Cara Merawat Benda

Mengenal Sepeda Fixie dan Cara Merawatnya

sepeda fixie
Written by Josua Rifandy

Sepeda fixie saat ini menjadi salah satu alat transportasi yang sedang trend dimiliki oleh sebagian besar masyarakat Jakarta dan kota-kota lainnya, selain bisa digunakan sebagaimana fungsinya sepeda fixie juga bisa menjadi pelengkap mode yang sedang berkembang.

Seperti halnya jika anda mengunjungi pusat keramaian terutama tempat-tempat untuk melakukan olah raga seperti di seputaran Senayan, maka anda bisa melihat banyak orang yang menggunakan jenis sepeda tersebut untuk bergaya dan digunakan juga ketika berolah raga.

Sepeda Fixie Yang Populer


sepeda fixie
(Sumber: Inreview.id)

Desain dan modelnya yang simple membuat sepeda fixie mempunyai cukup banyak penggemar dari berbagai kalangan dan juga usia, rancangan yang dibuat dengan minim detail membuat sepeda ini lebih mudah dibersihkan dan bahkan dalam hal perawatan,  merawat sepeda jenis inipun menjadi jauh lebih gampang.

Selain desain dan modelnya yang simple serta minim detail namun tidak mengurangi daya tarik yang diberikan oleh sepeda fixie, karena dengan rancangan yang cukup unik seperti rem sepeda tidak menggunakan rem tangan, membuat sepeda tersebut berbeda dengan sepeda kebanyakan.

Baca Juga : Tata Cara Merawat Mobil untuk Pemakaian Sehari-Hari

Lalu bagaimanakah sistem pengereman yang digunakan oleh sepeda fixie ? pedal untuk mengayuh sepeda menjadi satu-satunya alat untuk melakukan pengereman, yaitu dengan cara mengayuh pedal sepeda kearah belakang untuk menghentikan laju roda sepeda.

Ini merupakan sistem pengereman yang cukup simple sehingga tidak membutuhkan aksesories lain untuk melakukan perlindungan. Warna-warna yang ditawarkan sepeda fixie pun cukup beragam dengan menampilkan warna cerah dan berani membuat sepeda ini menjadi sepeda yang memberikan kesan modern dan bergaya serta dinamis.

Untuk mendapatkan sepeda fixie tidaklah sulit karena saat ini sudah banyak toko sepeda yang menyediakan berbagai pilihan untuk jenis tersebut, harga yang ditawarkan pun cukup variatif dan terjangkau sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Anda pun bisa memodifikasi sepeda fixie sesuai dengan selera yang anda inginkan dengan mengganti spare part dan aksesoris sepeda yang akan dipilih, dan untuk suku cadang yang akan digunakan anda bisa mendapatkannya dengan mudah diberbagai toko sepeda yang menyediakannya.

Dengan desain yang ditawarkan sepeda fixie mempunyai berat yang lebih ringan dibandingkan dengan sepeda lain, hal tersebut bisa terlihat dari ukuran besi dan roda ban yang digunakan karena lebih ramping namun mempunyai daya kekuatan yang seimbang.

Apabila anda menginginkan mempunyai model atau desain sepeda fixie yang berbeda dari yang sudah ada, anda bisa memesan desain frame sepeda ditempat atau toko sepeda yang bisa melakukan hal tersebut.

Anda juga bisa menentukan warna yang diinginkan, jenis velk roda yang diinginkan apakah menggunakan jenis jari-jari ataukah racing, dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan sepeda fixie yang sesuai dengan keinginan baik dari bentuk, kombinas warna, dan juga desain favorit anda.

Bagaimana Cara Merawat Sepeda Fixie


sepeda fixie
(Sumber: Kaskus.com)

Sepeda fixie identik dengan model dan desainnya yang simple serta minim detail, sehingga akan lebih mudah melakukan perawatan untuk jenis sepeda tersebut. Berikut tips dan trik agar anda bisa melakukan perawatan yang benar untuk sepeda fixie kesayangan anda, seperti :

  • Untuk merawat sepeda fixie anda bisa menyimpan dan meletakkan sepeda fixie pada tempat dan posisi yang aman, seperti menyediakan penyangga roda agar sepeda berada pada posisi yang benar. Sediakan juga tempat sehingga mempunyai ruang yang cukup untuk ukuran sepeda yang anda miliki, hal tersebut untuk menghindari terjadinya gesekan atau lecetnya body sepeda sehingga akan merusak cat sepeda yang menempel.
  • Jika anda akan menyimpan sepeda fixie diluar ruangan sebaiknya hindari terkena sinar matahari langsung, karena bisa membuat warna cat sepeda menjadi mudah memudar dan tidak lagi cemerlang. Begitu juga dengan menghindarinya dari guyuran air hujan terlalu lama yang bisa menyebabkan karat dan pengelupasan cat.
  • Ketika anda akan melakukan pencucian sepeda sebagai salah satu cara dalam merawat sepeda fixie, sebaiknya dengan terlebih dulu melepaskan satu persatu perlengkapan dan peralatan atau aksesoris sepeda yang menempel guna memudahkan pencucian dan menghindari sisa kotoran yang masih merekat pada sela-sela sepeda. Posisikan sepeda pada tempat atau alas yang terbuat dari bahan halus dan lembut seperti keset dan sejenisnya, karena apabila anda langsung meletakkannya dengan menempelkan langsung pada ubin atau benda keras lainnya karena dikhawatirkan dapat merusak frame sepeda.
  • Setelah melakukan pencucian langkah selanjutnya dalam merawat sepeda fixie anda bisa mengeringkannya dengan cara menggunakan kain berbahan lembut dan menyerap air kemudian diangin-anginkan. Jika sudah dalam keadaan kering sempurna maka anda bisa memasang atau merakitnya kembali menjadi sepeda fixie yang bergaya dan trendy.
  • Untuk menjaga warna dan kualitas cat sepeda agar lebih tahan lama dan berkilau, ada baiknya anda menambahkan cairan atau formula khusus yang bisa digunakan untuk hal tersebut, sehingga penampilan sepeda fixie anda akan selalu terlihat baik dan menarik.

Dari berbagai tips dan trik dalam merawat sepeda fixie seperti tersebut diatas, anda bisa mencari berbagai informasi mengenai hal yang sama di toko sepeda kesayangan anda atau melalui berbagai media baik cetak, electronic, maupun online tentang cara merawat sepeda fixie yang baik dan benar.

Atau anda juga bisa meminta rekomendasi dari orang-orang yang mempunyai pengalaman dalam hal perawatan sepeda, sehingga bisa menambah pengetahuan dan bertukar informasi mengenai bagaimana memberikan service terbaik untuk sepeda anda.

Hal terpenting adalah sebaiknya anda menggunakan alat atau formula khusus yang memang mempunyai kualitas baik ketika akan melakukan perawatan terhadap koleksi-koleksi sepeda yang anda miliki.
Semoga bermanfaat, selamat bersepeda.

Menggunakan Sepeda Fixie Untuk Menghindari Polusi Udara


sepeda fixie
(Sumber: Sepedapancal.com)

Polusi udara sudah menjadi hal yang biasa dibeberapa kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, penceramaran ini tentunya sangat mengganggu kebersihan udara yang biasa kita hirup.

Tentunya bukan hal yang cukup mudah untuk bisa menanggulangi masalah pencemaran udara tersebut jika tidak dilakukan dengan usaha yang maksimal.

Baca Juga : Mengenal Keunikan Sepeda Onthel dan Cara Merawatnya

Tetapi masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi udara, salah satunya adalah dengan mengurangi tingkat penggunaan terhadap kendaraan bermotor yang kemudian diganti dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Apa sajakah jenis kendaraan yang termasuk dalam kategori ramah lingkungan? anda bisa menggunakan transportasi yang menggunakan tenaga matahari dalam pengoperasiannya.

Namun untuk jenis kendaraan tersebut masih sangat jarang bisa ditemui dan jumlahnya pun masih sangat terbatas karena masih dalam taraf pengembangan, dan tentu harganya juga cukup mahal.

Selain transportasi seperti tersebut diatas, anda bisa membantu mengurangi polusi udara dengan menggunakan sepeda fixie ketika akan melakukan perjalanan kesuatu tempat tujuan tertentu.

Sepeda fixie dipilih karena disamping ramah lingkungan, juga konstruksinya cukup sederhana, spare part dan aksesoris sepeda cukup mudah diperoleh, sehingga anda tidak akan direpotkan dalam merawat sepeda itu nantinya, karena banyak yang bisa anda lakukan tanpa harus ke bengkel sepeda .

Tetapi ada satu teknik sepeda yang harus anda perhatikan dalam menggunakan sepeda jenis ini, karena teknik sepeda yang berbeda dengan sepeda lain pada umumnya.

Jika kita perhatikan sebagian masyarakat Jakarta pada saat ini sudah mulai menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi untuk melakukan perjalanan dari rumah ke kantor atau tempat tujuan masing-masing.

Karena disamping bisa membantu mengurangi polusi udara, bersepeda fixie bisa sekaligus melakukan olah raga agar badan terasa lebih fit dan segar.

Seperti kita ketahui bahwa pada umumnya rutinitas masyarakat adalah melakukan pekerjaan sebagai salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan hidup, yang kadang kala jarang sekali diimbangi dengan pola hidup yang sehat seperti berolah raga. 

Mengapa demikian? hal tersebut terjadi karena padatnya jadwal yang harus mereka jalani dan juga membutuhkan banyak waktu dalam pelaksanaannya.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk menyimbangkan pola hidup anda, maka harus bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan dua kegiatan dan tujuan sekaligus, semisal menggunakan sepeda fixie ketika melakukan perjalanan menuju kantor sehingga selain anda bisa berangkat bekerja, secara tidak langsung dan tanpa disadari anda juga sedang melakukan olah raga yang bisa membantu daya tahan tubuh serta kesehatan anda.

Semakin sering kita berolah raga maka semakin besar kemungkinan anda mempunyai tubuh yang sehat, segar dan juga fit, karena olah raga bisa membantu tubuh bergerak secara dinamis sehingga dapat memperlancar peredaran darah.

Tentunya selain melakukan olah raga dengan menggunakan sepeda fixie, anda masih bisa berolah raga dengan cara yang berbeda seperti berlari, berenang maupun lainnya yang bisa disesuaikan dengan waktu dan kesempatan yang anda miliki.

Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum berolah raga seperti melakukan pemanasan dan menyiapkan keperluan lainnya baik dari alat-alat yang akan digunakan maupun minuman serta asupan nutrisi yang sesuai, sehingga apa yang telah anda lakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Membentuk Komunitas Sepeda Fixie


sepeda fixie
(Sumber: infosepeda.net)

Seperti kita ketahui banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kegiatan bersepeda anda semakin menyenangkan, terutama dalam melakukan aktifitas olah raga yang menggunakan alat seperti sepeda fixie.

Selain bisa digunakan sebagaimana fungsi dan kegunaannya sepeda fixie juga bisa menambah luas pergaulan anda dengan membentuk komunitas sepeda fixie, yang digunakan sebagai sarana menambah teman dan juga saling bertukar informasi mengenai berbagai hal dalam dunia sepeda, tentang aksesoris sepeda, tentang teknik sepeda, tentang tips-tips merawat sepeda, tentang toko sepeda, tentang bengkel sepeda, dan masih banyak hal lain.

Nah, apabila anda dan teman-teman anda ingin membentuk komunitas sepeda fixie, sebaiknya melakukan segala persiapan atau minimal persyaratan yang harus dipenuhi oleh anggota yang ingin masuk dalam komunitas tersebut serta kegiatan apa saja yang sebaiknya bisa dilakukan oleh komunitas tersebut, seperti :

  • Hal pertama yang harus dipenuhi sebagai syarat untuk menjadi anggota komunitas, tentunya harus mempunyai sepeda fixie yang akan digunakan dan juga sebagai simbol dalam komunitas tersebut.
  • Mempunyai tempat atau yang biasa disebut dengan basecamp yang menjadi pusat komunitas sepeda fixie.
  • Mempunyai kegemaran dan pemahaman yang sama tentang pandangan serta tujuan maupun manfaat dan kegunaan sepeda fixie, sehingga pada saat akan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan komunitas bisa meminimalisir perpedaan pendapat yang mencolok guna menghindari terjadinya hambatan atas kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut. Hal ini tentunya bisa menghemat waktu serta tenaga untuk mengerjakan sesuatu yang lebih positif dalam komunitas sepeda fixie.
  • Bersedia mengikuti peraturan yang telah disepakati bersama dalam komunitas tersebut, guna menghindari dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti mematuhi rambu-rambu lalu lintas, menjaga sikap dan menghormati komunitas lainnya, atau lebih tepatnya mengutamakan kegiatan serta sikap yang positif tanpa harus merugikan orang lain.
  • Komunitas sepeda fixie bisa juga digunakan sebagai salah satu tempat untuk mewadahi kegiatan sosial untuk membantu sesama, sehingga akan lebih bermanfaat untuk membantu masyarakat umum yang memang membutuhkan bantuan tanpa harus membedakan status sosial, seperti membantu korban banjir, gempa bumi, dan sebagainya.

Dari beberapa hal seperti tersebut diatas, anda bisa menambahkan kembali apa saja kegiatan atau persayaratan tambahan yang harus disepakati oleh semua anggota kominitas sepeda fixie agar bisa mencapai suatu tujuan yang telah diinginkan bersama-sama.

Baca Juga : Prosedur dan Metode Cara Merawat AC Mobil Secara Berkala

Untuk lebih meluaskan dan memasyarakatkan komunitas yang ada dirikan, ada baiknya dengan melakukan promosi atau memperkenalkan komunitas tersebut dengan kegiatan-kegiatan positif atau melakukan kerjasama dengan komunitas lainnya untuk lebih memperluas jaringan dan sejenisnya.

Sebagai salah satu contoh dalam mempromosikan komunitas yang anda dirikan adalah dengan melakukan konvoi atau karnaval disaat yang tepat seperti, hari libur atau hari tanpa asap kendaraan dimana jalan raya hanya bisa dilewati oleh kendaraan yang tidak menggunakan tenaga mesin berbahan bakar.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment