TrikMerawat Extraordinary Man!

Cara Merawat Hewan Peliharaan Agar Gemuk dan Sehat

4 min read

cara merawat hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan di rumah memang sesuatu yang menyenangkan dan bisa menjadi sebuah hiburan tersendiri. Apalagi kalau hewan-hewan tersebut sehat dan terawat pastinya semua orang akan senang melihatnya.

Cara merawat hewan peliharaan memang sebenarnya tidak sulit hanya membutuhkan ketelatenan saja. Dan yang jelas membutuhkan sebuah komitmen yang besar dari pemiliknya.

Sekali mereka kita pelihara maka semua kebutuhan hewan-hewan tersebut menjadi tanggung jawab kita. Bukan hanya sebatas memberikan makanan saja melainkan masih banyak hal lainnya yang harus kita lakukan.

Memang tidak bisa dipungkiri memelihara binatang artinya kita harus menyediakan bujet khusus untuk mereka. Bagaimanapun kesehatan dan keberlangsungan hidup mereka harus dijaga.

Meskipun sama-sama dipelihara di rumah tetapi kita sering melihat masih banyak hewan yang dibiarkan begitu saja sehingga kondisinya kurang sehat dan terawat.

Kita harus tahu bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang benar agar kondisi mereka sehat, gemuk dan menyenangkan. Inilah beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan untuk memelihara hewan kesayangan dengan baik.

Tips Cara Merawat Hewan Peliharaan Kesayangan Anda


Berikan Makanan dan Minuman Secara Rutin

Makanan dan minuman sudah jelas merupakan kebutuhan mendasar bagi semua makhluk hidup termasuk binatang. Hal paling mudah yang bisa

Anda lakukan dalam cara merawat hewan peliharaan adalah memberikan makanan dan minuman kepada mereka. Berikan secara rutin dengan jam makan sebagaimana manusia. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi berapa kali dalam sehari memberikan makanan.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia

Pemberian makanan dan minuman kepada binatang peliharaan ini sebenarnya bukan hanya masalah kuantitasnya saja. Jangan merasa cukup dengan memberikan mereka makan dan minum 3x sehari misalnya tanpa memperhatikan gizinya.

Memberikan makan dan minum pada hewan bertujuan juga untuk menjaga kesehatan mereka. Jadi Anda harus memperhatikan juga kualitas dari makanannya.

Pemberian makanan yang tepat dalam  cara merawat hewan peliharaan tentunya harus disesuaikan dengan jenis binatang yang kita rawat. Beda hewan peliharaan tentu akan beda pula jenis zat gizi yang dibutuhkan.

Kalau Anda masih bingung tentang makanan yang bagus untuk mereka bisa bertanya pada dokter hewan.

Hewan peliharaan bisa menjadi mood booster, pengusir kesepian,partner olahraga dan pendengar setia kamu loh

Berikan Kandang yang Bersih dan Nyaman

Jangan lupa untuk memberikan kandang yang bagus pada hewan peliharaan kita. Bagus disini bukan berarti harus mahal melainkan yang akan membuat mereka nyaman sehingga bisa lebih bahagia dan sehat.

Selain itu pastikan kandang tersebut selalu dalam kondisi yang bersih agar hewan peliharaan terbebas dari segala kuman penyakit.

Penempatan kandang juga termasuk dalam cara merawat hewan peliharaan, yaitu sesuaikan dengan habitat mereka. Misalnya untuk jenis hewan yang tidak akan kuat dengan panas matahari sebaiknya pilihlah tempat yang teduh untuk membuat kandang.

Baca Juga : Cara Merawat Kelinci

Atau kalau Anda memelihara jenis binatang yang mudah stres, sebaiknya jauhkan mereka dari kebisingan.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan keselamatan mereka. Buat atau pilihlah kandang yang relatif aman untuk hewan peliharaan tersebut.

Misalnya gunakan bahan dari kayu untuk membuat kandang, selain cukup kuat juga tidak akan membahayakan. Desain kandang agar mereka mudah saat akan buang kotoran.

Jaga Kesehatan Hewan

Menjaga kondisi hewan peliharaan agar selalu dalam kondisi yang sehat merupakan hal yang sangat penting. Jika mereka sakit selain akan menular ke sesamanya, bisa juga menjadi sumber penyakit bagi manusia di sekitarnya.

Menjaga kesehatan hewan peliharaan secara tidak langsung juga berarti menjaga kesehatan diri sendiri.

Baca Juga : Cara Merawat Marmut

Segera obati jika hewan peliharaan kesayangan Anda menunjukkan tanda-tanda tidak sehat. Lakukan vaksinasi secara rutin untuk meningkatkan imunitas mereka agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

Memang cara merawat hewan peliharaan yang benar bukan hanya terbatas pada soal makanan dan kandang saja melainkan juga vaksinasi.

Curahkan Kasih Sayang Pada Binatang

Sebagaimana manusia, hewan peliharaan juga bisa mengalami stres ketika merasakan kondisi bahaya dan sejenisnya. Mereka akan mengalami depresi jika merasa tidak terlindungi.

Itulah mengapa mencurahkan kasih sayang termasuk dalam cara merawat hewan peliharaan. Binatang yang sehat dan gemuk adalah yang merasa bahagia dan terlindungi.

Cara untuk menunjukkan kasih sayang pada binatang peliharaan salah satunya dengan lebih sering melakukan interaksi dengan mereka. Ajak mereka bermain, gendong dan elus-elus mereka.

Pemberian kasih sayang seperti itu terutama sangat dibutuhkan oleh hewan mamalia seperti kucing, kelinci, hamster dan lainnya.

Dengan merawat hewan peliharaan secara tepat dan selalu memperhatikan kebutuhan mereka, kita akan mendapatkan imbalan berupa kebahagiaan.

Memelihara binatang adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi stres dan depresi karena tekanan pekerjaan dan lainnya. Dengan catatan hewan yang kita pelihara kondisinya selalu sehat dan menyenangkan.

Selain cara merawat hewan peliharaan harus benar, kunci yang lainnya adalah Anda sebaiknya mengetahui juga ciri binatang yang sehat. Berikut ini beberapa cirinya.

Hewan peliharaan, misal anjing dan kucing, menawarkan rasa kasih sayang dan persahabatan yang kadang tidak bisa diberikan sesama manusia.

Tanda dan Ciri Binatang Peliharaan yang Sehat


Perhatikan Bulunya

Binatang yang sehat bisa dilihat dari kondisi bulunya yaitu terlihat bersih serta tidak rontok. Biasanya binatang berbulu seperti kucing atau anjing akan rajin membersihkan bulunya kalau mereka sehat.

Baca Juga : Cara Merawat Kura-Kura

Bulu yang mengalami kerontokan bisa dijadikan tanda bahwa kemungkinan besar mereka sedang terserang jamur atau kutu. Tentunya ini bukan sesuatu yang baik untuk hewan peliharaan tersebut.

Aktif dan Lincah Bergerak

Binatang yang sehat cenderung lebih aktif dan lincah dalam bergerak. Jika hewan terlihat malas-malasan atau lemas kemungkinan besar kondisinya sedang tidak baik.

Bisa juga karena mereka kurang mendapatkan perawatan yang tepat dari pemiliknya. Itulah salah satu alasan mengapa kita harus tahu cara merawat hewan peliharaan yang benar agar mereka selalu lincah dan sehat.

Nafsu Makan Bagus

Mirip dengan manusia juga kalau sakit atau kondisi tubuh sedang tidak baik maka nafsu makan akan berkurang. Hal tersebut juga berlaku untuk hewan peliharaan kita.

Lihat bagaimana nafsu makan hewan peliharaan kita apakah mengalami penurunan atau tidak. Jika nafsu makan mereka menurun sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter hewan.

Ekspresi Wajah Selalu Gembira

Ciri hewan yang sehat juga bisa dilihat dari ekspresi wajah mereka. Kalau hewan peliharaan sehat mereka akan memiliki ekspresi wajah yang gembira.

Bagaimana ekspresi wajah gembira dari hewan peliharaan? Wajah yang gembira ditunjukkan dengan mata yang berbinar-binar tidak terlihat layu.

Baca Juga : Cara Merawat Kambing

Hewan yang sehat juga memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi pada sekitarnya. Sebagai contoh kucing akan mengetahui kalau ada serangga yang terbang didekatnya. Kemudian dia akan berjaga untuk menangkap serangga tersebut.

Makan Minum Dengan Porsi yang Tepat

Sudah dijelaskan di atas bahwa pemberian makanan dan minuman termasuk dalam cara merawat hewan peliharaan. Hewan yang sehat salah satunya karena makan dan minumnya bagus dan berkualitas.

Makanan dan minuman juga bisa menjadi penanda apakah mereka sehat atau sedang sakit. Jika mereka makan dan minum sesuai dengan porsi biasanya berarti hewan peliharaan dalam kondisi sehat dan baik.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *