Cara Merawat Hewan Ikan

Inilah Jenis-Jenis Ikan Nila Merah Beserta Cara Budidayanya

ikan nila merah
Written by Josua Rifandy

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan Nila merah? Sebagian dari Anda, apalagi yang suka memelihara ikan tentu sudah tidak asing dengan jenis ikan yang satu ini.

Seperti yang diketahui Ikan Nila  memang menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia karena lebih cepat besar. Selain itu harganya di pasaran juga relatif lebih mahal.

Nah, dari banyaknya jenis ikan Nila yang ada di pasaran, ikan jenis Nila merah memang sangat populer. Selain memiliki banyak keunggulan yang sudah disebutkan di atas, ikan ini juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis-jenis Nila merah beserta budidaya nya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Jenis Ikan Nila Merah Beserta Kelebihannya


Ikan Nila Merah Nifi

Untuk jenis Nila merah yang pertama adalah Nila merah Nifi yang mana merupakan hasil persilangan antara ikan jantan lokal dengan betina luar negeri.

Salah satu ciri utama jenis Nila ini yaitu memiliki warna campuran antara kemerahan, putih dan sedikit kuning pada bagian badannya. Saat ini Nila merah Nifi ini di klaim menjadi salah satu jenis ikan nila yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Cara Memelihara Ikan Discus

Tentu saja ada alasan mengapa banyak orang yang suka dengan ikan ini. Selain untuk dipelihara dalam aquarium, ikan ini juga sering dikonsumsi. Ada banyak sekali kandungan vitamin di dalam ikan Nila jenis ini yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain modal yang tidak terlalu Besar, Bisnis Ikan Nila merupakan salah satu bisnis yang masih longgar, artinya belum banyak saingan

Ikan Nila Merah Gift

Jenis Nila merah selanjutnya yang juga tidak kalah populer adalah Nila merah Gift. Untuk ikan yang satu ini, mungkin sebagian dari Anda masih cukup asing, bukan?

Perlu diketahui Nila merah Gift ini merupakan salah satu jenis ikan Nila yang merupakan hasil dari persilangan 8 varietas Nila dari 8 negara. 8 Negara yang di sini yakni Ghana, Singapore, Israel, Thailand, Kenya, Mesir, Senegal dan Taiwan.

Untuk nama Gift sendiri merupakan kependekan dari Genetic Improvement of Farmed Tilapia. Banyak orang mengatakan bahwa ikan Nila Gift ini pertama kali datang ke Indonesia yakni pada tahun 1994.

Pada waktu itu didatangkan langsung Nila Gift generasi ke empat. Lalu apa saja kelebihan Ikan Nila Gift ini? Berikut akan disajikan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ikan Nila jenis Gift yaitu:

  1. Ikan Nila Gift di klaim lebih tahan terhadap penyakit dari pada jenis ikan Nila lokal.
  2. Waktu produktif jenis Nila merah sendiri yaitu 1,5 – 2 tahun.
  3. Bagi yang ingin memeliharanya bisa panen setelah berumur 5 sampai dengan 6 bulan.
  4. Ikan jenis ini lebih toleransi dengan kadar salinitas yang tinggi. Semakin tinggi salinitas nya maka kadar garamnya juga semakin tinggi.

Ikan Nila Merah Larasati

Jika dilihat dari namanya memang terdengar tidak asing, bukan? Nah, seperti yang diketahui, bahwa Nila ini merupakan salah satu jenis Nila Merah yang di kembangkan di daerah Klaten Jawa Tengah.

Ikan ini sendiri adalah hasil dari perkawinan antara ikan Nila pandu jantan dengan ikan Nila kunti betina.

Pertama kali disahkannya ikan ini yakni pada tahun 2009, Nila Larasati ini memang cukup menyita perhatian. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ikan ini memiliki daya tahan hidup sekitar 90 persen dan juga dianggap lebih cepat tumbuh.

Selain itu ikan ini juga dianggap memiliki food conversion ratio yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis ikan Nila lokal.

Ikan Nila merah NILASA

Jenis ikan Nila yang juga tidak kalah populer adalah Ikan NILASA. Perlu diketahui, ikan ini merupakan hasil dari pemuliaan ikan yang dilakukan oleh BPTKP atau Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan daerah Yogyakarta.

Baca Juga : Mengenal Tentang Ikan Botia

Nila merah ini sendiri dihasilkan dari persilangan antara ikan Nila Citralada, Filipin, Singapur dan juga Nifi. Untuk nama Nilasa Sendiri berasal dari kata Nila Satria.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk membudidayakan jenis Nila merah, ikan Nilasa bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. mengapa? Ada banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh jenis ikan ini, yaitu:

  • Mudah tumbuh
  • Tingkatan tetas telur yang cenderung tinggi
  • Hemat pakan
  • Jumlah telur yang banyak
  • Mudah beradaptasi atau toleran terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem

Tahapan Budidaya Ikan Nila Merah yang Tepat


Menyiapkan Kolam

Hal pertama ketika Anda berencana untuk memelihara ikan adalah dengan menyiapkan atau membuat kolamnya. Nah, bagi Anda yang minim bujet bisa memilih menggunakan kolam dari terpal karena dianggap lebih murah dan praktis.

Jika Anda berencana untuk membuat kola terpal maka disarankan untuk membuat bentuk persegi panjang.

Sedangkan untuk ukurannya sendiri baik panjang atau lebar bisa menyesuaikannya dengan jumlah benih ikan yang akan Anda beli. Semakin banyak benih yang ingin Anda beli, maka ukuran kolamnya juga semakin besar.

Tahukah Kamu? Untuk Saat ini (tahun 2020) harga Ikan nila Merah sekitar Rp.25.000 per kilo)

Membeli Benih

Tahapan selanjutnya setelah menyiapkan kolam ikan adalah dengan membeli benih ikan Nila merah. Dalam pemilihan benih, sebaiknya jangan dilakukan secara sebarangan dan pastikan bahwa benih tersebut benar-benar unggul.

Jika Anda bingung, sebaiknya untuk memilih benih yang memiliki pergerakan yang aktif dan juga lincah.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Arwana

Selain itu Anda juga perlu melihat kondisi fisik dari benih tersebut, perhatikan apakah memiliki cacat atau tidak. Lalu mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Seperti yang diketahui bibit yang unggul menjadi salah satu kunci utama hasil panen yang didapatkan nantinya melimpah.

Pengisian Air Kolam

Tahukah Anda bahwa dalam pengisian air kolam terdapat aturan yang perlu diterapkan. Umumnya kondisi ideal atau ketinggian air pada kolom yaitu berkisar 100 sampai dengan 120 cm.

Selain itu tingkat keasaman air kolam juga perlu diperhatikan yang mana telah disesuaikan dengan habitat dari ikan Nila itu sendiri.. Untuk tingkat keasaman habitat ikan Nila sendiri yaitu sekitar 7 sampai dengan 8 Ph.

Satu lagi, pastikan juga untuk memperhatikan kondisi suhu air dalam kolam. Sebaiknya suhu air dalam kola sekitar 25 sampai 30 derajat celcius agar ikan merasa nyaman di dalam kolam.

Penyebaran Benih

Selanjutnya yaitu tahapan penyebaran benih ikan Nila merah yang sudah dibeli sebelumnya. Sebelum disebar ke dalam kolam renang terpal, sebaiknya terlebih dahulu siapkan pakan alami untuk benih.

Pakan alami yang dimaksud di sini yaitu mikro organisme yang sudah dikembangkan sebelumnya di dasar kolam. Setelah mikro organisme tumbuh, maka barulah benih di masukkan ke dalam kolam.

Setelah melakukan beberapa tahapan di atas, maka selanjutnya memasuki tahapan perawatan. Perawatan yang perlu Anda lakukan yaitu memberikan pakan secara teratur serta jangan lupa untuk mengganti air kolam secara berkala.

Demikian tadi ulasan singkat tentang jenis-jenis ikan Nila merah yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Hampir sama dengan jenis Nila pada umumnya, untuk membudidayakan Nila merah sangatlah mudah.

Pastikan untuk mengikuti beberapa tahapan yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment