Rambut Cara Merawat Tubuh

Cara Merawat Rambut agar Cepat Panjang dengan Trik Khusus

Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang
Written by Josua Rifandy

Bagi kaum hawa, rambut ibarat mahkota yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemahaman mengenai bagaimana cara merawat rambut agar cepat panjang dan sehat bagi para wanita.

Wanita dengan rambut yang panjang akan semakin terlihat sisi feminimnya. Tidak cukup dengan rambut yang panjang, warna hitam mengkilau juga menjadi salah satu tanda bahwa rambut sehat dan kuat.

Faktanya, kesehatan pada rambut wanita memang cukup sulit untuk dijaga bagi sebagian orang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kaum pria maupun wanita yang mengalami berbagai masalah rambut, terutama kerontokan.

Jika sudah terlanjur mengalami rambut rontok atau kebotakan, tentu bisa mengurangi rasa percaya diri. Dibandingkan menggunakan bahan-bahan kimia, ada cara yang lebih aman untuk merawat rambut loh. Yuk, cari tau trik merawat rambut supaya cepat panjang secara alami!

Cara Merawat Rambut agar Cepat Panjang dan Sehat

Mengalami kebotakan tentu sangat menakutkan bagi sebagian besar orang, terutama kalangan anak muda. Kerontokan rambut yang berlebih, tidak hanya disebabkan oleh kandungan keratin pada rambut yang kurang. Faktor emosional, seperti stress yang sangat parah juga dapat mengakibatkan terjadinya kebotakan.

Tapi, kini tidak perlu khawatir jika mengalami masalah kerontokan rambut. Berikut ini adalah 5 cara yang bisa ditiru di rumah untuk merawat rambut supaya cepat panjang secara alami tanpa paksaan bahan-bahan kimia:

1. Potong Ujung Rambut yang Bercabang

Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang
(Sumber: Topbeaute.com.m)

Rambut yang bercabang, bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah pemakaian alat catok rambut yang terlalu sering. Selain menyebabkan rambut bercabang, rambut juga akan semakin kering dan terlihat kaku.

Baca Juga : Milenials Harus Tahu, Yuk Intip Cara Merawat Rambut Smoothing Disini

Faktor penyebab rambut bercabang yang lainnya, yaitu dapat diakibatkan oleh paparan sinar matahari langsung tanpa perlindungan kepala, misal kerudung atau topi.

Jika ingin memiliki rambut panjang dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, dapat memulainya dengan mencoba memotong bagian ujung rambut yang terlihat bercabang. Selain mengganggu pertumbuhan rambut, cabang yang sangat terlihat juga dapat menurunkan rasa percaya diri. 

Pemotongan pada bagian ujung rambut ini, sebaiknya dilakukan secara rutin sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Untuk memotong rambut pada bagian yang bercabang, bisa dilakukan sendiri atau bisa juga meminta bantuan keluarga jika mengalami kesulitan.

Jika melakukannya sendiri, potong lurus pada bagian bawah rambut untuk menghindari potongan yang tidak merata. Lakukan di depan cermin, sehingga terlihat bagian ujung rambut mana yang belum dipotong.

2. Rajin Menyisir Rambut

Menyisir rambut sudah menjadi rutinitas sehari-hari, baik setelah mandi ataupun saat baru bangun tidur. Rambut yang kusut dan tidak teratur dapat mengganggu aktivitas yang akan dilakukan.

Sehingga, banyak wanita yang merapikan rambutnya terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai aktivitas. Rambut yang rapi, akan lebih enak dipandang oleh mata. Tanpa disadari, rambut yang rapi juga akan meningkatkan percaya diri.

Setiap harinya saat malam hari, rambut akan tumbuh beberapa cm. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menyisir rambut sebelum tidur. Dengan menyisir rambut, maka sirkulasi darah di dalam kulit kepala menjadi lancar dan merangsang pertumbuhan rambut semakin cepat.

Bagi orang yang ingin memiliki rambut panjang secara alami tanpa paksaan bahan-bahan kimia, dapat mencoba trik sederhana ini. Tidak perlu mengeluarkan biaya, hal yang dibutuhkan hanya kesabaran dan ketekunan untuk menerapkan kegiatan menyisir sebelum tidur.

3. Konsumsi Jenis Makanan yang Sehat dan Bernutrisi

Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang
(Sumber: Medicalnewstoday.com)

Cara merawat rambut agar cepat panjangjuga bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan makanan yang bernutrisi. Kebutuhan akan nutrisi, tidak hanya penting bagi kesehatan tubuh. Nutrisi juga dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh semakin panjang.

Nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan rambut semakin panjang, diantaranya makanan yang mengandung protein, seperti kecambah, kacang-kacangan, serta berbagai macam produk olahan susu. Lengkapi juga dengan nutrisi yang terdapat di dalam sayur-sayuran, untuk membantu rambut tumbuh sehat dan juga lebat.

Baca Juga : Bikin Makin Cantik, Ini Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Selain memperoleh rambut yang panjang, kerontokan pada rambut juga semakin berkurang. Akar rambut menjadi semakin kuat, karena mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Kulit kepala terlihat bersih dan tidak mudah mengalami ketombe. Selain itu, warna rambut akan terlihat lebih bercahaya. Keseluruhannya merupakan ciri bahwa rambut tumbuh sehat alami.

4. Pijat Kulit Kepala dengan Minyak Alami

Lakukan pijatan secara perlahan dan menyeluruh pada bagian kulit kepala dengan bantuan beberapa pilihan minyak alami. Selain dapat memberikan kesan rileks, sirkulasi darah akan semakin lancar. Sehingga, pertumbuhan rambut tidak mengalami hambatan.

Contoh minyak yang biasa digunakan untuk memijat kulit kepala, diantaranya ada minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa. Akan lebih bagus lagi jika dihangatkan terlebih dahulu sebelum minyak dioleskan ke kulit kepala.

Baca Juga : Gak Pake Ribet Yuk Intip Cara Merawat Rambut Keriting Pria

Setelah dioles dan dipijat dengan menggunakan minyak esensial hangat, gunakan handuk untuk menutupi keseluruhan rambut selama 10 menit, hingga minyak meresap. Selanjutnya, bilas rambut dengan sampo hingga bersih, lalu keringkan. Sebaiknya, hindari pengeringan rambut dengan menggunakan hairdryer karena dapat membuat rambut kering dan rusak ataupun bercabang.

Rambut dapat dikeringkan secara manual di depan kipas angin asalkan jangan terlalu dekat dengan kipas karena bisa membahayakan diri sendiri. Ada cara lainnya, yaitu cukup gunakan handuk untuk menepuk-nepuk pelan bagian rambut yang benar-benar basah, lalu diamkan hingga kering sendiri.

5. Pakai Masker Alami Hasil Racikan Sendiri

Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang
(Sumber: Globalspaonline.com)

Masker alami tidak hanya berguna untuk wajah, masker juga dapat diaplikasikan ke bagian rambut. Masker dapat membantu memberikan nutrisi pada rambut dari luar. Bahan-bahan alami yang digunakan sebagai masker rambut, biasanya berasal dari campuran 1 butir telur, 2 sendok makan minyak jarak, serta satu sendok teh cuka yang sering digunakan untuk mengolah pasta.

Ada juga resep lainnya. Gunakan satu butir telur, lalu satu sendok makan madu, serta 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu dioleskan ke bagian kulit kepala dan rambut, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu, bilas dengan air dingin.

Setelah itu, dapat juga menggunakan 2 sendok makan cuka apel yang telah ditambahkan dengan 1 liter air untuk membilas rambut. Cara ini juga bermanfaat untuk menghilangkan secara maksimal sisa-sisa sampo yang masih tertinggal di kulit kepala. Manfaat lainnya adalah dapat mencegah rasa gatal, meminimalkan kerontokan rambut, serta mencegah timbulnya ketombe.

Pemakaian produk-produk yang mengandung bahan kimia untuk memaksa pertumbuhan rambut secara singkat tidaklah baik. Walaupun hasilnya bisa membuat rambut tumbuh panjang dengan cepat, tapi efek samping dari bahan kimia bisa menyebabkan kerontokan rambut yang lebih parah, rambut menjadi sangat kaku, bahkan semakin bercabang

Cara merawat rambut agar cepat panjang sangat mudah bukan? Tidak perlu biaya yang mahal untuk memperoleh rambut panjang, tebal, dan berkilau.  Cukup terapkan beberapa trik yang telah dijelaskan di atas, maka rambut akan tumbuh panjang secara alami. Jadi, yuk coba cara alami untuk merawat rambut agar cepat panjang!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

4 Comments

Leave a Comment