TrikMerawat Extraordinary Man!

Pelajari Cara Menanam Rumput Jepang dengan Baik dan Benar

4 min read

rumput jepang

Apakah Anda ingin halaman rumah Anda dipenuhi dengan rumput jepang yang rapi dan hijau? Tentu hal itu dapat Anda peroleh dengan bersiap untuk menanam rumput jenis ini segera.

Cara menanamnya sangatlah mudah jika Anda mengikuti prosedur yang tepat. Rumput jenis ini merupakan rumput yang kerapkali ditanam di halaman rumah agar tampak hijau dan menarik.

Rumput jenis ini tentu sangat cocok untuk rumah-rumah besar yang terlihat flat atau biasa saja. Selain itu, halaman rumah minimalis juga cocok untuk ditanami rumput ini.

Apalagi, jika Anda kombinasikan dengan pohon dan bunga cantik, pasti nuansanya akan terasa segar dan nyaman. Lalu, bagaimana cara menanam rumput ini? Simak informasinya di bawah ini!

Cara Menanam Rumput Jepang dengan Tepat


Pemilihan Bibit Rumput

Sudah lumrahnya, jika Anda ingin menanam tumbuhan, hal pertama yang harus Anda miliki adalah bibitnya. Sama halnya dengan rumput yang satu ini.

Untuk bisa memperolehnya, Anda dapat membeli di toko tanaman yang menjualnya. Biasanya mereka akan menjual per bongkah bibit, sehingga dapat Anda pisah menjadi beberapa potongan.

Potongan-potongan tersebut dapat Anda tanam di beberapa area yang Anda inginkan. Perlu diketahui, ada dua jenis bibit rumput jepang yang tumbuh, yakni bibit yang baik dan bibit yang tidak baik.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Aglaonema

Jika Anda ingin memperoleh bibit yang baik dengan kualitas bagus, Anda perlu memperhatikan kriteria penting dalam pemilihan bibit.

Kriteria tersebut di antaranya, pertama, pilih bibit yang mempunyai warna hijau yang segar. Kedua, pastikan bibit yang akan Anda beli dalam keadaan sehat, prima, atau tidak terserang hama.

Terakhir, perhatikan tekstur rumput, pastikan memiliki tekstur yang keras atau tidak layu.

Tahukah Kamu? Bahwa Terdapat lebih dari 10.000 jenis rumput di dunia. Mulai dari rumput yang kecil, padi, jagung, sampai rumput yang besar seperti bambu.

Siapkan Lahan untuk Penanaman Rumput

Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah lahan di mana rumput akan ditanam. Lahan tersebut bisa berupa halaman depan maupun belakang. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi tanah tersebut.

Pastikan kondisi tanah dalam keadaan subur dan gembur. Selanjutnya, jika Anda sudah menentukan lahan, cangkul lahan tersebut untuk menggemburkan tanah.

Penggemburan tanah bertujuan untuk mempermudah proses penanaman dan pertumbuhan rumput. Perlakuan terhadap lahan ini sebaiknya dilakukan selama 10 hari sebelum penanaman rumput.

Proses tersebut akan membantu Anda menghilangkan rumput liar dan gulma tanaman.

Proses Penyiraman Tanah

Selain membuat tanah gembur, Anda juga perlu menyirami tanah yang akan ditanami rumput jepang. Anda juga perlu menyiraminya agar kondisi tanah tidak kering.

Tanah yang terlalu kering tidak akan bisa ditanami rumput. Oleh karenanya, siramlah tanah tersebut lalu taburkan pupuk kandang di atasnya secara merata. Untuk ukuran banyaknya sekitar 2,5 kg/m.

Setelah tanah tersebut disiram dan diberikan pupuk, diamkan selama kurang lebih 2 minggu. Tujuannya untuk menghilangkan panas yang berasal dari pupuk yang ditaburkan sebelumnya.

Jangan lupa untuk menyiraminya setiap hari agar pupuk dapat meresap bersama tanah.

Penanaman Rumput

Setelah proses persiapan selesai semua, selanjutnya Anda dapat mulai menanam rumput jepang yang sudah dibeli sebelumnya. Waktu sore hari adalah waktu terbaik untuk menanam rumput jenis ini.

Hal ini dikarenakan pada waktu itu cahaya matahari mulai meredup. Selain itu, udara sekitar pada sore hari lebih sejuk dibandingkan di pagi hari.

Dengan menanamnya di pagi hari, diharapkan rumput jepang dapat beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya. Tentu, jika Anda menanam pada pagi hari, mereka akan kaget di siang harinya karena kondisi udara berubah seketika.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Mawar

Alhasil rumput yang ditanam akan menjadi layu dan tidak segar. Jadi, pastikan Anda meluangkan waktu untuk menanam rumput di sore hari.

Lalu bagaimana cara menanamnya? Buatlah terlebih dahulu lubang zigzag dengan jarak sekitar 5 cm. Sebelum menanamnya, pisahkan bongkahan rumput yang Anda beli terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dalam lubang.

Jika sudah dipisah, masukkan ke lubang dan tutup dengan tanah. Pastikan Anda tidak menekan tanah tersebut karena dapat membuat akar rumput patah.

Untuk saat ini Harga rumput jepang sekitar Rp.20.000 – Rp.30.000 per petaknya.

Proses Penyiraman

Jika proses penanaman sudah selesai, selanjutnya, Anda perlu menyiram rumput secara teratur agar rumput dapat tumbuh subur.  Lakukanlah secara intensive agar pertumbuhannya maksimal.

Proses penyiraman akan membantu akar rumput untuk mencengkeram tanah. Lakukan penyiraman sebanyak dua kali dalam sehari agar kondisi tanah tetap sejuk.

Proses Pemupukan

Tidak sedikit orang gagal menanam rumput jepang karena mereka hanya fokus pada penyiraman rumput. Padahal, agar bisa tumbuh maksimal, rumput juga memerlukan nutrisi dari pupuk.

Walaupun sebelumnya tanah sudah digembur dengan pupuk kandang, Anda tetap perlu memberikan pupuk apalagi setelah usianya mencapai 2 minggu. Untuk pupuknya, pilihlah pupuk urea berkualitas.

Pupuk inilah yang akan memberikan nutrisi pada tumbuhan. Walaupun demikian, Anda tidak disarankan untuk memberikan pupuk dalam jumlah yang banyak  karena ini justru akan merusak rumput yang sudah ditanam.

Nutrisi yang berlebihan juga tidak baik sehingga pastikan Anda memberikan pupuk sesuai standar.

Proses Penyiangan

Setelah semua bibit rumput tumbuh dengan baik, Anda jangan berhenti begitu saja dan membiarkannya tumbuh hingga meninggi.  Anda perlu merawat rumput halaman Anda agar tetap bagus dan menarik dilihat.

Salah satu masalah yang terjadi ketika rumput jepang sudah tumbuh adalah munculnya rumput liar atau gulma yang membuat tampilan rumput Anda menjadi jelek.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Anthurium Jemani

Setelah mengetahui hal tersebut, tentu Anda perlu mencabut semua gulma yang tumbuh di sekitar rumput. Pencabutan rumput liar juga berfungsi untuk mengusir serangga atau hewan kecil yang dapat merusak atau memakan rumput jepang. Tentu, Anda ingin rumput Anda tetap segar dan hijau bukan?

Nah, agar Anda tidak merasa capek mencabuti rumput liar, Anda dapat mengajak buah hati Anda untuk mencabuti rumput sambil menanam bunga kesukaan mereka. Aktivitas ini akan membuat si kecil lebih mencintai tanaman dan lingkungan sekitar.

Pemangkasan

Di samping mencabut gulma, Anda juga perlu melakukan treatment khusus untuk rumput halaman Anda. Seperti rambut yang sudah memanjang, tentu Anda perlu merapikannya agar tetap bagus dilihat.

Sama halnya dengan rumput, jika sudah mencapai ukuran yang panjang, Anda perlu memotongnya agar tetap rapi dan tidak risih saat dipandang.

Pemangkasan umumnya dilakukan setelah 3 bulan pertumbuhan rumput. Pemangkasan ini bertujuan untuk mempertahankan warna hijau pada rumput. Jika Anda membiarkannya, rumput akan berwarna kecokelatan atau kuning atau bahkan mati. Wah, tentu sangat sayang sekali jika rumput halaman mati setelah perawatan sedemikian panjangnya.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Bonsai

Untuk itu, lakukan pemangkasan jika diperlukan. Itu tadi merupakan cara menanam rumput jepang dengan benar. Jika Anda berencana untuk menanam rumput, Anda perlu memadukan rumput dengan tanaman lain seperti bunga, pohon cemara, dan lainnya.

Fungsinya agar halaman Anda tidak terlihat kosong melompong. Jika ingin nuansa lebih segar, buatlah kolam dengan air mancur di tengahnya. Tentu, Anda akan betah duduk di halaman Anda.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *