Anjing Cara Merawat Hewan

Cara Memilih Dog Food dan Menyimpan Dengan Baik

Dog Food
Written by Josua Rifandy

Saat ini ada banyak pilihan dog food yang berada di pasaran. Anda bisa menentukan pilihan melalui mekanisme perhitungan harga, kadar nutrisi, kemasan, merk hingga porsi. Masing-masing dari dog food ini memiliki keunggulan yang berbeda. Untuk memberikan dog food ini sebaiknya Anda mempertimbangkan karakter dari anjing ras.

Apalagi beberapa anjing ras memang membutuhkan asupan nutrisi dari dog food. Untuk mendapatkan pilihan dog food terbaik tidak selalu dihitung dari harga yang dibanderol. Dog food yang mahal tidak selalu memiliki kualitas yang sangat baik. Anda bisa saja mendapatkan dog food dengan harga cukup terjangkau namun memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan anjing.

Beberapa pemilik hewan peliharaan menganggap bahwa dog food hampir sama dengan makanan siap saji. Anda bisa langsung memberikan kepada anjing kesayangan dengan porsi yang disesuaikan. Namun, tidak semua dog food yang merupakan olahan makanan memiliki dampak buruk. Bahkan, beberapa dokter memang menyarankan untuk mengkonsumsi dog food yang mengandung banyak nutrisi terbaik.

Hal ini juga akan mendukung pertumbuhan anjing dan bulu yang lebih baik. Kualitas dari dog food juga akan berbanding lurus dengan nutrisi yang ditawarkan. Protein, karbohidrat, dan vitamin menjadi nutrisi utama yang harus disertai dari dog food yang akan diberikan. Apalagi nutrisi ini juga akan membantu anjing mendapatkan metabolisme yang lebih baik.

Jenis Dog Food yang Ada di Pasaran


Dog Food
(Sumber: unisoft-int.com)

Beberapa pilihan dog food yang ada di pasaran memiliki karakter kualitas yang cukup berbeda. Masing-masing dari dog food ini akan disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi pada anjing. Anda harus memberikan kualitas terbaik untuk anjing agar pertumbuhan dan sistem pencernaan tidak terganggu. Beberapa kualitas dog food yang bisa Anda pertimbangkan seperti:

Dog Food Grosiran

Beberapa pemilik anjing mungkin akan memberikan dog food ini. Selain harga yang cukup murah, Anda juga akan mendapatkan porsi yang lebih banyak. Namun, Anda harus mempertimbangkan nutrisi yang ditawarkan pada dog food seperti ini. Biasanya kualitas nutrisi pada dog food jenis ini kurang memuaskan.

Baca Juga : Jenis Vaksin dan Jadwal Vaksinasi Anak Anjing

Dog food ini terlalu banyak menawarkan karbohidrat yang sebenarnya tidak dibutuhkan anjing. Selain itu, bahan baku olahan dari dog food ini tentu bukan berasal dari nutrisi yang sangat dibutuhkan anjing. Biasanya bahan baku yang mengandung protein hanya diambil dari telur atau tulang hewan lainnya.

Dog Food Premium

Kualitas dari dog food ini lebih baik dibandingkan dengan grosiran. Kandungan karbohidrat yang ditawarkan juga tidak terlalu berlebihan. Dog food ini juga menawarkan nutrisi tambahan seperti protein yang lebih baik. Biasanya bahan baku protein yang diterapkan untuk dog food ini berasal dari daging ayam atau daging sapi.

Tentu saja nutrisi seperti ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan anjing. Selain itu, bahan pengawet yang digunakan untuk dog food juga berasal dari lemah hewan. Hal ini tentu tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dog food seperti ini sudah layak menjadi pilihan utama untuk diberikan kepada anjing kesayangan Anda.

Dog Food Super Premium

Tentu saja Anda akan selalu memberikan makanan terbaik bagi anjing. Apalagi Anda juga bisa mempertimbangkan dog food yang termasuk dalam kategori super premium. Dog food seperti ini biasanya memiliki bahan baku yang sangat berkualitas. Perhitungan nutrisi yang diberikan juga akan sangat seimbang.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir bila memberikan dog food ini. Jumlah nutrisi yang diberikan akan disesuaikan dengan karakter dan usia anjing. Nutrisi yang biasanya terdapat pada dog food ini terdiri dari karbohidrat, protein terbaik, dan banyak vitamin yang dibutuhkan anjing. Semakin sering Anda memberikan dog food ini, maka anjing akan mengalami pertumbuhan yang lebih baik.

Tips Memilih Dog Food


Dog Food
(Sumber: saracensworld.com)

Dog food yang akan diberikan pada anjin tentu memiliki kadar nutrisi yang lebih baik. Selain itu, anda juga harus memperhatikan beberapa hal yang akan membuat Anda semakin mudah mendapatkan pilihan terbaik. Anda bisa memulainya dengan:

1. Memperhitungkan Nutrisi

Dog food yang berkualitas akan memberikan deskripsi tentang kadar nutrisi yang terkandung di dalamnya. Pastikan dog food yang Anda berikan mengandung karbohidrat yang lebih rendah dan protein yang lebih banyak. Selain itu, dog food seperti ini juga harus mengandung vitamin.

2. Kemasan Kedap Udara

Jangan memilih dog food yang tidak memiliki kemasan kedap udara. Apalagi hal ini juga akan mempengaruhi kualitas dari dog food. Anda tentu tidak ingin dog food yang ingin diberikan mengandung bakteri dari luar.

Baca Juga : Jenis, Gejala dan Pengobatan Glaukoma pada Anjing

3. Jangan Terlalu Sering Mengganti Jenis Dog Food

Bila Anda merasa bahwa salah satu merek atau jenis dog food sudah sesuai terhadap pertumbuhan anjing, berikan itu secara terur-menerus. Jangan mengganti jenis dog food hanya karena tergiur promosi.

4. Selalu Cek Kadaluarsa Dari Dog Food

Hal ini sangat penting karena dog food merupakan bagian dari olahan makanan yang mengandung banyak bahan baku. Bila tenggat kadaluarsanya sudah lama berakhir bisa saja itu menjadi racun.

Cara Mudah Menyimpan Dog Food


Dog Food
(Sumber: thomasbellcountrystore.co.uk)

Dog food yang diberikan pada anjing biasanya terdiri dari kategori basah dan kering. Masing-masing dari jenis dog food seperti ini tentu akan membutuhkan penempatan yang lebih baik. Apalagi kualitas dari dog food juga akan tergantung dari sistem penyimpanan.

Dog Food Kering Cukup Mudah untuk Disimpan.

Untuk menyimpan dog food kering, pastikan Anda memiliki wadah transparan dengan ukuran yang cukup besar dan kedap udara. Hal ini untuk menjaga kualitas dari dog food ini. Selain itu, Anda juga harus menempatkan dog food jenis ini di tempat yang cukup kering.

Baca Juga : Obat Batuk Untuk Anjing dan Perhitungan Dosis

Jangan menempatkan di lokasi yang sangat lembab atau di dalam lemari es. Bila itu dilakukan maka akan merusak kandungan nutrisi.

Dog Food Basah Akan Membutuhkan Perhatian yang Lebih Khusus.

Hal ini karena kandungan air pada dog food ini sangat mudah menyebabkan jamur bila tidak disimpang dengan baik. Beberapa ahli gizi hewan peliharaan menyarankan penyimpanan jenis dog food ini sebaiknya pada wadah kedap udara. Kemudian wadah yang berisi dog food ini akan diletakkan di dalam lemari es.

Penyimpanan dog food dalam lemari es memiliki jangka waktu hanya 3 hari. Jangan pernah memberikan dog food yang sudah terlalu lama di lemari es. Selain itu, beberapa pemilik juga membekukan dog food untuk menjaga kualitas dan ketahanan dari tekstur.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment