TrikMerawat Extraordinary Man!

Ketahui Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

4 min read

manfaat minyak zaitun

Mayoritas orang sudah banyak yang tahu tentang manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Ternyata tidak hanya untuk kecantikan saja tapi minyak zaitun mempunyai banyak manfaat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.

Berikut ini akan ada sedikit ulasan tentang manfaat minyak zaitun baik untuk kecantikan maupun untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Minyak Zaitun


Minyak zaitun diperoleh dari hasil penggilingan zaitun. Tanaman zaitun ini berasal dari daratan Mediterania.

Di dalam minyak zaitun tersebut terkandung banyak sekali senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh antara lain vitamin E, vitamin K,  lemak yakni omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh, senyawa fenol serta zat besi.

Minyak zaitun merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol adalah sebuah senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Zat polifenol dari minyak zaitun yang masuk ke dalam tubuh kita mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Maka dari itu manfaat minyak zaitun cukup banyak dan beragam terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit tubuh Anda.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan


1. Mengatasi Jerawat

Manfaat minyak zaitun dipercaya dapat menyembuhkan jerawat karena di dalamnya terkandung vitamin E dengan jumlah yang cukup tinggi. Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu, sifat anti-inflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Kandungan antibakteri minyak zaitun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat jerawatan.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak zaitun cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke wajah yang berjerawat, lalu dipijat perlahan selama 5 menit, dan pijat dengan agak kencang selama 10 menit, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci muka dengan air hangat dan lap dengan handuk kering, Setelah itu, lakukanlah pijatan sekali lagi sampai pori-pori kulit terasa lebih terbuka.

2. Melembabkan Kulit

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan kandungan antioksidan yang tinggi, maka minyak zaitun akan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Manfaat minyak zaitun di sini dapat menggantikan fungsi body lotion, lho.

Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, Anda akan memiliki kulit dengan kelembapan yang pas dan tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas.

Antioksidan berguna mengatasi radikal bebas dan mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

Caranya sama saja saat Anda memakai body lotion. Hal ini bisa Anda lakukan sesering mungkin. Minyak zaitun yang alami malah dipercaya lebih baik bagi kesehatan kulit ketimbang body lotion.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat minyak zaitun yang lain bagi kecantikan yakni berguna untuk memutihkan wajah. Kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan paparan ultraviolet atau radikal bebas.

Minyak zaitun juga sangat ampuh dalam membantu menghilangkan sel kulit mati di wajah sehingga wajah tampak lebih bersih dan bersinar. Kalau sudah pakai minyak zaitun, Anda tidak perlu lagi memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal ataupun melakukan suntik wajah agar wajah berubah menjadi lebih putih.

Cukup dengan rutin menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti Anda akan mendapatkan wajah cerah secara natural.

Tips! Pada saat Membeli minyak zaitun, belilah yang dikemas dalam botol berwarna gelap, karena cahaya dapat menghancurkan kualitas yang minyak zaitun

4. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori wajah yang besar kerap kali menganggu kecantikan alami, karena pori-pori yang besar akan menimbulkan banyak minyak dan komedo yang hinggap di dalam pori-pori tersebut.

Minyak zaitun ternyata bisa bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi kulit berminyak karena pori-pori yang besar. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun di area-area tertentu wajah Anda yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.

5 Mengencangkan Kulit

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak timbul keriput pada usia dini.

Minyak zaitun juga mengandung banyak anti oksidan tinggi yang disebut polifenol, zat ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Sebab itulah penggunaan minyak zaitun menjadi salah satu cara untuk mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Caranya sangat mudah, untuk kulit kencang, maka minyak zaitun ini membutuhkan madu sebagai campurannya. Campurkan minyak zaitun dan madu lalu dijadikan masker, setelah mengering, lakukan pijatan sebentar, kemudian cuci muka dengan air hangat.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Tubuh


Untuk Kesehatan Jantung

Minyak zaitun yang kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal tentunya merupakan minyak yang sehat untuk digunakan sebagai minyak untuk memasak dan sebagai saus salad.

Manfaat minyak zaitun yakni sebagai penjaga kesehatan jantung dan juga mencegah penyakit jantung. Minyak zaitun bisa melindungi lemak jahat yaitu LDL dari oksidasi, meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah, dan mencegah penggumpalan darah.

Menghindarkan Diabetes

Manfaat minyak zaitun bisa untuk mencegah penyakit diabetes mellitus tipe 2. Kandungan yang ada di dalam minyak zaitun membuat tubuh terlindung dari penyakit diabetes mellitus tipe 2.

Manfaat minyak zaitun di sini untuk menjaga kadar gula darah dan sensitivitas kadar insulin.

Antioksidan

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah tinggi. Manfaat minyak zaitun pun bisa digunakan sebagai antioksidan. Antioksidan memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat antioksidan adalah membantu mengobati penyakit serius.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Kering

Antioksidan juga bermanfaat untuk mengobati peradangan dan mencegah kolestrol teroksidasi di dalam darah. Antioksidan juga bermanfaat untuk melawan sel-sel kanker dan mengatasi efek polusi bagi tubuh.

Antikanker

Minyak zaitun sendiri juga dikenal memiliki sifat antikanker. Ada senyawa di dalam minyak zaitun yang dapat membantu tubuh melawan sel kanker.

Hal ini yang menjadikan manfaat minyak zaitun juga bisa untuk mengatasi penyakit kanker.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang di negara kawasan Mediterania memiliki risiko penyakit kanker yang lebih rendah.

Hal ini dibuktikan secara ilmiah bahwa sifat antioksidan pada minyak zaitun dapat mengurangi risiko oksidatif akibat radikal bebas yang merupakan penyebab utama terjadinya kanker.

Salah satu penentu kualitas Minyak Zaitun adalah akan berembun jika dimasukkan ke lemari es

Antiinflamasi

Minyak zaitun juga berfungsi sebagai antiinflamasi. Sifat antiinflamasi yang dimiliki minyak zaitun cukup kuat.

Tubuh sangat memerlukan antiinflamasi ini karena peradangan kronis bisa memicu penyakit seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, Alzheimer, arthritis, kanker, dan sindrom metabolik.

Manfaat minyak zaitun yang telah terbukti ilmiah adalah mengurangi peradangan tersebut.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa minyak zaitun extra virgin terbukti efektif dalam mengatasi inflamasi serta menghambat peradangan.

Well, minyak zaitun memang sudah sangat terkenal memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh dan juga bagi kecantikan. Banyak yang sudah membuktikan sendiri manfaat dari penggunaan minyak zaitun ini.

Tidak heran jika minyak zaitun perasan pertama yang dijual di pasaran memiliki harga yang lumayan. Manfaatnya saja sangat banyak dan tidak ada yang merugikan bukan?

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, minyak satu ini digunakan untuk menambah kelezatan salad dan memang bagus untuk orang yang sedang dalam program diet. Mau coba?

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *