TrikMerawat Extraordinary Man!

8 Cara Menghilangkan Belang pada Wajah secara Alami

4 min read

Cara Menghilangkan Belang pada Wajah

Cara menghilangkan belang pada wajah di bawah ini bisa Anda lakukan untuk membasmi belang mengganggu pada wajah. Ya, setiap orang ingin penampilan sempurna tanpa belang pada wajah yang bisa disebabkan karena berbagai hal.

Misalnya saja paparan sinar matahari yang berlebih yang membuat warna kulit tidak merata.

Aktivitas sehari-hari memang berisiko memunculkan belang pada wajah, apalagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Namun jangan khawatir, ada banyak cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan belang pada wajah.

Tentu caranya mudah dan tanpa efek samping. Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja disimak di bawah ini ulasannya.

8 Cara Menghilangkan Belang pada Wajah secara Alami


1. Madu

Cara menghilangkan belang pada wajah yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Madu memang terkenal memiliki khasiat yang ampuh untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin oleh manusia.

Jika dikonsumsi tanpa tambahan apapun madu dapat menyembuhkan dan mencegah datangnya beberapa penyakit.

Terkait dengan perawatan wajah, madu juga dapat digunakan sebagai bahan luluran karena mampu membuat wajah menjadi mulus. Artinya madu juga ampuh untuk menghilangkan belang akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Baca Juga : Cara Merawat Kulit Berminyak

Caranya juga mudah kok, cukup oleskan madu pada seluruh bagian wajah atau pada bagian yang ada belangnya. Namun pastikan dulu untuk membersihkan wajah ya.

Anda juga bisa mengkombinasikan madu dengan pisang untuk menghilangkan belang pada wajah dan membuatnya mulus. Caranya juga mudah kok, cukup hancurkan pisang hingga lembut dan campur dengan madu.

Gunakan ramuan ini sebagai scrub di bagian wajah yang belang selama 30 menit.

“Cantik itu pilihan. Ketulusan serta bahagia yang selalu kau upayakan hadir di hatimu bagi diri dan orang lain, senantiasa akan memancar hingga wajah. Itulah kecantikan sejati.”

Helvi Tiana Rosa

2. Bengkoang

Bengkoang sudah sangat populer sejak zaman dahulu sebagai bahan alami untuk mencerahkan dan menghaluskan wajah. Berbekal dengan fakta ini, bisa disimpulkan bahwa bengkoang juga bisa menghilangkan belang pada wajah secara instan dan efektif.

Ya bengkoang bisa Anda jadikan bahan luluran yang ampuh untuk merawat kecantikan wajah secara maksimal.

Untuk membuat bahan luluran dari bengkoang mudah saja, cukup parut bengkoang secukupnya. Jika sudah peras dan ambil airnya untuk kemudian didiamkan semalaman.

Besoknya Anda bisa menggunakan endapan sari bengkoang untuk luluran pada wajah yang belang.

3. Beras

Cara menghilangkan belang pada wajah berikutnya adalah dengan beras, yang mana sangat mudah ditemukan di negeri ini. Beras memang kaya akan kandungan Vitamin B1 yang terkenal mampu merawat kecantikan wajah, salah satunya adalah untuk menghilangkan belang pada wajah secara instan.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Pria

Cara membasmi belang pada wajah dengan beras mudah saja kok. Anda bisa menumbuk beras sendiri atau membeli tepung beras langsung. Setelah beras ditumbuk, selanjutnya ditambahkan air hangat dan aduk hingga tercampur.

Nah, adukan tersebut kemudian bisa dioleskan pada bagian wajah yang belang dalam waktu 1 jam.

4. Lidah Buaya

Cara menghilangkan belang pada wajah berikutnya adalah dengan lidah buaya. Bukan hanya terbatas pada wajah saja, lidah buaya memang ampuh untuk mengatasi segala macam masalah pada kulit manusia. Misalnya saja penyakit dompo, cacar air hingga jerawat.

Lidah buaya bisa mengatasi belang pada wajah dengan cepat asal dilakukan secara rutin dan telaten. Caranya juga mudah kok, cukup siapkan 1-2 batang lidah buaya kemudian potong untuk diambil gel atau dagingnya.

Baca Juga : Cara Merawat Kulit Kering

Setelah itu usapkan gel lidah buaya pada bagian wajah yang ada belangnya. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas muka sampai bersih. Lakukan selama 2-3 kali dalam sehari agar belang pada wajah benar-benar hilang dengan sempurna.

5. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan belang pada wajah secara alami berikutnya adalah dengan jeruk nipis. Anda tentu sudah tahu bahwa buah ini kaya akan kandungan Vitamin C yang berperan dalam merawat kulit wajah.

Kandungan senyawa alami dan Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis memang ampuh untuk menghilangkan belang pada wajah.

Selain itu jeruk nipis juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah dan membuatnya lebih rata. Cara menghilangkan belang dengan jeruk nipis mudah saja, Anda cukup memeras potongan jeruk nipis.

Selanjutnya perasan jeruk nipis tersebut bisa digunakan untuk mengolesi bagain wajah yang ada belangnya.

6. Tomat

Belang pada wajah juga bisa dihilangkan dengan tomat yang kaya akan kandungan Vitamin A dan Vitamin E. Jadi selain bisa mengatasi masalah jerawat, buah ini juga ampuh untuk membasmi belang pada wajah secara instan.

Ya, kandungan vitamin dalam tomat serta zat likopen memang ampuh untuk memerangi radikal bebas dan mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Caranya pun sangat simpel dan mudah, cukup haluskan tomat secukupnya dan oleskan pada bagian wajah yang ada belangnya. Diamkan masker tomat selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Setelahnya Anda bisa melakukan perawatan lanjutan semisal mengoleskan lotion pemutih atau sunscreen.

7. Kunyit

Cara menghilangkan belang pada wajah berikutnya adalah dengan menggunakan kunyit yang mengandung curcumin. Kandungan curcumin pada kunyit ini dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kunyit juga bisa mengatasi belang pada wajah secara instan.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Kering dan Kusam

Kandungan curcumin dan zat antioksidan pada rempah ini memang ampuh sebagai bahan alami perawatan wajah. Caranya cukup parut kunyit secukupnya dan oleskan pada bagian wajah yang ada belangnya.

Setelah itu diamkan selama setengah jam kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

8. Mentimun

Cara menghilangkan belang pada wajah berikutnya adalah dengan mentimun yang kaya akan Vitamin A. Kandungan Vitamin A di dalam mentimun memang ampuh untuk memperbaiki kulit wajah dan meminimalisir belang.

Cukup campurkan mentimun blender dengan 2 sdt lidah buaya dan oleskan pada wajah yang ada belangnya.

“Kecantikan adalah karunia yang menyimpan bahaya, baik untuk si cantik maupun bagi yang mencintainya.”

Megan Tresidder

Sebab Terjadinya Belang pada Wajah


1. Sinar Matahari

Sinar matahari memang penting untuk mendapatkan asupan Vitamin D yang cukup. Namun jika berlebihan malah akan berbahaya karena akan menyebabkan belang pada wajah.

Selain itu paparan sinar matahari berlebihan juga menyebabkan kulit keriput.

2. Luka

Luka pada wajah yang mayoritas disebabkan oleh jerawat juga bisa menyebabkan kulit wajah belang. Namun jangan khawatir, belang akibat lukan ini tidak permanen namun membutuhkan waktu agak lama untuk hilang.

3. Melasma

Melasma adalah kondisi perubahan kulit yang umunya terjadi pada wanita umur 20 ke atas. Wanita yang sedang hamil juga sering mengalami melasma yaitu ketika muncul belang dan bintik-bintik pada wajah dan bagian kulit lainnya.

4. Vitiligo

Vitiligo adalah kondisi munculnya belang dan bintik-bintik pada wajah yang disebabkan kurangnya produksi warna kulit. Akibatnya sel-sel penghasil warna kulit rusak dan muncul lah belang dan bintik-bintik putih.

Demikianlah ulasan tentang cara menghilangkan belang pada wajah secara alami. Cara-cara di atas bisa Anda lakukan sesering yang Anda mau karena tidak ada efek samping.

Oya, untuk meminimalisir munculnya risiko belang pada wajah bisa menggunakan sunscreen atau topi saat beraktivitas di luar ruangan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *