Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Yuk Belajar 5 Cara Merawat Ayam Petelur agar Hasil Maksimal

3 min read

cara merawat ayam petelur

Saat ini kebutuhan ayam dipasaran semakin meningkat dari waktu ke waktu yang disebabkan oleh banyaknya kebutuhan kulliner yang ada di pasaran. Tidak hanya dari daging ayam saja, namun kebutuhan telur juga terus meningkat.

Tingginya peminat telur menjadikan prospek usaha ternak ayam yang menguntungkan, contohnya usaha ternak ayam petelur yang kini menjadi salah satu jenis usaha yang  hasilnya menjanjikan. Lalu bagaimana cara merawat ayam petelur yang perlu kamu tahu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Broiller

Untuk terjun dalam usaha ternak ayam bisa dibilang gampang-gampang susah. Yang mana usaha ini dapat dijalankan dengan kebutuhan modal yang cukup.

Tidak hanya itu, usaha ini juga membutuhkan ketelatenan serta ketekunan yang sangat tinggi agar nantonya usaha yang dijalankan dapat lebih lancar dan mudah. Kini memang dengan perkembangan jaman yang semakin maju, para peternak ayam dapat mempelajari lebih dalam mengenai usaha ternak ayam.

Cara Merawat Ayam Petelur Agar Tetap Sehat dan Menghasilkan


Agar ayam bisa bertelur setiap hari maka pengelolaan ayam petelur dengan baik sangatlah penting. Untuk memeroleh produksi telur yang tinggi apabila ayam petelur dirawat dengan baik maka hasil yang diperoleh pun akan maksimal.

Segala sesuatu haruslah sudah siap bila anak ayam petelur tiba dan usahakan kandang dalam keadaan kering, peralatan harus bersih, suhu di kandang di atur tepat, tempat air serta makanan terisi. Untuk lebih lanjut, simak ulasan berikut.

1. Persiapkan Lokasi Kandang

Untuk memulai usaha ternak ayam, hal pertama yang harus dipersiapkan yaitu kandang. Untuk penempatan lokasi kandang juga harus diperhatikan, karena jika lokasi tidak tentu akan dapat menimbulkan masalah. Usahakan lokasi kandang jauh dari pemukiman masyarakat, tujuannya untuk menghindari bau yang timbul dari kotoran ayam.

Lokasi yang jauh dari keramaian juga dapat mengurangi resiko stress pada ayam dan mencegah penyebaran wabah penyakit pada manusia. Pemilihan kandang yang tepat juga masuk dalam Cara Merawat Ayam Petelur.

Hal yang tidak kalah penting adalah lokasi yang dapat dijangkau alat transportasi untuk memudahkan pengawasan dan pemeliharaan. Jenis kandang yang dapat digunakan untuk budidaya ayam petelur ada dua tipe yaitu kandang koloni yang dasarnya digunakan untuk ayam yang diletakkan dalam satu kandang.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Bangkok Siap Adu

Kemudian yang kedua terdapat kandang baterai dimana kandang ini yang paling banyak digunakan oleh para peternak ayam petelur yang didesain khusus untuk ayam petelur agar mudah dalam pemanenan telur.

Tidak hanya itu, Cara Merawat Ayam Petelur  juga bisa dilakukan dengan membersihkan kandang ayam karena dapat mencegah hama seperti kutu dan penyakit. Alas kandang perlu diganti dengan sering, jika memungkinkan dalam menjaga kebersihan kandang harus dilakukan satu kali dalam seminggu.

Kondisi kandang yang bersih dapat menhindarkan ayam dari stress sehingga ayam akan lebih sering untuk bertelur. Perlu diperhatikan juga bahwa jika memiliki banyak ayam, maka perlu membesihkan sesering mungkin.

Info! Rentang hidup alami dari ayam adalah antara 10 dan 20 tahun

2. Memilih Ayam Ras Petelur

Di dalam Cara Merawat Ayam Petelur, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih ayam ras yang unggul untuk dibudidayakan.

Hal ini harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya adalah produksi telur harus tinggi, kualitas telur yang bagus, ayam petelur dari bibit yang diketahui keunggulannya, serta ayam yang dipilih harus mencapai usia dewasa kelamin, hanya dalam waktu 18-20 minggu.

Bibit ayam petelur yang populer di Indonesia ada dua jenis yaitu, ayam ras petelur putih yang mempunyai ciri bulu warna putih, telur putih kecoklatan, dengan berat badan ayam dewasa 1,7 kg.

Dan ayam ras petelur cokelat yang mempunyai bulu warna cokelat, telur cokelat, berat badan ayam dewasa sekitar 2,1 kg, ayam jenis ini sedikit lebih besar dibanding dengan ayam putih. Kendati demikian, kedua ayam tersebut mempunyai kandungan nutrisi yang sama pada telur yang  akan dihasilkan.

3. Pemberian Pakan

Pakan merupakan hal yang sangat penting dalan budidaya ayam petelur agar mendapatkan hasil produksi yang maksimal. Memberi makan yang berkualitas, yang mempunyai unsur kandungan protein karbohidrat, mineral, kalsium serta vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Jenis pakan lainnya yang diberikan adalah konsentrat, dedak, dan jagung yang sudah digiling. Biasanya Cara Merawat Ayam Petelur ini diberikan dua kali sehari setiap pagi dan sore hari dengan takaran yang pas, jangan sampai kurang atau lebih.

Jika pemberian pakan kurang, yang nantinya akan berimbas pada hasil produksi. Begitupun jika pemberian pakan terlalu berlebihan maka biaya yang akan dikeluarkan juga semakin banyak. Imbas lain yang didapat yaitu membuat ayam kegemukan karena terjadi penumpukan lemak sehingga produksi telur akan menurun.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Ayam

Perawtan ayamyang lain bisa dilakukan dengan  memberikan vaksin serta vitamin secara rutin, tujuannya untuk menjaga kekebalan tubuh.

Hal lain yang dapat dilakukan untuk perawatan ayam yaitu menyediakan setidaknya satu galon air untuk tiga atau empat ayam. Semakin banayk ayam yang dimiliki maka semakin banyak air yang dibutuhkan untuk kebutuhan ayam.

Selalu pastikan juga bahwa air yang disediakan selalu segar dan bersih, tidak hanya itu pastikan juga untuk selalu mengisi tempat air dan membersihkannya untuk mencegah pertumbuhan dari bakteri.

Untuk setiap kulit telur yang dihasilkan, ayam harus memobilisasi sekitar 10% dari kalsium disimpan dalam tulang-tulangnya

4. Memastikan Ayam Aman dalam Serangan Predator

Beberapa predator ayam adala kucing, anjing, dan rakun yang dapat mudah menyerang ayam dengan cara menggali tanah dari bawah kandang. Oleh sebab itu pastikan bahwa kandang ayam cukup tertutup dan terbuat dari bahan yang kuat.

Lengkapi dengan kawat disekitar kandang untuk mencegah predator menggali tanah dan masuk ke dalam kandang, hal serupa yang dapat dilakukan adalah menutup setiap celah yang ada dengan menggunakan kayu atau ubin.

Cara Merawat Ayam Petelur juga bisa dilakukan dengan membuat kandang yang dialiri aliran listrik untuk mencegah predator masuk ke dalam kandang.

Cara lain untuk perawatan ayam juga bisa dilakukan dengan cara pada saat pagi hari, kita dapat membiarkan ayam untuk bermain di luar dan ketika hari sudah gelap pastikan merekakembali ke kandang dan jangan lupa kunci kandang ayam.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Bekisar

Saat ayam berada di luar kandang, jangan kunci kandang. Biarkan saja ayam keluar masuk kandang untuk makan, minum, atau bertelur.

Hal ini dapat membuat ayam tidak stress dan dapat terus bertelur dan menghasilkan telur yang baik. Telur yang baik adalah telur yang laris dipasaran.

Memeriksa keadaan ayam setiap hari dan secara rutin adalah sebuah hal wajib. Pada saat melakukan aktivitas ini sebaiknya juga mengamati perubahan tampilan atau perilaku dari ayam untuk memastikan bahwa ayam-ayam tersebut dalam keadaan sehat.

Namun ada beberapa perubahan yang dapat terjadi seperti ayam terengah-engah, mata yang berkabut, ayam tidak waspada, terdapat kebotakan, produksi telur yang menurun, hilangnya nafsu makan dan minum.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *