TrikMerawat Extraordinary Man!

8 Tips Jitu Cara Merawat Ayam Bekisar Cepat Gacor

3 min read

cara merawat ayam bekisar

Warnanya yang elok serta suaranya yang merdu, membuat ayam bekisar menjadi favorit penggemarnya. Tidak hanya suaranya, ayam yang merupakan hasil persilangan antara induk ayam hutan hijau dengan ayam kampung ini memiliki penampilan yang unik dibanding ayam lainnya.

Penampilannya yang unik membuat ayam bekisar gemar dibawa dalam lomba, namun untuk menghasilkan ayam yang rajin berkokok dan gacor ada beberapa cara merawat ayam bekisar yang perlu diperhatikan.

Tips Cara Merawat Ayam Bekisar


1. Berikan Air Minum Secukupnya

Standarnya cara merawat ayam bekisar adalah dengan memberikan air minum kira-kira 2 hingga 3 sendok makan saja, hal ini untuk menjaga suara kokok dari ayam bekisar.

Suara ayam yang tidak jernih dapat diketahui dengan munculnya suara R ketika berkokok. Apabila ayam bekisar dikhususkan untuk berlomba, maka munculnya suara R ini dapat mengurangi penilaian.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Broiller

Untuk menghasilkan suara yang jernih, pemilik ayam bekisar dapat memberikan madu murni yang dicampurkan pada air minumnya.

Madu sangat bermanfaat tidak hanya untuk suara ayam yang lebih jernih, namun juga untuk menjaga kesehatan dari ayam bekisar. Jika ayam bekisar dikhususkan untuk lomba, tentu suara dan kesehatan ayam menjadi faktor yang penting.

Tahukah Kamu? Ada tiga tipe ayam bekisar yaitu Gallus aenus, Gallus temminckii, dan Gallus violaceus

2. Berikan pakan Sekadarnya

Perkembangan dari suara ayam bekisar, dapat dilihat pada umur 8 bulan. Untuk mengubah kualitas suara ayam, maka pakannya harus segera diubah dengan menggunakan campuran beberapa bahan.

Campuran pakan ini terdiri dari beras merah dengan ukuran 70%, ketan hitam 10%, dan jagung giling sebesar 20%. Tidak hanya pakan campuran tersebut, ayam bekisar juga dapat diberikan sayu seperti kangkung, tauge, hingga buah buahan.

Pemberian pakan ayam bekisar tidak perlu terlalu banyak setiap harinya, takaran pakannya hanya seperempat bagian ayam kampung. Takaran untuk ayam berkisar ini guna menghindari kegemukan pada ayam, sehingga mutu suara  pada ayam bekisar tidak akan menurun. 

Mengingat ayam bekisar masihlah turunan ayam hutan, maka tetap berikan makanan hutan pada ayam bekisar seperti ulat hongkong, atau jangkrik sebagai ekstra fooding.

3. Perhatikan Kesehatan dan Gelagat Ayam Bekisar

Pengawasan sangat penting untuk melihat perkembangan ayamm bekisar, pemilk ayam dapat mengetahui apakah ayam bekisar sehat dilihat dari kotoran atau gerak gerik ayam bekisar.

Apabila warna kotoran ayam cenderung kuning kehijauan atau mengandung kapur, hal itu berarti ayam bekisar tidak dalam keadaan yang sehat.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Bangkok

Untuk ayam yang sehat, jenggernya akan berwarna merah sgar dan tegak. Matanya pun akan terlihat tajam dan bersinar, namun apabila ayam cenderung lebih agresif , curiga, dan was-was tentu perlu diperhatikan.

Untuk menghindari sifat ini, ada baiknya sejak kecil bekisar diberi kerudung kain pada sangkat setiap malam harinya.

4. Biarkan Ayam Berjemur

Sama seperti ayam lainnya, cara merawat ayam bekisar  juga perlu dijemur untuk memberikan imun pada tubuh dan bulu ayam.

Apalagi jika sedang musim hujan, biarkan ayam di ruangan terbuka yang terkena sinar marahari beberapa menit agar ayam tetap merasa hangat. Waktu untuk penjemuran ayam yang paling bagus adalah sekitar pukul 8 pagi hingga 10 pagi.

Waktu penjemuran ini juga berlaku ketika pemilik ayam ingin memandikan ayam. Pastikan saat penjemuran cahaya matahari tidak disertai dengan angin kencang. Serta usahakan waktu penjemuran tidak lebih dari 10 pagi.

Ini karena ayam bukannya merasa hangat, namun merasa panas yang terbakar. Cahaya matahari pada siang hari bisa merusak bulu ayam, sehingga menurunkan penampilan dari ayam bekisar.  

5. Pemberian Obat pada Ayam Bekisar dengan Serbuk

Apabila ayam menunjukkan gelagat kurang sehat seperti tidak mau makan atau kurang aktif.maka kita sebagai pemilik ayam pun berusaha untuk mengobatinya. Bila kita biarkan saja, penyakit yang di derita ayam ini besar kemungkinan berujung pada kematian.

Mengobati ayam bekisar yang telah dewasa memang sedikit lebih sulit, hal ini karena ayam bekisar sulit untuk dipaksa memakan pakan yang telah di campur dengan obat.

Cara merawat ayam bekisar  ini tetap perlu diperhatikan lagi gelagatnya, sebab bisa jadi ayam tidak cocok dengan obat tersebut dan justru keracunan.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Petelur

Jika ingin mencampurkannya pada pakan, maka campurkan obat pada pakan kroto. Ini karena pakan kroto dapat diberi air sedikit, sehingga dapat lebih mudah untuk dikonsumsi dan dicerna oleh ayam bekisar.

6. Pemberian Obat pada Ayam Bekisar dengan Suntikan

Apabila ayam tidak mamiliki nafsu untuk minum maupun makan, tentu memberikan obat menjadi lebih sulit. Langsung saja berganti dengan obat tetes atau suntikan.

Gunakan alat tetes yang bisa langsung di teteskan ke mulut ayam bekisar. Hal ini dinilai lebih efektif karena obat dapat langsung masuk ke tubuh ayam. Pastikan memasukan obat ini secara cepat agar ayam tidak merasa panik dan terancam.

Selanjutnya menggunakan suntikan langsung ke pembuluh darah ayam, adalah cara yang bisa kita lakukan apabila ayam bekisar mengalami sakit yang cukup parah.

Namun untuk menyuntikkan obat ke dalam ayam, memerlukan orang yang memang ahli dalam pakar ayam. Apabila dalam keluarga anda tidak ada yang ahli dalam hal ini, lebih baik menggunakan dokter hewan.

Ciri-ciri khusus dari ayam bekisar yang paling menonjol adalah bentuk bulu leher yang ujungnya bulat/lonjong bukan lancip.

7. Berikan Latihan pada Ayam

Cara merawat ayam bekisar  selanjutnya adalah dengan memberikan latihan pada ayam, agar ayam bekisar cepat bersuara atau gacor bisa diberikan dengan latihan untuk meningkatkan suara ayam. Latihan bisa digunakan dengan bantuan ayam bekisar lainnya.

Kedua ayam yang saling bersaing ini mampu meningkatkan suara dari ayam bekisar sendiri. Untuk latihan ayam, bisa dilakukan di sekitar pekarangan rumah, atau pada tempat latihan.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Ayam

Namun jangan memaksa ayam ketika sedang berlatih, ayam yang panik dan perlakuan yang kurang baik justru membuat ayam bisa menjadi setres.

Ayam yang stres sudah pasti tidak akan mengeluarkan bunyi , oleh karena itu ketika melatih ayam bekisar lakukan sesuai dengan kemampuan dari ayam tersebut.

8. Jauhkan dari Betina

Memang ketika ayam bekisar di hadapkan dengan ayam betina, ayam bekisar akan langsung mengeluarkan suara. Selama ada ayam betina, maka ayam jantan akan terus bersuara memanggil ayam betina.

Akibatnya, bekisar menjadi kelelahan sehingga tidak bisa berbunyi.Oleh karena itu cara merawat ayam bekisar juga harus memperhatikan staminanya.

Tentu hal ini akan merugikan apabila ayam bekisar sedang diikutkan lomba. Umumnya ketika lomba berlangsung ayam bekisar akan dijauhkan dengan betinanya,untuk menjaga energi serta kejernihan dari suara ayam bekisar.

Bahkan pada arena perlombaan peserta dilarang untuk membawa ayam betina  agar tidak merugikan seluruh ayam bekisar yang mengikuti lomba.

Ayam perpaduan dari ayam hutan dan ayam kampung ini, semakin unik dengan perpaduan warna bulunya yang mampu menarik minat penggemarnya. Selain dijadikan ayam hias, ayam bekisar juga sering dibawa ke perlombaan.

Dengan memperhatikan lingkungan serta perawatan kepada ayam bekisar tentu suara yang dikeluarkan semakin gacor atau semakin lantang.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *