Anjing Cara Merawat Hewan

Jenis, Gejala dan Pengobatan Glaukoma pada Anjing

Glaukoma pada Anjing
Written by Josua Rifandy

Glaukoma pada Anjing merupakan salah satu penyakit yang bisa membuat anjing sangat menderita. Gangguan kesehatan ini terjadi pada mata anjing. Banyak dokter yang mengungkapkan bahwa gangguan kesehatan pada mata ini terdiri dari primer dan sekunder. Selain itu, Glaukoma juga dibagi atasu sudut terbuka atau sempit. Masing-masing dari jenis glaukome ini tetap saja menjadi momok yang cukup menakutkan bagi Anda.

Apalagi dampak fatal yang disebabkan dari gangguan kesehatan ini bisa buta permanent. Sebaiknya Anda juga bisa melakukan pemeriksaan secara teratur di klinik kesehatan hewan peliharaan. Apalagi hal ini juga untuk mengantisipasi dampak gangguan mata yang cukup berbahaya. Karakter dari masing-masing anjing ras juga menjadi pertimbangan untuk menerapkan tindakan medis melalui pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Jenis glaukoma pada anjing


Glaukoma pada Anjing
(Sumber: 107dog.wordpress.com)

Untuk menerapkan tindakan pemeriksaan medis pada anjing, Anda harus mengenal lebih lanjut tentang jenis dari glaukoma. Menurut beberapa dokter hewan, glaukoma terdiri dari:

Glaukoma Primer

Gangguan kesehatan pada mata ini terjadi karena adanya faktor keturunan dari induk anjing. Dokter hewan juga menjelaskan bahwa glaukoma jenis ini disebabkan tidak berfungsinya sistem pada keseluruhan bagian mata. Biasanya glaukoma ini terjadi pada beberapa anjing ras seperti Cocker Spaniel, Basset Hounds, Australian shepherds, Chows, Shar peis, Labradors dan Nordic.

Baca Juga: Jenis Vaksin dan Jadwal Vaksinasi Anak Anjing

Namun, banyak dokter hewan yang mengutarakan bahwa bisa saja glaukoma primer ini terjadi pada seluruh anjing ras. Karakter dari glaukoma ini biasanya terjadi pada satu mata saja. Tetapi tidak menutup kemungkinan anjing akan mengalami gangguan kesehatan pada kedua mata. Saran terbaik pada Anda adalah jangan mengambil keputusan untuk mengembangbiakkan anjing yang memiliki potensi glaukoma primer.

Glaukoma Sekunder

Glaukoma seperti ini terjadi karena permasalahan kesehatan yang berasal dari dalam diri sendiri atau lingkungan anjing. Biasanya gangguan seperti ini berasal dari terganggunya aliran cairan yang keluar ataupun masuk pada bagian mata. Hal ini disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan seperti katarak yang cukup parah, radang atau trauma mata yang sangat berlebihan.

Glaukoma Sudut Terbuka

Anjing yang mengalami glaukoma seperti ini biasanya merasakan gangguan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk menerapkan tindakan medis untuk pencegahan. Namun, Anda tentu harus memperhitungkan beberapa gejala dari glaukoma seperti ini.

Glaukoma Sudut Tertutup

Glaukoma ini adalah jenis yang cukup menakutkan. Perubahan gangguan mata pada anjing terjadi cukup cepat. Bahkan, anjing Anda bisa mendapatkan glaukoma yang cukup parah secara tiba-tiba. Serangan tiba-tiba yang sangat cepat bisa saja menghancurkan retina dan saraf optik pada anjing.

Beberapa Gejala Glaukoma pada Anjing


Glaukoma pada Anjing
(Sumber: Beritaterbaruterkini.blogspot.com)

Pencegahan terbaik pada penyakit seperti ini tentu harus didasari pada gejala yang timbul. Apalagi gejala glaukoma juga akan menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan tindakan medis berdasarkan jenisnya. Jangan sembarang melakukan tindakan medis. Hal itu tentu akan memberikan dampak yang cukup buruk. Gejala glaukoma yang terjadi pada anjing biasanya dimulai dari:

Baca Juga : Waktu yang Tepat untuk Memandikan Anjing

1. Pupil Mata Membesar

Hal ini terjadi karena pupil tidak dapat berkontraksi pada saat cahaya masuk ke dalam mata. 

2. Radang Pembuluh Darah Mata

Anjing yang mengalami glaukoma biasanya memiliki radang yang cukup merah pada bagian pembuluh darah. Biasanya mata anjing akan terlihat merah tidak wajar dengan perubahan pupil.

3. Tindakan Berlebihan pada Mata

Beberapa anjing ras yang mengalami glaukoma akan merasakan perih yang sangat buruk pada bagian mata. Sehingga mereka akan berusaha untuk menggosok-gosokkan hingga mencakar bagian kepala dekat mata. Bila hal ini terjadi terus-menerus maka gangguan kesehatan mata akan semakin memburuk.

4. Kehilangan Nafsu Makan

Pada saat glaukoma menyerang anjing, maka nafsu makan akan berkurang. Anjing akan memfokuskan energinya untuk mengatasi perih pada bagian mata. Bahkan, beberapa anjing ras juga sangat depresif terhadap rasa perih itu.

5. Ukuran Mata Semakin Membesar

Saat anjing mengalami serangan glaukoma yang cukup buruk, ukuran mata akan semakin besaer. Selain itu, pupil mata juga tidak mengalami reaksi pada saat terkena cahaya. Hal ini terjadi karena sensitifitas pupil cenderung berkurang. Bila anjing sudah memasuki tahap ini, maka tindakan medis pun tidak akan berpengaruh besar pada penyelamatan mata anjing.

Diagnosis Glaukoma pada Anjing


Glaukoma pada Anjing
(Sumber: Okdogi.com)

Untuk mendapatkan diagnosis glaukoma yang terjadi pada anjing, biasanya Anda akan segera memeriksa di klinik kesehatan hewan. Gejala yang ditimbulkan pada penyakit ini tidak akan memberikan jaminan yang lebih baik terhadap tindakan medis yang harus dilakukan.

Baca Juga : Hal Penting Tentang Grooming Anjing yang Wajib Anda Lakukan

Untuk menentukan perawatan pada anjing ini, sebaiknya Anda menggunakan perlengkapan khusus. Beberapa dokter hewan menyarankan untuk menggunakan Tonometer. Alat ini berfungsi untuk mengukur tekanan yang terjadi di dalam mata anjing. Namun, prosedur pada Tonometer hanya bisa dilakukan oleh dokter hewan.

Tonometer yang digunakan akan disesuaikan melalui setetes anestesi yang diterapkan pada bagian di dekat mata. Lama dari pemeriksaan ini hanya membutuhkan 1-2 menit. Bila anjing Anda memang termasuk pada gejala glaukoma, maka akan dilakukan pemeriksaan kedua. Hal ini dilakukan untuk menentukan glaukoma terbuka atau tertutup.

Pengobatan Glaukoma pada Anjing


Anda tentu akan melakukan banyak cara untuk menyembuhkan glaukoma pada anjing. Biasanya hal ini dilakukan dengan tindakan medis ringan hingga berat. Namun, Anda juga harus ingat bahwa glaukoma pada anjing dewasa hanya akan membutuhkan pengobatan melalui operasi. Tindakan medis ini tentu akan memberikan dampak yang sangat luar biasa.

Untuk menghindari glaukoma yang semakin berkembang, sebaiknya Anda memberikan perawatan yang sangat baik pada saat usia muda. Anjing yang belum dewasa tentu akan membutuhkan makanan yang banyak mengandung vitamin. Selain itu, kondisi dari kandang dan lingkungan juga harus bersih. Jangan tempatkan kandang anjing di lokasi yang terlalu gelap atau terlalu banyak memiliki cahaya. Kandang itu harus disesuaikan dengan kondisi dan usia anjing.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment