TrikMerawat Extraordinary Man!

Rahasia Cantik Alami dengan 7 Makanan Pencerah Kulit ini

4 min read

makanan pencerah kulit

Semua wanita ingin tampil cantik dan sempurna itu adalah hal yang sudah menjadi fitrahnya dalam kehidupan ini. Penampilan menjadi hal utama dan terpenting bagi kebanyakan wanita di muka bumi ini dari yang masih remaja hingga sudah memasuki usia senja.

Sebenarnya ada cara mudah dan murah untuk selalu cantik yaitu dengan rajin mengkonsumsi makanan pencerah kulit yang ada di sekitar kita. Jangan buru-buru berpikir bahwa untuk cantik itu butuh biaya mahal.

Rangkaian perawatan kecantikan yang dilakukan di klinik kecantikan memang tidak bisa dipungkiri akan memberikan pengaruh. Hanya saja selain membutuhkan uang yang tidak sedikit, kamu juga harus tahu resikonya.

Tidak semua jenis kulit cocok dengan perawatan berbiaya mahal tersebut terlebih jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Jadi mengapa tidak mencoba menggunakan resep alami dengan makanan pencerah kulit untuk membuat penampilan lebih bersinar?

Merawat kulit dengan menggunakan bahan alami tentunya akan jauh lebih aman dan murah jika dibandingkan dengan menggunakan obat kimia. Sebelum membahas tentang hal tersebut sebaiknya ketahui dulu apa saja keluhan gangguan kulit yang biasa dialami kaum wanita di Indonesia yang beriklim tropis ini.

Jenis Masalah Pada Kulit Wajah yang Sering Terjadi


Jerawat

Bisa dikatakan gangguan paling umum yang sering menimpa wanita dari usia remaja hingga dewasa adalah jerawat. Timbulnya jerawat seringkali membuat wanita yang mengalaminya menjadi krisis percaya diri.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Wajah

Jerawat bahkan bisa menimbulkan bekas luka dan sulit hilang sehingga mengganggu penampilan. Tapi tidak perlu khaatir karena ada makanan pencerah kulit sebagai solusinya.

Kulit Kering

Letak Indonesia secara geografis yang berada di wilayah tropis dan tidak jauh dari garis katulistiwa memang memiliki cuaca yang panas. Sehingga tidak mengherankan jika hal tersebut membawa dampak bagi kulit yaitu menjadi lebih mudah kering.

Baca Juga : Cara Merawat Kulit Kering

Kulit yang kering biasanya akan berwarna lebih kusam dan cepat keriput. Bila sudah seperti ini tentunya sangat tidak menguntungkan.

Flek Wajah

Kulit yang kering juga bisa membuat kulit wajah menjadi rawan terkena flek hitam meskipun itu bukan satu-satunya penyebab.

Hal lain yang bisa membuat kulit mengalami flek antara lain seperti pengaruh hormon, radiasi sinar UV matahari, pengaruh kosmetika yang tidak cocok dan juga polusi udara. Dengan rajin konsumsi makanan pencerah kulit masalah flek pada wajah bisa diatasi dengan aman.

Pori-pori Besar

Jika ukuran pori-pori pada kulit membesar itu artinya kamu harus mulai waspada dan melakukan perawatan. Membesarnya pori-pori disebabkan karena mulai menghilangnya kandungan kolagen pada kulit biasanya karena bertambahnya usia.

Pori-pori yang membesar juga akan mendatangkan masalah komedo pada kulit yang bisa mengganggu penampilan.

Bopeng

Di awal tadi sudah disinggung bahwa jerawat parah yang tumbuh di kulit wajah bisa saja meninggalkan bekas luka yang sulit hilang. Luka yang dimaksud biasa disebut dengan istilah bopeng atau semacam lubang yang ada di permukaan kulit.

Masalah bopeng bisa terjadi saat kita salah mengatasi jerawat dari awal sehingga justru menjadi semakin serius. Wanita manapun pasti tidak ingin kulit wajahnya menjadi penuh luka dan bopeng.

Nah, itulah beberapa masalah dan gangguan yang sering terjadi pada kulit wanita terutama yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Tentunya sebelum mengalami masalah kulit seperti yang disebutkan di atas melakukan tindakan pencegahan adalah hal yang terbaik dan perlu untuk segera dilakukan.

Mulai sekarang biasakan untuk rutin mengonsumsi makanan pencerah kulit yang akan membantumu tampil cantik alami.

Apa sajakah yang termasuk makanan untuk pencerah kulit yang dimaksud di atas? Temukan jawabannya di bawah ini.

7 Makanan untuk Mencerahkan Kulit


Ikan Salmon

Kalau mendengar orang menyebut ikan salmon mungkin yang terlintas di pikiran adalah makanan terbaik untuk anak-anak. Tapi nyatanya ikan salmon bukan hanya bagus untuk kecerdasan anak tetapi juga sangat baik untuk kulit orang dewasa.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Pria

Kandungan Omega-3 yang sangat tinggi pada salmon merupakan agen anti peradangan yang sangat baik untuk mencegah jerawat. Selain itu asam lemak esensialnya juga sangat bagus untuk melindungi kulit dari infeksi.

Tell me what you eat, and I will tell you what you are

Anthelme Brillat-Savarin

Biji Chia

Carilah biji chia atau chia sheed di supermarket terdekat dan gunakan sebagai makanan pencerah kulit yang wajib dikonsumsi. Seperti halnya ikan salmon, chia yang merupakan jenis tanamanan biji-bijian tersebut kaya akan Omega-3.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Bahkan jenis Omega-3 dari biji chia sangat ampuh dalam mencegah jerawat datang. Bukan hanya itu saja karena biji chia juga kaya akan kandungan kalsium, protein dan serat yang juga bagus untuk kesehatan secara umum.

Bijian Utuh (Whole Grain)

Jangan terkecoh bahwa karbohidrat hanya akan membuat gula darah naik dan menjadi gendut. Karbohidrat yang berasal dari bijian utuh justru bagus untuk perawatan kulit Anda.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa konsumsi karbo dari bijian utuh seperti gandum akan membantu Anda dalam mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan menjaga kestabilan kadar gula darah yang menyebabkan jerawat menjadi lebih cepat hilang dari kulit.

Teh Rooibos

Mungkin kamu masih asing mendengar istilah teh roiboos yang bisa diambil manfaatnya sebagai makanan pencerah kulit. Teh yang berasal dari Afrika Selatan ini memiliki fungsi memperbaiki sel jaringan pada kulit.

Tentunya sangat bagus untuk membantu masalah pada mereka yang mengalami kulit bopeng akibat jerawat. Senyawa polipenol yang ada dalam teh tersebut memiliki kemampuan memperbaiki kulit dalam waktu yang cukup singkat. Teh Roiboos juga merupakan agen UV filter yang akan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Kacang Arab (Chickpeas)

Ternyata makanan pencerah kulit bisa kamu dapatkan juga dari kacang arab. Anda pasti sering menemui dan makan kacang ini yang umum dijadikan sebagai suguhan saat orang pulang dari ibadah umrah atau haji.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Kering Kusam

Tahukah kamu bahwa dalam kacang arab terdapat kandungan senyawa Zinc yang tinggi dan bagus untuk kulit. Zinc akan melawan bakteri yang menempel di wajah yang bisa menyebabkan terjadinya jerawat.

Bayam dan Kale

Makanan favorit Popeye yaitu bayam juga merupakan jenis makanan untuk mencerahkan kulit. Bayam kaya akan kandungan vitamin A dimana fungsinya adalah sebagai agen pencerah kulit.

Tak ada yang akan menguntungkan kesehatan dan meningkatkan kesempatan hidup di bumi sebagaimana diet vegetarian

Albert Einstein

Vitamin A bekerja sama dengan zinc akan menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi bakteri. Dengan begitu kulit wajah akan terhindar dari serangan jerawat.

Konsumsi bayam bersama dengan jenis sayuran lainnya yaitu kale akan membantu kulit menjadi lebih lembut dan sehat. Itu disebabkan adanya beta karoten dalam sayuran hijau tersebut yang akan membuat penampilan kulit menjadi lebih cerah dan bersinar.

Kacang Brasil

Terakhir ada kacang brasil sebagai makanan pencerah kulit yang alami. Senyawa selenium yang ada di dalamnya akan berperan sebagai antioksidan yang ampuh untuk mengatasi iritasi dan peradangan yang terjadi pada kulit.

Kacang brasil merupakan salah satu contoh jenis makanan yang sangat baik untuk mencegah jerawat datang.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *