Anjing Cara Merawat Hewan

Obat Batuk Untuk Anjing dan Perhitungan Dosis

Obat Batuk Untuk Anjing
Written by Josua Rifandy

Obat batuk untuk anjing tentu berbeda bila dibandingkan dengan obat batuk manusia.Beberapa dokter hewan menyarankan untuk tidak memberikan obat batuk yang dikonsumsi manusia kepada anjing. Apalagi kandungan obat dan dosis yang diterapkan tentu sangat berbeda. Selain itu, gejala batuk yang diderita anjing sangat berbeda. Anda harus mengenali gejala obat batuk ini untuk memudahkan pengobatan pada anjing.

Masing-masing dari anjing ras tentu memiliki karakter yang cukup berbeda bila terkena atau memiliki gejala batuk. Usia dari anjing dianggap akan memberikan pengaruh terhadap perawatan yang akan kita berikan. Biasanya anjing yang masih berusia sangat muda akan membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.

Obat batuk untuk anjing akan disesuaikan dengan kondisi tubuh. Dosis yang diberikan juga tidak terlalu banyak namun dilakukan secara rutin. Beberapa gejala penyakit batuk pada anjing dianggap akan memberikan pengaruh pada kondisi tubuh. Sebaiknya Anda juga harus berkonsultasi kepada dokter hewan untuk mendapatkan keputusan terhadap pengobatan yang diambil. Gejala pada masing-masing anjing tentu sangat berbeda dengan perawatan yang akan diberikan. Selain itu, sebaiknya Anda bisa menggunakan obat herbal untuk membantu memulihkan kondisi anjing.

Jenis Obat Batuk Untuk Anjing


Obat Batuk Untuk Anjing
(Sumber: Dogsaholic.com)

Obat batuk khusus untuk anjing bisa Anda dapatkan melalui rekomendasi dokter hewan. Jangan pernah memberikan obat batuk manusia kepada anjing. Hal ini akan memberikan pengaruh yang lebih buruk pada anjing. Selain itu, rekomendasi yang diberikan dari dokter biasanya akan disesuaikan melalui kondisi seluruh tubuh. Segera lakuka pemeriksaan di klinik kesehatan untuk mendapatkan obat batuk yang sesuai untuk anjing. Apalagi saat ini ada beberapa pilihan obat batuk yang bisa diberikan untuk anjing. Beberapa jenis obat batuk yang bisa diberikan untuk anjing seperti:

Baca Juga : Tips Mengatasi Ras Anjing Hiperaktif

Obat batuk non-herbal

Obat batuk ini sering diberikan kepada anjing yang memiliki bentuk dan kemasan sama seperti untuk manusia. Biasanya dokter hewan akan memberikan rekomendasi obat Robitussin DM. Sebaiknya pilih obat batuk jenis untuk anak-anak. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan dosis yang sangat sesuai. Selain itu, beberapa pilihan obat batuk lainnya juga bisa diberikan bila disesuaikan dengan saran dokter. Jangan pernah memberikan sembarang obat batuk khusus kepada anjing. Hal ini akan memberikan dampak sangat buruk. Tentu saja obat batuk seperti ini akan memiliki efek samping lainnya.

Obat batuk herbal

Untuk menghindari efek samping pada obat batuk anjing, mungkin Anda bisa mencoba untuk memberikan obat batuk herbal. Obat seperti ini cenderung alami karena mengandung bahan natural yang sangat baik. Masing-masing dari seluruh bagian obat ini juga didukung dengan kadar nutrisi yang dibutuhkan pada anjing. Beberapa pilihan obat batuk herbal yang bisa diberikan seperti ramuan campuran dari madu dan air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat. Sebaiknya Anda juga memberikan dosis yang sangat baik untuk ramuan seperti ini.

Dosis Tepat Obat Batuk untuk Anjing


Obat Batuk Untuk Anjing
(Sumber: Okdogi.com)

Untuk memberikan obat batuk anjing, Anda harus mempertimbangkan dosis yang tepat. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bahkan, dosis yang diberikan untuk anjing juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Semakin tepat dosis obat batuk anjing yang diberikan, maka Anda juga tidak perlu khawatir terhadap kondisi kesehatan.

Mungkin Anda juga bisa mendapatkan saran yang lebih baik melalui konsultasi kepada dokter hewan. Beberapa dokter hewan mencoba memahami kondisi kesehatan anjing dengan dosis obat batuk yang diberikan. Perhitungan dosis obat batuk anjing yang biasanya diberikan seperti:

Dosis obat batuk non-herbal

Dosis yang diberikan melalui obat batuk non-herbal untuk anjing ini biasanya dilakukan dengan 1 sendok teh untuk anjing yang memiliki berat 9 kg. Biasanya dosis ini selalu diberikan untuk anjing dewasa. Beberapa anjing ras kadang tidak selalu mau untuk mengkonsumsi obat batuk ini secara langsung melalui sendok. Mungkin Anda juga bisa mencampurkan obat batuk non-herbal ini dengan air hangat.

Baca Juga : Jenis Vaksin dan Jadwal Vaksinasi Anak Anjing

Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk membujuk anjing meminum air hangat bercampur obat batuk secara perlahan. Beri rasa nyaman saat memberikan dosis obat batuk ini. Hal penting yang harus Anda ingat adalah jangan pernah sekali-kali memberikan obat batuk manusia kepada anjing.

Idealnya, memang perhitungan dosis untuk obat batuk ini diberikan 1 kali setiap harinya. Bila selama seminggu tidak ada perubahan sama sekali, Anda harus membawa anjing itu untuk diperiksa dokter hewan.

Dosis obat batuk herbal

Obat jenis ini memang sering menjadi pilihan utama untuk diberikan pada anjing. Namun, dosis yang diberikan untuk anjing memang harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan usia. Jangan terlalu banyak memberikan obat herbal ini kepada anjing. Dampak yang terjadi adalah dapat mengganggu organ pencernaan. Campuran bahan herbal yang melibatkan madu, air perasan lemon dan air hangat harus memiliki takaran yang tepat.

Dosis yang disarankan biasanya 1 sendok makan madu, 1 sendok makan air perasan lemon dan segelas air hangat. Seluruh bahan baku ini harus tercampur dengan sangat baik. Saat memberikan obat herbal ini, Anda harus menerapkan kondisi yang nyaman bagi anjing. Jangan terlalu memaksakan untuk memberikan obat ini kepada anjing.

Lakukan hal ini secara rutin selama setiap hari dengan dosis satu gelas. Hal yang harus Anda ingat adalah bila dalam waktu satu minggu tidak ada perubahan sama sekali, segera bawa ke dokter hewan.

Menjaga Kondisi Tubuh Anjing untuk Penyembuhan


Obat Batuk Untuk Anjing
(Sumber: Dokterhewan.co.id)

Kondisi tubuh selama anjing batuk memang harus diperhatikan dengan sangat baik. Apalagi hal ini memudahkan metabolisme tubuh untuk kembali dengan sangat normal. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukung penyembuhan batuk yang dialami anjing. Beberapa diantaranya seperti:

Baca Juga : Waktu yang Tepat untuk Memandikan Anjing

  • Memandikan anjing dengan air hangat. Untuk menjaga kebersihan tubuh anjing, mandikan dengan air hangat. Hal ini juga memberikan rasa nyaman kepada anjing. Pengeringan bulu anjing juga dilakukan dengan menggunakan hair dryer. Jangan sampai bulu anjing menggumpal karena tidak terlalu kering.
  • Vaksinasi. Vaksin yang diberikan kepada anjing akan membantu untuk meningkatkan daya tahan semakin lebih baik. Anda bisa mendapatkan saran terbaik pada dokter hewan tentang vaksin yang diberikan kepada anjing. Vaksinasi seperti ini bisa dilakukan secara rutin.

Itu dia sedikit informasi tentang obat batuk untuk anjing. Semoga info ini bermanfaat bagi anda sebagai bahan untuk menjaga dan merawat anjing anda agar sembuh atau tetap sehat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment