Cara Merawat Tanaman Tanaman Pangan

Tips Mudah Budidaya Pepaya California agar Cepat Berbuah

pepaya california
Written by Josua Rifandy

Apakah Anda tertarik melakukan budidaya pepaya California? Buah satu ini adalah salah satu jenis papaya yang memiliki banyak keistimewaan. Pepaya California memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal.

Jika diperhatikan dari segi fisiknya, buah ini hampir sama seperti papaya lokal pada umumnya, perbedaannya hanya terdapat pada tekstur kulitnya yang lembut dan juga rasanya yang selalu manis meskipun berwarna hijau.

Sudah cukup banyak petani Indonesia yang membudidayakan buah satu ini. Hal ini karena untuk menanam pepaya California sendiri memang cukup mudah dan tidak memakan terlalu banyak waktu, biaya, serta tenaga.

Ditambah lagi tingkat produktivitas atau masa panen yang dimiliki cukup banyak dan melimpah. Bahkan Anda bisa melakukan panen 3-4 kali dalam waktu satu sekitar 7 bulan.

Cara Mudah Budidaya Pepaya California Berikut


Pembibitan

Tahapan awal yang menjadi penentu pertumbuhan dari budidaya pepaya California adalah pembibitan. Proses pembibitan harus dilakukan secara hati-hati dengan memperhatikan polybag yang Anda gunakan.

Akan lebih baik apabila Anda melakukan penyemaian di dalam wadah polybag terlebih dahulu agar nantinya bisa beradaptasi dengan lahan baru dengan baik.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Cabe

Tak hanya media polybag-nya saja, kualitas bibit juga penting untuk diperhatikan. Sebelum Anda mulai menyemai bibit, akan lebih baik apabila direndam terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam.

Setelah itu Anda bisa langsung memasukkannya kedalam polybag dengan ukuran permukaan sekitar 1,5 hingga 1 cm. Kemudian, jangan lupa untuk menyiramnya secara rutin agar benih bisa segera tumbuh.

Tahukah Kamu? Bahwa Buah pepaya yang masih muda terdapat sebuah Enzim yang disebut Papain. Papain telah digunakan sebagai pelunak daging alami selama ribuan tahun

Pengolahan Lahan

Tentunya Anda tidak mungkin membiarkan bibit terus berada di dalam polibag. Oleh karena itu langkah budidaya pepaya California selanjutnya adalah menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk menanam.

Pengolahan lahan bisa Anda lakukan secara manual karena dengan menggunakan peralatan sederhana. Namun jika memang Anda memiliki lahan yang sangat luas, maka sebaiknya gunakan alat pembajak.

Pertama-tama Anda bisa menggemburkan lahan dengan mencangkulnya sedalam 10cm. Lalu buatlah lubang untuk menanam bibit dengan ukuran sedalam 25 cm, atau mungkin Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran polybag yang digunakan.

Sebelum memasukkan bibit ke dalam lahan, maka Anda harus menyuburkannya dengan memberikan pupuk kandang terlebih dahulu.

Penanaman Bibit

Cara budidaya pepaya California yang selanjutnya adalah penanaman bibit ke dalam lahan yang tadi telah diolah. Ada beberapa kriteria yang membuat bibit bisa dikatakan telah sehat dan layak untuk di masukkan ke dalam lahan.

Pertama, minimal pada bagian bibit telah tumbuh beberapa helai daun meskipun ukurannya masih kecil. Lalu yang kedua tinggi dari bibit tersebut sudah mencapai ukuran 20-30 cm.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Melon

Jika kedua kriteria tersebut sudah terpenuhi, tandanya sudah saatnya memindahkan bibit dan menanamnya ke dalam lahan. Buang bungkus plastik dari polybag, lalu Anda bisa memasukkannya ke dalam lahan yang telah dipersiapkan.

Jika sudah, Anda hanya tinggal melakukan penyiraman secara rutin setidaknya sehari sekali. Nantinya, setelah sekitar satu minggu bibit tersebut akan mulai berbuah dengan baik.

Perawatan

Inti dari budidaya pepaya California terletak pada perawatan serta pemeliharaannya. Maka dari itu penting untuk selalu menjaga tanaman satu ini tetap tumbuh sehingga dapat dipanen secara rutin.

Langkah sederhana dari perawatan adalah melakukan pengairan secara rutin sekitar dua kali dalam sehari. Apalagi pada awal-awal musim tanam, buah ini membutuhkan banyak sekali asupan air untuk pertumbuhannya.

Selanjutnya setelah memastikan pengairan dilakuan dengan baik, Anda bisa melakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang agar mendapatkan hasil maksimal.

Jika pemupukan sudah dilakukan dengan baik, lalu Anda perlu melukan penjarangan buah. Penjarangan adalah proses menjadikan tanaman menjadi renggang atau dibatasi. Hal ini agar buah bisa tumbuh dengan ukuran yang ideal dan berkualitas tinggi.

Panen

Masa panen adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu untuk bisa merasakan hasil dari apa yang ditanam. Apabila sebelumnya Anda telah melakukan proses budidaya pepaya California dengan baik, maka hasil penen tentunya tidak akan mengecewakan.

Papaya California terbilang salah satu buah yang memiliki masa panen relatif cepat.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Jeruk Lemon

Buah yang siap panen ditandai dengan ukurannya yang mulai membesar atau mungkin jika dalam patokan waktu sekitar 7-8 bulan. Ketika sudah melewati masa tersebut, nantinya setiap hari papaya akan dapat dipanen setidaknya satu minggu sekali.

Ukuran buah satu ini cenderung sangat besar dan memiliki tekstur yang lembut dan manis meskipun warnanya masih hijau.

Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya California


Melancarkan Pencernaan

Apakah Anda sering mengalami masalah gangguan pencernaan? Jika iya, maka solusi yang terbaik adalah mengkonsumsi buah satu ini. Melalui proses budidaya pepaya California yang baik, dapat menghasilkan buah yang berkualitas.

Kandungan serat yang ada di dalamnya juga bertugas untuk melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh, sehingga Anda tidak akan mengalami masalah seperti sembelit atau yang lainnya.

Selain itu, kandungan yang ada di dalamnya juga dapat membantu usus tetap dalam keadaan bersih dan sehat. Kondisi usus yang kotor karena mengonsumsi makanan tidak sehat dapat menimbulkan munculnya penyakit.

Oleh karena itu apabila Anda mengonsumsi buah ini secara rutin, masalah tersebut tidak akan muncul.

Tahukah Kamu? Sebuah pepaya kecil mengandung sekitar 300 persen Vitamin C sehingga disarankan untuk di konsumsi setiap harinya.

Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Di dalam buah papaya California terdapat kandungan phenotic dan flavonoid yang dapat menjaga kesehatan ginjal tetap stabil. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi vital, sehingga keberadaannya harus Anda jaga dengan sebaik mungkin.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya dikonsumsi rutin setiap seminggu sekali.

Jika Anda tidak terlalu suka memakannya secara langsung, maka bisa diolah menjadi jus dan dicampur dengan buah lainnya. Malah, di beberapa tempat tertentu ada yang mengolah papaya ini menjadi sebuah sayuran. Mereka mencari buah yang belum terlalu matang dan mengolahnya menjadi sayur.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh setiap orang tentunya berbeda-beda karena aktivitas yang dijalani juga memiliki tingkat tenaga yang berbeda-beda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah papaya California dengan rutin setiap harinya.

Apalagi jika Anda mau melakukan budidaya pepaya California maka akan lebih mudah untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Jagung Manis

Kandungan berbagai vitamin mulai dari A, C, hingga E sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan ketahanan serta kekebalan. Dengan begitu, segala aktivitas sehari-hari yang Anda jalani dapat berjalan dengan baik dan tentunya dikerjakan secara maksimal.

Apalagi ketika musim pancaroba yang memiliki cuaca berubah-ubah, penyakit dapat dengan mudah menghampiri tubuh.

Nah, itulah tadi sedikit informasi mengenai budidaya pepaya California yang harus Anda ketahui. Peluang keuntungan yang diperoleh dari budidaya ini cukup besar, apalagi prosesnya juga sangat mudah dan anti ribet.

Anda bahkan bisa mendapatkan banyak sekali manfaat melalui pengonsumsian buah tersebut setiap harinya.

Dengan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya, Anda bisa menjaga kesehatan tubuh tetap optimal. Untuk penyajiannya bisa Anda kreasikan dengan memakannya langsung atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus ataupun makanan lainnya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment