Cara Merawat Tubuh Pengembangan Diri

Ingin Hidup Bahagia dan Bermakna? Temukan Rahasianya di sini

hidup bahagia
Written by Josua Rifandy

Hidup bahagia, siapa yang tidak menginginkannya? Pasti setiap manusia yang hidup di dunia ini mengharapkan kebahagiaan dalam hidupnya, sebelum akhirnya meninggalkan dunia.

Tak sedikit orang yang hanya menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna, menghabiskan uang hanya untuk berfoya-foya, dan akhirnya mereka menyesal.

Memang setiap orang pasti memiliki permasalahan dalam hidupnya. Itu adalah hal yang wajar. Namun, jangan karena hal itu, Anda menjadikan hidup Anda semakin terpuruk dan tiada arti.

Anda adalah sosok yang harus Anda bahagiakan dan nomor satukan. Lalu bagaimana cara membuat hidup Anda bahagia dan bermakna? Simak rahasianya di bawah ini.

Mengintip Konsep IKIGAI, Konsep Hidup Bahagia Orang Jepang


Apa Itu Ikigai?

Semua tahu bahwa Jepang merupakan negara yang memiliki teknologi dan kedisiplinan yang tinggi. Di samping itu, negara ini ternyata juga cukup populer dengan jumlah lansia yang cukup banyak.

Hal itulah yang membuat seorang penulis buku “Blue Zones: Lessons on Living Longer from the People Who’ve Lived The Longest” yakni Dan buetnerr melakukan penelitian.

Hasil penelitian mengatakan bahwa ternyata penduduk Jepang memiliki cara sendiri untuk membuat mereka bahagia. Konsep hidup bahagia yang mereka pegang adalah IKIGAI.

Ikigai adalah suatu konsep yang berarti “Apa alasan Anda  bangun di pagi hari?”. Inilah mengapa mereka bisa memiliki umur yang panjang. Konsep bahagia yang sederhana ini ternyata berpengaruh besar.

Konsep Dalam IKIGAI

Dalam IKIGAI, terdapat konsep dasar yang mungkin sering dilupakan oleh banyak orang. Konsep-konsep tersebut antara lain “Apa yang menjadi minat Anda”, “Apa yang menjadi kekuatan dan kelebihan Anda”, “Bagaimana pekerjaan Anda” dan, “Apa misi Anda”.

Baca Juga : Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Usia 25 Tahun

Ketika seseorang sudah tahu betul mengenai jawaban dari pertanyaan itu, itu berarti mereka sudah menemukan Ikigai nya.

Melihat konsep Ikigai itu, Anda mungkin berpikir apakah hidup hanya untuk beristirahat mencari kesenangan diri dan berhenti bekerja. Bukan seperti itu, Ikigai tidak memang melulu dengan diri, namun bukan berarti Anda harus menghentikan aktivitas Anda.

Lakukan hal kecil untuk membuat Anda bahagia di sela-sela kerja. Jika Ikigai Anda adalah memancing, luangkan waktu sejenak untuk memancing.

5 Rahasia Hidup Bahagia dan Bermakna


Jujur Kepada Diri Sendiri

Satu hal yang tidak semua orang bisa melakukannya adalah jujur. Jujur itu kata yang mudah untuk diucapkan, namun nyatanya tidak semua bisa melakukannya.

Padahal, jujur adalah rahasia yang cukup ampuh untuk membuat Anda bahagia. Pikiran tidak akan terbebani, hati tak bergejolak, dan perasaan pun menjadi lebih tenang.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Rasa Stres

Bayangkan jika Anda tidak jujur kepada diri sendiri, hidup Anda seakan hanya berjalan datar. Anda selalu mengelak dari kenyataan diri Anda.

Anda tidak mau menerima diri sendiri dan selalu membohongi diri sendiri dan orang lain. Tentu, hidup Anda akan terasa sesak dan seakan semuanya hanya dilakukan untuk formalitas saja untuk mendapatkan pujian dan nama dari orang lain.

Sudah Saatnya Kamu tidak Main-Main dengan Finansial Kamu

Jangan Menyimpan Sebuah Penyesalan

Yang terjadi biarlah terjadi, ini adalah kalimat yang seharusnya Anda tekankan dalam hidup Anda. Hidup akan terus berlanjut meski Anda telah menghadapi banyak masalah yang membuat Anda seakan menyesal dan bertanya mengapa dan mengapa.

Padahal, penyesalan hanya akan menghentikan semua yang perlu diperjuangkan di masa depan. Alhasil Anda tidak akan menikmati hidup bahagia.

Lupakan masalah Anda di masa lalu, dan berhentilah menyesali apa yang sudah terjadi. Jangan selalu memendam rasa kecewa, menyesal dalam diri, Anda lah yang akan semakin dirugikan. Anda akan menjadi pribadi yang apatis dan tidak mau peduli dengan lingkungan Anda.

Sebaliknya, masalah di masa lalu dapat membuat Anda semakin kuat dalam menjalani hidup dan tahu titik bahagia Anda di mana. Mulailah untuk melakukan hal-hal baru yang dapat membuat Anda melupakan masalah Anda.

Tetaplah percaya diri bahwa Anda akan bisa menaklukan rasa takut dalam diri Anda di masa depan dan akan merasakan hidup bahagia.

Tumbuhkan Rasa Cinta

Beberapa orang mungkin hanya ingin dicintai oleh orang-orang di sekitarnya. Padahal kebahagiaan yang sebenarnya adalah di mana Anda dapat mencintai dan dicintai.

Tak apa jika ada orang yang membenci. Cintailah mereka, maka mereka akan mencintai Anda juga. Cinta seakan menjadi kunci hidup bahagia dan kebermaknaan dalam hidup. Tanpa cinta, hidup akan terasa sempit.

Oleh karenanya, tumbuhkan rasa mencintai sesama dalam diri Anda. Siapa pun itu, buatlah mereka nyaman berada di sisi Anda sehingga Anda sendiri pun akan merasa nyaman.

Kurangi membicarakan keburukan orang lain atau bahkan menghapus kebiasaan itu dalam hidup Anda. Jika hidup ini dijalani dengan penuh cinta, kebahagiaan pun akan datang dalam hidup Anda saat ini dan di masa depan.

Nikmati Waktu Anda Setiap Saat

Rahasia selanjutnya adalah menikmati waktu setiap saat, kapan pun dan di mana pun. Bahagia itu simpel sebenarnya, Anda hanya perlu menikmati apa yang sekarang Anda lakukan.

Jangan buat itu menjadi beban hidup. Buatlah semua yang Anda kerjakan seakan ringan sehingga pikiran Anda pun tidak akan mudah stress.

Menikmati waktu bisa Anda lakukan dengan selalu mensyukuri apa yang Anda jalani saat ini. Fokuskan diri pada tujuan Anda. Jangan membuat situasi di sekitar Anda menjadi hal yang sulit Anda untuk terima.

Baca Juga : Tipe Teman yang Berkarakter Buruk

Jalani dan nikmatilah dulu, cobalah bersosialisasi dengan lingkungan di sekitar Anda, sehingga Anda tidak akan merasa sendiri.

Biasanya, orang merasa tidak bahagia karena mereka terlalu berpikir serius terhadap apa yang mereka jalani sehingga hidup seakan tegang. Padahal, membuat diri tertawa, tersenyum itu perlu, apalagi orang-orang di sekitar juga ikut bahagia. Tentu, hidup akan semakin berwarna.

Jangan Suka Membandingkan dirimu dengan orang lain

Lebih Banyak Memberi daripada Meminta

Tentu Anda pernah mendengar istilah “tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah”. Istilah ini tidak hanya berisi nasihat, melainkan ada maksud terselubung lainnya.

Maksud tersebut adalah agar hidup bahagia. Dengan memberi, Anda akan merasa hidup Anda lebih bermanfaat untuk orang lain. Anda pun bisa meringankan beban orang lain.

Memberi bukan berarti Anda harus memberi dalam jumlah yang banyak seperti uang dan barang mahal. Seberapa pun yang Anda beri, pasti akan bermanfaat untuk orang lain.

Itu pun tidak harus berupa material, Anda bisa memberikan jasa Anda kepada orang lain ketika mereka membutuhkan bantuan Anda, seperti mengajarkan suatu ilmu pengetahuan misalnya.

Baca Juga : 14 Aktivitas yang Dapat Mengurangi Kalori

Jangan takut jika harta Anda berkurang. Niatkan semua untuk beribadah, sehingga apa yang Anda lakukan akan memberi faedah untuk orang lain dan Anda sendiri.

Di samping itu, Anda juga akan merasa lebih bahagia dibandingkan sebelumnya. Dalam hidup ini, setiap orang memiliki konsekuensi yang harus dihadapi. Ada konsekuensi yang baik dan buruk. Konsekuensi yang baik biasanya muncul dari hal-hal yang baik.

Oleh karena itu, lakukan hal-hal yang positif sehingga Anda akan hidup bahagia dan lebih menikmati kehidupan Anda di dunia. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment