Cara Merawat Tubuh

Panduan Lengkap Cara Merawat Organ Pernapasan Paling Ampuh

Cara Merawat Organ Pernapasan
Written by Josua Rifandy

Menjaga kesehatan tubuh, salah satunya organ pernapasan seperti paru-paru, sudah sepatutnya harus dilakukan oleh setiap orang. Tetapi, kebanyakan orang selalu mengabaikan hal tersebut. Padahal, paru-paru termasuk organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya agar selalu bisa bekerja secara maksimal.

Apabila kita terus menerus mengabaikan bagaimana cara merawat organ pernapasan yang baik, maka bukan tidak mungkin organ tersebut bisa terserang penyakit atau bahkan rusak.

Apabila organ pernapasan rusak, tentu akan berdampak besar bagi kesehatan. Jika hal ini sudah terjadi, hanya penyesalan yang bisa dilakukan. Hal ini mengingat bahwa paru-paru adalah organ tubuh yang fungsinya sangat vital.

Jadi, saat organ pernapasan ini mengalami kerusakan, maka sudah tentu aktivitas sehari-hari akan terganggu. Lantas, apa saja cara merawat organ pernapasan agar terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam?

Cara Merawat Organ Pernapasan Ampuh

Merawat organ pernapasan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk itu, tidak ada alasan untuk tidak merawat organ yang memiliki peran penting bagi tubuh ini.

Berikut beberapa tips dan langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ pernapasan :

1. Memutuskan untuk Berhenti Merokok

Merokok memang mempengaruhi kesehatan organ pernapasan manusia. Bukan hanya merugikan para perokok saja, tetapi juga orang yang ada di sekitar tempat tinggal. Bukankah sudah jelas tertera bahwa berbagai macam penyakit yang bisa timbul dari rokok?

Baca Juga : Rahasia Cara Merawat Tubuh dari Virus Corona Secara Alami

Hal tersebut terjadi karena rokok memiliki kandungan zat kimia yang sangat berbahaya. Asap rokok yang menggumpal bisa merusak paru-paru. Maka dari itu, kini sudah saatnya untuk mulai berhenti merokok agar kesehatan paru-paru lebih terjaga. Selain berguna untuk diri sendiri, tentu juga bisa menjaga kesehatan orang di sekelilingnya.

2. Menghindari Konsumsi Alkohol

Panduan Lengkap Cara Merawat Organ Pernapasan Paling Ampuh Trikmerawat.com
(Sumber: Ebpcooh.org.uk)

Cara merawat organ pernapasan bisa dilakukan dengan menghindari minuman beralkohol. Alkohol yang dikonsumsi secara berlebih sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama organ pernapasan. Hal ini dikarenakan zat-zat dalam alkohol dapat menyumbat paru-paru, sehingga membuat pernafasan terganggu.

Selain itu, zat-zat yang terkandung di dalam alkohol juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak segera berhenti dengan kebiasaan minum alkohol.

Sebagai minuman konsumsi sehari-hari, sebaiknya diganti dengan minuman yang sehat, seperti jus buah, susu, air putih, minuman herbal yang diracik dengan rempah-rempah tradisional. Minuman sehat seperti inilah yang akan membuat alat pernapasan kita tetap terjaga kesehatannya.

3. Menjaga Kebersihan Udara

Melihat dan mengingat kualitas udara yang makin ke sini semakin menurun, perlu adanya usaha bagi setiap orang untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan, terutama kualitas udara. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas udara yang dimulai dari diri sendiri.

Contohnya rajin membersihkan rumah dan lingkungan di sekitarnya. Cara ini bisa dilakukan agar kualitas udara tetap terjaga. Dengan demikian, maka masing-masing dari kita dapat menghirup udara yang bersih dan sehat tentunya.

4. Terapkan Pola Makan Sehat

Cara Merawat Organ Pernapasan
(Sumber: Nbcnews.com)

Asupan makanan merupakan hal yang penting sekali untuk diperhatikan. Sudah saatnya kita sadar untuk menyeleksi dan melakukan pemilihan bahan-bahan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Hal ini demi kesehatan dan keamanan tubuh itu sendiri.

Hal ini bisa dimulai dengan menghindari jenis makanan yang memiliki kandungan zat berbahaya karena dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Sebaiknya, rutin konsumsi sayur serta buah-buahan. Aneka nutrisi yang terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan, tentu dapat membantu organ pernapasan agar tetap sehat.

5. Olahraga Teratur dan Rutin

Olahraga secara teratur juga merupakan aktivitas yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan paru-paru sebagai organ pernapasan. Hal ini menjadi bagian terpenting yang harus tiap orang perhatikan.

Kesehatan fisik orang yang suka dan giat melakukan olahraga akan berbeda dengan yang tidak rutin melakukan olahraga. Saat sering berolahraga, maka imun tubuh akan jauh lebih baik, sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Baca Juga : Cara Merawat Bibir agar Sehat Alami Tanpa Kosmetik

Ketika berolahraga, maka kinerja paru-paru akan meningkat. Selain itu, olahraga juga bisa menyehatkan jantung sebagai pemompa peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal tersebut akan membantu proses pernapasan menjadi lebih lancar, terjaga, stabil, dan teratur.

Tidak perlu memakan waktu yang banyak untuk berolahraga. Cukup lakukan selama 10 hingga 30 menit saja. Dengan begitu, sistem pernapasan akan berjalan baik dan terjaga kesehatannya.

6. Menjauhkan Diri dari Asap Rokok dan Debu

Cara Merawat Organ Pernapasan
(Sumber: Iadomosci.onet.pl)

Cara merawat organ pernapasan yang selanjutnya adalah dengan menjauhkan diri dari asap rokok dan debu. Rokok tidak hanya menjadi ancaman bagi para perokok aktif saja. Namun, orang-orang yang berada di dekatnya atau disebut dengan perokok pasif juga sangat mungkin terkena dampaknya.

Meskipun tidak merokok, namun jika asap rokoknya sampai terhirup, maka potensi mengalami gangguan pernapasan justru lebih tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penelitian yang menyatakan bahwa menjadi perokok pasif lebih rentan terkena penyakit paru-paru jika dibandingkan dengan perokok aktif.

Baca Juga : Tips Sederhana Cara Merawat Ginjal Sesuai Anjuran Dokter

Hal ini dikarenakan seorang perokok pasif akan menghirup lebih banyak asap daripada perokok aktif. Untuk itu, jika berada di sekitar perokok aktif, sebaiknya segeralah menjauh.

Dengan begitu, maka asap rokok yang dihasilkan oleh perokok aktif tidak sampai terhirup. Begitu juga dengan debu, ke mana pun pergi, sebaiknya gunakan masker agar debu tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

7. Menghindari Segala Sesuatu yang Berbau Tajam

Bau yang tajam bisa timbul kapan saja dan dimana saja. Untuk itu, cara menjaga kesehatan paru-paru selanjutnya dengan menghindari barang atau benda yang berbau tajam. Contohnya bau busuk ataupun bau basi yang dapat menyebabkan kinerja paru-paru terganggu.

Ketika bau tajam tersebut masuk ke dalam rongga hidung, maka bulu hidung tidak mampu bekerja secara maksimal dalam menyaring bau. Apa yang akan terjadi? Bau tajam akan  masuk ke saluran pernapasan, lalu melemahkan kinerja sistem pernapasan.

Nah, untuk mengurangi bau sesuatu yang tajam, sebaiknya begitu menghirup bau yang tajam, maka langsung segera menutup hidung dengan kain, tisu, atau masker.

Dan jika memiliki riwayat penyakit paru-paru, sebaiknya jauhilah dari segala jenis sumber bau. Ketika bau tajam sudah terlanjur masuk ke dalam saluran pernapasan, sebaiknya hirup wangi-wangian yang mampu menetralisir bau tajam tersebut, misalnya bubuk kopi yang wangi atau aroma terapi.

Sebaiknya, organ-organ tubuh yang penting seperti paru-paru, harus dijaga kesehatannya sejak dini. Jangan sampai menyesal karena tidak sejak awal menjaga kesehatan organ penting ini karena bisa berdampak sangat besar pada kelangsungan hidup kita kedepannya.

Nah, itu dia beberapa cara merawat organ pernapasan. Sangat mudah dilakukan bukan? Dengan cara yang sederhana ini, organ pernapasan bisa terjaga kesehatannya. Jika tidak dijaga dengan baik, maka jangan menyesal jika nanti organ pernapasan mengalami masalah atau gangguan. Banyak sekali penyakit yang bisa menyerang sistem pernapasan ini. Untuk itu, jangan tunda-tunda lagi untuk menerapkan hidup sehat yang bisa menjaga paru-paru kita.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment