Kucing Cara Merawat Hewan

10 Penyebab Mata Kucing Berair dan Cara Mengobati dengan Benar

mata kucing berair
Written by Josua Rifandy

Kucing merupakan binatang lucu nan menggemaskan yang paling banyak dijadikan sebagai peliharaan. Memelihara kucing seringkali dinilai dapat mengurangi stress karena tingkah lucu yang dibuat oleh kucing. Namun lain cerita apabila kucing kesayangan tiba-tiba terserang penyakit. Terutama saat mata kucing berair yang terjadi secara terus-menerus hingga membuat kucing jadi tidak bersemangat lagi.

Mata kucing berair sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor dan penyebab. Penanganannya pun tentu beda. Jika penyakit mata pada kucing masih tidak terlalu parah, maka catlovers bisa mengobatinya sendiri. Akan tetapi bila penyakitnya tak kunjung sembuh, mau tak mau anabul harus segera dibawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Oleh karena itu, sebelum coba-coba mengobati penyakit mata berair pada kucing, ada baiknya catlovers mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab dari mata kucing berair ini.

Baca Juga : Solusi Ampuh Cara Mengobati Flu Kucing Dijamin Cepat Sembuh

Penyebab Mata Kucing Berair


Selain dialami manusia, penyakit mata berair juga bisa dialami pada kucing. Penyebab penyakit mata kucing berair sangat beragam. Bisa dari virus, luka, maupun bawaan sejak lahir. Untuk memahami lebih lanjut mengenai penyebab mata berair pada kucing, simak penjelasan berikut ini.

1. Luka Akibat Goresan

Luka Akibat Goresan
(Sumber: Kucingpedia.com)

Mata kucing akan berair secara terus-menerus sebab terluka akibat goresan. Goresan yang melukai matanya ini bisa dikarenakan banyak faktor. Salah satunya saat berkelahi dengan kucing lain. Bisa saja matanya terkena cakaran dari kucing lain sehingga menyebabkan luka gores yang membuat matanya berair tanpa henti.

Luka gores di matanya akan sangat mudah dimasuki oleh bakteri atau virus bernama Veline Chylamidhopila. Bakteri atau virus inilah yang akan membuat mata kucing berair. Jika lukanya dibiarkan tanpa diobati, maka akan menimbulkan kebutaan pada kucing kesayangan.

2. Produksi Air Mata yang Berlebihan

Selain itu penyebab mata kucing berair juga bisa dikarenakan produksi air mata yang berlebihan. Kucing yang mengalami produksi air mata berlebihan biasanya dikarenakan sedang beradaptasi dengan bulu yang terdapat di sekitar mata kucing.

Jika kucing mengalami mata berair karena sebab ini, maka catlovers tidak perlu terlalu khawatir. Hal ini sudah biasa dan bisa sembuh dengan sendirinya.

3. Terdapat Cacing Mata

Mata kucing berair juga dapat disebabkan oleh cacing mata. Ukuran cacing mata ini sangat kecil namun bisa terlihat oleh mata telanjang manusia. Nama cacing ini adalah Thelazia Californiensis.

Cacing mata ini sangat berbahaya bagi kucing. Apabila catlovers mendapati cacing mata pada kucing, jangan dibiarkan begitu saja tapi segera bawa kucing ke dokter hewan. Hanya orang dengan keahlian khusus yang dapat menangani cacing mata pada kucing.

Apabila cacing mata dibiarkan terlalu lama, maka cacing akan bertelur dan menetas menjadi larva yang kemudian akan dimakan oleh lalat.

4. Radang Paru-Paru

Kucing yang matanya terus mengeluarkan air, bisa jadi disebabkan karena penyakit lain yang lebih parah, salah satunya penyakit radang paru-paru.

Penyakit radang paru-paru pada kucing ditandai dengan mata berair terus-menerus, disertai dengan bersin, pilek, serta kucing mengalami kesulitan bernapas.

Apabila anabul mengalami gejala ini, segera pisahkan dari kucing lainnya dan periksakan ke dokter hewan.

Baca Juga : Tutorial Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah

5. Herpes

Herpes
(Sumber: Dokterhewan.co.id)

Mata berair juga dapat disebabkan karena kucing terserang virus herpes.

Virus herpes seringnya hanya menargetkan salah satu mata saja. Ditandai dengan gejala seperti mata bengkak, memerah, berair serta terus mengeluarkan air. Kucing juga akan terlihat menghindari sinar matahari.

Penanganan untuk mata kucing berair karena virus herpes ini harus dilakukan dengan waspada dan hati-hati. Saat membersihkan air di mata kucing sebaiknya jangan sampai terlalu kering karena mata kucing tetap membutuhkan kelembapan.

6. Painful Eyes

Selain itu painful eyes juga dapat menjadi penyebab kucing mengalami mata berair. Di dalam mata kucing akan muncul kelopak mata ketiga atau nictating membrane.

Kucing akan menunjukkan tingkah laku yang berbeda dari biasanya, seperti menghindari sinar matahari, sering menggosok matanya, mengeong kesakitan saat matanya disentuh, dan kemungkinan bisa saja mencakar matanya sendiri.

7. Suhu dingin

Mata kucing akan terlihat sering berair ketika berada di dalam ruangan bersuhu dingin terlalu lama. Kucing menyukai suhu hangat, sehingga apabila AC menyala terus dalam ruangan maka mata kucing akan mudah berair dan tidak betah berlama-lama di ruangan tersebut.

8. Terkena Cairan Kimia

Mata berair juga bisa disebabkan karena kucing terkena cairan kimia. Saat tak sengaja tersemprot cairan kimia, kucing akan refleks mengeong dan menggosok-gosok matanya.

Segera lakukan penanganan saat kucing terkena cairan kimia di matanya. Dengan cara dibersihkan menggunakan air mengalir yang sebaiknya tidak terlalu deras supaya tidak menyakiti mata kucing.

9. Pertumbuhan Rambut Mata yang Tidak Normal

Pertumbuhan rambut di sekitar mata yang tidak normal dapat menyebabkan mata kucing berair. Hal ini dikarenakan bulu yang tumbuh di sekitar mata tumbuh secara melengkung dan masuk ke dalam mata sehingga menyakiti mata kucing.

10. Kelainan Bawaan

Bisa jadi penyebab mata kucing berair bukan karena penyakit atau luka, melainkan karena memang kelainan bawaan. Kalau ini penyebabnya, maka tidak ada yang bisa dilakukan, dan seringnya tak bisa disembuhkan. Namun tetap harus sering berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui cara menangani mata kucing berair dengan tepat.

Baca Juga : Apa Itu Catnip untuk Kucing? Ciri, Fungsi dan Efek Samping

Cara Mengobati Mata Kucing Berair


Adapun cara mengobati mata berair pada kucing berbeda berdasarkan penyebabnya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memisahkan Kucing Sakit dengan Yang Lain

Apabila memelihara lebih dari 1 kucing dalam 1 rumah, maka sebaiknya saat ada kucing yang mengalami sakit mata, segera pisahkan dari kucing yang lain.

Sediakan kandang khusus untuk mengisolasi kucing yang sakit. Tujuannya supaya tidak menular pada kucing yang lain. Terutama apabila penyakit mata itu disebabkan karena virus yang dapat menyebar dengan mudah dan cepat melalui air liur maupun perantara seperti wadah makan minum dan mainan.

2. Membersihkan Sekitar Mata Kucing

Saat kucing mengalami mata berair, biasanya area sekitar mata akan mudah kotor dengan air yang mengering, sehingga membuat kucing kerap kali kesulitan membuka mata.

Oleh karena itu saat mata kucing terlihat sering berair hingga area sekitar mata jadi mengering, lakukan pembersihan rutin dengan menggunakan kapas yang telah diberi air. Usapkan secara perlahan.

3. Memberi Obat Tetes Mata

Memberi Obat Tetes Mata
(Sumber: Catlovers.id)

Cara lain adalah dengan memberikan obat tetes mata. Jangan berikan obat tetes mata manusia, saat ini sudah banyak obat tetes mata untuk kucing yang manjur dan murah. Paling direkomendasikan merk Stop Eyes dsn Trixin. Berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan serta infeksi pada mata kucing.

4. Periksa ke Dokter Hewan

Jika penyakitnya memang semakin parah dan tidak manjur diobati dengan obat tetes mata, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat sehingga mata berair kucing dapat diatasi dengan baik.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab serta cara mengobati mata kucing berair. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment