Cara Merawat Hewan Burung

Trik Cara Merawat Burung Cucak Jenggot agar Selalu Sehat

burung cucak jenggot
Written by Josua Rifandy

Burung cucak jenggot merupakan primadona di kalangan pecinta burung kicauan. Burung cucak jenggot harus dirawat dengan tepat supaya burung bisa gacor. Perawatan burung cucak jenggot memang gampang-gampang susah karena pemiliknya harus bersedia melakukan rutinitas dengan kegiatan yang sama setiap harinya. Karena jika tidak begitu, maka akan mendatangkan masalah salah satunya burung akan macet bunyi hingga burung menjadi stres.

Sebenarnya merawat burung cucak jenggot hampir sama dengan merawat burung kicauan yang lain. Bahkan setiap pemilik burung cucak jenggot memiliki trik masing-masing dalam perawatannya agar burung gacor. Seperti dengan mandi malam, memberi pakan dengan nutrisi tinggi dan lain sebagainya. Namun jangan khawatir karena di sini akan dibahas dengan secara rinci dan lengkap cara merawat burung cucak jenggot agar burung tetap sehat dan gacor.

Baca Juga : Trik Merawat dan Memilih Burung Parkit yang Bagus

Trik Merawat Burung Cucak Jenggot


1. Memberikan Kandang yang Tepat

memberikan kandang yang tepat
(Sumber: Arenahewan.com)

Yang pertama adalah dengan memberikan tempat tinggal nyaman berupa kandang atau sangkar burung. Ukuran sangkar jangan seukuran dengan tubuhnya atau kurang dari itu, tapi berikan yang lega dan bisa diberi tenggeran yang memadai bagi burung. Berikan kandang yang bersih, dengan dilengkapi tempat makan dan tempat minum yang ditempatkan agak berjauhan di dalam kandang. Kandang yang sempit dan kotor akan membuat burung menjadi stres bahkan mendatangkan penyakit bagi burung.

Penempatan kandang juga wajib diperhatikan bagi pemelihara burung cucak jenggot. Jangan letakkan sangkar atau kandang di tempat yang berpolusi dan bising manusia. Disarankan untuk menempatkan sangkar burung cucak jenggot di tempat yang sejuk di luar ruangan, seperti di pekarangan rumah yang dilindungi oleh pepohonan besar di sekitarnya.

2. Memberikan Pakan Utama yang Bergizi

Berikutnya tak kalah penting adalah pakannya. Jika ingin burung cucak jenggot sehat dan gacor, jangan pernah sepelekan asupan makanannya. Hindari memberikan pakan yang asal kenyang, pakan yang baik untuk dikonsumsi oleh burung cucak jenggot adalah voer bermutu yang sangat mudah didapatkan di toko keperluan burung. Selain voer, burung juga diberikan variasi makanan lain seperti buah-buahan dan sayur-sayuran agar burung tidak bosan dan nafsu makannya tidak menurun.

Dengan memberikan pakan yang bermutu dan bergizi, burung akan terjaga kesehatannya sehingga kualitas suaranya juga bagus. Pakan yang sehat dan bermutu juga akan memperlancar metabolisme tubuhnya sehingga burung dapat lebih cepat pertumbuhannya serta terhindar dari masalah kesehatan terutama pencernaan.

3. Rutin Melakukan Mandi Malam

Trik supaya burung cucak jenggot gacor adalah dengan mandi malam. Mandi malam bagi burung cucak jenggot banyak dilakukan oleh pemelihara burung jenis ini karena terbukti membuat burung lebih gacor. Mandi malam juga memberikan keuntungan lainnya yakni burung jadi lebih mudah tidur di malam hari dan akan terlihat segar bugar keesokan paginya. Waktu mandi malam cucak jenggot yang tepat adalah rentang pukul 6 sore hingga setengah 9 malam. Durasi mandinya cukup 10 sampai 20 menit saja.

Cara mandi malam burung cucak jenggot adalah dengan menggunakan semprotan, yakni air disemprotkan ke tubuhnya secara bertahap dan menyeluruh hingga seluruh bulunya menjadi basah. Selesai mandi, burung cucak jenggot dikeringanginkan dengan menggantung sarangnya di tempat yang terang dengan sirkulasi udara yang baik.

Sambil mengeringkan burung cucak jenggot, berikan burung makanan ekstra yang bergizi karena pada saat setelah mandi malam, burung dalam keadaan lapar dan akan menghabiskan makanan yang diberikan.

Pastikan bulu burung benar-benar sudah kering seluruhnya sebelum burung dibiarkan beristirahat. Bulu burung yang masih basah dan lembab berlebihan akan menimbulkan masalah baru seperti penyakit kulit.

Saat burung sedang beristirahat, jangan ganggu burung dengan mengajaknya latihan atau apapun, tapi berikan waktu bagi burung untuk tidur semalaman agar besok pagi burung bangun dalam keadaan bugar.

Baca Juga : Inilah Cara Merawat Burung Hantu Bagi Pemula

4. Memberikan Makanan Ekstra

memberikan makanan ekstra
(Sumber: Burungnya.com)

Makanan ekstra diberikan malam hari setelah burung mandi malam dan sedang dikeringkan. Karena pada saat ini nafsu makan burung meningkat, maka berikan makanan ekstra yang bergizi.
Yang pertama adalah dengan memberi potongan jahe. Potongan jahe ini tidak diberikan secara langsung pada burung, melainkan dengan memotongnya kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam perut jangkrik. Jangan khawatir burung tidak akan memakannya, justru sehabis mandi malam, burung justru akan makan dengan lahap sehingga sudah pasti jangkrik yang telah diberi potongan jahe itu akan dimakan habis. Potongan jahe ini bermanfaat dalam memaksimalkan performa suara dari burung cucak jenggot.

Yang kedua adalah memberinya makanan yang dicampur dengan telur bebek mentah. Racikan telur bebek mentah ini sangat baik bagi burung cucak jenggot, terutama untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan meningkatkan performa kicauannya. Telur bebek mentah ini hanya diambil bagian putih telurnya saja, lalu dicampur dengan 1 potong buah apel segar dan 2 sendok makan kroto segar. Ketiga bahan ini kemudian dihaluskan lalu dicampur sampai rata hingga berbentuk bubur. Bubur inilah yang kemudian diberikan pada burung cucak jenggot. Pemberian pakan ekstra dari racikan telur bebek mentah ini diberikan saat burung dikeringanginkan setelah mandi malam, cukup sebanyak 1 sendok makan saja dengan disuapkan pada burung.

5. Perawatan di Pagi Hari

Pagi hari sekitar pukul setengah 5 pagi, sangkar burung ditempatkan di luar ruangan yang sejuk dan berembun. Sebaiknya jangan lakukan apabila cuacanya sedang hujan. Suasana pagi hari yang sejuk dan masih berembun ini sangat baik bagi kesehatan pernapasan dan suara burung. Dengan rutin melakukan ini, burung akan terhindar dari masalah seperti suara serak, stres dan kesehatan yang tidak stabil.

Setelah matahari sudah terbit sekitar pukul 7 sampai 8 pagi, burung cucak jenggot kemudian dijemur selama setidaknya satu jam. Pindahkan sangkar ke tempat yang terkena sinar matahari pagi, namun bebas polusi dan jauh dari bising manusia. Lakukan saat kondisi burung sedang fit. Sinar matahari pagi ini bermanfaat memberikan vitamin alami bagi burung serta dapat membuat daya tahan tubuh burung jadi lebih kuat.

6. Teratur Melatih Burung

Menginginkan burung cucak jenggot jadi gacor memerlukan latihan secara rutin. Cara melatihnya adalah dengan memperdengarkan suara-suara burung yang merdu secara rutin. Latihan ini dilakukan setelah burung dijemur pagi hari dan setelah burung makan. Latihan ini dilakukan secara terus menerus hingga burung termotivasi untuk meningkatkan kualitas suaranya.

Baca Juga : Begini Cara Merawat Cucak Ijo, Burung Bersuara Indah

7. Memberikan Multivitamin

memberikan multivitamin
(Sumber: S1keperawatan.stikesdhb.ac.id)

Pemberian multivitamin pun tak kalah pentingnya bagi burung cucak jenggot. Multivitamin yang diberikan dapat berupa multivitamin kemasan atau dibuat sendiri dari madu dan kunyit. Apabila memberikan multivitamin kemasan, perhatikan dulu komposisi bahannya. Pemberian multivitamin ini diberikan secukupnya, jangan berlebihan atau terlalu sedikit.

Perawatan burung cucak jenggot harus dilakukan secara rutin dengan urutan yang sama setiap harinya, dengan begitu tidak akan terdapat masalah kesehatan pada burung.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment