TrikMerawat Extraordinary Man!

8 Tanaman Aquascape Paling Mudah Dipelihara

3 min read

tanaman aquascape

Tanaman Aquascape adalah jenis tanaman yang biasa diletakkan di dalam aquarium untuk membuatnya terlihat indah dan nyata. Salah satu manfaat tanaman ini memang sebagai hiasan aquarium.

Namun jangan salah, tumbuhan aquascape juga berfungsi sebagai tempat tinggal ikan-ikan dalam aquarium.

Ya ikan-ikan dalam aquarium biasanya gemar bersembunyi di antara tumbuhan aquascape. Ikan-ikan tentu akan lebih merasa seakan mereka berada di perairan yang luas.

Nah, berikut ini akan kami ulas tumbuhan aquascape yang mudah dipelihara sebagai hiasan aquarium Anda.

Apakah Tanaman Aquascape itu?


Tanaman aquscape adalah tumbuhan yang bisa hidup di air yang biasanya digunakan sebagai hiasan pada tangki aquarium. Sama halnya dengan tanaman yang hidup di darat, tanaman air ini membutuhkan CO2 untuk proses fotosintesis.

Makanya aquarium harus dilengkapi dengan tabung CO2 agar tanaman tersebut bisa tumbuh.

Baca Juga : Mengenal Tentang Bunga Puring

Ada beberapa ketentuan tanaman ini bisa tumbuh tanpa bantuan CO2. Misalnya mengganti sebanyak 30% air dalam aquarium seminggu sekali. Kemudian jaga suhu dalam aquarium tetap di bawah 30 derajat celcius.

Meskipun begitu, tetap akan lebih mudah jika tanaman air ini mendapatkan asupan gas CO2 yang cukup.

Bagi Anda para aquascaper kawakan pasti akan mudah merawat tanaman air ini. Namun bagi pemula disarankan untuk memelihara tanaman yang mudah pemeliharaanya terlebih dahulu.

Tanaman-tanaman tersebut akan dibahas pada subjudul di bawah ini.

8 Tanaman Aquascape Paling Mudah Dipelihara


1. Java Moss

Java Moss adalah tanaman paling umum dan sering digunakan dalam seni aquascaping. Tanaman ini cocok untuk pemula yang sedang belajar bagaimana cara berkebun dalam aquarium.

Java Moss memang jenis tanaman hias aquarium yang paling mudah perawatannya. Selain itu tanaman dengan warna hijau terang adalah tanaman yang tangguh dan tidak mudah mati.

Jika Anda sedang belajar memelihara Java Moss maka pastikan sirkulasi air aquarium tepat. Java Moss bisa tumbuh dengan baik di air dengan sirkulasi udara yang baik.

Rentang suhu yang diperlukan Java Moss untuk tumbuh subur adalah 21-24 derajat Celsius. Jadi dapat disimpulkan karena mudahnya pemeliharaan dan tidak memerlukan perawatan khusus, Java Moss sangat cocok untuk pemula.

2. Lilaeopsis

Satu lagi tanaman untuk aquascape yang mudah perawatannya yaitu Lilaeopsis yang mirip sekali dengan rumput yang ada di daratan. Biasanya tanaman ini sangat cocok sebagai karpet atau lantai dalam aquarium.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Krotok

Karena mudah pemeliharaannya, tanaman ini sangat cocok dicoba untuk pemula dalam seni aquascape.

Lilaeopsis bisa tumbuh setinggi 5 cm, jadi mau tidak mau Anda harus rutin memangkasnya. Apalagi jika Anda ingin mengombinasikan dengan tanaman lainnya.

Dengan Lilaeopsis yang tumbuh tidak terkendali, maka akan mengganggu tanaman lain dalam aquarium.

3. Dwarf Baby Tears

Tanaman untuk aquascape lain yang mudah dipelihara adalah Dwarf Baby Tears, yang berasal dari Quba. Tanaman ini merupakan tanaman untuk aquascape yang paling kecil dan sangat disukai oleh aquascaper.

Tanaman yang dperkenalkan mulai tahun 2000 manjadi favorit karena sifatnya yang bisa tumbuh lebat, rendah dan daunnya kecil.

Jadi Dwarf Baby Tears ini sangat cocok dijadikan karpet dan foreground tangki aquarium. Memelihara tanaman ini mudah saja karena tidak membutuhkan perawatan yang khusus, hanya pastikan aquarium terpapar pencahayaan yang cukup.

Karena jika tidak, Dwarf Baby Tears akan tumbuh ke atas karena mencari sumber cahaya.

4. Water Wisteria

Tanaman aquscape yang mudah dipelihara berikutnya dalah Water Wisteria yang berasal dari India dan sekitarnya. Tanaman yang biasa digunakan untuk hiasan aquarium ini bisa tumbuh dengan baik di musim pada perairan dangkal.

Kabar baiknya, tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit, jadi akan sangat cocok untuk pemula.

Selain itu harga tanaman yang bisa digunakan sebagai karpet aquarium ini juga lebih ramah di kantong.

Agar tanaman ini tumbuh dengan baik mudah saja, cukup kombinasikan suhu dan sirkulasi tangki dengan seimbang, Water Wisteria bisa tumbuh bahkan tanpa asupan CO2 tambahan. Jangan lupa untuk rutin memangkasnya ketika tanaman ini tumbuh terlalu lebat.

5. Amazon Sword

Tanaman aquascape yang mudah dipelihara selanjutnya adalah Amazon Sword, yang bentuk daunnya memang mirip dengan pedang. Tanaman ini memang jenis tanaman yang umum digunakan para aquascaper untuk menghias aquarium karena perawatannya yang mudah.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Aster

Cukup atur suhu di antara 22-28 derajat Celcius tanaman ini bisa tumbuh dengan lebat. Soal cahaya Anda bisa mengaturnya secara moderat, tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Tanaman ini cocoknya diletakkan di bagian belakang aquarium untuk membuatnya lebih indah. Tanaman ini memiliki 2 varian, terserah Anda mau pilih daun yang ramping atau yang lebih lebar.

6. African Water Fern

Tanaman untuk aquascape dengan perawatan yang mudah berikutnya adalah African Water Fern. Karena mudah memeliharanya, tanaman ini sangat cocok dicoba untuk aquascaper pemula.

Tanaman ini memang mudah pemeliharaan dan perawatannya, Anda hanya harus mengatur intensitas cahaya yang tinggi karena tanaman ini membutuhkannya.

African Water Fern akan lebih pas jika direkatkan dengan driftwood jika dibandingkan pada substrat. Namun begitu tanaman ini mulai tumbuh, Anda tinggal merawatnya seperti biasa.

Perlu diingat bahwa laju tumbuh tanaman ini cukup lambat jadi Anda tidak perlu khawatir dengan pemangkasan. Satu lagi, karena ukurannya yang besar, tanaman ini tidak cocok untuk tangki mini.

7. Java Fern

Tanaman acuascape yang mudah dipelihara berikutnya adalah Java Fern, tanaman paling ideal untuk aquascaper pemula. Kenapa mudah? Ya karena tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di Asia Tenggara ini memang tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Misalnya saja tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang khusus mengenai pupuk, substrat hingga tambahan CO2.

Yang penting Anda harus mengondisikan tangki aquarium memiliki sirkulasi, suhu dan pencahayaan yang ideal agar Java Fern tumbuh lebat.

Jadi karena tanaman ini menggunakan daunnya untuk menyerap nutrisi, maka lebih baik jika menggunakan hardscape semisal kayu dan batu daripada menguburnya di substrat.

8. Monte Carlo

Tanaman aquasape paling mudah dipelihara berikutnya adalah Monte Carlo, yang juga menjadi tanaman favorit aquascaper.

Alasannya selain mudah dipelihara dan dirawat juga sangat indah dan memiliki laju tumbuh yang cepat. Makanya tidak heran kalau tanaman ini sering menjadi pilihan untuk carpeting.

Baca Juga : Cara Merawat Bonsai

Yang harus diperhatikan ketika memilih tanaman ini sebagai sebagai carpeting adalah intensitas cahaya. Tanaman ini sangat unik karena bisa tumbuh dengan cepat dan lebat ketika terkena paparan sinar matahari yang tinggi.

Jadi jangan lupa atur pencahayaan jika tidak ingin Monte Carlo tumbuh tidak terkendali.

Demikianlah ulasan tentang tanaman aquascape yang paling mudah dipelihara. Jadi jika Anda seorang aquascaper pemula, disarankan untuk memilih tanaman tersebut di atas.

Karena tanaman-tanaman dalam daftar ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit entah mengenai pupuk, substrat dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *