Cara Merawat Benda

Mengenal Keunikan Sepeda Onthel dan Cara Merawatnya

sepeda onthel
Written by Josua Rifandy

Apakah yang anda ketahui tentang sepeda onthel? tentunya kita akan mengatakan bahwa sepeda tersebut adalah salah satu alat tranportasi pada jaman dahulu yang mempunyai histori atau nilai sejarah yang cukup tinggi. Sepeda onthel pertama kali digunakan dan juga diperkenalkan di Indonesia oleh bangsa asing yang pada saat itu menetap di Negara kita.

Pada era nya sepeda onthel merupakan alat transportasi paling bergengsi dan tidak semua orang bisa bersepeda, karena sepeda merupakan barang yang tidak mudah dimiliki oleh sembarang orang, atau hanya bagi mereka yang mempunyai  status sosial tinggi bisa memilikinya.

Menarik dan Uniknya Sepeda Onthel


sepeda onthel
(Sumber: Cumahobi.com)

Banyak perubahan yang terjadi mengenai bentuk dan desain yang dihasilkan sebelum menjadi sepeda onthel yang kita kenal belakangan ini, bangsa asing pada saat itu telah melakukan beberapa kali modifikasi untuk bisa mendapatkan desain yang sempurna.

Sepeda onthel mempunyai ciri khas yang unik dan menarik, seperti besarnya diameter roda dan tingginya frame sepeda yang digunakan, serta satu pilihan warna gelap yang selalu menjadi warna khas pada sepeda tersebut. Dengan semakin berkembangnya perubahan jaman tidak lantas menjadikan sepeda onthel kehilangan ciri khas dan juga keunikannya.

Seperti bisa kita lihat di beberapa tempat dan daerah tertentu bahwa bentuk, desain serta warna dari sepeda onthel sama sekali tidak mengalami perubahan, bahkan sadel sepeda dan aksesoris sepeda yang lainpun masih seperti aslinya. Pemilik tampaknya sengaja mempertahankan dan merawat sepeda ini sebagaimana bentuk aslinya, mungkin hal ini dilakukan untuk tetap mempertahankan serta menjaga benda sejarah serta nilai historis yang ada pada sepeda tersebut.

Baca Juga : Tata Cara Merawat Keris Sesuai Aturan Keraton

Sepeda onthel sendiri masih banyak kita temui pada beberapa daerah, pada daerah sepeda tersebut digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mencari rejeki atau dijadikan kendaraan sewaan yang bisa digunakan untuk mengantar seseorang sampai ke tempat tujuan, yang lebih faimiliar disebut dengan ojek sepeda. Harga dan tarif yang tawarkan ketika anda  menggunakan jasa ojek sepeda tersebut bervariasi tergantung dari jarak tempuh setiap  tujuan.

Biasanya para pemilik ojek sepeda onthel akan menambahkan busa atau sejenisnya pada tempat duduk belakang agar orang yang menggunakan jasa tersebut bisa nyaman ketika melakukan perjalanan hingga sampai  pada tempat tujuan.

Namun bagi anda yang mungkin tidak biasa mengendarai atau menumpang dengan menggunakan sepeda onthel, sebaiknya lebih berhati-hati dengan cara mempertahankan keseimbangan dalam mengendarai atau duduk pada sepeda tersebut.

Hal tersebut harus dilakukan mengingat sepeda onthel cukup besar namun mempunyai desain yang ramping dan juga tinggi, ditambah dengan bentuk stang sepeda yang melengkung dengan tuas rem sepeda yang berada di bawah stang, bisa saja membuat anda mudah terjatuh ketika sedikit saja kehilangan keseimbangan, oleh sebab itu sebaiknya anda harus lebih berhati-hati dan membiasakan diri untuk mengendari sepeda onthel.

Karena disebut sebagai salah satu benda yang bersejarah, maka sepeda onthel yang mempunyai nilai historis lebih anda bisa melihatnya pada museum di Jakarta dan beberapa kota lainnya.

Sepeda onthel sendiri masih banyak kita temui pada beberapa daerah, pada daerah sepeda tersebut digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mencari rejeki atau dijadikan kendaraan sewaan yang bisa digunakan untuk mengantar seseorang sampai ke tempat tujuan, yang lebih faimiliar disebut dengan ojek sepeda. Harga dan tarif yang tawarkan ketika anda menggunakan jasa ojek sepeda tersebut bervariasi tergantung dari jarak tempuh setiap tujuan.

Biasanya para pemilik ojek sepeda onthel akan menambahkan busa atau sejenisnya pada tempat duduk belakang agar orang yang menggunakan jasa tersebut bisa nyaman ketika melakukan perjalanan hingga sampai pada tempat tujuan.

Namun bagi anda yang mungkin tidak biasa mengendarai atau menumpang dengan menggunakan sepeda onthel, sebaiknya lebih berhati-hati dengan cara mempertahankan keseimbangan dalam mengendarai atau duduk pada sepeda tersebut.

Hal tersebut harus dilakukan mengingat sepeda onthel cukup besar namun mempunyai desain yang ramping dan juga tinggi, ditambah dengan bentuk stang sepeda yang melengkung dengan tuas rem sepeda yang berada di bawah stang, bisa saja membuat anda mudah terjatuh ketika sedikit saja kehilangan keseimbangan, oleh sebab itu sebaiknya anda harus lebih berhati-hati dan membiasakan diri untuk mengendari sepeda onthel.

Karena disebut sebagai salah satu benda yang bersejarah, maka sepeda onthel yang mempunyai nilai historis lebih anda bisa melihatnya pada museum di Jakarta dan beberapa kota lainnya.

Melakukan Perawatan dan Penyimpanan Sepeda Onthel


sepeda onthel
(Sumber: Tokopedia.com)

Karena sepeda onthel termasuk kedalam barang antik, maka ada beberapa cara yang harus anda lakukan untuk perawatan sepeda onthel dan penyimpanannya, sehingga tetap dalam keadaan dan kondisi yang baik, seperti berikut :

Baca Juga : Proses dan Prosedur Cara Merawat Motor Injeksi Sesuai Standar

  • Untuk merawat sepeda onthel, anda harus menyimpan dan meletakkan pada posisi yang benar dan juga aman, sediakan juga tempat sehingga mempunyai ruang yang cukup untuk ukuran sepeda yang anda miliki, hal tersebut untuk menghindari terjadinya gesekan atau lecetnya body sepeda sehingga akan merusak kualitas cat yang menempel.
  • Jika anda akan menyimpan sepeda diluar ruangan, sebaiknya hindari terkena sinar matahari langsung, karena bisa membuat warna cat sepeda menjadi mudah memudar dan tidak lagi cemerlang. Dengan menjauhkannya dari guyuran air hujan terlalu lama yang bisa menyebabkan karat dan pengelupasan cat. Begitu juga ketika anda akan melakukan pencucian sepeda sebagai salah satu cara perawatan sepeda onthel, sebaiknya dengan terlebih dulu melepaskan satu persatu perlengkapan dan peralatan atau yang biasa disebut dengan spare part dan aksesoris sepeda yang menempel guna memudahkan pencucian dan menghindari sisa kotoran yang masih merekat pada sela-sela sepeda. Posisikan sepeda pada tempat atau alas yang terbuat dari bahan halus dan lembut seperti keset dan sejenisnya, karena apabila anda langsung meletakkannya dengan menempelkan langsung pada ubin atau benda keras lainnya karen dikhawatirkan akan merusak frame sepeda.
  • Setelah melakukan pencucian langkah selanjutnya dengan mengeringkannya dengan cara menggunakan kain berbahan lembut dan menyerap air kemudian diangin-anginkan. Jika sudah dalam keadaan kering sempurna maka anda bisa memasang kembali spare part dan aksesoris sepeda yang anda lepaskan ketika sedang dilakukan pencucian, sehingga bentuknya menjadi sempurna kembali.
  • Untuk menjaga warna dan kualitas cat sepeda agar lebih tahan lama dan berkilau, ada baiknya anda menambahkan cairan atau formula khusus yang bisa digunakan untuk hal tersebut, sehingga penampilan sepeda onthel anda akan selalu terlihat baik dan menarik.

Dari berbagai tips dan trik dalam melakukan penyimpanan dan juga merawat sepeda onthel seperti tersebut diatas, anda bisa mencari berbagai informasi mengenai hal yang sama melalui berbagai media baik cetak, electronic, maupun online tentang cara melakukan perawatan sepeda onthel yang baik dan benar.

Atau anda juga bisa meminta rekomendasi dari orang-orang yang mempunyai pengalaman dalam hal perawatan sepeda, sehingga bisa menambah pengetahuan dan bertukar informasi mengenai bagaimana memberikan service terbaik untuk sepeda kesayangan anda.

Hal terpenting adalah sebaiknya anda menggunakan alat atau formula khusus yang memang mempunyai kualitas baik ketika akan melakukan perawatan terhadap koleksi-koleksi sepeda yang anda miliki, sehingga tetap dalam kondisi yang baik dan terawat.

Fungsi dan Kegunaan Sepeda Onthel Pada Masanya


sepeda onthel
(Sumber: Historia.id)

Di eranya sepeda onthel tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi saja, tetapi juga untuk menunjukan tingkatan status sosial pada sebagian besar masyarakat dimasanya, seperti jika ada yang memiliki sepeda onthel maka sudah tentu pemiliknya dari kalangan keluarga yang terpandang atau kaya raya.

Selain kegunaan sepeda onthel seperti tersebut diatas, biasanya bisa digunakan sebagai ajang menunjukan kekuasaan atau kekayaan seseorang, oleh sebab itu akan menjadi suatu kebanggan tersendiri jika ada yang bisa bersepeda dan memilikinya.

Baca Juga : Cara Merawat Motor dan Beberapa Kesalahan dalam Penerapannya

Bentuk dan desainnya yang cukup ramping dan mempunyai berat yang cukup ringan, membuat sepeda onthel nyaman untuk digunakan dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Selain hal tersebut sepeda onthel menjadi salah satu transportasi modern yang bisa digunakan pada masanya, dan walaupun era dan jaman sudah berganti serta mengalami perubahan yang cukup besar dalam perkembangan sarana transportasi, namun sampai saat ini sepeda onthel masih digunakan sebagai salah satu transportasi yang dimanfaatkan untuk beberapa keperluan pada beberapa daerah pedesaan, bahkan di Jakarta dan sekitarnya.

Dengan desainnya yang simple, menarik dan juga  unik ada lagi kegunaan sepeda onthel lainnya yaitu seperti mendatangkan inspirasi untuk membuat alat transportasi sejenis namun tetap menyesuaikan dengan perkembangan mode yang ada pada saat ini. Ini merupakan ide yang cukup cemerlang dimana pembuatnya ingin menciptakan produk sepeda yang simple, elegan dan juga menarik tanpa harus memberikan detail yang rumit.

Sebagai contoh sepeda yang saat ini diproduksi dengan mencotoh sepeda onthel adalah sepeda fixie yang saat ini telah menjadi trend pada beberapa kalangan baik untuk perseorangan maupun komunitas tertentu. Jika pada saat ini jenis sepeda onthel lebih dimanfaatkan sebagai alat untuk berolah raga, namun kegunaan sepeda onthel pada masanya lebih dikhususkan untuk keperluan yang lebih dari pada itu.

Untuk lebih mengetahui secara detail tentang kegunaan sepeda onthel lainnya pada masanya, anda bisa mencari tahu berbagai informasi yang berkaitan dengan sepeda tersebut melalui berbagai media, baik electronic, cetak maupun media online.

Namun akan lebih baik jika anda mencari tahu mengenai informasi tersebut dengan datang keperpustakaan dan membaca berbagai history seperti apa saja kegunaan sepeda onthel, asal mula terciptanya sepeda tersebut dan lain sebagainya.

Namun yang harus pasti anda lakukan apabila mempunyai sepeda onthel yaitu dengan menjaga dan merawat sepeda tersebut agar nilai historisnya tidak hilang begitu saja, dan jika anda ingin menambah koleksi sepeda onthel sebaiknya tidak membeli di sembarang toko sepeda , tapi anda perlu membelinya atau mendapatkannya dari tempat-tempat yang bisa dipertanggung jawabkan.

Dengan begitu anda juga membantu dalam merawat dan melestarikan benda-benda bersejarah untuk kemudian diwariskan kepada anak cucu dengan menceritakan bahwa masih banyak hal yang kita lakukan dengan benda bersejarah yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai barang pajangan saja.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment