TrikMerawat Extraordinary Man!

Yuk Simak Tips Cara Merawat Wajah Pria Yang Simple dan Mudah !

4 min read

cara merawat wajah pria

Bukan hanya kaum perempuan saja yang menginginkan wajah bersih dan terawat, kaum Adam pun ikut mendambakannya. Perawatan wajah pria tentu berbeda dengan wanita, hal ini karena umumnya kulit pria lebih berminyak dan tebal.

Bagi beberapa pria, mencuci wajah dengan sabun sudah cukup untuk menjaga kebersihan wajah. Namun itu saja tidak cukup, untuk menghindari kulit kering dan kusam, kamu juga harus tahu cara merawat wajah pria berikut.

Beberapa Tips Cara Merawat Wajah Pria dengan Simple

1. Jaga Asupan Gizi dan Pola Makan

Seperti yang kita tahu, sayur dan buah sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Asupan gizi yang seimbang mampu membuat metabolisme sel kulit berjalan dengan normal, sehingga kulit wajah akan terlihat lebih segar dan awet muda.

Melalui apa yang kita makan, dapat berpengaruh kepada tubuh dan kulit kita. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi makanan siap saji dan makanan instan terlalu sering.

Baca Juga : 7 Makanan Pencerah Kulit

Tidak harus selalu sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna, setidaknya cukup mengkonsumsi air putih, atau sayur yang dalam sehari.

Belum lagi bagi anda yang sering berada di depan komputer atau barang elektronik lainnya, meminum air putih dan mengkonsumi sayuran akan membantu kulitmu terhindar dari kusam dan kering.

2. Sering Membersihkan Wajah Untuk Mengurangi Minyak

Umumnya, pria memiliki produksi kelenjar minyak yang lebih banyak jika dibandingkan dengan wanita. Oleh karena itu, cara merawat wajah pria yang terpenting adalah membersihkan wajah.

Dengan rajin membersihkan wajah, kamu dapat mengatur minyak dan juga menghilangkan debu yang berpotensi jerawat atau kulit kusam.

Tahukah Kamu? Menurut Penelitan, hampir 65 persen laki-laki memiliki kulit yang sensitif. Artinya buat kamu pria jangan malas merawat kulit Anda dan harus mengikuti rutinitas perawatan kulit dengan baik dan benar.

Apabila kamu rajin membersihkan wajah, debu dan bakteri penyebab kusam dan jerawat pun akan berkurang.

Pastikan juga menggunakan alat atau produk yang tepat untuk kulitmu. Bagi pemilik kulit berminyak, dapat menggunakan produk yang memang dikhususkan untuk menyerap minyak berlebih.

3. Perhatikan Alat dan Krim Cukur

Kebanyakan pria memiliki wajah yang mudah ditumbuhi oleh kumis dan cambang. Jika tidak rajin dibersihkan, kumis dan cambang ini bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

Oleh karena itu, pastikan untuk mencukurnya secara teratur. Ketika membersihkannya, gunakan krim yang memang dibuat khusus untuk mencukur. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko iritasi pada kulit akibat bersentuhan langsung dengan pisau cukur.

karena itu, pastikan untuk mencukurnya secara teratur. Ketika membersihkannya, gunakan krim yang memang dibuat khusus untuk mencukur.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah agar Tidak Kusam

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko iritasi pada kulit akibat bersentuhan langsung dengan pisau cukur.

Selain krimnya, alat pencukur yang digunakan juga harus diperhatikan. Meskipun kamu telah mencuci pisau cukur dengan benar, namun bukan berarti pisau cukur tersebut telah benar-benar bersih.

Beberapa pisau cukup bahkan rentan mengalami karat karena besi sebagai pisau cukur sering bersentuhan dengan air. Tentu besi yang telah berkarat ini mampu membuat kulit menjadi iritasi.

4. Gosok Wajah dengan Lembut

Cara merawat wajah pria yang selanjutnya adalah dilihat dari cara mengeringkan wajah. Terbiasa mengeringkan wajah yang salah justru dapat membuat wajah menjadi kasar, dan berjerawat.

Apabila kamu telah rajin membersihkan wajah namun tetap terlihat kusam,  mungkin cara mengeringkannya lah yang salah.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Wajah

Untuk pengeringannya, gunakan kain atau handuk yang berbeda dengan handuk untuk tubuh. Hal ini untuk menghindari kuman yang berasal dari handuk badan tidak masuk ke wajah.

Lalu setelah mencuci wajah, tepuk tepuk dengan handuk lain yang bersih sampai kering. Pastikan tidak menggosoknya, meskipun handuk yang digunakan adalah handuk khusus wajah. Mengeringkan wajah atau  kulit dengan handuk secara kasar justru dapat membuat iritasi pada kulit.

5. Rutin Menggunakan Pore Pack

Selain berminyak dan jerawat, masalah lain yang sering dialami oleh pria adalah komedo. Biasanya masalah ini jarang dipikirkan oleh kaum pria, namun sebenarnya komedo bisa membuat wajah selalu terlihat kotor.

Banyak cara merawat wajah pria untuk menghilangkan komedo pada hidung. Namun bagi pria yang tidak ingin cara yang rumit, bisa menggunakan pore pack

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Kering dan Kusam

Menggunakan pore pack menjadi salah satu cara yang ampuh digunakan. Setelah mengangkat pore pack, kamu bisa melihat korotan mirip rambut yang memenuhi stip ini.

Tahukah Kamu? Menurut Sunny Suntokh pakar Kecantikan, Pembersih wajah yang banyak busanya itu justru tidak bagus, karena membuat kulit kering dan mengundang garis halus dan keriput

Bagi kamu yang sering beraktifitas di luar ruangan, tentu debu dan kotongan sangat mudah menempel pada wajah. Kotoran yang menyumbat pori-pori ini harus dibersihkan agar wajah tetap bersih dan segar.

6. Lindungi Dari Sinar Matahari

Berbeda dengan wanita, kaum pria biasanya tidak takut dengan sinar jahat yang dihasilkan matahari. Oleh karena itu, kaum pria cenderung mengabaikan penggunaan lotion untuk panas matahari.

Padahal lotion ini bukan hanya berfungsi untuk menghindari penghitaman kulit, namun juga memberikan perlindungan kepada kulit dari sinar UV  yang berbahaya.

Sinar matahari memang memberikan banyak manfaat pada kulit, namun sinar matahari pada pukul 12 siang keatas mampu merusak kesehatan dan warna kulit wajah.

Apalagi, sinar yang terlalu terik dari matahari juga bisa menyebabkan kanker pada kulit. Oleh karena itu, pastikan mengenakan tabir surya ketika hendak keluar rumah, terutama jika kamu hendak berpergian pada siang hari.

7. Kurangi Mandi Air Panas

Air hangat memang memberikan relaksasi dan rasa nyaman daripada menggunakan air dingin, Namun, menggunakan air panas terlalu sering juga dapat merusak kulit.

Apalagi jika kamu sering membasuh wajah menggunakan air panas, hal ini merupakan cara merawat wajah pria yang kurang direkomendasikan. Air panas dapat mengurangi kelembaban pada wajah sehingga menyebabkan kulit kering.

Baca juga : Cara Merawat Kulit Kering

Berada di dalam kamar mandi yang menggunakan air panas juga dapat mengakibatkan kulit bersisik.

Bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan air panas sama sekali, namun ada baiknya jika suhu pada air dikurangi sehingga uap panas tidak mengakibatkan kering pada kulit. Biasakan juga untuk mandi dengan air dingin lebih sering dibanding air panas.

8. Perhatikan Area Mata dan Bibir

Kulit disekitar mata tidak memiliki keringat dan kelenjar minyak, karena itu daerah ini sangat rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi pada kulit dapat menyebabkan munculnya garis halus dan keriput.

Maka, cara merawat area mata adalah dengan mengoleskan krim mata sedikit saja. Pengaplikasian krim ini untuk memberikan kelembaban, gunakan krim pada bawah mata setiap pagi dan sebelum tidur.

Selain mata, cara merawat wajah pria agar tidak terlihat kusam atau lesu adalah perawatan pada bibir. Jangan salah, pria juga perlu memperhatikan area bibirnya, ini karena area bibir sangat mudah menghitam dan pecah-pecah.

Untuk mengatasi hal ini, gunakan lip balm untuk menjaga kelembaban bibir. Tidak perlu diaplikasikan setiap saat, kamu bisa menggunakannya sebelum tidur atau pada pagi hari.

Memiliki kulit yang sehat dan bersih tentu diinginkan oleh semua masyarakat, tidak terkecuali kaum pria. Apalagi, jenis kulit yang dimiliki oleh pria cenderung lebih memiliki pori-pori yang besar dan berminyak dibandingkan dengan wanita.

Cara perawatan wajah untuk wanita dan pria tentu berbeda, ini karena pria lebih memilih cara yang simple dan mudah untuk diaplikasikan. Dari beberapa cara tersebut, kini pria juga dapat menjaga kesehatan wajah.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *