Anjing Cara Merawat Hewan

Jenis Obat Sakit Mata pada Anjing dan Fungsinya

Sakit Mata pada Anjing
Written by Josua Rifandy

Saat ini ada banyak jenis obat sakit mata pada anjing yang dapat diberikan. Namun, Anda juga harus menyesuaikan seluruh pilihan obat ini dengan jenis penyakit mata pada anjing. Apalagi jenis penyakit mata pada anjing membutuhkan pengobatan yang sangat berbeda. Biasanya beberapa dokter hewan juga akan melihat kondisi mata anjing secara langsung untuk menentukan pilihan obat yang diberikan.

Sebaiknya Anda membawa anjing untuk mendapatkan pemeriksaan yang sangat intensif. Hal ini juga menghindari anjing Anda terkena radang mata yang berakibat buta permanen. Tentu saja Anda tidak ingin hal itu terjadi pada anjing kesayangan.

Karakter anjing ras memang menjadi bagian penting terhadap perawatan yang diberikan. Apalagi beberapa anjing ras memiliki karakter fisi yang cukup berbeda. Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi dokter hewan untuk menentukan perawatan yang lebih baik. Mungkin Anda juga bisa menentukan pilihan penting dari obat yang diberikan.

Usia anjing dianggap akan memberikan pengaruh terhadap jenis obat dan dosis yang akan diberikan. Dosis obat yang diberikan untuk anjing dewasa tentu lebih banyak dibandingkan dengan anjing yang berusia sangat muda. Sebelum memberikan obat sakit mata pada anjing, pastikan bahwa dosis yang diberikan sudah benar.

Jenis dan Nama Obat Sakit Mata pada Anjing


Sakit Mata pada Anjing
(Sumber: pdhbvet.com)

Beberapa pilihan obat sakit mata pada anjing akan disesuaikan dengan jenis penyakit. Masing-masing jenis penyakit ini memiliki obat yang sangat sesuai. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan saran penting melalui konsultasi yang lebih baik. Biasanya detail obat yang diberikan memiliki komposisi yang sangat berbeda. Beberapa nama obat untuk sakit mata anjing biasanya terdiri dari:

Tricin atau Trixin

Obat tetes mata untuk anjing ini untuk gejala yang sangat buruk pada bagian mata. Radang mata yang membuat anjing merasa sangat perih menjadi gejala utama. Biasanya beberapa anjing memiliki sedikit luka pada bagian mata. Bahkan, terdapat beberapa bintik kuning yang melekat pada bagian mata. Hal ini akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan anjing.

Baca Juga : Jenis, Gejala dan Pengobatan Glaukoma pada Anjing

Bila ditemukan luka pada mata anjing, segera teteskan obat ini secara langsung. Namun, beberapa dokter menyarankan untuk memberikan satu tetes setiap jam selama 3-4 kali. Perhitungan dosis ini juga hanya diterapkan pada 3 hari. Bila anjing masih mendapatkan luka pada bagian mata setelah 3 hari, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Tears Naturale

Obat ini merupakan jenis generik yang bisa diberikan untuk anjing dalam kondisi apapun. Apalagi bila pada sewaktu-waktu anjing mengalami sakit mata yang cukup berlebihan bisa mendapatkan tindakan sederhana melalui obat tetes mata ini. Namun, dokter hewan menyarankan untuk menggunakan obat tetes mata ini pada anjing yang sudah sangat tua.

Biasanya anjing yang berumur tua mengalami defisit produksi air mata. Obat tetes ini akan menghindari iritasi yang berlebihan pada mata anjing. Namun, dosis obat seperti ini hanya dapat digunakan satu tetes setiap hari selama 1 minggu. Jangan berikan obat ini lebih lama dari waktu yang disarankan dokter.

Panolog

Obat tetes ini bisa digunakan untuk telinga dan mata anjing. Iritasi ringat yang terjadi pada mata dan telinga anjing akan memberikan rasa yang kurang nyaman. Segera berikan obat tetes ini untuk mendapatkan tindakan yang cukup baik. Namun, beberapa dokter hewan menyarankan untuk mengutamakan penggunaan obat ini pada bagian telinga anjing. Dosis yang diberikan untuk anjing juga jangan terlalu berlebihan.

Gejala dan Tindakan Medis Sakit Mata Pada Anjing


Sakit Mata pada Anjing
(Sumber: sitstay.com)

Untuk menghindari buta permanen pada anjing, sebaiknya Anda harus memperhatikan seluruh gejala yang dialami anjing. Apalagi sakit mata pada anjing ini juga memiliki banyak jenis yang berbeda. Radang mata menjadi salah satu penyakit yang sering diderita anjing. Beberapa anjing ras yang memiliki permasalahan pada mata tentu melibatkan kondisi fisik yang kurang baik. Beberapa gejala yang sering dialami anjing saat sakit mata seperti:

Baca Juga : Jenis Vaksin dan Jadwal Vaksinasi Anak Anjing

Mata Merah Berlebihan

Beberapa anjing yang sedang sakit mata atau radang mata berlebihan akan mengalami perubahan warna yang sangat berlebihan. Seluruh bagian mata akan terlihat memerah. Hal ini bisa disebabkan bulu mata yang terlalu panjang dan sangat mengganggu. Selain itu, gejala ini juga timbul akibat beberapa virus atau bakteri yang menyerang pada bagian mata. Sebaiknya Anda harus melakukan pemeriksaan atau meneteskan obat mata secara langsung.

Mata Berair

Radang mata atau jenis sakit mata yang dialami pada anjing memang akan memberikan dampak yang kurang baik. Anjing akan mengeluarkan air mata yang sangat berlebihan. Selain itu, beberapa kali anjing akan berusaha untuk mengusap air mata. Hal ini dilakukan karena air mata yang keluar sangat mengganggu dan bisa menjadi tempat bersarangnya kuman atau bakteri yang menyebabkan kebutaan.

Mata Anjing Membengkak

Virus atau bakter yang bersarang pada mata akan mengakibatkan mata anjing membengkan. Bahkan, sebagian anjing yang mengalami hal ini akan memberikan rasa nyeri berlebihan. Bila tidak segera diatasi maka seluruh bagian mata akan semakin membengkak dan membuat anjing sangat kesulitan untuk membuka mata.

Perawatan Sakit Mata pada Anjing


Sebenarnya Anda memiliki banyak kesempatan untuk menghindari anjing sakit mata. Apalagi sakit mata yang sangat berlebihan ini biasanya disebabkan kondisi fisik yang sedang menurun atau virus tertentu. Lingkungan kotor akan menjadi penyebab utama saat anjing mendapatkan sakit mata.

Baca Juga : Cara Memilih Dog Food dan Menyimpan Dengan Baik

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda harus merawat lingkungan dan khususnya kandang anjing dengan sangat hati-hati. Hindari kontak langsung dengan anjing lainnya yang sedang mengalami sakit mata. Biasanya beberapa virus atau bakter penyebab sakit mata juga bisa menularkan kepada anjing lainnya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment