Kucing Cara Merawat Hewan

Solusi Ampuh Cara Mengobati Flu Kucing Dijamin Cepat Sembuh

Cara mengobati flu kucing
Written by Josua Rifandy

Flu pada kucing adalah hal yang sangat biasa terjadi. Penyebab kucing mengalami flu adalah akibat infeksi dari bakteri, virus serta jamur. Kondisi lingkungan yang kurang bersih juga dapat menyebabkan kucing mengalami flu. Selain itu faktor lain seperti tidak pernah diberi vaksin, dan kucing jarang dijemur juga dapat menjadi pemicu terjadinya flu pada kucing. Untuk mengetahui cara mengobati flu kucing, ketahui terlebih dahulu gejala-gejala bahwa kucing kesayangan sedang mengalami flu.

Gejala Kucing Flu


Saat kucing terkena flu, kucing akan menunjukkan gejala-gejala yang terlihat sangat jelas. Selayaknya saat manusia terkena flu, gejala yang diperlihatkan kucing saat terkena flu adalah sebagai berikut.

1. Keluar cairan atau ingus dari hidungnya.

2. Kucing mengalami bersin.

3. Kucing mengalami batuk.

4. Mata kucing jadi memerah.

5. Napsu makan kucing jadi berkurang.

6. Kucing mengalami demam.

7. Kucing menjadi lemas dan tidak enerjik.

8. Kucing dapat mengalami sariawan.

9. Mata kucing akan sering berair.

Apabila kucing menunjukkan gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, maka harus segera diatasi dengan cara mengobati flu kucing yang tepat.

Baca Juga : Cara Mengawinkan Kucing yang Benar Hingga Berhasil Hamil dan Melahirkan

Cara Mengobati Flu Kucing & Obat Flu Kucing yang Bagus


Ketika kucing peliharaan telah menunjukkan gejala flu, jangan menunggu sampai sembuh sendiri, akan tetapi segera obati dan isolasi kucing agar penyakitnya tidak semakin parah bahkan menular ke kucing lainnya. Tingkat penularan flu kucing ke kucing lainnya sangat cepat dan melalui apa saja. Terutama jika wadah minum, wadah makan, dan mainannya sama, maka penularan flu kucing akan sangat mudah dan cepat, sehingga kucing yang telah menunjukkan gejala flu harus segera dijauhkan dari kucing lainnya.

Cara mengobati flu kucing yang dijelaskan di sini juga berlaku untuk cara mengobati kucing batuk akibat flu. Adapun yang harus dilakukan cat lovers saat kucing flu adalah memberi perawatan ekstra dan obat yang mana dijelaskan di bawah ini.

1. Menjemur Kucing

Menjemur Kucing
(Sumber: Kucingpersia-indonesia.blogspot.com)

Mulailah dengan menjemur kucing kesayangan di bawah sinar matahari pagi. Bagi kucing rumahan yang jarang diajak keluar rumah, salah satu penyebab kucing mengalami flu karena kurang dijemur. Untuk itu mulailah dengan menjemur kucing selama 10 sampai 15 menit saja, pastikan tidak dijemur di atas pukul 9 pagi karena di atas jam itu sinar matahari malah akan membuat kucing kepanasan.

Tujuan dari menjemur kucing adalah untuk membunuh kuman, dan bakteri yang menempel di tubuhnya. Pada saat kucing terkena flu, kucing biasanya akan tetap menjilati tubuhnya sendiri sehingga air liurnya yang telah terinfeksi virus penyebab flu akan menempel di tubuhnya. Apabila kucing tidak rajin dijemur, maka virusnya ini akan menempel ke benda-benda yang disentuh kucing dan berpotensi menular ke kucing lainnya.

2. Membersihkan Ingus Kucing

Kucing yang mengalami flu akan keluar ingus dari hidungnya. Jika tidak rajin dibersihkan maka kucing akan menjadi sangat tersiksa dan bahkan bisa menyebabkan kesulitan bernapas. Untuk itu cat lovers harus rajin membersihkan ingus kucing dengan menggunakan bola kapas yang dibasahi dengan air hangat.

Selain membersihkan ingus kucing, bagian mata kucing biasanya juga ikut berair saat flu. Kalau tidak dibersihkan akan mengering dan membuat kucing kesulitan untuk membuka mata. Dengan hati-hati bersihkan pula cairan yang mengalir dari mata kucing supaya tidak membuat mata kucing jadi lengket.

Baca Juga : Tutorial Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah

3. Jangan Memandikan Kucing

Jangan Memandikan Kucing
(Sumber: Kucing.store)

Saat kucing sedang flu, sebaiknya jangan mandikan kucing terlebih dahulu sampai kucing sembuh. Saat flu, kondisi tubuh kucing harus tetap hangat supaya penyakitnya tidak sampai parah. Namun jangan juga membiarkan tubuh kucing jadi kotor.

Agar kebersihan tubuh kucing tetap terjaga, maka kucing bisa dibersihkan dengan cara menyeka tubuhnya menggunakan waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat. Bersihkan secara menyeluruh agar kotoran dan kuman yang menempel di tubuhnya bisa hilang semua.

4. Racikan Obat Flu untuk Kucing dari Madu

Cara mengobati flu kucing berikutnya adalah dengan racikan dari madu. Madu dapat diberikan ke kucing yang terkena flu dengan dosis sedikit sebanyak 1 kali tiap 4 jam. Madu untuk mengobati flu kucing dapat diberikan secara langsung maupun dicampur dengan air matang.

Namun pemberian madu ini sebaiknya jangan dipaksakan. Karena rasanya yang manis, sebagian kucing pasti tidak akan menyukainya. Jadi jika kucing menolak saat diberikan madu, sebaiknya jangan dipaksakan.

5. Menggunakan Cuka Apel

Obat alami lainnya yang dapat diberikan pada kucing yang terkena flu adalah cuka apel. Cuka apel untuk kucing flu terbukti ampuh. Manfaat dari cuka apel ini adalah untuk menjaga kestabilan pH tubuh.

Cuka apel sebagai obat alami kucing flu diberikan dengan cara mencampurkan sebanyak setengah sendok teh ke dalam makanan basah atau minuman kucing kesayangan. Jangan diberikan secara langsung karena sudah pasti kucing tidak akan mau. Lebih efektif apabila diberikan dengan dicampur ke makanan atau minumannya. Pastikan dosisnya tidak berlebihan.

Baca Juga : Rahasia Cara Merawat Bulu Kucing Dijamin Anti Rontok

6. Menambah Nafsu Makan Kucing dengan Air Gula Merah

Menambah Nafsu Makan Kucing dengan Air Gula Merah
(Sumber: Medium.com)

Salah satu gejala yang timbul saat kucing terkena flu adalah berkurangnya nafsu makan. Imbas dari kurang nafsu makan, kucing akan menjadi lemas dan ketahanan tubuhnya jadi makin lemah. Untuk itu segera atasi dengan cara menambah nafsu makannya menggunakan air gula merah.

Cara membuat air gula merah ini adalah dengan merebus gula merah dengan air hingga larut. Simpan air gula merah di tempat yang hangat, jangan di kulkas. Kemudian berikan pada kucing tiap 2 jam sekali.

7. Berikan Obat Flu Kucing

Cara mengobati flu kucing berikutnya adalah dengan memberikan obat flu. Jangan berikan obat flu manusia untuk kucing, jika dipaksakan bisa saja akan menyebabkanbbahaya bagi kucing kesayangan. Sebagai gantinya, beli obat flu kucing yang biasa dijual di pet shop.

Daftar merk obat flu untuk kucing yang ampuh beserta harga obat flu kucing di pet shop dapat dilihat di bawah ini:

a. Coldy Cat 

Obat flu untuk kucing bermerk Coldy Cat sangat mudah ditemukan di pet shop. Harganya juga terjangkau, hanya Rp15.000 per botol. Obat ini telah terbukti ampuh dalam menyembuhkan penyakit flu pada kucing dewasa, dan juga aman dikonsumsi bagi kitten.

Obat ini selain menyembuhkan flu, juga dapay menyembuhkan gejala flu, yaitu demam, peradangan pada mata, serta menambah nafsu makan kucing. Cara pemberian obat ini adalah dengan diteteskan langsung ke mulut kucing, sebaiknya sebelum makan. Untuk kucing dewasa dengan bobot 2-4 kg diberikan sebanyak 8 sampai 12 tetes sebanyak 3 kali sehari, untuk kucing bobot 1-2 kg cukup berikan sebanyak 6 sampai 8 tetes, dan untuk kitten diberikan sebanyak 4 sampai 6 tetes.

b. Stop Flu

Stop Flu adalah antibiotik untuk kucing flu yang juga mudah ditemukan di pet shop terdekat. Harganya juga terjangkau, mulai Rp20.000 sampai Rp25.000. Cara pemberiannya sama dengan Coldy Cat.

Demikian cara mengobati flu kucing yang dijamin cepat sembuh. Semoga kucing kesayangan cepat sembuh dan bisa bermain dengan ceria lagi ya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment