TrikMerawat Extraordinary Man!

Pelajari 5 Cara Merawat Kulit Berminyak Agar Tidak Berjerawat

4 min read

cara merawat kulit berminyak

Punya kulit wajah yang berminyak? Ikuti cara merawat kulit berminyak berikut ini agar kulit wajah Anda tidak mudah berjerawat. Tahukah Anda bahwa sebenarnya minyak pada kulit wajah memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari berbagai macam kotoran.

Namun, apabila jumlah minyak tersebut terlalu banyak justru akan membuat kulit tersumbat dan dapat membuat tampak lebih kusam. 

Perlu diketahui jika masalah kulit berminyak tidak segera diatasi, maka akan mengganggu kesehatan kulit wajah Anda dalam jangka panjang. Tentu Anda tidak ingin wajah yang tadinya segar dan bebas jerawat menjadi kusam dan tidak nyaman untuk dipandang.

Nah berikut ini akan disajikan sedikit informasi mengenai penyebab dan cara merawat masalah kulit berminyak secara cepat.

Ikuti Cara Merawat Kulit Berminyak dengan Tepat


Cuci Muka dengan Benar dan Rutin

Perawatan paling dasar yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kulit berminyak adalah dengan mencuci muka dengan benar. Jika pada umumnya mencuci muka dengan menggunakan air dingin, maka dalam hal ini Anda perlu mencucinya dangan menggunakan air hangat.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Kering dan Kusam

Seperti yang diketahui, air hangat memiliki kemampuan mengangkat minyak lebih baik dibandingkan dengan air biasa.

Setelah itu, sebaiknya Anda menggunakan produk pembersih wajah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda. Karena sekarang ini banyak sekali dijumpai produk pembersih wajah di pasaran, maka pastikan untuk memilih produk yang terbukti aman dan sudah terdaftar.

Jika Anda miliki kulit wajah yang cenderung berminyak dan berjerawat maka sebaiknya untuk memilih sabun anti-bacterial.

“When you wash your face, you’re doing much more then just cleansing.”

Buat Toner Wajah Secara Alami

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan setelah mencuci muka yaitu gunakan toner wajah. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan toner yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga sangat aman digunakan untuk jangka panjang.

Salah satu bahan alami yang terbukti dapat menghilangkan masalah kulit berminyak adalah daun mint.

Ternyata selain digunakan untuk obat, daun mint juga bisa menjadi bahan untuk membuat toner alami yang mana bisa dijadikan sebagai cara merawat kulit berminyak.

Cara membuat toner dari daun mint ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu merendamnya dengan air mendidih dan tunggu selama 30 menit. Jika sudah, selanjutnya saring dan ambil cairannya saja, tunggu hingga dingin.

Setelah itu oleskan cairan dari daun mint tersebut ke bagian wajah hingga merata. Jika ada cairan yang tersisa, Anda bisa menyimpannya selama tiga hari dengan suhu ruangan.

Apabila Anda memasukkannya ke dalam kulkas maka bisa bertahan hingga 5 hari lamanya.

Lakukan Pemijatan pada Wajah

Setelah melakukan perawatan dengan toner, cara merawat kulit berminyak selanjutnya adalah dengan melakukan pemijatan pada wajah secara rutin.

Dalam hal ini Anda bisa melakukan scrubbing pada kulit wajah dengan menggunakan produk scrub yang berkualitas. Cara yang satu ini bisa solusi bagi Anda yang menghilangkan minyak dengan cepat dan efektif.

Bagi Anda yang sibuk dan memiliki banyak waktu, maka Anda bisa melakukan scrub atau pemijatan kurang lebih sekitar tiga kali dalam seminggu.

Lakukan perlahan hingga Anda merasakan wajah dalam kondisi relaks.

Pakai Masker Wajah Antiminyak

Nah, bagi Anda yang sudah menerapkan beberapa cara di atas, namun masih belum ada perubahan maka Anda bisa menggunakan masker wajah antiminyak.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Pria

Nah, agar hasilnya lebih maksimal maka Anda bisa menggunakan beberapa masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selain aman, masker dari bahan-bahan alami ini tidak menimbulkan efek samping sehingga baik untuk jangka panjang.

Anda bisa menggunakan masker dari telur putih yang aman dan diyakini dapat mengencangkan kulit wajah serta menghilangkan minyak secara efektif.

Cara merawat kulit berminyak dengan menggunakan putih telur memang banyak dipilih karena selain aman juga harganya yang murah meriah. Jadi Anda pun bisa mencobanya kapan saja sesuai dengan keinginan.

Pilih Make Up yang Benar

Cara merawat kulit berminyak selanjutnya yang perlu Anda terapkan adalah dengan menggunakan make up yang benar atau sesuai dengan kebutuhan kulit.

Jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak dan mudah berjerawat, maka sebaiknya untuk menghindari memakai pressed powder karena dapat memunculkan noda hitam pada wajah.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Wajah

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan blotting paper atau kertas minyak yang mana berfungsi untuk menyerap minyak yang muncul pada wajah Anda.

Untuk mendapatkan kertas minyak ini sangat mudah, karena hampir semua supermarket menyediakan produk kecantikan yang satu ini.

Ketahui Penyebab Utama Kulit Wajah Berminyak


Pola Makan

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab utama mengapa kulit mudah sekali berminyak yaitu adanya pola makan yang tidak sehat. Makanan tidak sehat yang dimaksud di sini seperti makanan cepat saji, makanan berminyak, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 7 Makanan Pencerah Kulit

Selain itu kurangnya asupan air putih dalam tubuh juga menjadi penyebab mengapa wajah Anda mudah berminyak dan berjerawat.

Sehingga cara merawat kulit berminyak dalam hal ini, Anda hanya perlu mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi air minimal 2 liter dalam sehari.

“Penampilan sempurna versi saya adalah penampilan yang sehat dengan langkah-langkah perawatan sederhana.”

Faktor Genetik

Selain makanan, penyebab lainnya yang juga menjadi penyebab kulit mudah berminyak dan berjerawat adalah karena adanya faktor genetik. Faktor genetik atau keturunan bisa menjadi alasan mengapa kulit wajah Anda menghasilkan minyak yang berlebih.

Sebagai contoh, jika orang tua Anda memiliki jenis kulit wajah yang berminyak maka kemungkinan besar kulit Anda juga mudah berminyak.

Untuk penyebab yang satu ini tidak bisa diubah atau disembuhkan sehingga Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan cara yang tepat. Untuk cara merawat kulit berminyak bisa Anda baca pada penjelasan di atas.

Pengguaan Kosmetik yang Salah

Penyebab selanjutnya yang membuat kulit wajah mudah berjerawat yaitu penggunaan kosmetik yang salah atau terlalu tebal. Perlu diketahui, menggunakan kosmetik yang terlalu berat dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menghalangi keluarnya keringat.

Hal inilah yang menyebabkan kulit wajah Anda terlihat kusam, berminyak dan mudah berjerawat.

Tingginya Tingkat Stres

Tahukah Anda bahwa banyak pikiran atau stres juga menjadi penyebab mengapa kulit wajah Anda berminyak dan sering muncul jerawat.

Umumnya, saat tingkat stres tinggi, maka organ tubuh Anda akan memicu peningkatan pada produksi keringat sehingga kulit wajah Anda akan mengeluarkan keringat yang berlebihan.

Untuk mengatasi penyebab yang satu ini, Anda hanya perlu melakukan refreshing atau rekreasi agar pikiran Anda menjadi lebih tenang. Tidak perlu liburan jauh-jauh, Anda hanya perlu mengunjungi berbagai tempat yang Anda sukai.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Agar tidak Kusam

Nah, demikian ulasan singkat terkait penyebab dan cara merawat kulit berminyak dengan mudah dan aman. Agar tidak semakin parah, maka Anda perlu segera menerapkan beberapa cara di atas.

Jika Anda takut menggunakan produk-produk yang beredar di pasaran, maka Anda bisa mencoba dengan menggunakan bahan-bahan alami yang terbukti aman. Semoga membantu!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *