisa tumbuh besar dan sehat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment