Cara Merawat Tubuh Pengembangan Diri

Hindari 7 Tipe Teman Berkarakter Buruk ini Demi Hidup Berkualitas

tipe teman berkarakter buruk
Written by Trikmerawat.com

Dalam hidup ini, kamu akan berinteraksi dengan banyak orang. Keragaman kepribadian itu datang dari bermacam-macam latar belakang. Didikan orang tua, interaksi dengan teman, interaksi profesional,  dan interaksi sosial lainnya berhasil menempa kepribadian orang-orang tersebut.

Beberapa hal dari kepribadian seseorang mungkin tidak akan sesuai untuk kamu. Hal itu wajar dan memang menjadi konsekuensi dari sebuah interaksi.

Akan tetapi, jika gesekan itu sudah terlalu banyak dan membuat kamu mulai tidak bisa mengapresiasi diri sendiri, kamu diberi pilihan untuk tinggal atau pindah. Tidak salah untuk egois dalam hal ini.

Kenali tipe teman berkarakter buruk, atau saat ini dikenal sebagai ‘toxic people’, untuk meningkatkan kualitas hidupmu.

Jika kamu memiliki teman-teman dengan sifat jelek sebagaimana daftar di bawah ini, kamu harus mulai memikirkan dirimu. Mari simak penjabarannya dalam ulasan berikut.

Tipe Teman Berkarakter Buruk yang Perlu Dihindari


1. Teman yang manipulatif

Manipulatif adalah salah satu karakter yang paling berbahaya di dunia. Orang yang memiliki karakter ini akan mudah mengontrol orang-orang di sekitarnya untuk mencapai tujuannya, seburuk apapun tujuan itu.

Orang yang manipulatif biasanya dapat mengatur kepribadian dan sikapnya untuk membuat orang lain simpati. Adapun simpati, empati, cinta, dan emosi kuat lainnya menjadi kunci pengaturan seseorang.

Baca Juga : Cara Hidup Bahagia

Tipe teman berkarakter buruk yang paling berbahaya ini akan mengambil kendali atas seseorang dengan memanfaatkan emosi tersebut.

Sifat manipulatif diibaratkan seperti jaring laba-laba yang nyaman. Dengan menggunakan perasaan emosi yang kuat, seseorang dapat ditarik dalam jaring secara perlahan agar nanti dapat dimanfaatkan kebaikannya.

Resiko dari jaring manipulasi ini adalah hilangnya kepercayaan kamu terhadap diri sendiri dan hubungan pertemanan yang murni. Lebih jauh, efek dari manipulasi ini dapat menghilangkan keinginan kamu untuk percaya dengan orang lain.

Hati-hati Terkadang Ada Teman yang Menggagalkan rencana di menit terakhir

2. Seorang Raja/ Ratu Drama yang Sering “Play Victim

Memperbanyak negativitas hanya akan menenggelamkan dirimu dalam kegelapan yang lebih jauh. Kurang lebih begitulah efek negatif membangun hubungan dengan teman berkarakter buruk “Play Victim” ini.

Kamu akan dihujani keluhan dan drama sehari-hari yang sebenarnya tidak perlu dan melelahkan.

Sebelum membalas karakter ini lebih jauh, ketahuilah sebenarnya tidak ada positifnya untuk memiliki mental korban ini. Seseorang akan terbiasa mengeluh, mengumpat, dan memposisikan dirinya sebagai karakter yang lemah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres

Padahal, dengan mengurangi keluhan serta meningkatkan rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah, seseorang dapat meningkatkan kualitas dirinya karena Ia berhasil menghadapi suatu tantangan.

Orang yang bermental korban sesungguhnya butuh perhatian dan malas memperbaiki diri. Sebelum tenggelam lebih jauh, coba dipikir lagi sampai kapan kisah sedih akan diobral supaya orang memedulikan kamu. Jangan sampai dikira cinta, ternyata hanya kasihan.

3. Si Intimidatif

Tipe teman berkarakter buruk selanjutnya adalah si Intimidatif. Bagi kamu yang biasa menghadapi hidup dengan caramu dan terkesan santai, teman berkarakter buruk satu ini paling tidak disukai.

Bahasa tubuh utama yang menggambarkan mereka adalah tatapan tajam yang evaluatif, sikap tangan yang mendominasi atau membuat gugup, dan sikap kaki yang disilangkan atau diketuk-ketukkan.

Orang-orang ini senang memasuki jarak intim agar seseorang merasa takut dan dapat mengikuti mereka. Bahasa mereka penuh kritik yang seringkali menjatuhkan. Jika mental lawannya jatuh, mereka akan sangat puas.

Cara menghadapi mereka adalah miliki alasan yang kuat dalam memilih perkataan atau tindakan.

Jika kamu ditekan, kamu dapat melawan balik. Mereka akan mundur dan lelah jika orang yang dipilih untuk dijatuhkan ternyata lawan yang kuat dan teguh pendirian. Sungguh suatu mental buruk yang tidak patut dipertahankan!

4. Teman dengan “Toksisitas Positif”

Teman-teman dengan gaya bijak sekelas motivator kondang pun, pada beberapa kesempatan dapat menjadi teman berkarakter buruk bagi kamu.

Apalagi jika nasihat yang Ia sampaikan seakan meringan-ringankan masalah yang kamu hadapi dan membuat Kamu tidak mengakui respon yang kamu wujudkan. Karakter seperti ini disebut toksik positif.

Toksik positif adalah karakter yang terlihat baik namun sesungguhnya beracun bagi mereka yang menerimanya. Biasanya modus perilaku ini adalah rasa sayang.

Beberapa aksi yang mencirikan toksik positif contohnya pemberian motivasi berlimpah yang tidak realistis, penihilan respon-respon ‘lemah’ seperti menangis dan istirahat, serta perkataan yang membuat seseorang menjadi manipulatif berpura-pura bahagia salah satunya.

Overprotektif dan posesif juga masuk dalam kategori toksisitas positif ini. Berlandaskan rasa sayang yang dibalut rasa takut, seseorang dapat menjeratmu dalam lingkaran ketakutan mereka yang pada dasarnya tidak perlu. Kamu dapat mengajak mereka dalam kegiatanmu sesekali agar mereka percaya dan dapat membebaskan kamu bertindak.

5. Tukang Tusuk dari Belakang

Tipe teman berkarakter buruk yang ke lima adalah Si Tukang Tusuk dari Belakang. Sesungguhnya sifat ini adalah induk dari sifat manipulatif. Sifat ini memungkinkan seseorang memiliki minimal dua wajah yang berbeda. Di depan kamu, dia bisa saja bermanis-manis.

Di belakangmu, perbincangan mengenai aib dan kekuranganmu adalah menu utama yang keluar dari mulutnya.

Contoh lain dari teman berkarakter buruk satu ini adalah mereka yang diam-diam membangun massa untuk menjebakmu. Mungkin di depan ia akan menawarkan kamu bergabung dengan kelompoknya karena kelebihan yang kamu miliki.

Baca Juga : Aktivitas yang Dapat Membuang Kalori

Mereka yang iri dan ingin menusukmu dari belakang akan menjeratmu perlahan dan menyebabkan kamu merasakan pahitnya penghianatan.

Jika kamu sudah menemukan teman berkarakter buruk seperti ini, mulailah menjauh. Tanamkan dalam hatimu untuk tidak menaruh kepercayaan pada orang ini lagi.

Bangun basis jiwamu. Hentikan segala kesedihan dan yakini bahwa di luar sana masih banyak orang baik dan dapat dipercaya.

Jika kamu ingin hidup lebih baik, Berkumpulah dengan orang-orang baik

6. Mandor yang Tahu Senang Saja

Karakter bossy seperti ini umumnya ada di atasan yang ada di kantor, atau seseorang dengan latar belakang hidup serba berlebih dan dilayani.

Maka dari itu, bagi kamu yang akan menjadi orangtua, ajarkanlah anakmu makna kesulitan dan kesederhanaan agar rasa empati dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga : Kenyataan Hidup di Usia 25 Tahun yang Harus Kamu Ketahui

Sesekali tinggalkan orang seperti ini, agar dia tahu bahwa segala sesuatu ada prosesnya. Ketika kamu meninggalkan dia dan dia mendapati bahwa posisimu tidak tergantikan, teman berkarakter buruk ini akan menggunakan segala macam cara agar kamu kembali. Pilihan ada padamu, pergi atau tinggal.

7. Si Dia yang Selalu Benar

Tipe teman berkarakter buruk yang terakhir yang admin tidak suka adalah ini. “Orang pertama serba tahu” ini adalah orang yang dapat menyebabkan hilangnya rasa percaya diri dan ketergantungan. Orang ini terlihat “sangat benar” dan acapkali memaksakan nilai yang dianutnya kepada orang lain.

Pantang dilawan” adalah motto hidupnya. Dia adalah orang yang pantang disalahkan dan sulit meminta maaf.

Teman berkarakter buruk ini wajib hukumnya untuk mulai kamu tinggalkan perlahan. Jika tidak, sebagai manusia pun, kamu tidak akan merdeka. Pelan-pelan kurangi komunikasi yang intens dengannya. Hubungi ia sesekali.

Kuatkan hatimu ketika berhadapan dengan orang ini. Cukup dengarkan saja, mereka hanya butuh telinga yang setia mendengarkan dengan atau tanpa kekaguman. Jangan sampai teman berkarakter buruk ini membuat kamu lelah.

Demikian 7 daftar karakter buruk teman yang wajib kamu hindari. Tetap semangat membangun interaksi dengan temanmu. Seleksi teman dengan baik agar kamu dapat menjalani hidup yang lebih berkualitas.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Trikmerawat.com

Situs yang Membahas tentang Cara Merawat Tanaman, Cara Merawat Hewan, Cara Merawat Tubuh dan Cara Merawat Benda.

Leave a Comment