Ikan Cara Merawat Hewan

Rahasia Sukses Budidaya Ikan Black Ghost Bagi Pemula

Budidaya Ikan Black Ghost
Written by Josua Rifandy

Ikan Black Ghost sepertinya masih cukup asing didengar terutama bagi masyarakat awam yang tidak terlalu tahu tentang berbagai jenis ikan hias. Ada alasan mengapa ikan hias yang satu ini disebut sebagai black ghost.

Selain dari warna tubuhnya yang didominasi hitam kusam dan hanya ada sedikit warna putih di bagian ekornya, ikan ini juga merupakan ikan nokturnal yang banyak beraktifitas di malam hari. Meski terdengar aneh dan menyeramkan, nyatanya budidaya ikan black ghost juga cukup populer di kalangan pecinta ikan.

Ikan black ghost merupakan ikan air tawar, yang jinak dan bisa dengan mudah bersahabat dengan jenis ikan hias lainnya. Black ghost menjadi ikan hias yang banyak dicari dan diminati karena memiliki bentuk tubuh yang unik.

Selain memiliki warna yang eksotis, ikan black ghost memiliki sirip bawah yang memanjang dan tulang siripnya sangat halus hingga dapat menyatu dengan tubuhnya, sehingga saat bergerak di air siripnya akan tampak berkibar seperti bendera.

Pada bagian ekornya terdapat sedikit warna putih yang seolah melilit ekornya, ukuran ekor ikan black ghost sangat mungil dan bentuknya mirip cacing sehingga ikan-ikan lain akan terkecoh dan menganggap itu benar-benar cacing lalu dimakan. Akan tetapi layaknya ekor cicak, apabila ekor ikan black ghost putus, nantinya ekor ini akan tumbuh lagi dalam beberapa waktu.

Tips Sukses Budidaya Ikan Black Ghost Bagi Pemula


Melakukan budidaya ikan black ghost bagi pemula bisa dibilang cukup menantang. Namun tidak perlu ragu untuk memulainya karena hasil yang akan didapatkan pun terbilang menjanjikan.

Baca Juga : Begini Rahasia Anti Gagal Budidaya Ikan Komet Hingga Berhasil

Dalam memulai budidaya ikan black ghost, maka membutuhkan aquarium, air bersih, serta indukan untuk menghasilkan telur yang nantinya akan dibesarkan. Selain menggunakan aquarium, bisa juga melakukan budidaya dengan menggunakan bak.

1. Persiapan Akuarium atau Bak Pemeliharaan Induk dan Peralatan Lain

Yang pertama kali perlu dilakukan adalah mempersiapkan akuarium atau bak pemeliharaan induk. Untuk aquarium bisa disesuaikan dengan keinginan dan budget. Untuk contoh patokannya bisa dengan ukuran 100 x 40 x 40 cm atau 100 x 50 x 30 cm, dengan ukuran aquarium ini satu aquarium bisa diisi hingga 10 ekor indukan ikan black ghost.

Selain aquarium, pembudidaya juga perlu menyiapkan sarana penunjang lainnya seperti aerator, filter, tempat bersembunyi seperti bebatuan dan kayu warna hitam, serta tempat menaruh telur berupa pakis yang ditumpuk dan disekat dengan potongan lidi.

2. Proses Pengisian Air dalam Akuarium

Setelah aquariumnya sudah siap, maka dilanjutkan dengan pengisian air dalam akuarium. Namun perlu diketahui bahwa ikan black ghost tidak bisa hidup di sembarangan air. Ini merupakan salah satu rahasia sukses yang harus diketahui oleh pembudidaya.

Air yang tepat untuk mengisi aquarium ikan black ghost adalah air dengan pH 6-7, jernih, dan suhunya berkisar antara 26 hingga 27 derajat Celcius. Air yang digunakan bisa berupa air tanah atau air PAM.

Apabila menggunakan air tanah, terlebih dahulu air harus diendapkan selama 24 jam dengan aerator. Sedangkan jika menggunakan air PAM, air harus diendapkan setidaknya 3 hari sebelum digunakan.

3. Memasukkan Indukan Ikan Black Ghost

Setelah setup aquarium sudah siap seluruhnya, tinggal saatnya untuk memasukkan indukan ke dalam aquarium. Untuk mendapat hasil sesuai yang diinginkan, maka dalam pemilihan induk tidak bisa sembarangan.

Indukan harus diseleksi, dipilih yang benar-benar memiliki kualitas baik. Yang pertama dilihat adalah dari fisiknya, pastikan tidak ada satupun cacat dan sedang tidak berpenyakit.

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui Orang, Begini Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik

Berikutnya lihat jenis kelamin indukannya. Untuk membedakan indukan jantan dan betina, bisa dilihat dari panjang dagunya, yakni diukur dari ujung mulut hingga tutup insang.

Untuk indukan jantan biasanya memiliki dagu yang relatif panjang dibanding indukan betina. Selain itu juga bisa dilihat dari bentuk tubuhnya. Untuk ikan betina memiliki perut gendut dengan panjang tubuh berkisar mulai 15 cm hingga 23 cm.

Sedangkan indukan jantan memiliki tubuh langsing dengan panjang mencapai 30 cm. Pilihlah indukan yang sudah matang gonad, biasanya berusia 1 tahun lebih.

Dalam satu akuarium, dapat diisikan 5 atau 7 ekor indukan ikan black ghost. Untuk perbandingannya, bisa 2 jantan 3 betina, atau 3 jantan 4 betina. Bisa juga satu akuarium diisi oleh 10 ekor indukan, yakni dengan perbandingan jantan dan betina 2 : 3.

4. Pemeliharaan Indukan Black Ghost

Supaya nantinya induk akan menghasilkan anakan dengan kualitas yang bagus pula, maka perlu dilakukan pemeliharaan induk berupa pemberian pakan dan penggantian air akuarium secara berkala.

Pakan untuk indukan black ghost di antaranya bloodworm, larva Chironomus dan jentik nyamuk. Pemberian bloodworm dapat dilakukan pagi dan sore setiap hari pukul 9 pagi dan 4 sore.

Untuk pemberian larva Chironomus dan jentik nyamuk cukup dilakukan sore hari dengan cara disebar rata di dasar aquarium disesuaikan dengan jumlah indukan yang dipelihara dalam satu akuarium.

Karena ikan black ghost sangat menyukai air jernih, maka air akuarium perlu diganti setiap hari. Penggantian air ini dilakukan sebanyak 20 sampai 30%. Selain itu suplai oksigen dalam air juga harus tetap terjaga dengan memberi aerasi.

5. Proses Pemijahan Induk Black Ghost

Berikutnya adalah melakukan pemijahan induk. Pemijahan dapat dilakukan di akuarium pemeliharaan maupun di wadah khusus untuk pemijahan.

Pembudidaya cukup menyiapkan tempat untuk induk menempelkan telurnya. Yakni berupa akar pakis yang diapit dengan keramik. Substrat silahkan ditempatkan pada dasar akuarium saat sore hari.

Proses pemijahan akan berlangsung di malam hari mengingat ikan black ghost merupakan hewan nokturnal. Pada saat ini akan terlihat induk jantan dan betina saling berkejaran hingga kemudian mendekati substrat untuk melakukan pemijahan.

Pagi harinya silahkan cek substrat karena di sanalah induk akan menempelkan telur-telurnya. Silahkan pindah semua telur-telur itu ke dalam akuarium penetasan. Sebaiknya akuarium untuk penetasan dipersiapkan sebelum indukan melakukan pemijahan.

Akuarium untuk penetasan memiliki ukuran 80 x 45 x 25 cm, yang kemudian diisi air setinggi 20 cm dan akuarium dilengkapi dengan aerasi. Pastikan air yang digunakan sudah diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam sebelum digunakan.

Setelah akuarium penetasan siap, silahkan masukkan substrat yang sudah diisi penuh dengan telur tadi ke dalam akuarium hingga terendam air seluruhnya. Perhatikan telur-telur tersebut.

Akan terlihat perbedaan warna pada telur, di mana telur warna putih adalah telur yang tidak dibuahi, sedangkan yang warna kuning berarti terbuahi. Telur yang warna putih sebaiknya dibuang saja dengan cara disedot menggunakan selang berdiameter 0,5 cm.

6. Proses Penetasan Anakan Black Ghost

Telur-telur ini akan menetas dalam 3 sampai 4 hari. Larva sebaiknya dibiarkan selama setidaknya satu minggu di akuarium penetasan sebelum dipindah. Pemindahan dilakukan dengan cara mengeluarkan substrat lalu menyedot larva menggunakan selang sipon dan tempatkan di akuarium pembesaran.

Ukuran akuariumnya sama dengan akuarium indukan. Satu akuarium diisi hingga 500 ekor larva. Pemberian pakan untuk larva dapat dilakukan di hari ke-5 sejak larva menetas, yaitu berupa aflemia sampai berusia 15 hari, lalu dilanjutkan dengan pemberian kutu air sampai berusia 20 hari, berikutnya kombinasikan pakan bersama cacing sutera hingga usia 1 bulan.

7. Pemeliharaan Anakan Black Ghost

Di umur 1 bulan, umumnya larva sudah memiliki panjang hingga ¾ inchi, sedangkan standar layak jual ikan black ghost adalah yang memiliki panjang 1 sampai 2 inchi. Maka lakukan pendederan lagi dengan memberi pakan berupa cacing selama kurang lebih 1 hingga 2 bulan.

Baca Juga: Agar Sehat dan Cepat Besar, Begini Cara Merawat Ikan Lemon

Selain pakan, pembudidaya juga perlu memastikan kondisi air di akuarium pendederan. Secara rutin tiap 3 hari sekali harus dilakukan penyiponan kotoran yang dilakukan bersamaan dengan penggantian air sekitar 10-20%.

8. Panen Ikan Black Ghost

Nantinya panen bisa dilakukan saat ikan sudah memiliki panjang mulai 1 sampai 2 inchi. Cara panennya adalah dengan menyerok ikan menggunakan serok halus supaya sisiknya tidak rusak. Ikan kemudian dimasukkan dalam baskom yang sudah diisi air lalu sortir berdasarkan ukurannya.

Pengepakan ikan dilakukan pada plastik dengan volume 15 liter. Plastiknya dibuat rangkap 2, lalu isi air sebanyak 5 liter dan endapkan 24 jam, lalu sisanya diisi oksigen murni. Satu plastik bisa memuat hingga 250 ekor ikan black ghost ukuran 2 inchi.

Itulah informasi mengenai rahasia budidaya ikan black ghost yang bisa dicoba oleh para pemula. Walaupun terdengar sulit, jika dilakukan sesuai tahapan yang benar, maka budidaya ikan ini bisa berjalan baik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment