Cara Merawat Hewan

8 Trik Merawat Hamster Roborovski yang Benar untuk Pemula

hamster roborovski
Written by Josua Rifandy

Memiliki hewan peliharaan di rumah sudah menjadi impian bagi sebagian orang. Tak jarang, mereka menjadikan peliharaan sebagai teman mengobrol dan menghabiskan waktu santai di sore hari. Salah satu hewan peliharaan yang sering dipilih adalah Hamster Roborovski. Menyinggung soal hewan peliharaan, bagaimana cara merawat roborovski dengan benar untuk pemula?

Cara Merawat Hamster Roborovski


Di bawah ini merupakan beberapa langkah yang perlu ditempuh untuk merawat hamster kerdil roborovski.

1. Membeli Hamster Kerdil Roborovski

Pilihlah hamster dengan usia muda, yakni berkisar antara 4 sampai 6 minggu. Tujuannya agar memudahkan roborovski dalam beradaptasi dengan pemilik baru, pun lingkungan sekitarnya. Selain faktor usia, beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat akan membeli roborovski adalah:

  • Berukuran kurang dari 5 cm.
  • Memiliki fisik yang sehat.
  • Bentuk tubuh bulat dan memiliki gerakan aktif, lincah, dan waspada.
  • Mempunyai mata yang jernih, telinga tegak, dan bulunya kering.

Perlu diketahui, hamster yang memiliki bulu basah di sekitar area bokongnya menandakan mereka mempunyai gejala penyakit wet tail atau ekor basah.

Baca Juga : 5 Trik Cara Merawat Hamster Campbell yang Baik dan Benar

2. Persiapan Kandang Hamster

Persiapan Kandang Hamster
(Sumber: Bukalapak.com)

Ukuran ideal bagi anakan hamster adalah 1 meter persegi. Pemilik hewan peliharaan bisa memilih untuk membelinya maupun membuatnya sendiri. Apabila kandang dibuat dalam bentuk jeruji, disarankan untuk membuat celahnya lebih rapat agar hamster nantinya tidak kabur atau terjepit. Sebagai alternatif, penggunaan akuarium dengan volume 75 liter bisa dicoba. Namun, pastikan untuk membuat tutupnya bercelah agar ventilasi udara di dalam kandang tetap lancar.

Berbeda dari spesies hamster lainnya, roborovski cukup pandai hidup berpasangan. Meski begitu, tetap siapkan kandang secara terpisah, jika ingin mengadopsi lebih dari 1 hamster, untuk berjaga-jaga seandainya nanti hamster-hamster itu tidak akur.

Pastikan juga untuk tidak mencampur roborovski dengan jenis hamster lainnya. Mengingat sifat asli keduanya yang akan berkelahi demi mempertahankan teritorinya.

3. Peletakan Alas Kandang

Dalam habitat aslinya, roborovski gemar menggali dan bersembunyi di dalamnya. Untuk itu, pastikan menaruh lebih banyak alas di dalam kandang. Ketebalan alas yang dianjurkan adalah 10-12 cm.

Jenis alas yang paling tepat untuk hamster adalah serat selulosa putih karena memiliki tekstur lembut. Apabila pemilik lebih menyukai alas serutan kayu, jangan pernah gunakan pohon cedar atau pinus karena keduanya mengandung minyak-minyak berbahaya yang dapat mengancam kesehatan hamster.

Hindari pula alas dengan serabut panjang. Dikutip dari ungkapan Pippa Elliott, seorang dokter bedah hewan di Royal College, alas sintetis berserabut panjang sangatlah lengket dan dimungkinkan akan menjerat kaki hamster. Selain itu, bahan ini juga diperkirakan akan mengganggu sirkulasi darah ke anggota tubuh roborovski.

4. Kotak Pasir

Kotak pasir akan digunakan sebagai tempat buang air bagi hamster. Letakkan kotak ini dipojok kandang agar bau kotoran tidak terlalu menyengat hingga ke area bermain hamster.

Baca Juga : Tips Cara Merawat Hamster Hamil Sampai Melahirkan

5. Sediakan Pakan dan Minum

Sediakan Pakan dan Minum
(Sumber: Blog.elevenia.co.id)

Pakan utama roborovski terdiri dari makanan yang sehat dan rodent chow, seperti vitakraft atau hazel hamster. Namun perlu diingat, pakan sejenis vitakraft tidak mengandung protein yang cukup bagi roborovski. Untuk alasan tersebut, pemelihara perlu memberi hamster makanan pendamping seperti telur dan makanan berprotein lainnya.

Dalam sehari, hamster harus diberi pakan sekitar 1,5 sendok teh blok atau pelet. Pun dengan buah-buahan dan sayuran segar seperti wortel, bayam, selada, dan apel. Tambahkan juga campuran biji-bijian meliputi padi, pelet, sayuran kering, dan biji-bijian sebagai pelengkap makanan utama.

Selain pakan, pemilik diharusnya untuk menyediakan minuman segar setiap hari dengan botol minum dan sedotan yang bisa ditempelkan dalam posisi rendah di kandang, sehingga roborovski yang notabene merupakan hamster kerdil dapat mencapainya. Ganti air minum secara rutin guna menghindari perkembangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

6. Tambahkan Mainan Khusus

Jenis mainan yang dianjurkan untuk diadakan dalam kandang adalah roda kecil. Pastikan untuk memilih roda dengan permukaan solid, mengingat roda berkawat berpotensi tinggi melukai kaki hamster.

Ketika hamster berada di dalam roda, punggungnya tidak boleh membengkok ke belakang. Kondisi seperti itu hanya akan menimbulkan masalah baru pada punggungnya. Membiarkan roborovski berolahraga menggunakan roda setiap hari memang perlu dilakukan, namun sebaiknya pemilik mengeluarkannya dari kandang bila sedang tidak bisa mengawasinya. Sehingga resiko timbulnya cedera dapat diminimalisir.

Selain roda, mainan yang ramah digunakan roborovski adalah lorong, tabung, gulungan tisu toilet, tempat persembunyian, jembatan, dan kayu khusus untuk digigit. Apapun jenis mainannya, pastikan untuk menghindari mainan dengan bahan utama plastik, sebab hal tersebut dapat menyebabkan roborovski tersedak.

Jangan pula memilih mainan yang terbuat dari busa empuk. Roborovski dimungkinkan akan menyimpannya di dalam mulutnya untuk kemudian ia ubah menjadi sarang. Akan tetapi, material berbusa bisa menyebabkan hamster tersedak dan membahayakan sistem tubuhnya. Sebagai alternatif, gantilah mainan tersebut dengan tisu toilet.

Usahakan untuk mengganti mainan di dalam kandang secara rutin setiap beberapa sekali. Metode ini diyakini akan membantu mempertahankan ketertarikan roborovski terhadap mainan tersebut.

Baca Juga : Agar Tumbuh Sehat, Ikuti 6 Cara Merawat Marmut Berikut Ini

7. Pertimbangkan Pembelian Mainan Pengayaan

Pertimbangkan Pembelian Mainan Pengayaan
(Sumber: Firsthamster.com)

Disamping pemberian mainan untuk latihan fisik, pemilik juga bisa mempertimbangkan pengadaan mainan pengayaan yang dapat dimainkan di luar kandang. Pada dasarnya, roborovski merupakan hewan yang penuh dengan rasa ingin tahu, dan mereka cenderung akan memanfaatkan kesempatan, bila ada, untuk melarikan diri dari dalam kandangnya, kemudian menjelajahi dunia di luar habitat aslinya.

Adapun beberapa jenis mainan pengayaan ramah hamster kerdil adalah:

a. Exercise Ball

Mempertimbangkan pembelian exercise ball bisa jadi cara terbaik untuk membiarkan roborovski bebas bermain di sekitar rumah tanpa perlu merasa takut akan cedera ataupun kabur. Apabila rumah pemilik bertingkat, pastikan untuk meletakkan bola pada permukaan lantai yang dasar demi menghindari bola beserta roborovski jatuh dari tangga.

b. Playpen

Playpen atau yang lebih dikenal sebagai kotak bermain khusus bagi para hamster kerdil, sudah banyak tersedia di pasaran. Dimana kotak ini akan menyediakan ruang untuk menyimpan mainan sekaligus camilan dari para roborovski. Jika tidak memungkinkan untuk membeli kotak yang baru, menggantinya dengan kotak besar bisa menjadi solusinya. Tapi, jangan menggunakan kotak kardus lantaran hamster dapat menggigitinya dan kabur keluar.

8. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Bersihkan kandang hamster sekurang-kurangnya seminggu sekali. Dalam range waktu tersebut, keluarkan semua hal yang ada di dalam kandang dan bersihkan dengan air panas. Pemilik boleh menggunakan sedikit cuka untuk membersihkan area yang bau, namun pastikan untuk membilasnya hingga bersih setelahnya. Jika prosedur pembersihan telah usai dilakukan, masukkan kembali alas kandang beserta benda-benda lain ke dalamnya.

Terkadang, berkeluh kesah dan berbagi hari dengan hewan peliharaan lebih nyaman untuk dilakukan. Apalagi jika hewan peliharaan itu sejenis hamster lucu berspesies roborovski. Dan ternyata, prosedur perawatan hamster roborovski sangat mudah untuk dilakukan ya? Dengan begini, memelihara 1 hamster di rumah bukanlah kendala yang sulit untuk ditaklukkan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment