TrikMerawat Extraordinary Man!

Ini Dia Cara Merawat Bunga Mawar Dalam Pot

4 min read

cara merawat bunga mawar

Cara merawat bunga mawar bagi sebagian orang dianggap cukup sulit dan beberapa tidak berhasil membudidayakan bunga cantik berduri ini. Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya wawasan mengenai cara perawatan dan budidaya bunga mawar yang benar.

Oleh sebab itu, pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang budidaya dan perawatan bunga mawar.

Macam-Macam Budidaya Bunga Mawar


Bunga Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang banyak di tanam di kebun atau pekarangan rumah. Hal ini karena keindahan dari bunga ini yang tak mampu dikalahkan oleh bunga lainnya.

Selain cantik, bunga mawar juga memiliki aroma yang wangi semerbak sehingga banyak disukai orang. Bunga yang identik dengan kesan romantis ini akan lebih cantik lagi jika dibudidayakan dalam jumlah banyak.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Meat Leaf

Budidaya bunga mawar itu sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, secara umum bisa menggunakan bibit cabutan dan bibit polybag. Sedangkan pertumbuhan bunga mawar dipengaruhi oleh iklim, media tanam dan bagaimana cara merawat bunga mawar.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda berencana untuk budidaya bunga mawar, antara lain:

  • Waktu yang paling tepat jika Anda hendak menanam dan membudidayakan bunga mawar adalah di awal musim hujan
  • Cara mengetahui bibit yang bagus adalah direndam ke dalam air, bibit yang bagus akan tenggelam dan yang jelek akan mengambang
  • Ambillah buah atau bibit bunga mawar yang matang langsung dari tanaman yang sudah produktif berbunga
  • Sebelum menyemai benih, jangan lupa untuk dicuci bersih terlebih dahulu, biji akan mulai berkecambah dalam waktu empat minggu
  • Pembibitan mawar secara umum terbagi menjadi tiga proses yaitu penyemaian biji, pemindahan ke polybag dan pemindahan ke lahan/kebun atau pekarangan
  • Saat memindahkan mawar ke lahan dengan membuat lubang, gunakan sekop melengkung agar lubangnya berbentuk silinder
  • Membudidayakan bunga mawar dalam pot paling baik menggunakan pot yang terbuat dari tanah dan tidak dicat

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Lebat


Bunga mawar termasuk salah satu tanaman yang perawatannya membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Selain itu, perlu banyak pengetahuan dan wawasan jua seputar bunga mawar agar bisa melakukan perawatan yang sesuai dan membuahkan hasil.

Warna Mawar memiliki makna loh! Kuning artinya persahabatan, Pink artinya Kebahagian, Merah artinya cinta, putih artinya permintaan maaf, Ungu artinya cinta pandangan pertama, dan champagne artinya kecantikan yang lama

Beberapa bunga mawar terkadang hanya lebat daunnya namun bunganya sedikit, atau sebaliknya. Oleh karena itu, perhatikan langkah perawatan di bawah ini

1. Intensitas Penyiraman

Sebagai tanaman, bunga mawar juga membutuhkan air untuk melarutkan unsur hara yang diserap oleh akar dan mengatur kondisi udara sekitar. Penyiraman bunga mawar bisa dilakukan dua kali sehari di pagi hari jam 7-9 dan di sore hari jam 4-6.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Anggrek

Cara merawat bunga mawar yang benar yaitu menyiram dengan air yang bersih atau bisa juga menggunakan air cucian beras. Hal ini karena air cucian beras bisa membantu menyuburkan tanah di sekitarnya.

Siram langsung ke tanahnya dan jangan sampai menggenang, jangan menyiram daun bunga mawar karena bisa terserang jamur.

2. Memberantas Hama dan Gulma

Masalah utama yang mungkin muncul saat Anda membudidayakan tanaman adalah serangan hama dan gulma di sekitar tanaman. Keberadaan gulma akan sangat mengganggu penyerapan nutrisi oleh akar bunga mawar.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pemberantasan gulma setiap tiga hari atau paling tidak seminggu sekali. Setelah itu, Anda bisa melanjutkannya dengan pemberian pupuk tanaman.

Selain itu, cara merawat bunga mawar selanjutnya adalah dengan memberantas hama menggunakan semprotan racun serangga atau insektisida, fungisida dan bakterisida.

Beberapa hama yang kerap kali mengganggu seperti ulat daun, serangga, kutu, kumbang, jamur maupun virus. Hama menyebabkan bercak daun, karat daun, tepung mildew atau lapisan putih pada daun, bunga busuk, pangkal batang membengkak dan lainnya.

3. Memberikan Pupuk

Pemberian pupuk merupakan cara paling ampuh untuk membantu pertumbuhan bunga mawar menjadi lebih cepat. Selain itu juga akan membantu pertumbuhan bunga dan daun menjadi lebih lebat serta kebal terhadap penyakit.

Hal ini karena pupuk mengandung zat-zat atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Beberapa kandungan dalam pupuk antara lain nitrogen, fosfor, magnesium, kalsium dan kalium.

Cara merawat bunga mawar dengan pemberian pupuk bisa dilakukan dalam dua minggu sekali melalui tanah langsung atau metode semprot. Pemupukan ini disarankan dilakukan setelah memberantas gulma di sekitar area tanam bunga mawar.

Pupuk yang biasa digunakan untuk budidaya bunga mawar adalah jenis pupuk majemuk berupa NPK Mutiara dengan dosis normal 20 butir/tanaman.

4. Pupuk Alami dari Kulit Pisang

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan pupuk kompos yang lebih alami untuk membantu pertumbuhan bunga mawar. Pupuk kompos bisa dibuat menggunakan kotoran hewan atau sisa sayuran atau kulit buah yang membusuk.

Salah satu pupuk kompos yang ampuh untuk membantu pertumbuhan bunga mawar adalah kulit pisang. Hal ini karena kandungan fosfor pada kulit pisang yang membuat bunga tumbuh lebih lebat.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Kaktus

Cara merawat bunga mawar yaitu dengan memotong kecil-kecil dua hingga tiga kulit pisang lalu tanam di sekitar bunga mawar. Namun, jangan terlalu dekat dengan tanaman bunga mawar agar tidak merusak pertumbuhan akarnya.

Selanjutnya, biarkan saja hingga membusuk dan menjadi pupuk kompos alami. Cara lain, bisa dengan di blender dan ditambah sedikit air lalu dicampurkan dengan pupuk kompos. 

Tahukah Kamu? Pada jaman dulu S kelopak dan minyak dari bunga mawar dijadikan tambahan untuk mandi bagi orang-orang kaya dan terkenal.

5. Menaburkan Alfalfa

Anda juga bisa memberikan Alfalfa berbentuk pelet untuk ditaburkan di sekitaran area tanam bunga mawar. Alfalfa atau Medicago Sativa merupakan anggota kacang-kacangan yang digunakan untuk makanan ternak seperti sapi, kuda, kambing dan domba.

Alfalfa bisa merangsang pertumbuhan bunga karena mengandung nitrogen, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, triacontanol dan beragam vitamin.

6. Intensitas Penyinaran

Seperti yang diketahui bahwa sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk membantu proses fotosintesis. Cara merawat bunga mawar selanjutnya yaitu meletakkan bunga mawar di tempat yang mendapat banyak cahaya matahari.

Tahukah Kamu? Jumlah Tangkai Mawar ada Artinya loh! Satu tangkai mawar memiliki arti bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang dicinta. Tiga tangkai mawar menyatakan “aku cinta kamu”. Tiga belas mawar mengatakan “aku pemuja rahasiamu”. Lima belas tangkai bunga mawar mengirimkan pesan penyesalan dan kata maaf.

Namun, penyinaran yang paling bagus yaitu hanya pada jam 6 hingga 10 pagi. Untuk budidaya bunga mawar di halaman, gunakan peneduh jaring agar sinar yang didapatkan tidak berlebihan.

7. Mengaplikasikan ZPT

ZPT atau Zat Pengatur Tumbuh merupakan sebuah senyawa organik yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan tanaman lebih cepat dan lebat. Sebenarnya, tanaman bisa memproduksi ZPT nya sendiri secara alami, tetapi bisa juga dibantu dari luar berupa bahan kimia sintetik.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Anthurium Jemani

Cara merawat bunga mawar ini dapat membantu pertumbuhan dua kali lebih cepat dan hasil bunganya lebih lebat.

8. Memangkas Daun dan Ranting

Perawatan selanjutnya adalah pemangkasan daun dan ranting. Hal ini dilakukan untuk membuang daun dan ranting kering yang tidak produktif lagi. Selain itu, mawar yang terlalu lebat, meskipun tidak kering juga boleh dipangkas untuk menghasilkan kuncup mawar yang lebih banyak.

Cara pemangkasan yang baik dan benar adalah dipotong dalam posisi lurus, jangan digunting pada posisi serong dan menjadi lancip. Selain itu, pastikan gunting yang Anda gunakan sudah tajam sehingga hasil potongannya pun bagus dan rata.

Nah, itulah beberapa cara merawat bunga mawar di dalam pot maupun di pekarangan atau halaman rumah. Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *