Anjing Cara Merawat Hewan

Penyebab dan Pengobatan Sakit Batuk Pada Anjing

Sakit Batuk Pada Anjing
Written by Josua Rifandy

Anjing yang Anda peliharan juga akan mengalami sakit batuk seperti layaknya manusia. Biasanya sakit batuk pada anjing ini seperti ingin mengeluarkan bagian yang tersangkut pada leher. Beberapa pengadopsi menganggap bahwa sakit batuk yang diderita anjing terjadi karena tersedak akibat makanan.

Namun, menurut beberapa dokter hewan dan ahli kesehatan hewan peliharaan, sakit batuk yang diderita anjing juga terjadi karena virus yang menyerang bagian leher atau pernapasan. Tentu saja hal ini akan menjadi perhatian penting bagi Anda untuk mengenal penyebab dan cara mudah mengobati anjing yang sedang mengalami sakit batuk.

Sakit batuk pada anjing yang terjadi berlebihan juga sering disebut Kennel Cough atau Canine Infectious Tracheobronchitis. Penyakit ini terjadi karena gangguan saluran pernapasan atas pada anjing. Biasanya penyakit ini terjadi pada anjing yang berusia sangat muda dan disebabkan virus tertentu.

Penyebab Sakit Batuk Pada Anjing yang Berlebihan


Sakit Batuk Pada Anjing
(Sumber: Dictio.id)

Untuk mengetahui penyebab utama sakit batuk pada anjing yang berlebihan, Anda harus memiliki pengetahuan tentang virus utama pada penyakit ini. Beberapa dokter hewan mengungkapkan bahwa virus yang menyebabkan sakit batuk berlebihan atau Infectious Tracheobronchitis adalah Parainfluenza Virus.

Biasanya virus ini akan menyebabkan gejala batuk ringan hingga 6 hari. Selama rentang waktu ini, beberapa kali anjing Anda akan mengalami batuk dengan durasi yang tidak terlalu lama dan intensitas yang cukup. Setelah 6 hari dari indikasi virus itu, maka terjadi infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini akan membuat penyakit batuk pada anjing semakin parah.

Baca Juga : Jenis Obat Sakit Mata pada Anjing dan Fungsinya

Perhitungan gejala klinis yang disebabkan oleh bakteri ini terjadi pada 2-14 hari. Biasanya gejala klinis akan hilang pada perhitugan waktu di hari ke-10. Bila tidak terjangkit virus, maka anjing Anda akan sembuh setelah hari ke-10. Biasanya rentang waktu ini, anjing akan mencoba untuk mengeluarkan bakteri yang berbentuk cairan kental seperti dahak selama 1-2 minggu.

Selama masa pengeluaran dahak ini, Anda sebaiknya memisahkan anjing ini dengan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak secara langsung yang mengakibatkan penularan secara intensif. Sakit seperti ini akan terjadi sepanjang hari selama beberapa menit.

Namun, Anda harus teliti bahwa anjing yang memiliki sakit batuk berlebihan tidak akan diikuti dengan perubahan suhu badan atau nafsu makan. Anjing seperti ini akan memiliki tingkah laku seperti biasanya.

Menurut dokter hewan, Parainfluenza dan Bordetella adalah bagian virus yang menginfeksi secara bersamaan pada kasus infectious tracheobronchitis. Biasanya dalam waktu 2-3 minggu, anjing akan sembuh secara sendirinya. Namun, Anda juga tetap harus waspada terhadap diagnosia dari penularan anjing lainnya. Sejarah dari penyakit anjing yang menyebabkan batuk secara berlebihan juga menjadi pertimbangan untuk mendapatkan diagnosa yang sangat baik.

Selain itu, kebersihan kandang juga menjadi salah satu pengaruh yang akan menyebabkan anjing Anda mendapatkan penyakit ini. Beberapa virus dan bakteri akan hinggap di bagian kandang tertentu dengan kotoran yang berlebihan. Apalagi bila kandang ini menjadi rumah penting bagi anjing, maka virus dan bakteri itu akan lebih mudah hinggap di bagian pernapasan anjing. Mungkin Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara dari kandang anjing ini. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan proses pernapasan yang baik untuk anjing.

Pengobatan Sederhana dan Medis untuk Sakit Batuk pada Anjing


Sakit Batuk Pada Anjing
(Sumber: Awalcare.com)

Bila anjing mengalami sakit batuk berlebihan, Anda bisa melakukan tindakan medis melalui kondisi dari sakit yang diderita. Pilihan yang diberikan dari dokter hewan adalah dengan memberikan antibiotik atau hanya memberikan vaksin biasa. Namun, Anda juga harus ingat bahwa masa penyembuhan anjing yang dilakukan dengan pemberian vaksin atau antibiotik harus disertai dengan pemisahan dengan anjing lainnya.

Bahkan, Anda juga harus menempatkan anjing ini di kandang yang sangat bersih dan jauh dari jangkauan anjing lainnya. Hal ini dilakukan untuk memperpendek penularan dan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik pada seluruh bagian pernapasan.

Pada kasus sakit batuk ringan pada anjing, biasanya beberapa pengadopsi akan mendapatkan pilihan suntikan antibiotik. Bahkan, Anda juga bisa menerapkan vaksinasi dengan dosis yang cukup rendah secara langsung pada anjing. Beberapa dokter anjing juga akan menawarkan bronkodilatator seperti aminophylline atau obat pengurang rasa batuk.

Baca Juga : Kutu Caplak Dan Cara Mencabut Dari Kulit Anjing

Sebaiknya Anda lebih memilih pengobatan yang dilakukan dengan melibatkan obat yang mudah dikonsumsi atau tidak menyebabkan alergi pada anjing. Apalagi kondisi dari tubuh anjing biasanya akan memberikan efek lain dari obat yang diberikan.

Saat Anda menyadari bahwa diagnosa yang diberikan dokter menunjukkan bahwa anjing mengalami sakit batuk berat, lakukan tindakan medis dengan melibatkan pilihan pengobatan utama.

Biasanya diagnosa dari sakit batuk berlebihan pada anjing seperti ini terjadi melalui hilangnya nafsu makan dalam jangka waktu yang cukup lama, anjing mengalami demam dan tidak menunjukkan aktifitas seperti biasanya, atau mengalami gejala seperti pneumonia.

Bila hal ini terjadi, beberapa pengadopsi biasanya memberikan antibiotik seperti doxycycline atau trimethropim sulfa. Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, mungkin Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter hewan.

Pencegahan Mudah untuk Menghindari Sakit Batuk pada Anjing


Sakit Batuk Pada Anjing
(Sumber: Merckvetmanual.com)

Anda bisa melakukan kegiatan sederhana yang akan menghindari atau mencegah virus penyakit ini menyerang anjing kesayangan Anda. Biasanya kebersihan lingkungan akan menjadi faktor utama dari pencegahan ini. Sebaiknya Anda melakukan pembersihan kandang secara berjadwal. Anda bisa menerapkan pembersihan selama dua minggu sekali.

Selain itu, perhatikan sirkulasi udara yang dimiliki kandang anjing. Sebenarnya anjing Anda tidak harus memiliki kandang yang terlalu mahal, namun sirkulasi udara yang baik akan memberikan rasa nyaman bagi anjing.

Baca Juga : Mengenal Karakter Ras Anjing Beagle dan Cara Perawatannya

Grooming dan atau membersihkan anjing secara berkala juga bisa mengurangi penyerangan virus penyebab batuk secara berlebihan. Mungkin memandikan anjing dalam waktu tertentu dapat juga menjadi pilihan yang cukup mudah.

Cukup luangkan waktu 10-15 menit selama 2 minggu sekali untuk memandikan anjing dengan air hangan. Jangan lupa untuk mengeringkan seluruh bulu dengan menggunakan handuk khusus secara lembut. Namun, hal ini hanya dapat dilakukan pada anjing yang sudah berusia 1 tahun keatas.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment