TrikMerawat Extraordinary Man!

Trik Merawat dan Memilih Burung Parkit yang Bagus

3 min read

burung parkit

Sekarang ini memelihara burung sedang menjadi tren di beberapa kalangan dalam masyarakat kita. Bukan hanya sekedar untuk hiburan di rumah saja tetapi burung sudah menjadi ladang bisnis bagi mereka.

Bahkan beberapa jenis burung bisa memiliki harga yang mahal karena suaranya yang bagus. Salah satunya adalah burung parkit, yang banyak diikutkan lomba oleh pemiliknya.

Ya, memang jika diperhatikan belakangan ini makin banyak saja jenis lomba burung yang diadakan. Hadiahnya bisa berupa uang dalam jumlah tertentu atau hanya sekedar piala saja.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Suren

Tetapi hal tersebut rupanya tidak menyurutkan niat pecinta burung untuk ikut lomba karena bagi mereka rasa bangga diatas segalanya. Bangga karena mampu menghasilkan burung yang bersuara merdu dan indah.

Burung parkit merupakan salah satu yang dibudidayakan untuk keperluan seperti diatas disamping jenis lainnya.

Kalau ingin menghasilkan burung yang bisa memenangi perlombaan dan bernilai jual tinggi maka perawatannya harus benar. Karena sebagus apapun burung itu kalau salah dalam merawatnya akibatnya bisa fatal.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk merawat burung tersebut.

Tips untuk Merawat Burung Parkit


Pilih Sangkar yang Sesuai

Pemilihan kandang adalah hal pertama yang harus diperhatikan saat akan merawat burung parkit. Karena usulannya yang relatif kecil maka burung yang mirip dengan lovebird ini tidak membutuhkan kandang yang besar. Cukup gunakan kandang dengan ukuran 60 x 40 x 40 cm saja sudah cukup ideal untuk burung tersebut.

Baca Juga : Mengenal Tentang Burung Gelatik

Sedangkan untuk bahan kandangnya Anda bisa memilih bahan dari kayu ataupun besi. Kedua bahan ini sudah cukup sesuai untuk dijadikan sebagai kandang parkit.

Tidak perlu kuatir kandang akan rusak karena parkit bukanlah golongan burung yang menggigiti sangkar hingga jebol.

Tahukah Kamu? Rata-rata umur burung parkit yaitu 10 tahun, namun ada beberapa kasus burung memiliki umur hingga 30 tahun

Pilih Burung yang Sehat

Tidak ada pilihan lain kalau ingin mendapatkan hasil burung yang bagus maka pilihlah parkit dengan kondisi sehat. Jangan sampai baru beberapa hari dipelihara parkir tersebut sudah mati.

Perhatikan dengan baik ciri yang diperlihatkan oleh burung saat akan membelinya. Pilih burung yang paling aktif bergerak ketika berada di dalam kandang. Burung yang aktif bergerak menunjukkan dia sehat.

Beri Makanan yang Tepat

Pilihlah hanya makanan yang tepat untuk diberikan kepada burung parkit peliharaan Anda. Makanan yang tepat akan memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh parkit dan membuat mereka tetap sehat.

Jenis makanan yang tepat untuk parkit antara lain adalah biji-bijian, buah dan sayur. Anda bisa memberikan makanan berupa pepaya, wortel atau kenari untuk parkit.

Rutin Membersihkan Kandang

Penyakit yang menyerang dan mengganggu kesehatan parkit bisa berawal dari kandang yang kotor. Sehingga cara yang mudah untuk menjaga kesehatan parkit adalah dengan rajin membersihkan kandang mereka.

Kandang yang selalu bersih akan mencegah berkembangnya kuman, bakteri dan juga jamur patogen yang bisa membuat parkit sakit. Bersihkan semuanya termasuk tempat makan dan minumnya.

Memandikan dan Setiap Hari

Anda juga harus rajin memandikan burung parkit setiap hari agar mirip dengan habitat asli mereka. Di alam bebas parkit mandi setiap hari dan hal tersebut bisa membuat mereka bahagia.

Hewan yang bahagia akan menjadi lebih sehat. Memandikan parkit setiap hari akan membuat mereka merasa bahagia dan akan menjadi lebih sehat.

Cara memandikan parkit juga cukup mudah dilakukan. Gunakan semprotan yang bisa dibeli di toko manapun untuk memandikan parkit setiap pagi sebelum terbitnya matahari.

Jangan lupa untuk menjemur burung tersebut setelah dimandikan selama 30 menit hingga 1 jam lamanya.

Cara perawatan parkit yang benar dan tepat akan membantu Anda untuk mendapatkan burung berkualitas bagus. Apalagi kalau Anda berniat untuk mengikutkannya dalam perlombaan atau menjadikannya bisnis.

Tetapi Anda juga harus ingat bahwa perawatan sebaik apapun yang diberikan kalau bibit parkitnya kurang bagus akan percuma.

Agar hal tersebut tidak Anda alami, simak bagaimana cara memiliih burung parkit yang bagus berikut ini.

Cara Memilih Parkit yang Bagus


Memilih Burung Jantan dan Betina

Kalau Anda ingin memelihara parkit yang bisa diandalkan dalam perlombaan artinya harus membuatnya menjadi burung yang bersuara bagus. Hal pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan jenis kelamin yang tepat untuk tujuan tersebut.

Burung parkit betina umumnya memiliki suara yang lebih bagus dan cerewet daripada jantan sehingga merupakan pilihan tepat.

Baca Juga : Mengenal Tentang Burung Hantu Celetuk

Atau kalau tidak Anda bisa membelinya sepasang yaitu jantan dan betina kemudian dikawinkan sendiri. Hanya saja memang proses perjodohan burung parkit jantan dan betina membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga Anda harus sabar.

Tempatkan parkit jantan dan betina pada kandang terpisah dulu dan biarkan saling mengenal. Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 minggu.

Tahukah Kamu? Telur Burung parkit memerlukan waktu sekitar 18 sampai 20 hari untuk menetas.

Dengarkan Suara Kicauannya

Hal yang menjadi daya tarik sekaligus daya jual parkit adalah pada kualitas kicauannya. Jadi suara kicau itulah yang harus menjadi fokus Anda. Ketika akan membeli parkit dengarkan dengan seksama dan teliti bagaimana suara kicauannya. Apakah burung tersebut memiliki suara yang gacor atau tidak.

Pilih Burung yang Aktif dan Lincah

Burung yang sehat akan ditunjukkan dengan keaktifan dan kelincahan dalam bergerak. Jangan memiih dan membeli parkit yang tampak lemas dan malas karena bisa jadi dia sedang sakit.

Pilih burung yang terlihat banyak gerak dan aktif bersuara, sehingga akan lebih mudah untuk melatihya menjadi parkit yang bagus.

Kenali Ciri Parkit Sehat

Burung parkit yang sehat bisa dikenali dari beberapa ciri fisik yang dimilikinya. Beberapa ciri tersebut antara lain yaitu :

  • Bulu di bagian kloaka terlihat bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.
  • Bulu nampak rapi, tidak mengembang dan jumlahnya lengkap.
  • Kotorannya padat, kecil dan tidak mengandung air.

Dengan mengenali ciri tersebut setidaknya Anda akan terhindar dari tindakan penjual nakal dan membeli parkit yang sakit.

Pilih yang Tidak Cacat dan Bermental Bagus

Dalam pemilihan burung parkit yang bagus jangan lupa untuk mempertimbangkan soal kesempurnaan fisik dan kondisi mental. Kesempurnaan fisik bisa dengan mudah Anda lihat dengan kasat mata.

Perhatikan dengan teliti apakah ada yang kurang dengan bagian-bagian tubuhnya atau tidak. Jangan membeli burung yang memiliki kekurangan dalam tubuhnya walaupun hanya sedikit saja.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo

Sedangkan yang dimaksud dengan kondisi mental bagus dari parkit adalah tidak mudah stres. Burung yang stres akan malas berkicau dan itu tentu sangat tidak diinginkan oleh pemeliharanya. Kondisi mental parkit bisa dilihat dengan melakukan rangsangan tertentu.

Anda bisa melakukannya dengan cara mendekatkan jari dengan kandang mereka. Selanjutnya lihatlah burung mana yang akan merespon gerakan jari Anda tersebut.

Burung dengan kondisi mental yang bagus dan prima akan memiliki tingkat respon tinggi pada stimulasi yang datang padanya. Burung parkit seperti itulah yang harus Anda pilih untuk dipelihara di rumah agar menghasilkan kualitas yang bagus.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *