Cara Merawat Tubuh Kulit Wajah

Biar Makin Pede, Yuk Simak Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam
Written by Trikmerawat.com

Urusan wajah yang bersih dan segar bukan hanya untuk wanita tetapi juga pria. Selama ini dalam merawat penampilan memang lebih identik dengan wanita tetapi percayalah bahwa setiap orang ingin tampil menarik agar merasa percaya diri.

Seperti masalah wajah kusam yang juga bisa dialami oleh siapa saja, anda bisa mengatasi ataupun mencegahnya dengan mudah.

Mengingat ketika wajah terlihat kusam maka bertemu orang lain terasa sangat tak enak hati. Mau tahu cara merawat wajah agar tidak kusam?

Sebelumnya, ketahui bahwa penyebab dari wajah yang kusam adalah adanya sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Juga adanya polusi lingkungan, stress dan terjadinya dehidrasi pada kulit.

Apabila hal ini dibiarkan terus menerus maka tentu menjadikan seseorang tak percaya diri. Parahnya, akan muncul beberapa masalah pada kulit wajah kita.

12 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam


1. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Wajah yang kusam dan berjerawat tentu membuat jengkel siapa saja yang mengalaminya. Kedua masalah ini tentu menjadi penghalang kita untuk tampil percaya diri.

Cara merawat wajah agar tidak kusam
Kandungan Lidah Buaya Memang Sangat Baik Untuk Perawatan Wajah

Mengatasinya, anda bisa menggunakan masker lidah buaya yang mudah dibuat sendiri di rumah. Sebab lidah buaya sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang mampu mencerahkan kulit wajah serta menjaga kelembapannya.

Tahukah Kamu? Shampo dan kosmetik lidah buaya. Kandungan aktif lidah buaya yang telah berhasil dikenali oleh para ahli antara lain: 18 jenis asam amino, 20 mineral, dua belas vitamin, 75 nutrisi, dan banyak senyawa aktif lainnya. Kandungan tersebut sangat baik untuk digunakan sebagai bahan dasar berbagai kosmetik. Di samping itu, lidah buaya pun baik digunakan untuk membuat shampo.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai masker adalah ambil gelnya, oleskan pada permukaan kulit wajah dan tunggu hingga 30 menit. Jika dirasa cukup, bilas menggunakan air hangat. Lidah buaya juga dapat digunakan dalam perawatan rambut.

2. Tidak Menggunakan Sabun Mandi untuk Mencuci Wajah

Hindari mencuci wajah menggunakan sabun mandi karena cara ini hanya akan membuat wajah menjadi makin kusam. Apalagi seorang pria biasanya tidak peduli dengan apa yang ia pakai untuk membersihkan wajah.

Di dalam sabun mandi terdapat kandungan zat kimia yang keas dan hanya bisa diterima oleh kulit tebal di anggota tubuh tertentu.

Sementara beberapa masalah kulit yang diakibatkan oleh penggunaan sabun mandi ini adalah iritasi, jerawat, minyak yang berlebih dan penyumbatan pori-pori.

3. Berikan Pijatan Lembut Saat Mencuci Wajah

Cara merawat wajah agar tidak kusam berikutnya adalah dengan memberi pijatan lembut saat mencuci wajah. Anda bisa menggunakan krim atau pelembab dan berikan pijatan lembut. meski memang terdengar sepele namun hal ini ternyata sangat bermanfaat.

Hasilnya adalah cara ini akan membantu mencegah adanya penuaan dini. Cara ini bisa dilakukan baik pria atau wanita untuk menjadikan wajah lebih cerah.

4. Gunakan Masker Buah Pisang

Tidak semua bahan alami bisa dijadikan sebagai masker. Tetapi salah satu bahan alami yang efektif adalah dengan menggunakan masker buah pisang.

Anda bisa menggunakannya secara rutin yang mana masker ini memiliki kandungan potasium, anti-oksidan, vitamin C, vitamin B dan vitamin E.

Cara merawat wajah agar tidak kusam
Kandungan Potasium dan Antioksidan Pisang sangat Baik untuk Wajah

Manfaat buah pisang sendiri bisa untuk kecantikan kulit wajah dan melembapkan kulit. Juga untuk mengontrol produksi minyak yang berlebih, mengangkat sel-se kulit mati dan memutihkan wajah secara alami.

5. Banyak Minum Air Putih

Mungkin terdengar sepele tetapi ternyata banyak minum air putih menjadi salah satu cara efektif agar wajah tidak kusam. Kulit menjadi lebih sehat.

Kurangnya air dapat mengganggu mood dan konsentrasi dan meningkatkan frekuensi sakit kepala, yang menyebabkan kekurangan ingatan dan kinerja otak.

Apalagi dehidrasi juga bisa menyebabkan wajah menjadi lebih gelap dan kusam. Maka dari itu, minumlah 8 gelas air putih dalam sehari agar kesehatan tubuh dan kulit bisa tetap terjaga dengan baik.

6. Menggunakan Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa sebagai masker wajah bisa menjadi cara yang cukup mudah mengatasi kulit kusam. Sebab, minyak ini memiliki manfaat yang cukup menarik.

Baca Juga : Cara Merawat Kulit Kering

Ada senyawa fenolik yang ada di dalam minyak kelapa dan berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam dan terlihat gelap.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga terbukti ampuh dalam menajga kekenyalan kulit.

Caranya, anda bisa mengambil minyak kelapa secukupnya dan oleskan pada wajah secara merata. Tunggu selama kurang lebih 30 menit dan bersihkan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin 3 kali dalam seminggu.

7. Tidak Terlalu Sering Scrub Wajah

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah, gunakan pembersih dengan bahan utama scrub. Tetapi sebaiknya tetap membatasi dan tidak terlalu sering.

Penggunaan scrub yang berlebihan hanya akan membuat wajah menjadi mudah berjerawat, kusam dan mengalami peradangan. Lalu bagaimana caranya? Gunakan scrub maksimal 3 kali dalam seminggu.

Dengan begitu, kulit wajah bisa tetap lembut dan bersih tanpa khawatir efek sampingnya. Gunakan bahan-bahan alami seperti stroberi untuk masker wajah.

8. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa apa yang kita konsumsi ternyata berpengaruh pada kecantikan dan kesehatan kulit. Cara merawat wajah agar tidak kusam dengan mengonsumsi sayur dan buah adalah cara efektif.

Cara merawat wajah agar tidak kusam
Nutrisi dari Sayur dan Buah dapat Menyehatkan Kulit dari Dalam

Pola makan juga harus diperhatikan karena sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit. Jadi, jangan ragu untuk memperbanyak makanan sayur dan buah-buahan agar kulit menjadi sehat.

9. Rutin Berolahraga

Berolahraga bukan hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga bagus untuk kesehatan kulit. Ketika anda berolahraga maka tubuh menghasilkan keringat dari pori-pori kulit kita.

Keringat ini membuat kotoran yang terkunci di dalam pori-pori menjadi terdorong keluar. Dengan cara ini maka pori-pori bisa kembali bersih. Selain itu, sirkulasi oksigen juga akan lebih lancar saat berolahraga. Wajah akan terlihat lebih cerah dan merona.

10. Perhatikan Pola Tidur

Memperhatikan pola tidur yang sehat adalah cara merawat wajah agar tidak kusam. Dengan mencukupi kebutuhan tidur maka anda bisa mengembalikan kesehatan kulit secara menyeluruh.

Hindari kebiasaan sering begadang agar tubuh tak mudah lelah dan kulit menjadi sehat terjaga.

Cara merawat wajah agar tidak kusam
Pola Tidur yang Teratur Sangat Baik dalam Perawatan Wajah

11. Gunakan Sun Protection

Cara merawat wajah agar tidak kusam selanjutnya adalah dengan Menggunakan sun protection atau pelembab . sebab, sun protection akan melindungi kulit anda dari sinar matahari secara langsung.

INFO! Jangan percaya sama sunblock anti air. Faktanya semua sunblock itu tidak water resistant. Jadi kamu tetap harus pakai lagi tiap habis cuci muka.

Terutama untuk mereka yang beraktivitas di luar ruangan maka penggunaan pelembab atau sun protection ini benar-benar dibutuhkan. Wajah kusam bisa dihindari jika anda membiasakan melindungi wajah dari sinar matahari secara langsung.

12. Bersihkan Makeup dengan Benar

Membersihkan make up dengan asal-asalan ternyata hanya akan membuat wajah menjadi rusak. Terutama untuk para wanita yang setiap harinya membutuhkan make up berat maka harus benar-benar memperhatikan hal ini. Ada banyak brand kosmetik yang menempel di wajah kita.

Cara merawat wajah agar tidak kusam
Bersihkan Wajah dari Sisa-Sisa Make-up yang tentu Mengandung banyak Zat Kimia

Apalagi jika anda menggunakan produk makeup yang tinggi coverage dan tidak membersihkannya dengan benar maka kulit wajah akan mudah kusam.

Pilih makeup remover sesuai dengan jenis kulit anda dan bersihkan dengan benar. Hindari menarik area bawah mata secara berlebihan karena akan memberi pengaruh yang buruk.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Pria

Merawat wajah dengan cara-cara alami memang dianjurkan. Sebab, kandungan di dalam bahan alami lebih mampu menjadikan wajah terlihat segar.

Dari banyaknya cara merawat wajah agar tidak kusam ini anda bisa memilih manakah yang mudah dilakukan. Rawat wajah secara rutin dan rasakan hasilnya.

Tak terasa postingan saya hari ini sudah selesai, semoga teman-teman terbantu dengan postingan yang saya bagikan. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Trikmerawat.com

Situs yang Membahas tentang Cara Merawat Tanaman, Cara Merawat Hewan, Cara Merawat Tubuh dan Cara Merawat Benda.

1 Comment

Leave a Comment