TrikMerawat Extraordinary Man!

Bunga Puring, Tanaman Hias dengan Banyak Kelebihan

4 min read

bunga puring

Aktivitas bercocok tanam bisa menjadi terapi mudah untuk menghilangkan rasa bosan dan stres. Saat ini kegiatan berkebun atau bercocok tanam bukan hanya dilakukan oleh petani saja tetapi juga masyarakat kebanyakan.

Polusi yang semakin parah membuat kita membutuhkan tanaman untuk menambah oksigen. Anda bisa melakukannya dengan menanam tanaman hias bunga puring.

Meskipun disebut dengan kata bunga namun tumbuhan hias tersebut justru daya tariknya berada pada bagian daunnya saja. Tanaman puring sebenarnya banyak kita jumpai di rumah-rumah hanya saja kemungkinan belum mengenal apa namanya.

Jika menanam tumbuhan hias ini di pekarangan atau halaman rumah maka akan bisa menambah suasana asri di sekitarnya.

Orang memilih untuk menanam bunga puring karena perawatannya yang relatif mudah dan khasiat herbalnya yang bagus untuk tubuh. Ya, selain sebagai tumbuhan hias juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kelebihan yang lainnya bisa Anda lihat dalam penjelasan di bawah ini.

Kelebihan Tanaman Hias Bunga Puring


Memiliki Warna yang Indah

Tanaman hias bernama puring ini memang memiliki warna yang indah dan enak dilihat oleh mata. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kelebihan tanaman hias tersebut justru berada pada bagian daunnya yang memiliki beberapa warna.

Paduan warna daun yang dinamis pada bagian tengah dan tepinya membuatnya makin terlihat cantik.

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Krokot

Daun pada tanaman bunga puring umumnya warna dasar dengan corak berwarna beda di bagian tengahnya. Sedangkan pada bagian tepi daun warnanya akan lebih mudah dan cerah. Ini yang membuat daun puring terlihat cantik dan indah.

Kuning, jingga, merah, hijau, ungu dan campuran warna yang lainnya akan mempercantik daun puring. Warna akan berubah makin tua ketika umur tanaman makin tua.

Tahukah Kamu? Bunga Puring Memiliki Banyak Manfaat loh, salah satunya adalah salah satu obat ampuh untuk penyakit Sipilis

Bentuk Daun yang Beragam

Selain memiliki warna yang bervariasi, daun tanaman puring juga mempunyai bentuk yang beragam. Sudah bisa dibayangkan bagaimana cantiknya tumbuhan bunga puring tersebut dengan variasi warna dan bentuk pada daunnya.

Yang perlu juga Anda ketahui bahwa bentuk dari daun puring sekaligus sebagai pembeda varietasnya.

Beberapa bentuk daun tanaman puring antara lain adalah oval, panjang, bergelombang bahkan ada yang terpisah antar helainya. Bentuk daun juga digunakan untuk mengenali jenis tanaman puring yang bisa dijadikan sebagai obat.

Salah satunya adalah jenis Spirale yang daunnya berbentuk hijau keriting. Selain itu juga jenis Majesticum yang memiliki panjang daun sekitar 25 cm.

Tanaman Hias Khas Tropis

Puring juga merupakan tanaman hias khas wilayah tropis termasuk Indonesia. Tanaman hias tersebut tersebar mulai dari Asia Tenggara hingga ke wilayah Asia Pasifik. Selain di Indonesia, puring juga mudah dijumpai di negeri tetangga seperti Malaysia dan Australia.

Sebagai tanaman yang berasal dari wilayah tropis maka karakter tumbuhan puring tersebut adalah akan bisa tumbuh bagus jika terkena pencahayaan alami.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Indigofera

Jadi sebaiknya tanaman hias tersebut memang ditanam di luar rumah. Kurangnya intensitas cahaya akan membuat daun puring mudah rontok dan warnanya kusam.

Menaman tumbuhan hias ini di dalam rumah kaca atau green house bisa menjadi solusi tepat bagi mereka yang tinggal di daerah dingin. Begitu juga dengan wilayah yang intensitas pencahayaan dari matahari dalam kadar kurang atau rendah.

Mudah dalam Perawatannya

Tanaman hias memang lebih banyak dibutuhkan oleh perumahan yang ada di daerah perkotaan dimana tingkat polusi udaranya tinggi. Hanya saja biasanya orang kota sangat sibuk dengan aktivitas harian hingga tidak sempat merawat tanaman.

Nah, bunga puring bisa menjadi pilihan yang pas karena tidak perlu dirawat dengan intensif.

Tanaman ini cukup mudah dalam hal perawatannya, Anda hanya perlu memperhatikan apa yang menjadi karakternya saja. Letakkan tumbuhan ini pada tempat yang cukup lembap namun bisa terkena sinar matahari.

Untuk membantu menjaga kelembapan pada area tanam Anda bisa menyiramnya secara rutin. Tanaman puring yang kurang lembap akan membuat daunnya layu dan kering.

Tahukah Kamu Bahwa Tanaman ini juga mengandung toxin dengan nama deoxy ingenol yang jika dimakan dapat membuat mulut dan tenggorokan terasa terbakar

Memiliki Efek Pengobatan Herbal

Keunggulan dari tanaman hias bunga puring yang belum banyak diketahui adalah fungsinya sebagai obat herbal. Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan tanaman puring antara lain diare, konstipasi dan demam. Tetapi tentu saja sifatnya hanya sebagai pertolongan pertama saja.

Tumbuhan puring memang bisa dikatakan sebagai tanaman hias yang tidak biasa karena banyaknya keunggulan yang dimilikinya. Selain itu jenisnya yang cukup banyak membuat orang bisa leluasa menentukan pilihan sesuai denga seleranya.

Baca Juga : Cara Merawat Rumput Jepang

Anda mungkin tertarik untuk menanam puring di halaman rumah bisa menyimak apa saja jenisnya dan bagaimana cara merawatnya.

Jenis dan Cara Merawat Tanaman Puring


Jenis Tanaman Hias Puring

Minat orang untuk memilih tumbuhan hias bernama puring ini memang bukan tanpa alasan. Banyaknya jenis pada varietas tumbuhan tersebut menjadi salah satu daya tarik orang untuk menanamnya.

Inilah beberapa jenis dari varietas tanaman bunga puring yang bisa Anda temui.

  • Puring dasi dengan ciri khas daun warna hijau, kuning, merah dan bentuk seperti dasi kupu-kupu.
  • Puring emping, daunnya berwarna hijau kuning dengan bentuk daun bulat dan lancip pada ujungnya.
  • Puring anggur, daunnya berbentuk oval dengan warna kombinasi merah, cokelat, hijau dan kuning disertai bintik pada bagian tengahnya.
  • Puring apel, warna daun hijau kombinasi kuning dan berbentuk bulat.
  • Puring cabai yang daunnya berbentuk mirip cabai dengan kombinasi warna hijau berbintik kuning.
  • Puring bor, bentuk daunnya melintir seperti mata bor dengan warna beragam seperti kuning emas, hitam, merah dan hijau.
  • Puring kobra, bentuk daun mirip ular kobra yaitu memanjang kemudian melebar di ujungnya.
  • Puring jari, daunnya berbentuk seperti jari dan warnanya hijau dengan kombinasi kuning di tepiannya.
  • Puring kura-kura, daunnya memiliki bentuk mirip dengan cangkang kura-kura. Warna daun kombinasi merah, kuning serta hijau.

Anda bisa memilih salah satu atau lebih dari beberapa jenis tanaman bunga puring seperti yang telah disebutkan di atas. Tentu saja yang sesuai dengan selera Anda dan kondisi tempat yang akan dijadikan area tanam.

Cara Merawat Tanaman Puring

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan kalau akan menanam tumbuhan hias tersebut. Beberapa hal tersebut antara lain adalah :

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Mawar

  • Kalau akan menggunakan bibit dari stek atau cangkok pilihlan batang yang sehat dan sudah cukup umur atau tua.
  • Setelah mengerok batang yang akan distek atau dicangkok sebaiknya diamkan dulu selama 4 hari agar getahnya kering.
  • Gunakan sabut kelapa dan tanah yang steril untuk media tanam cangkok yang Anda buat.
  • Untuk penanaman bunga puring di pot gunakan media tanam sekam bakar yang telah dicampur dengan pupuk kandang dan arang.

Dengan cara menaman yang tepat dan benar maka tanaman hias puring di halaman rumah Anda akan tumbuh cantik dan subur. Selain sedap dipandang mata tumbuhan bunga puring akan membantu Anda mengurangi polusi dan menambah kadar oksigen.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *