Cara Merawat Tubuh Kulit Wajah

Kulitmu Bermasalah ? Yuk Intip Cara Merawat Kulit Kering

cara merawat kulit kering
Written by Josua Rifandy

Semua orang pasti menginginkan kulit yang bersih dan sehat, terutama para kaum wanita. Kulit yang bermasalah seperti kulit kering, tentu membuat rasa percaya diri berkurang.

Bagaimana tidak, kulit yang kering bisa mengakibatkan pengelupasan, garis-garis halus, hingga kerutan. Kulit kering ini bisa terjadi karena adanya akumulasi dari kulit mati pada beberapa bagian. Lalu, bagaimana cara merawat kulit kering ini ? Yuk simak ulasan berikut.

Berbagai Tips Cara Merawat Kulit Kering


1. Minyak Almond

cara merawat kulit kering
Minyak Almond Sangat Baik Untuk Kesehatan Kulit

Seperti yang kita tahu, kulit yang kering berarti kulit tersebut kekurangan minyak atau kelembaban pada wajah.

Sehingga cara untuk memperbaikinya adalah dengan memberikan produk yang mengandung unsur minyak pada kulit kering. Apabila kamu ingin menggunakan bahan alami, menggunakan minyak almond adalah salah satu caranya.

Tahukah Kamu? Banyak terkena sinar matahari dapat membuat kulit makin kering Bukan hanya sinar matahari ruangan Ber AC juga dapat mengurangi kelembaban kulit Anda

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak almond memiliki kandungan vitamin E, asam lemak, dan zat aktif lainnya yang bisa menetralisir penyebab penuaan diri.

Minyak ini juga mampu melembabkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Cara menggunakan minyak almond sangat mudah, cukup oleskan minyak almond pada wajah dan pijat dengan lembut.

2. Minyak Kelapa

cara merawat kulit kering
Selain Minyak Almond, Minyak Kelapa Juga Tidak Kalah

Selain minyak almond, bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara merawat kulit kering adalah minyak kelapa. Menurut penelitian yang ditulis pada International Journal of Dermatology, menunjukkan bahwa minyak kelapa mampu menurunkan kadar air bagi masyarakat penderita dermatitis atopic atau eksim.

Keadaan ini adalah dimana kulit tidak mampu menjaga kelembaban sehingga menimbulkan kulit kering.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Kering dan Kusam

Minyak kelapa banyak menjadi salah satu pilihan beberapa masyarakat. Hal ini karena harganya yang ekonomis. Untuk mengaplikasikannya, dapat mengoleskan pada bagian kulit yang kering seperti pada wajah dan bibir.

Gunakan secara teratur sebagai lotion setelah membersihkan wajah, atau gunakan secara teratur sebelum tidur.

3. Perbanyak Minum Air Putih

cara merawat kulit kering
Kemurnian Air Putih Memang Tidak Diragukan Lagi Untuk Kesehatan Kulit

Salah satu cara mengatasi kulit kering yang mudah adalah dengan memberikan nutrisi dari dalam.

Mengkonsumsi suplemen khusus kulit memang membantu menormalkan kulit, namun air putih juga penentu utama untuk terbebas dari kulit yang kering atau kusam.

Tanpa kita sadari, air putih mengandung nutrisi berupa asam lemak omega 3, niacin dan vitamin lain yang sangat baik untuk kulit.

Oleh karena itu, air putih adalah salah satu faktor penting untuk mengembalikan kelembaban kulit. Hal ini karena air putih membantu tubuh mendapat asupan cairan yang cukup, ketika tubuh mendapat banyak cairan kulit pun semakin terawat karena kelembaban pada kulit terjaga.

Rajinlah menkonsumsi air putih agar kulit tetap terhidrasi dengan baik dan kamu pun menjadi lebih segar.

4. Mengkonsumsi Ikan

Perlu kamu ketahui, kulit yang kering adalah tkamu bahwa tubuh kekurangan kandungan omega 3.

Oleh karena itu,cara merawat kulit kering salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan lemak omega 3.

Omega 3 tidak hanya membantu menjaga kelembaban kulit, namun juga memperkuat skin barrier kita. Seperti yang kita tahu, makanan yang sangat kaya akan omega 3 adalah ikan-ikanan, seperti salmon dan tuna.

Para ahli juga menyarankan untuk perbanyak makan ikan sebagai perawatan untuk kulit kering secara alami.

Maksimalkan perawatan kulit kering ini dengan menkonsumsi ikan dan sayuran, untuk memberi asam lemak dan vitamin yang cukup pada tubuh. Apabila tubuh memiliki nutrisi yang cukup, tentu kulit akan lebih kenyal dan terhidrasi.

5. Menggunakan Masker Yogurt dan Telur

cara merawat kulit kering
Selain Bisa Diminum, Yogurt Juga Bisa Digunakan Sebagai Masker

Setelah memberikan nutrisi dari dalam, pemberian juga diperlukan dari luar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan masker sebagai perawatan dari luar, akan membantu kulit menyerap beberapa nutrisi yang terkandung dalam campuran masker.

Bagi penderita kulit kering, tentu campuran yang digunakan pada masker haruslah bahan yang memiliki kandungan yang melebabkan.

Yogurt dan telur merupakan kombinasi cara merawat kulit kering yang menyehatkan, untuk mencegah kerusakan kulit akibat polusi dan paparan radikal bebas.

Hal ini karena kandungan protein dan lemak pada keduanya mampu melindungi, serta memberikan kelembaban pada kulit. Gunakan yogurt murni yang tidak memiliki tambahan gula dan perasa, campurkan telur lalu oleskan pada kulit.

Berikan sedikit pijatan agar meresap sempurna, dan tunggu kurang lebih 10 menit.

6. Menggunakan Masker Alpukat

Buah alpukat tidak hanya baik untuk rambut kering, namun juga bisa berfungsi untuk mengembalikan kelembaban wajah.

Ini karena alpukat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti lemak sehat, antioksidan, dan biotin. Kamu bisa mencampur alpukat yang telah dihancurkan dengan beberapa minyak yang memiliki kandungan untuk memberikan kelembaban pada wajah.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Pria

Selain minyak alami, bisa juga menggunakan madu untuk campuran masker alpukat.

Asam lemak dalam alpukat memiliki sifat anibakteri, sedangkan madu mampu menghidrasi kulit kering dan menghilangkan noda bekas pada wajah. Kedua kombinasi ini tentu semakin mempercepat pengembalian kondisi dari wajah.

7. Menggunakan Teh Hijau

cara merawat kulit kering
Antioksidan pada Teh Hijau Sangat Baik Untuk Kesehatan Kulit

Tidak hanya menggunakan sayur dan buah, cara merawat kulit kering secara alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan teh hijau.

Teh hijau kayak akan anti oksidan, asam amino, vitamin B, polyphenol, dan magnesium. Zat – zat yang terkandung dalam teh hijau ini mampu melebabkan kulit wajahmu.

Baca Juga : 7 Makanan Pencerah Kulit

Cara menggunakan teh hijau, kamu bisa mengambil beberapa daun teh hijau yang telah diseduh tanpa gula dan mengaplikasikannya pada wajah.

Info! Kulit kering dapat membuat kulit jadi sensitif, kulit kering memang cenderung sensitif dan akan lebih mudah teriritasi dan gatal

Apabila kamu ragu jika hanya menggunakan tehnya saja bisa mencapurkan dengan minyak almond, atau minyak kelapa untuk menenangkan kulit kering dan mencegah kulit sensitif mengalami iritasi.

8. Menggunakan Krim Susu

Sudah sejak dahulu, susu digunakan untuk masalah kecantikan. Kandungan AHA atau Alpha Hydroxyn Acid dan vitamin yang dimiliki oleh susu sangat efektif untuk membantu menghidrasi kulit.

Kandungan inilah yang mampu mengatasi kulit kering dengan cepat. Tidak hanya itu saja, susu juga memiliki asam laktat yang berfungsi untuk meremajakan sel kulit mati. Sehingga membuat kulit terlihat cerah, lembut, dan tampak awet muda.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam

Cara merawat kulit kering dengan susu yaitu menerapkan krim susu segar tanpa tambahan bahan pengawet ataupun gula, dioleskan pada wajah setiap hari.

Cara ini mampu memberikan kelembaban pada kulit, menghapus bekas terbakar pada kulit akibat sinar matahari serta menghilangkan lingkaran hitam pada mata.

9. Mencuci dengan Air Dingin

cara merawat kulit kering
Bersihkan Wajah Anda Menggunakan Air Dingin

Mandi dengan air panas memang nyaman dan menyenangkan, namun perlu kamu ketahui bahwa menggunakan air panas adalah faktor penyebab dari keringnya kulit.

Apabila suhu air yang kamu gunakan terlalu panas, uap airnya justru membuat kulit kering dan dehidrasi. Oleh karena itu, cara mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan air dingin.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Wajah

Dinginnya air akan merangsang sistem saraf tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah serta mengurangi pengelupasan kulit. Hampir seluruh masyarakat dapat mengalami kulit kering, bahkan bagi orang yang terlahir dengan jenis kulit berminyak pun dapat mengalami kulit kering jika salah dalam perawatannya.

Memiliki kulit kering tentu menjadi salah satu hal yang ingin dihindari kaum wanita, ini karena timbulnya kerutan dapat terjadi dengan cepat. Oleh karena itu, masyarakat pemilik kulit kering perlu memperhatikan beberapa hal untuk mengembalikan kelembaban pada kulit.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment