Cara Merawat Tubuh Pengembangan Diri

Insomnia? Coba 8 Cara ini Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Insomnia
Written by Josua Rifandy

Sebagian besar orang pasti ingin tidur lebih nyenyak setiap harinya. Namun beberapa orang seringkali mengalami masalah insomnia sehingga tanpa disadari menggnagu kualitas tidurnya setiap hari.

Jika dikaitkan, tentu saja ada hubungan antara kondisi sulit tidur dengan kualitas tidur seseorang. Selain mengganggu kualitas tidur, nyatanya kondisi tersebut juga mampu mempengaruhi kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan dari kondisi sulit tidur pada malam hari ini seperti diabetes, obesitas, dan juga tekanan darah tinggi. Sampai sekarang ini masih banyak orang yang kesulitan untuk menemukan cara mengatasi masalah gangguan tidur tersebut.

Nah, untuk mengetahui apa itu gangguan tidur dan bagaimana meningkatkan kualitas tidur. Simak ulasan berikut.

Mengenal Lebih Jauh tentang Gangguan Tidur Insomnia


Apa itu Gangguan Tidur?

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, insomnia merupakan sebuah kondisi dimana Anda merasa sulit untuk tidur nyenyak dan juga berkualitas.

Jika dibiarkan kondisi tersebut akan semakin kronis sehingga akan membuat Anda tidak bisa tidur sama sekali. Apabila seseorang mengalami kondisi seperti ini, umumnya mereka akan bangun tidur dengan keadaan lelah dan juga lemas.

Baca Juga : Aktivitas yang Menghilangkan Kalori

Perlu diketahui sebenarnya gangguan tidur memiliki dua tipe yakni tipe primer dan tipa sekunder. Jenis gangguan tidur primer biasanya muncul dengan sendirinya sehingga tidak terkait dengan jenis penyakit apapun.

Sedangkan untuk yang tipe sekunder menandakan bahwa gejala-gejala yang muncul merupakan akibat dari kondisi medis lainnya.

Info! Apabila insomnia tidak diobati, maka seseorang bisa kecanduan terhadap alkohol karena penderita cenderung mempercayai dengan minum alkohol mereka bisa tertidur.

Gejala Gangguan Tidur / Insomnia

Gejala yang umum dirasakan oleh mereka yang mengalami gangguan tidur ini yakni ditandai dengan kesulitan untuk tidur. Namun tahukah Anda bahwa selain itu masih ada beberapa gejala yang turut menyertainya.

Berikut ini beberapa gejala dari gangguan tidur yang tak banyak disadari, antara lain:

  • Kesulitan tidur pada malam hari
  • Sering terbangun tengah malam dan bangun sangat pagi
  • Sering mengantuk dan kelelahan pada siang hari
  • Bangun tidur dengan kondisi tubuh yang lelah dan lesu
  • Mudah marah dan juga gugup
  • Sering sakit kepala dan kepala merasa tegang
  • Rasa tertekan pada bagian perut dan usus

8 Tips yang wajib Anda Coba Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas


1. Konsumsi Buah Pisang

Tahukah Anda bahwa ternyata buah pisang dipercaya dapat mengatasi masalah gangguan tidur insomnia dengan efektif.

Beberapa studi menyebutkan bahwa buah pisang memiliki nutrisi dan juga vitamin yang dapat membuat suasana hati seseorang menjadi lebih tenang dan membuat pikiran menjadi lebih jernih.

Baca Juga : Cara Hidup Bahagia

Jika Anda ingin tidur yang lebih nyenyak dan juga berkualitas, maka ada baiknya mengkonsumsi buah pisang sebelum tidur.

Selain bisa mengenyangkan, tidur Anda pun akan semakin nyenyak. Tidak hanya itu saja, manfaat mengkonsumsi buah pisang sebelum tidur juga membuat kulit lebih kencang.

2. Matikan Lampu

Cara selanjutnya yang juga dipercaya cukup efektif mengatasi masalah gangguan tidur adalah dengan cara mematikan lampu saat tidur.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mematikan lampu ruangan ketika tidur merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan agar tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Perlu diketahui bahwa keberadaan cahaya buatan seperti cahaya lampu, TV dan juga gadget justru bisa membahayakan kesehatan.

Namun jika Anda tidur dalam kondisi kamar yang gelap, maka Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan lampu remang-remang pada kamar.

3. Jangan Gunakan Pakaian Ketat

Untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang bagus, maka sebaiknya untuk tidak menggunakan pakaian ketat ketika tidur.

Lalu mengapa harus menggunakan pakaian yang longgar? Perlu diketahui bahwa menggunakan pakaian yang longgar akan mampu membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Jadi bagi Anda yang seringkali mengalami masalah insomnia, pastikan untuk mencoba cara yang satu ini. Setelah ini Anda akan merasakan tidur lebih nyenyak dan juga enak. 

4. Semprot Aroma Lavender Pada Tempat Tidur

Untuk terbebas dari masalah gangguan tidur yang terkadang meresahkan, maka Anda bisa mencoba menyemprotkan aroma lavender pada bagian tempat tidur.

Namun sebelum menyemprotkan, pastikan bahwa tempat tidur Anda dalam kondisi yang bersih dan juga nyaman. Lalu mengapa harus menggunakan aroma lavender?

Seperti yang diketahui, aroma lavender merupakan aroma yang dipercaya dapat membuat tidur Anda semakin lebih nyaman dan terjaga. Namun perlu diingat sebelum melakukan aktivitas tidur, sebaiknya membuat pikiran lebih tenang dan jauhkan dari perasaan cemas atau khawatir.

Percaya pada diri Anda sendiri bahwa tidur Anda nanti akan lebih nyenyak dan juga berkualitas.

5. Buat Kondisi Kamar Nyaman

Biasanya salah satu penyebab mengapa seseorang sulit untuk tidur nyenyak atau insomnia adalah kondisi kamar yang tidak nyaman. Oleh karenanya penting sekali membuat kamar Anda menjadi lebih nyaman untuk tidur.

Lingkungan yang gelap, tenang dan juga sejuk nyatanya dipercaya dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.

Baca Juga : Kenyataan yang Harus Kamu Ketahui di Umur 25 Tahun

Dengan membuat kamar menjadi gelap, secara tidak langsung memberikan sinyal pada otak untuk tidur. Selain itu pastikan juga untuk tidur dengan kasur dan juga bantal yang nyaman.

Kasur yang kurang nyaman biasanya sudah dipakai kurang lebih sekitar 10 tahun. Perlu diingat bahwa jika Anda tidur dengan pasangan, pastikan untuk mendapatkan ruang cukup untuk tidur.

6. Batasi Waktu Tidur Siang

Banyak orang yang mengatakan bahwa tidur siang yang terlalu lama dapat mengganggu tidur malam Anda, terutama untuk Anda yang seringkali mengalami insomnia atau kualitas yang buruk pada malam hari.

Jika memang terpaksa Anda ingin tidur siang, maka sebaiknya untuk membatasinya sekitar 10 sampai 30 menit saja.

Jika Anda takut tidur berlebihan pada siang haru, maka sebaiknya Anda memasang alarm.. Hal yang satu ini memang perlu dilakukan agar pada malam hari Anda bisa merasakan mengantuk dan akhirnya bisa tidur lebih leluasa dan berkualitas.

Sebuah penelitian pernah menyebutkan orang yang menderita insomnia kebanyakan memiliki sejarah keluarga dengan gangguan tidur yang sama

7. Lakukan Olahraga Teratur

Tahukah Anda bahwa melakukan olahraga secara teratur terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Namun meski begitu, Anda juga perlu memperhatikan jadwal olahraga Anda.

Sebaiknya jangan melakukan olahraga berat menjelang waktu tidur karena hal tersebut dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Stres

Seperti yang diketahui, olahraga berat ternyata dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon stres sehingga membuat tubuh tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan olahraga 3 jam sebelum waktu tidur atau Anda bisa melakukannya pada pagi hari.

8. Jangan Konsumsi Kafein Sore Hari

Satu lagi tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah insomnia adalah  dengan menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Mengapa hal tersebut tidak diperbolehkan?

Perlu diketahui bahwa minum kafein di sore hari dapat membuat Anda tidak merasa mengantuk pada malam harinya. Hal tersebut karena efek dari kafein yang bisa bertahan hingga 9-12 jam.

Oleh karenanya, agar Anda terbebas dari berbagai masalah gangguan tidur, pastikan untuk mencoba cara yang satu ini. Jadikan kualitas tidur Anda semakin terjaga setiap harinya.

Demikian sedikit ulasan terkait insomnia dan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah gangguan tidur yang sangat mengganggu usahakan untuk mencoba beberapa cara yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment