Cara Merawat Hewan

10 Fakta Unik Musang Rase yang Wajib Kamu Ketahui

musang rase
Written by Josua Rifandy

Musang rase tergolong hewan buas pemakan daging. Biasanya oleh manusia keberadaanya menjadi ancaman karena kebiasaan hewan ini memburu hewan ternak di lingkungan manusia.

Musang menyukai tikus, serangga, telur unggas bahkan unggaspun ikut jadi korban mangsanya. Meskipun termasuk hewan buas, ada yang menarik dari hewan.

Musang rase memiliki bulu dengan warna yang cantik, memikat banyak orang untuk dijadikan hewan peliharaan. Musang ini punya warna bulu yang cantik dengan corak belang-belang hampir mirip dengan bulu kucing, bulunya mengkilap dibagian badan dan ekornya.

Sehingga menjadi incaran buruan manusia untuk dijadikan hewan peliharaan. Berikut beberapa ulasan fakta unik mengenai musang rase.

Fakta Musang Rase


Musang Suka Bergelondotan di Pundak Manusia

Hewan ini termasuk hewan arboreal dimana dia hidup diantara pepohonan bergelantungan dari satu pohon mloncat ke pohon lain. Maka jika musang ini dijadikan hewan peliharaan akan menganggap pemeliharanya adalah pohon besar.

Sebuas apapun hewan ini jika diperlakukan dengan baik maka mereka akan merasa lebih baik di atas pundak manusia. Jangan heran jika Anda akan merasa geli karena musang lebih senang bergelendotan dipundak manusia.

Sifatnya yang manis inilah yang menyebabkan Musang jenis ini diburu untuk dipelihara.

Musang Memiliki Insting yang Tajam

Musang memilki kelebihan yaitu insting yang tajam sebagaimana hewan malam lain yang memilki insting tajam dibandingkan hewan lain. Maka jika memeliharanya akan dengan mudah bagi hewan ini mengenali majikannya, mahkan bisa membaca suasana hati pemeliharanya dari sekilas tatapan mata.

Seperti halnya hewan kucing dan anjing yang pandai sekali membaca perasaan majikannya. Selain pemilik yang mengenali karakter dan perilaku, musang pun bisa mengenali karakter dan lingkungan pemeliharanya.

Baca Juga : Panduan Dasar Cara Merawat Musang Lengkap untuk Pemula

Apabila terkesan dari beberapa orang merasa takut mereka akan mengeluarkan bunyi seperti mendesis. Hal ini menunjukkan perlawanan terhadap lingkungan yang membuatnya merasa terancam.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengenal musang jenis ini jangan takut. Hal ini karena musang rase ternyata suka dielus dan mereka akan baik jika manusia menunjukkan kasih sayangnya. Sehingga, perlakukan selembut mungkin agar tidak menjadi buas.

Harga Seekor Musang Rase yaitu Berkisar dari Rp.250.000 hingga Rp. 300.000

Mempunyai Sifat yang Setia dan Manja kepada Pemiliknya

Hewan buas ini memilki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan hewan peliharaan lain. Jika musang ini mampu dijinakkan oleh pemeliharanya, maka meraka akan jauh lebih setia dibandingkan dengan kucing dan anjing.

Baca Juga : Cara Merawat Hewan Peliharaan

Kemanapun pemeliharanya pergi dipastikan hewan buas ini akan mengikuti pemiliknya dan akan bergelendotan dipundak.

Bahkan mereka akan bertingkah sangat lucu dan menggemaskan seperti halnya hewan-hewan jinak lainnya. Mereka juga dapat diajak jalan-jalan seperti halnya anjing dan kucing. Selain itu, sekarang sudah banyak komunitas pecinta hewan ini.

Musang Aktif di Malam Hari

Musang  rase tergolong hewan nokturnal yaitu hewan yang melakukan aktivitas pada malam hari. Sehingga, hewan ini jauh lebih aktif pada malam hari. Karena di habitat aslinya biasanya malam hari dijadikan waktu yang tepat untuk memangsa atau mencari makan.

Maka bisa dibilang manusia akan lebih sulit menemui hewan buas ini berkeliaran pada siang hari.

Oleh karena saat siang hari dengan sinar yang terang membuat mereka mengalami kesulitan bergerak dengan leluasa. Pada siang hari musang akan lebih senang tidur karena waktu malam hari digunakan untuk aktivitas mencari makan sekitar pukul enam sore sampai jam empat pagi.

Namun, lain halnya pada musang yang sudah didomestikasi, maka akan mengikuti lingkungan dan jam biologis pemeliharanya.

Musang Bisa Dilatih

Karena kecerdasannya musang banyak dimanfaatkan untuk memudahkan kegiatan manusia bahkan dimanfaatkan untuk kepentingan di bidang militer, pencarian kilang minyak.

Musang rase mampu berjalan di area sempit yang tidak bisa dijangkau oleh manusia maka dari itu bisanya dilatih untuk memudahkan kegiatan manusia.

Baca Juga : Cara Merawat Sugar Glider

Pekerjaan manusia yang dapat dibantu musang jenis ini seperti berburu, membantu menarik kabel di bawah tanah maka biasanya juga dimanfaatkan oleh perusahaan telepon dan kru kamera.

Bukan hanya itu saja, hewan ini juga cerdas apabila pemeliharanya melatih, sehingga bahkan akan bisa buang air sendiri di toilet.

Musang Bisa Menggigit Jari Tangan

Karena memang musang termasuk hewan buas maka tidak salah bila musang juga gemar menggigit seperti halnya hewan buas lainnya. Gigitan musang akan menyebabkan kulit bolong bahkan berdarah.

Akan tetapi jika hewan ini jinak, manusia tidak usah lagi merasa khawatir karena gigitannya. Hewan ini akan bercanda pura-pura menggigit jika sudah terikat dengan pemiliknya.

Jika Anda Suka memelihara hewan musang, Saya Rekomendasikan untuk memelihara Musang Pandan, karena musang ini termasuk musang yang Jinak

Musang Bisa Pemakan Segala

Walaupun hewan ini diletakkan atau dikelompokkan dalam ordo karnivora atau pemakan daging. Namun, hewan ini juga bisa disebut omnivora atau pemakan segala termasuk sebagian mereka membutuhkan makanan berupa biji-bijian.

Seperti biji kopi masak, buah-buahan seperti pisang, rambutan, mangga dan lain-lain. Bahkan serangga atau vertebrata yang kecil.

Baca Juga : Cara Merawat Kambing

Jadi tidak usah khawatir jika akan memeliharanya untuk kepentingan apapun. Asal dipelihara dan diperlakukan dengan baik seperti halnya memperlakukan hewan lain dengan penuh kasih sayang.

Hal ini karena musang ini juga ciptaan Tuhan yang butuh perlindungan dan kasih sayang pemeliharanya.

Musang Bisa Dipakai untuk Bahan Obat atau Pewangi/Parfum

Beberapa kepercayaan yang berkembang diantara pemburu musang rase adalah musang dapat digunakan sebagai bahan obat dna parfum. Terdapat beberapa bagian-bagian tubuh dari musang jenis ini digunakan untuk bahan dasar obat-obatan dan pewangi/parfum.

Sehingga sekarang keberadaanya semakin dicari-cari oleh pemburu hewan ini sehingga membuat populasi hewan ini menjadi lebih sedikit.

Banyak Diburu untuk Diambil Kulitnya

Musang rase memiliki bulu yang khas dan cantik dengan corak yang menarik. Sehingga tidak jarang musang ini digunakan sebagai bahan buruan untuk diambil kulitnya.

Saat ini populasi musang semakin terancam karena banyaknya perburuan. Jika populasi terancam maka dampaknya akan lebih serius lagi untuk keseimbangan ekosistem dan perubahan rantai makanan.

Tidak Ada Musang Rase yang Jinak Total

Perlu diingat bahwa hewan buas tetaplah hewan buas, maka sekalipun sudah didomestikasi maka tidak ada satupun yang benar-benar total jinak.

Mereka masih memiliki insting buas yang apabila salah treatment atau pemeliharaan maka siap-siap akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti digigit atau dicakar.

Baca Juga : Cara Merawat Kura – Kura

Saat ini banyak sekali orang-orang yang memiliki hobbi yang diluar hobi biasanya. Contohnya beberapa orang hobi memelihara musang, yang notabene dulu dianggap bahwa musang ini berbahaya karena termasuk hewan pemakan daging.

Saat ini tidak main-main bahkan penggilanya sudah sampai ke daerah-daerah dan memiliki kumpulan atau komunitas pecinta musang. Menurut para pecinta musang, hewan yang berkaki empat ini memiliki karakteristik yang menarik, sehingga membuat penggilanya jatuh cinta antara lain hewan ini dianggap imut, cerdas dan tepat untuk dijadikan teman.

Seperti halnya hewan lainnya yang sewajarnya dijadikan sebagai peliharaan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

2 Comments

Leave a Comment