Cara Merawat Benda

Inilah Manfaat dan Cara Jitu Membersihkan Rumah

membersihkan rumah
Written by Josua Rifandy

Membersihkan rumah merupakan aktivitas yang wajib dilakukan bagi semua orang tak pandang bulu baik itu laki-laki maupun perempuan.

Hal ini karena kegiatan bersih-bersih rumah bisa bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat di dalam rumah.

Selain itu, masih ada banyak manfaat lain yang didapatkan dari aktivitas bersih-bersih rumah.

Namun, sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membersihkan sudut-sudut rumah dengan benar. Beberapa hanya membersihkan lingkungan rumah apa adanya dan kurang bersih.

Padahal jika dibersihkan dan dirapikan dengan benar, rumah akan terasa nyaman dan membuat penghuninya betah.

Berikut Ini Manfaat dari Membersihkan Rumah


Sebagian orang mungkin merasa malas membersihkan ruangan di rumah mereka karena nanti akan berantakan lagi. Padahal, kebersihan lingkungan di sekitar Kita terutama di rumah dapat berpengaruh pada kesehatan.

Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari bersih-bersih rumah, antara lain:

Tampilannya Terlihat Lebih Segar dan Rapi

Rumah yang bersih akan lebih nyaman dan lebih segar saat dilihat karena tidak ada kotoran atau sampah berserakan. Hal ini berlaku untuk semua ruangan, terutama di kamar mandi yang harus selalu dibersihkan agar lebih enak dipandang.

Baca Juga : Cara Merawat Meja dan Kursi Kayu

Selain dibersihkan, barang-barang yang ada di dalam ruangan juga perlu dirapikan agar lebih tertata dengan baik.

Tidak Repot Saat Mengundang Orang Lain

Jika sudah terbiasa membersihkan rumah, Anda akan melakukan aktivitas tersebut tanpa beban atau terasa lebih ringan saat dilakukan. Selain itu, ketika mengundang orang atau ada tamu, Anda tidak perlu repot-repot lagi membersihkan area rumah karena sudah terbiasa dibersihkan.

Berbeda jika rumah jarang dibersihkan, Anda akan malu jika tamu melihat rumah berantakan.

Bersih-bersih Bisa Menghilangkan Stress

Anda perlu mengetahui bahwa aktivitas bersih-bersih rumah sebenarnya dapat menghilangkan stress dan juga menjadikan Anda lebih produktif. Dengan kondisi rumah yang bersih dan tertata rapi, Anda akan merasa bahagia dan berpikir lebih positif.

Dengan begitu, stress akan hilang dengan sendirinya dan Anda akan lebih produktif bekerja di lingkungan yang bersih.

Menghindari Kemungkinan Alergi Kambuh Lagi

Bagi sebagian orang, membersihkan rumah mungkin hanyalah rutinitas yang perlu dilakukan untuk menjaga rumah tetap bersih dan sehat. Namun, ada beberapa orang yang benar-benar membutuhkan udara dan lingkungan yang bersih karena alergi terhadap debu.

Baca Juga : Cara Merawat Air Cooler

Untuk Anda yang memiliki masalah alergi debu, maka bersih-bersih rumah harus rutin dilakukan agar tidak ada debu yang membuat alergi.

Menjaga Kesehatan Mental Penghuni Rumah

Secara tidak langsung, kondisi rumah yang bersih bisa membuat seseorang tetap tenang dan berpikir jernih. Selain itu, area rumah yang bersih bisa membuat penghuninya lebih fokus akan hal yang lebih penting daripada barang-barang yang berantakan.

Hal ini sangat dibutuhkan bagi seseorang yang sering mengalami depresi atau mudah stress.

Cara Jitu Membersihkan dan Merapikan Rumah


Membersihkan rumah merupakan rutinitas yang dilakukan setiap pagi atau sore hari, bahkan beberapa orang melakukannya di malam hari sebelum tidur.

Aktivitas ini memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental penghuninya. Namun, pernahkah Anda merasa sudah bersih-bersih rumah secara rutin tetapi tetap berantakan atau penuh sesak? Mungkin Anda perlu melakukan cara jitu di bawah ini:

Membersihkan rumah akan terasa ringan jika kita membersihkan hati kita terlebih dahulu

Pastikan Anda Punya Perlengkapan Bersih-bersih

Hal pertama yang perlu dipersiapkan saat ingin bersih-bersih rumah adalah peralatan dan perlengkapan bersih-bersih. Anda harus punya sapu, pel, semprotan kata, lap, sikat dan lain sebagainya untuk membantu mempercepat aktivitas bersih-bersih.

Baca Juga : Jenis Bahan Alami Pembersih Perabotan Rumah

Dengan begitu, tanpa menyewa orang pun Anda bisa bersih-bersih rumah sendirian secara mandiri.

Fokus Membersihkan Satu Ruangan

Aktivitas membersihkan rumah bisa jadi gagal atau tidak selesai karena Anda terlalu lelah membersihkan seluruh ruangan di dalam rumah. Oleh karena itu, bersihkan satu ruangan terlebih dahulu sebelum pindah ke ruangan lainnya.

Hal ini membuat Anda lebih fokus pada satu hal dan menyelesaikannya hingga benar-benar bersih dan rapi. Tidak masalah jika satu hari tidak bisa membersihkan semua ruangan di dalam rumah.

Lebih Fokus pada Hal-hal Kecil

Jika selama ini Anda fokus pada kebersihan rumah secara keseluruhan, maka yang Anda lakukan itu salah. Tips paling jitu selanjutnya yaitu fokus pada hal-hal kecil terlebih dahulu.

Lebih baik merapikan beberapa tumpukan baju, mainan, piring kotor dan benda-benda kecil lainnya. Setelah itu, barulah Anda bisa menyapu dan mengepel lantai.

Tidak Perlu Koleksi Barang yang Tidak Diperlukan

Terkadang, saat membersihkan rumah Anda akan menemukan banyak benda koleksi yang ternyata tidak berfungsi selain hanya untuk pajangan.

Nah, kebiasaan membeli koleksi benda-benda seperti inilah yang perlu dihindari agar di rumah tidak banyak menumpuk barang yang tidak diperlukan. Dengan begitu, rumah akan terlihat lebih bersih dan rapi karena tidak terlalu banyak pajangan.

Harus Siap Menyingkirkan Benda yang Tidak Diperlukan

Aktivitas bersih-bersih rumah akan membuat Anda mengumpulkan banyak benda yang ada di dalam rumah. Beberapa dari benda tersebut mungkin sudah tidak diperlukan lagi atau bahkan sudah rusak.

Untuk menciptakan rumah yang bersih dan rapi, Anda harus siap kehilangan benda-benda tersebut. Benda-benda yang tidak dibutuhkan lagi bisa dibuang atau diberikan kepada orang lain yang lebih butuh.

Siapkan Laci atau Ruang Temporer untuk Penyimpanan Sementara

Anda mungkin sadar bahwa aktivitas membersihkan rumah tidak bisa dilakukan dalam satu kali waktu, terutama jika kondisi rumah sangat berantakan.

Baca Juga : Cara Merawat AC

Oleh karena itu, perlu adanya tempat khusus untuk penyimpanan sementara atau tempat menyimpan barang secara random atau acak.

Anda bisa menyiapkan laci, rak atau ruangan khusus untuk hal tersebut sehingga bisa menyimpan semua barang yang berantakan.

Tidak Masalah Jika Harus Menyewa Tukang Bersih-bersih

Bagi sebagian orang yang bekerja di luar rumah seharian bahkan sering lembur, menyempatkan waktu untuk bersih-bersih rumah mungkin sulit dilakukan.

Untuk itu, Anda bisa membiasakan diri untuk menempatkan barang dengan rapi, mencuci piring sehabis makan, dan lain sebagainya.

Namun, jika Anda benar-benar sibuk, tidak ada alasan untuk tidak membersihkan rumah. Anda masih bisa menyewa tukang bersih-bersih rumah untuk datang setiap hari atau setiap minggu.

Hal ini akan membantu rumah Anda tetap bersih, rapi dan sehat.

Buat Jadwal untuk Bersih-bersih Rumah

Tips paling jitu dalam aktivitas bersih-bersih rumah yaitu menentukan jadwal bersih-bersih untuk membiasakan diri hidup bersih dan teratur.

Bagi yang tidak suka bersih-bersih setiap hari, pekerjaan berat seperti mencuci baju, mengepel lantai dan lainnya bisa dilakukan setiap minggu. Sedangkan kegiatan bersih-bersih harian bisa dijadwalkan di jam-jam pagi, sore atau malam disesuaikan dengan jadwal Anda.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat dan juga cara untuk membersihkan rumah Anda.

Kegiatan bersih-bersih memang perlu dilakukan secara rutin untuk menciptakan lingkungan rumah yang nyaman dan sehat. Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment