TrikMerawat Extraordinary Man!

Mengejutkan! Cek 9 Manfaat Pasta Gigi yang Tak Terduga

4 min read

manfaat pasta gigi

Pada umumnya orang mengenal pasta gigi atau odol sebagai pembersih bagian mulut. Jadi memang tidak mengherankan jika di kamar mandi selalu tersedia pasta gigi dalam berbagai merk dan varian sesuai dengan selera penggunanya.

Kamu pasti mengenal manfaat pasta gigi sebagai pembersih dan penyegar mulut saja padahal sebenarnya masih ada fungsi lainnya yang tak kalah penting. Selain sebagai pembersih gigi ternyata odol bisa jadi pembersih barang yang lainnya.

Mungkin kamu akan merasa terkejut dan tidak menduga sebelumnya setelah tahu apa saja yang bisa dibersihkan dengan menggunakan pasta gigi.

Selama ini mungkin tidak terpikirkan sama sekali bahwa masalah-masalah di rumah ternyata bisa diselesaikan dengan hanya menggunakan pasta gigi saja. Murah dan yang pasti selalu tersedia di rumah sehingga kamu tidak perlu bingung saat membutuhkannya.

Pasta gigi secara umum memiliki beberapa kandungan bahan aktif yang akan membuatnya memiliki kemampuan membersihkan secara maksimal.

Fluoride merupakan salah satu bahan aktif paling penting yang ada di dalam pasta gigi. Selain itu ada perasa, agen abrasif yang fungsinya menghilangkan noda pada gigi, pewarna, humektan, zat pengikat dan deterjen yang membuat pasta gigi berbusa saat digunakan.

Nah, setelah mengetahui kandungan bahan di dalamnya sekarang akan kita bahas satu persatu tentang manfaat pasta gigi sebagai agen pembersih dan fungsi lainnya yang masih jarang diketahui. Apa sajakah itu? Silahkan kamu cek di bawah ini.

10 Manfaat Pasta Gigi yang Jarang Diketahui


Untuk Menghilangkan Noda

Selain bisa menghilangkan noda, plak dan kerak pada gigi nyatanya odol juga bisa mengusir noda dari benda lainnya. Beberapa jenis noda membandel yang sulit untuk dibersihkan dengan memakai sabun biasa bisa ditanggulangi dengan menggunakan odol.

Baca Juga : Cara Merawat Gigi

Manfaat pasta gigi antara lain untuk menghilangkan bekas crayon atau spidol pada tembok rumah, noda pada pakaian, atau juga kotoran tinta yang menempel pada permukaan sepatu sneaker kesayangan kamu.

Mengempeskan Jerawat

Kalau kamu sering merasa jengkel karena jerawat yang sering tumbuh di wajah saatnya kamu mencoba pasta gigi untuk mengatasinya. Kandungan baking soda dan hidrogen peroksida pada odol akan membantu jerawat untuk bisa lebih cepat sembuh.

Cukup oleskan pasta gigi pada bagian jerawat yang ada di wajah kamu. Triklosan pada odol akan membantu jerawat lebih cepat sembuh.

Untuk Mengkilapkan

Pusing karena permukaan kompor yang terbuat dari stainless kotor, buram dan susah sekali dibersihkan? Pakai saja pasta gigi untuk membuat permukaan kompor di dapur rumah kamu kembali mengkilap seperti baru.

Apakah manfaat pasta gigi hanya untuk mengkilapkan logam saja? Tentu tidak. Benda-benda lain di dalam rumah kamu juga bisa kembali mengkilap jika dibersihkan dengan pasta gigi.

Kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan dan mengembalikan kilau barang-barang lainnya seperti wadah plastik seperti toples atau tempat makan dan bahkan perhiasan.

Kemampuan untuk membersihkan ini karena adanya agen abrasif yang terkandung di dalam pasta gigi.

Tahukah Kamu? Fluoride adalah bahan mineral terpenting yang sebaiknya terkandung di dalam tiap pasta gigi. Mineral ini bermanfaat untuk memperbarui mineral pada area gigi yang mulai rusak akibat zat asam.

Untuk Menutup Lubang Pada Tembok

Sudah hal yang wajar jika di dalam rumah kita memasang hiasan yang ditempelkan pada dinding. Tentu saja agar bisa dipasang harus menggunakan paku yang ditancapkan pada dinding tersebut.

Hanya saja sayangnya terkadang karena sesuatu hal kita harus memindahkan posisi hiasan dinding tersebut dan meninggalkan paku yang sudah tertancap.

Baca Juga : Cara Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi

Dilema datang antara membiarkan paku tetap tertancap di tembok atau mencabutnya demi keamanan. Hanya saja jika paku dicabut pastinya akan membuat bekas lubang di dinding yang membuatnya kurang enak dipandang. Jangan khawatir, dapatkan manfaat pasta gigi untuk mengatasi dilema tersebut.

Cabut paku dari tembok kemudian oleskan odol ke permukaan bekas paku hingga menutup sempurna. Tunggu sampai kering dan kamu akan lihat keajaiban pada dinding.

Menghilangkan Sakit Gigitan Serangga

Serangga adalah jenis binatang kecil yang keberadaannya setiap hari selalu tidak pernah jauh dari kita. Mulai dari nyamuk, semut dan tawon seringkali tiba-tiba menghampiri kita dan mendaratkan gigitannya.

Sepele memang tapi tidak bisa dipungkiri bahwa bekas gigitan serangga meninggalkan rasa sakit pada tubuh karena memang serangga-serangga tersebut memiliki semacam racun yang menyebabkan iritasi pada kulit.

Bagaimana cara mengatasi rasa sakit akibat gigitan serangga tersebut? Gampang, gunakan saja pasta gigi dan oleskan pada bagian kulit yang sakit. Pasta gigi mengandung adstringen alami yang bisa melembutkan kulit dan mengurangi efek iritasi. Cukup mengejutkan ya manfaat pasta gigi yang satu ini.

Menghilangkan Goresan

Kesal karena monitor HP atau laptop secara tidak sengaja terkena goresan atau CD yang mendadak tidak bisa diputar karena banyak goresan pada permukaannya. Jangan bingung karena manfaat pasta gigi yang lainnya adalah untuk menghilangkan goresan yang terdapat pada permukaan benda-benda tertentu.

Baca Juga : 12 Bahan Alami Pembersih Perabot

Oleskan saja odol secara merata pada permukaan CD, monitor, kacamata atau benda lainnya yang tergores lalu usap secara perlahan dengan lap lembut.

Membersihkan Kaca dan Wastafel

Sambil menyelam minum air mungkin itulah pepatah yang cocok dengan hal ini. Setiap hari saat menyikat gigi kamu bisa sekalian membersihkan kaca dan wastafel dalam kamar mandi menggunakan odol.

Kamu bisa mengoleskan odol pada permukaan kaca kemudian pergi mandi. Setelah selesai mandi kamu sudah bisa membersihkan odol pada pada permukaan kaca dan lihatlah kilau yang akan muncul dari permukaannya.

Membersihkan Noda Kopi

Pagi hari akan sangat menyenangkan kalau kita ngopi ditemani roti isi sambil mempersiapkan diri untuk beraktivitas. Hanya saja kemudian kita sering dibuat kesal karena bekas kopi pada bagian bawah cangkir tertinggal di meja.

Solusinya adalah bersihkan meja yang terkena bekas kopi tersebut dengan memakai pasta gigi. Kamu juga bisa menggunakan cara yang sama untuk membersihkan bekas bibir yang menempel pada cangkir.

Baca Juga : Cara Merawat Gigi Palsu

Noda kopi dan juga teh memang seringkali membuat cangkir dan gelas menjadi buram tidak bisa kembali cemerlang warnanya. Sudah berkali-kali membersihkannya dengan sabun tapi hasilnya tetap nihil.

Eits, jangan cepat menyerah, kamu perlu tahu bahwa manfaat pasta gigi juga untuk membersihkan dan menghilangkan noda akibat kopi dan juga teh yang sudah berkerak di cangkir atau gelas.

Hati-hati dengan Karang Gigi! karang gigi adalah plak atau lapisan bakteri pada gigi yang kemudian mengeras dan sulit dibersihkan. Jika dibersihkan secara teratur, dapat menyebabkan penumpukan yang akan menyebabkan penyakit gusi.

Pengharum Tangan

Apakah kamu pernah berpikir sebelumnya untuk menggunakan pasta gigi sebagai pengharum tangan? Pasti masih sedikit sekali atau malah tidak ada yang terpikirkan tentang hal tersebut.

Ya, salah satu manfaat pasta gigi yang masih belum banyak diketahui adalah fungsinya sebagai pengharum untuk tangan. Saat kamu merasa ada bau yang tidak enak menempel pada tanganmu sedangkan tidak ada sabun, kamu bisa gunakan pasta gigi.

Bau seperti amis, bau bawang dan bau tajam lainnya yang menempel pada tangan dan tidak hilang dibersihkan dengan sabun bisa diatasi dengan pasta gigi.

Murah, mudah dan tidak membutuhkan energi yang besar untuk mendapatkannya. Bukan hanya untuk tangan, odol juga bisa digunakan untuk mengharumkan botol bayi. Kamu bisa pilih rasa yang cocok dengan selera misalnya jeruk atau stroberi.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *