Cara Merawat Tubuh Pengembangan Diri

7 Tips Hilangkan Stres dengan Mudah

hilangkan stres
Written by Josua Rifandy

Stres bisa menghampiri siapa saja. Baik orang tua, anak muda, cowok, cewek, di sekolah maupun tempat kerja. Setiap orang punya masalah, baik itu masalah dalam rumah tangga, pekerjaan, pertemanan maupun percintaan.

Ada orang yang bisa hilangkan stres yang diakibatkan dari masalah-masalah tersebut, namun ada juga yang merasa stres karena tidak bisa mengatasi masalah yang ada.

Cara Hilangkan Stres


Mencari Udara Segar

Saat Anda dilanda stres maka langkah awal yang harus segera Anda lakukan adalah meninggalkan ruangan dan melepaskan kepenatan Anda sejenak untuk mencari udara segar seketika itu pula.

Hal itu bisa membuat Anda tenang dan menghindarkan Anda dari tekanan permasalahan yang mampu mengguncang kestabilan mental dan jiwa.

Temukan tempat dengan udara yang segar dan memiliki pemandangan indah untuk hilangkan stres. Saat pagi hari cobalah berjalan-jalan dan temukan tempat yang sejuk serta memiliki pemandangan indah namun terdapat sinar matahari pagi.

Sinar matahari pagi akan membantu meningkatkan produksi vitamin D yang berdampak meningkatkan produksi hormon Serotonin. Hormon yang dikenal sebagai hormon bahagia ini bisa menaikkan mood Anda.

Tahukah Kamu? Ketika kamu mengalami stres berat, pupil mata kamu akan melebar

Relaksasi Diri dengan Berendam

Cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan air. Sudah sejak lama diyakini bahwa air memiliki efek yang sangat baik untuk penyembuhan maupun penenangan diri. Saat seseorang berada dalam air, pikiran akan merasa tenang dan tubuh juga merasa sangat nyaman.

Selain itu efek air sendiri memang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh sehingga bisa hilangkan stres. Lakukan mandi atau berendam dengan air hangat di bathub.

Baca juga : Bahaya Tidak Buang Air Besar, Harus Kamu Ketahui

Jika tidak ada maka lakukan mandi dengan air hangat dan guyur dengan air secara perlahan sembari nikmati setiap basuhan air di tubuh Anda. Rasakan kenyamanan tersebut sehingga Anda terlupa dari berbagai kepenatan masalah Anda.

Mempercantik Kebun

Jika Anda memiliki kebun kecil di halaman rumah, cara ini bisa Anda coba. Berkebun selain dilakukan untuk mengisi waktu luang juga bisa untuk mempercantik rumah serta menjadi tempat Anda mengusir stres.

Saat berkebun, fokuslah pada kegiatan tersebut sehingga masalah yang menjadi beban pikiran Anda bisa teralihkan dengan bunga-bunga yang sedang Anda rawat.

Apalagi jika Anda mencoba untuk merawat bunga dari masih tunas hingga menjadi tanaman dewasa. Hal ini akan membuat Anda fokus pada perkembangan tanaman tersebut.

Saat tanaman Anda tumbuh cantik akan ada kepuasan yang Anda rasakan sehingga cara ini cocok untuk hilangkan stres dengan mudah.

Mencari Teman Curhat                          

Penyebab stres umumnya terjadi karena pikiran terbebani dengan masalah yang dihadapi. Semakin besar masalah yang ditanggung semakin besar pula peluang Anda untuk merasakan stres.

Disinilah peran teman untuk berbagi dan cerita seputar permasalahan memiliki dampak yang signifikan dalam mengatasi stres.

Baca Juga : Kamu Harus Baca! 14 Aktivitas yang Menghilangkan Kalor

Orang yang tertutup memiliki presentasi lebih besar mengalami stres dari orang yang membuka diri, sering berbicara dan berbagi permasalahan dengan orang lain.

Selain itu berbagi cerita atau curhat dengan teman mungkin akan memberikan Anda solusi dari permasalahan tersebut. Meskipun tidak ada solusi minimal beban Anda sedikit berkurang dan terbagi.

Berolahraga

Cara hilangkan stres berikutnya adalah dengan berolahraga. Olahraga menjadi sumber pelarian yang baik saat sedang stres. Dengan olahraga, seluruh anggota badan Anda akan aktif.

Dengan olahraga otak pun akan berkoordinasi dengan gerakan tubuh. Sumber stres Anda pun akan hilang dari pikiran. Tentu saja lakukan olahraga yang sudah menjadi kegemaran Anda ya,

Minum Air Putih

Tak jarang saat stres, ada perasaan meluap-luap yang bikin Anda mau marah. Minum air putih yang banyak tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi baik pula untuk meredakan stres dan kepenatan Anda.

Baca Juga : Dampak Buruk Sering Begadang Harus Kamu Tahu

Anda akan merasa lebih tenang dan segar di otak sehingga cara ini juga salah satu cara hilangkan stres. Stres adalah sesuatu yang tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dampak yang diakibatkan dari stres ini cukup besar terutama bagi kesehatan. Jika stres Anda pelihara banyak penyakit yang mengintai tubuh Anda.

Dampak Stres Berkepanjangan


Sering lupa dan sulit berkonsentrasi

Stres kronis dapat membuat seseorang menjadi mudah lupa. Hal ini karena stres kronis dapat mengubah struktur sel saraf yang terhubung dengan otak, sehingga menyebabkan seseorang menjadi sering lupa atau gangguan dalam mengingat nama atau arah.

Hal ini terjadi karena hormon yang dilepaskan ketika seseorang sedang mengalami stres akan menekan memori jangka pendeknya. Namun, tidak perlu khawatir efek lupa ini pada umumnya berlangsung hanya sementara saja.

Selain itu, stres juga akan mengganggu konsentrasi seseorang dan membuat seseorang menjadi tidak fokus.

Baca Juga : Cara Hidup Bahagia

Ini disebabkan karena seseorang yang mengalami stres memiliki banyak pikiran di otaknya, sehingga dia tidak bisa berkonsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan.

Salah satu cara mudah hilangkan stres dan untuk mengoptimalkan kembali kinerja otak yakni dengan mendengarkan alunan murrotal.

Banyak Sekali dampak negatif dari stres, seperti rambut rontok, berpengaruh negatif pada kesehatan kulit, menambah jerawat, hingga berpengaruh pada gula darah

Gangguan pencernaan

Banyaknya beban mental dan pikiran yang menyelimuti otak adalah alasan stres muncul. Namun, tidak hanya otak saja yang bisa merasakannya tapi organ lainnya seperti perut juga bisa merasakan efeknya.

Bagi sebagian orang yang sensitif, nyeri perut seperti mulas atau mual akan muncul ketika seseorang merasa gelisah, gugup, takut, atau sedih.

Tidak hanya itu, stres juga dapat mengganggu pola makan seseorang sehingga berpengaruh terhadap organ dalam perut seperti terkena penyakit maag.

Seseorang yang mengalami stres ringan biasanya nafsu makan menjadi besar, sehingga dia akan makan dalam porsi yang sangat banyak.

Hal ini tentu saja berpengaruh pada berat badan yang akan terus bertambah. Namun ada juga yang sebaliknya, apabila seseorang mengalami stres berat, nafsu makan menjadi hilang. Tidak menutup kemungkinan sakit maag akan menyerangnya.

Insomnia

Salah satu cara menghindari atau hilangkan stres adalah dengan tidur. Ketika seseorang tidur, akan terjadi proses perbaikan dalam tubuh dan pembuangan racun yang ada dalam tubuh, sehingga ketika terbangun tubuh menjadi bugar kembali dan badan akan menjadi segar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Insomnia

Namun, hal demikian tidak bisa didapat oleh seseorang yang terkena insomnia. Insomnia merupakan gejala gangguan pada pola tidur seseorang.

Rupanya insomnia tidak hanya sebatas gejala kesulitan seseorang untuk tertidur, tapi bisa saja seseorang tidur hanya sebentar dan tidak nyenyak, sehingga berpengaruh pada kondisi tubuh ketika bangun.

Akibatnya, badan menjadi lelah dan kurang segar. Insomnia yang diakibatkan stres dapat membuat seseorang mengalami hipertensi, kelainan jantung dan penyakit kencing manis.

Insomnia bisa diatasi dengan cara melakukan yoga, atau cara sederhana yakni dengan mengompres kepala dengan air dingin.

Well, sedikit tips untuk hilangkan stres di atas semoga bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah stres yang memang agak susah diatasi.

Namun, jika ada niat dan Anda bisa mengendalikan emosi pada diri Anda tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan termasuk menghilangkan stres.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

2 Comments

Leave a Comment