TrikMerawat Extraordinary Man!

Simak Teknik Budidaya dan Manfaat Tanaman Indigofera

3 min read

tanaman indigofera

Pernah mendengar tentang tanaman Indigofera? Sebagian dari kita mungkin masih cukup asing dengan jenis tanaman yang satu ini. Seperti yang diketahui Indigofera merupakan sebuah tanaman yang jumlahnya ada sekitar 700an jenis di Indonesia.

Umumnya tanaman yang tergolong langka ini tumbuh di kawasan sub-tropika atau di negara Afrika, Asia dan juga sebagian negara di Amerika.

Untuk jenis Indigofera yang umumnya dijumpai Indonesia sendiri yaitu sekitar 40 jenis yang kebanyakan terdapat di daerah Jawa, Sumatera, Flores, dan Sumba.

Nah, tahukah Anda tanaman ini saat ini sangat populer kalangan masyarakat khususnya bagi mereka yang memang suka mengoleksi tanaman. Selain indah, alasan mengapa banyak menyukainya yaitu kaya akan manfaat.

Mengenal Tentang Tanaman Indigofera Beserta Cirinya


Apa itu Indigofera?

Mendengar kata Indigofera, sebagian besar dari Anda mungkin sangat asing, bukan? Seperti yang diketahui Indigofera sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia karena memiliki banyak sekali manfaat.

Tanaman yang satu ini tergolong ke dalam jenis tanaman polong-polongan atau kacang-kacangan.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Aster

Mengapa digolongkan ke dalam tanaman polong? Hal tersebut karena buah dari Indigofera memiliki bentuk seperti polong. Untuk namanya sendiri sebenarnya masing-masing daerah memiliki nama atau sebutan yang berbeda-beda.

Beberapa orang menyebut tanaman Indigofera seperti tarum, Nila, Indigo, Tom dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Tanaman Indigofera

Meskipun banyak sekali jenis dari tanaman yang satu ini, secara fisik Indigofera dapat dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tanaman cenderung tumbuh tegak dan memiliki banyak sekali cabang serta bagian akarnya bisa tumbuh cukup dalam ke tanah.
  • Bagian daunnya cenderung berwarna hijau terang dan bunga yang berwarna ungu
  • Biasanya tinggi tanaman jenis ini bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter kayu yang berukuran 20 cm. Tentu saja ukuran tersebut bisa dikatakan cukup besar untuk sebuah tanaman jenis legum.

Manfaat Tanaman Indigofera

Dengan banyaknya jenis yang tersedia, tanaman yang satu ini bisa Anda jumpai di setiap daerah yang mana masing-masing memiliki nama yang berbeda-beda.

Nah, tahukah Anda bahwa tanaman yang terbilang cukup langka ini memiliki banyak sekali manfaat. Namun sayangnya hal tersebut masih belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Mawar

Manfaat Indigofera yang paling umum yaitu sebagai bahan pewarna dan juga sebagai tanaman herbal. Namun tahukah Anda selain itu, terdapat manfaat lainnya yaitu sebagai pakan ternak.

Seperti yang diketahui jenis tanaman yang satu ini seringkali dijadikan sebagai pakan ternak di Indonesia karena memiliki kualitas yang bagus.

Tahukah Kamu? Beberapa Jenis Tanaman Indigofera dapat digunakan Sebagai Bahan Pewarna

Pelajari Teknik Menanam Tanaman Indigofera Berikut


Persiapan Lahan Tanam

Sama halnya dengan proses penanaman tumbuhan lainnya, hal pertama yang perlu dipersiapkan ketika ingin menanam Indigofera yaitu lahan tanam.

Tidak perlu khawatir karena lahan tanam yang biasa digunakan oleh Indigofera ini terbilang cukup mudah dicari. Perlu diketahui bahwa ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan ketika memilih lahan tanam nya, yaitu:

  • Pilih lahan tanam yang terpapar langsung sinar matahari (lebih dari 5 jam sehari)
  • Jenis tanah cenderung gembur
  • Mengandung cukup unsur hara
  • Dekat dengan sumber air sehingga sangat memudahkan dalam proses penyiramannya nanti.

Nah, setelah mendapatkan lokasi tanam yang sesuai dengan kriteria di atas, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pengolahan tanah. Dalam tahapan pengolahan tanah ini, Anda harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari Tanaman Indigofera itu sendiri.

Penggemburan Tanah

Teknik atau langkah selanjutnya adalah proses penggemburan tanah. Pada teknik yang kedua ini tujuan utamanya adalah untuk memudahkan sehingga nantinya dapat mencegah air menggenang ketika disiram.

Untuk proses penggemburan tanah ini bisa dilakukan dengan cara manual yakni dengan menggunakan cangkul atau dengan cara modern dengan menggunakan traktor mesin.

Baca Juga : Cara Merawat Rumput Jepang

Untuk menggemburkan tanah ini bisa dikatakan cukup sederhana, Anda hanya perlu menggemburkan pada bagian tanah yang ingin ditanami tanaman Indigofera. Kemudian yang sudah mengalami proses penggemburan akan dilubangi untuk penempatan pupuk dasar nantinya.

Pemberian Pupuk

Tahapan selanjutnya dalam proses budidaya Indigofera adalah pemberian pupuk. Untuk masalah pupuk Anda tidak perlu khawatir karena harga pupuk Indigofera terbilang cukup terjangkau. Jika memang tidak ada bujet, Anda bisa menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk dasarnya.

Namun jika Anda ingin pertumbuhan Indigofera lebih cepat maka Anda bisa menambahkannya dengan pupuk NPK, ZA, UREA, TSP dan lain sebagainya. Nah, perlu diketahui komposisi pupuk kandang dan pupuk NPK yang dipakai yaitu 30:1 atau bisa juga 50:1.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang lebih banyak dibandingkan dengan pupuk NPK.

Penanaman Pada Lahan

Setelah tanaman yang terdapat pada polybag berusia 1.5 bulan, selanjutnya Anda sudah bisa memindahkan pada lahan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Untuk proses penanaman pada lahan ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu menggali lubang dengan kedalaman kurang lebih sekitar 15 – 20 cm. Sedangkan untuk jaraknya yaitu sekitar 30-50 cm saja.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

Jangan lupa untuk menyiram bibit sebelum ditanam, tujuannya agar tanaman Indigofera tetap segar dan sehat. Berikutnya, Anda hanya perlu memasukkan tanaman yang sudah dibuang plastiknya ke bagian lubang yang sudah dibuat sebelumnya.

Kemudian, jika sudah tutup dengan tanah dan siram dengan air secukupnya. Disarankan untuk melakukan proses penanaman ini pada sore hari.

Tanaman Indigofera juga dapat digunakan sebagai pakan kambing. Pada Tanaman ini memiliki protein yang tinggi untuk kambing Anda.

Perawatan Pasca Panen

Setelah melakukan proses penanaman sedemikian rupa, maka Anda hanya perlu melakukan tahap perawatan. Tidak perlu khawatir karena perawatan tanaman yang satu ini terbilang cukup mudah.

Setelah melalui fase panen, umumnya tanaman membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk bisa memacu pertumbuhannya kembali. Oleh karena itu ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman Indgofera yaitu:

  • Sebaiknya untuk memberi larutan NPK 1-15>15 dengan dosis 1 gelas NPK dilarutkan pada 35-45 liter air.
  • Jika diperlukan Anda bisa menambahkan POC atau Pupuk Organik Cair pada saat proses penyiraman. Nah jika Anda kesulitan menemukan jenis pupuk yang satu ini, maka bisa menggunakan pupuk daun yang banyak dijual di toko pertanian.
  • Semprotkan POC tersebut pada bagian daun Indigofera agar tetap menjadi sehat dan subur.

Diharapkan dengan dilakukannya perawatan pasca panen tanaman Indigofera yang Anda tanam tetap produktif dan juga sehat. Perlu diingat tahap pemanenan jenis tanaman yang satu ini biasanya dilakukan setiap 2-3 bulan sekali.

Jadi, jika Anda ingin memanen nya dalam waktu yang lebih singkat sebaiknya untuk menanam lebih banyak agar nantinya pohon yang Anda tanam bisa dipanen secara bergiliran.

Demikian sedikit ulasan tentang tanaman Indigofera yang memiliki banyak sekali manfaat. Nah, bagi Anda yang berencana untuk menanam tanaman jenis ini maka pastikan untuk menerapkan beberapa tahapan di atas.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda mengembangkan tanaman jenis Indigofera dengan mudah. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *